Published on

Careers

Cara registrasi kartu telkomsel 2021, untuk pelanggan lama dan baru

Ningtyas Dewanasari Kinasih

Cara_registrasi_kartu_telkomsel_dengan_mudah_2021__untuk_pelanggan_lama_dan_baru.jpg

Sudah tahukah kamu kalau Pemerintah telah mewajibkan semua calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar untuk melakukan registrasi? Hal tersebut mengacu pada Peraturan Menkominfo No. 12/2016 yang sebenarnya sudah mulai dilakukan sejak 31 Oktober 2017. 

Nah, meregistrasikan kartu prabayar juga wajib  bagi kamu yang menggunakan kartu Telkomsel. Dikutip dari Telkomsel.com, registrasi pelanggan prabayar merupakan pendaftaran identitas diri yang wajib dilakukan oleh calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar yang datanya belum divalidasi.

Dengan mengikuti tata cara registrasi kartu Telkomsel yang terbilang cukup mudah kamu bisa merasakan manfaatnya. Meregistrasikan kartu dapat menghindarkan kamu dari penyalahgunaan data yang merugikan. Selain itu, juga memudahkan penyediaan layanan bagi konsumen seperti transaksi online. Untuk mengetahui prosesnya, perhatikan cara registrasi kartu Telkomsel berikut ini.

Baca juga: 8 Tips yang perlu dilakukan saat email diretas hacker

Cara registrasi kartu Telkomsel untuk pelanggan baru

Cara registrasi kartu Telkomsel untuk pelanggan baru
Cara registrasi kartu Telkomsel dapat dilakukan dengan berbagai cara (Sumber: Pexels)

Jika kamu adalah calon pengguna atau pelanggan baru Telkomsel, maka kamu harus segera mendaftarkan kartu prabayar kamu. Hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan registrasi adalah KTP, KK, dan nomor Telkomsel itu sendiri.

Kamu juga harus memastikan kalau NIK dan nomor KK sudah terdaftar di Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Terdapat beberapa cara registrasi kartu Telkomsel:

1. SMS

Bagi pengguna baru cara registrasi kartu Telkomsel yang paling mudah adalah melalui SMS. Cara ini sangat efisien karena tidak banyak memakan waktu dan biaya.

Ketik SMS REG<spasi>NIK#NomorKK# 
Contoh REG 1234567891011121#1211101987654321#
Kirim ke 4444

Setelahnya kamu akan mendapatkan konfirmasi bahwa registrasi telah berhasil dilakukan.

Baca juga: 13 HP 5G yang ada di pasaran saat ini

2. Datang ke Grapari

Grapari Telkomsel
Datang ke grapari merupakan salah satu Cara registrasi kartu Telkomsel. (Sumber: Pexels)

Kamu juga bisa datang berkunjung ke Grapari terdekat yang ada di kotamu untuk meregistrasikan kartu Telkomsel. Hal ini disarankan terutama jika kamu mengalami masalah saat pendaftaran melalui SMS, seperti gagal atau nomor tidak terdaftar. Saat datang ke Grapari kamu akan diarahkan untuk menuju customer care. Jangan lupa untuk ambil nomor antrian terlebih dahulu, ya!

3. Website resmi Telkomsel

Cara registrasi kartu Telkomsel selanjutnya adalah melalui website resmi dari Telkomsel. Setelah masuk dalam situs resminya, maka kamu bisa memilih menu daftar ulang prepaid

Selanjutnya kamu harus mengisi nomor Telkomsel yang digunakan, nama, nomor KK, dan NIK KTP. Jika data sudah sesuai, kamu hanya tinggal klik 'OK', lalu menyetujui syarat dan ketentuan  dari pengisian data tersebut. Registrasi pun selesai dilakukan.

Cara registrasi kartu Telkomsel untuk pelanggan Lama

Tidak hanya untuk pengguna baru, jika kamu pelanggan lama kartu Telkomsel, jangan lupa untuk meregistrasikan kartumu untuk menghindari pemblokiran dan penyalahgunaan data.

1. SMS

Cara registrasi kartu Telkomsel
SMS merupakan cara registrasi kartu Telkomsel yang paling efisien. (Sumber: Pexels)

Sama halnya dengan pelanggan baru, cara registrasi kartu Telkomsel yang paling sederhana adalah dengan mengirimkan SMS ke 4444. Dengan cara sebagai berikut:

Ketik ULANG<spasi>NIK#NomorKK#
Contoh ULANG 1234567891011121#1211101987654321#

2. Call center Telkomsel


Hubungi call center apabila mengalami kesulitan saat melakukan registrasi. (Sumber: Pexels)

Jika kamu mengalami kesulitan atau masalah saat melakukan cara registrasi kartu Telkomsel melalui SMS, kamu bisa menghubungi call center 188. Kamu bisa mengikuti instruksi yang diberikan oleh operator untuk melanjutkan proses registrasi. Jangan lupa menyiapkan NIK KTP dan Nomor KK sebelumnya.

3. Grapari

Kamu juga bisa lho, mengunjungi Grapari Telkomsel untuk mendaftarkan ulang nomermu. Siapkan NIK KTP dan nomor KK sebelum meregistrasikan nomor Telkomsel kamu. Untuk menghindari kerumunan di Grapari, kamu bisa eangambil mengambil nomor antrian secara online di aplikasi MyTelkomsel sebelumnya.

Dengan meregistrasikannya kamu bisa menggunakan nomormu untuk berbagai keperluan dengan lebih mudah. Jika kamu sedang melamar pekerjaan, mencantumkan nomor telepon merupakan hal wajib yang perlu kamu lakukan. Begitu pun saat kamu ingin mendaftarkan diri di EKRUT untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang lebih baik.

Baca juga: Fresh Grads, ayo buat CV pertama kamu!

Itulah dia cara registrasi kartu Telkomsel yang perlu kamu ketahui. Mendaftarkan kartu Telkomsel kamu merupakan hal yang wajib kamu lakukan untuk mempermudah berbagai layanan. Selain itu, kamu bisa terhindar dari penyalahgunaan data yang dapat merugikan. Yuk, segera registrasikan nomor teleponmu!

sign up EKRUT

Sumber: 

  • telkomsel.com
  • bisnis.com

Tags

Share