Published on

Technology

4 Cara backup chat WhatsApp di Android, iPhone, Windows, dan MacOS

Ningtyas Dewanasari Kinasih

4_Cara_backup_chat_WhatsApp_di_Android__Iphone__Windows__dan_MacOS.jpg

Apakah kamu termasuk pengguna aplikasi WhatsApp? Aplikasi tersebut memiliki banyak fitur untuk mengakomodir kebutuhan penggunanya. Tidak hanya mengirimkan pesan teks saja, kamu juga bisa mengirimkan gambar, video, dokumen, melakukan panggilan, hingga video call. WhatsApp memiliki peranan besar sebagai media komunikasi untuk user-nya, bahkan digunakan untuk bertukar pesan atau dokumen penting. Nah, berbagai pesan dan dokumen tersebut bisa hilang jika kamu tidak melakukan backup chat.

Apabila kamu berganti gadget atau ponsel yang kamu gunakan rusak, kamu masih bisa mendapatkan chat lamamu kembali jika sudah melakukan backup sebelumnya. Melakukan hal tersebut bisa dilakukan di berbagai perangkat, ketahui cara backup chat WhatsApp berikut ini.

Pentingnya melakukan backup chat dan data pada WhatsApp


Backup chat WhatsApp dilakukan untuk menghindari hilangnya data penting. (Sumber: Pexels)

Pengguna WhatsApp mungkin saja akan memindahkan akunnya ke perangkat yang lain, misalnya berganti ponsel atau PC. Riwayat percakapan yang kamu miliki akan hilang atau terhapus secara otomatis saat melakukan perpindahan akun ke perangkat lain. Untungnya WhatsApp memiliki fitur untuk melakukan backup riwayat percakapan. Kamu bisa mengaturnya pada menu setting di akun WhatsApp-mu. Cara backup chat WhatsApp bisa dilakukan pada Android, iPhone, Windows, dan MacOS.

Baca juga: 6 Poin Penting Kebijakan Privasi WhatsApp Yang Baru

Kamu bisa melakukan cara backup chat WhatsApp sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan. Dengan melakukan backup, riwayat penting percakapan akan tersimpan dengan aman dan tidak akan hilang walau kamu memindahkannya ke perangkat lain.

Cara melakukan backup chat WhatsApp untuk Android


Cara backup chat WhatsApp untuk Android menggunakan Google Drive.  (Sumber: Pexels)

Bagi kamu yang menggunakan ponsel Android, cara backup chat WhatsApp bisa dilakukan dengan menggunakan Google Drive. Jadi, sebelum melakukan cara backup chat WhatsApp, kamu harus memastikan bahwa akun Google-mu sudah aktif. Selain itu, kamu juga harus memiliki ruang cukup pada perangkat yang digunakan untuk membuat cadangan. Tentunya, internet yang stabil juga diperlukan. Selanjutnya, cara backup chat WhatsApp yang harus dilakukan, yaitu:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Ketuk Opsi lainnya> Setelan> Chat> Cadangan chat> Cadangkan ke Google Drive.
  • Lalu, pilih frekuensi cadangan selain Jangan pernah.
  • Pilihlah akun Google yang akan digunakan untuk mencadangkan riwayat chat. Jika kamu tidak memiliki akun Google yang terhubung, ketuk Tambahkan akun ketika diminta dan masukkan informasi kamu.
  • Ketuk Cadangkan melalui untuk memilih jaringan yang ingin digunakan untuk melakukan pencadangan.

Setelah melakukan cara backup chat WhatsApp di atas, kamu bisa memindahkan semua data serta riwayat chat. Saat melakukan proses pemulihan, pastikan nomor dan akun Google Drive sesuai dengan yang ada di ponsel lamamu. Perlu kamu ingat apabila menggunakan jaringan data seluler saat melakukan pencadangan, kamu akan dikenakan biaya data tambahan.

Cara melakukan backup chat WhatsApp untuk iPhone


Untuk iPhone, backup dilakukan melalui iCloud. (Sumber: Pexels)

Pengguna iPhone juga bisa melakukan cara backup chat WhatsApp dengan langkah yang hampir sama dengan Android. Kamu bisa mencadangkan data WhatsApp pada iPhone kamu dengan iCloud. Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengetahui cara backup chat WhatsApp adalah harus menggunakan iOS 10 atau yang lebih baru.

Jangan lupa untuk memasukkan ID Apple kamu dan menyalakan iCloud Drive. Menurut whatsapp.com, ponsel kamu harus memiliki ruang kosong setidaknya sebesar 2,05 kali ukuran cadangan tersebut di akun iCloud. Berikut ini cara backup chat WhatsApp untuk iPhone:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Mencadangkan riwayat chat dengan membuka menu setelan> Chat> Cadangkan (Backup)
  • Tekan Cadangkan Sekarang atau Backup Now.

Cara backup chat WhatsApp pada iPhone juga bisa dilakukan secara otomatis dengan mengaktifkan pencadangan terjadwal otomatis dengan mengetuk Cadangkan Otomatis dan pilih frekuensi pencadangan.

Cara melakukan backup chat WhatsApp ke Windows


Cara backup chat WhatsApp until Windows  dapat dilakukan dengan cukup mudah. (Sumber: Pexels)

Cara backup chat WhatsApp ke Windows tidaklah sulit. Hal tersebut karena secara default, WhatsApp akan melakukan backup data ke SD card yang ada di ponsel kamu. Data-data yang ada pada WhatsApp dapat langsung kamu pindah ke komputer dengan mudah. Berikut ini cara backup chat WhatsApp ke Windows:

  • Menyambungkan smartphone ke PC menggunakan kabel USB.
  • Membuka folder WhatsApp di smartphone-mu dan buka folder Databases.
  • Memilih data yang ingin di backup, lakukan penyalinan data untuk selanjutnya kamu paste ke folder perangkatmu.

Baca juga: 6 Daftar Aplikasi Video Conference Alternatif Selain Zoom

Cara melakukan backup chat WhatsApp ke MacOS


Kamu bisa mengekspor data secara selektif ke MacOS. (Sumber: Pexels)

Sama halnya dengan iPhone, kamu juga bisa melakukan pencadangan data WhatsApp dengan MacOS. Cara backup chat WhatsApp yang harus kamu lakukan adalah dengan menyambungkan perangkat iOS kamu ke MacOS dengan kabel USB. Kemudian, luncurkan program dan klik "Backup WhatsApp messages" dari "More Tools". Nah, program secara otomatis akan terhubung ke perangkat.

Setelah kamu mengklik "Backup", program akan memulai secara otomatis. Kamu bisa memilih data yang ingin kamu scan dan melihat semua informasi secara detail. Sebagai tambahan, kamu juga bisa mengekspor data ke MacOS secara selektif. Untuk informasi bermanfaat lainnya, yuk, kunjungi situs EKRUT.

Baca juga: Begini Tren Media Sosial 2021 Yang Berpengaruh Pada Merek

Itulah dia cara backup chat WhatsApp untuk berbagai perangkat. Setelah mengetahuinya, kamu tidak perlu lagi khawatir jika datamu akan terhapus saat berganti ponsel atau perangkat lainnya. Kamu bisa melakukan pencadangan data penting sesuai dengan kebutuhan dan perangkat yang digunakan.

sign up EKRUT

Sumber:

  • whatsapp.com
  • whatsapp.com
  • macblurayplayer.com

Tags

Share