Technology

Ini yang Perlu Dilakukan Saat Email Jadi Sasaran Hacker

Published on
Min read
7 min read
time-icon
Maria Yuniar

Experienced Content Editor with a demonstrated history of working in the information technology and services industry. Skilled in News Writing, Headline Writing, Breaking News, Editing, and Feature Writing. Strong media and communication professional with a Graduate focused in Applied English Linguistics from Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

hacker---EKRUT.jpg

Email saat ini telah menjadi bagian penting dalam kehidupan digital, termasuk pekerjaan. Namun jika akun email kamu suatu saat dibajak orang, apa yang harus dilakukan? itulah pentingnya kita harus menghataui langkah dan cara mengatasi email yang diretas, sebelum itu kita juga bisa mengidentifikasi tanda-tanda bahwa email akan diretas.

Tanda email kamu sedang diretas

1. Kata sandi berubah

Jika kata sandi kamu telah diubah tanapa sepenghetauan kamu bahkan kamu pun tidak melakukan aktivitas apapun untuk mengubah kata sandi email, ini sudah dipastikan bahwa email kamu sedang diretas

Alasan peretas mengubah kata sandi akun adalah karena tindakan itu mencegah pemilik akun yang sah untuk menendang peretas.Namun kadang kata sandi tidak direbuah agar memungkinkan peretas menggunakan akun secara bebas tanpa spenghetauan pemiliknya.

2. Menerima peringatan keamanan dari google

Inilah pentingnyaa 2 authentication google, selain menjaga kerasahaiaan email password, google juga akan memberikan konfirmasi terhadap pemilik akun terkait penggunaan akun email dilain device, sehingga kita bisa menghetaui tanda bahwa email kita diretas.

3. Orang Lain telah Masuk ke akun yang terhubung dengan email

Setiap kali seseorang masuk ke akun kamu, catatan perangkat dan alamat IP mereka dicatat. Kamu dapat melihat daftar login yang berhasil dengan membuka Gmail. Menggulir ke bagian bawah halaman, mencari Aktivitas akun terakhir, dan mengklik detail .

Terlepas dari apakah kamu menerima peringatan keamanan dari Google atau tidak, ada baiknya memeriksa halaman ini sesekali. Peretas dapat menutupi jejak mereka dengan banyak cara, tetapi mereka seharusnya tidak dapat menyembunyikan aktivitas masuk mereka.

4. Pengaturan keamanan telah berubah

Jika seseorang meretas akun kamu, mereka mungkin mencoba mengubah pengaturan keamanan kamu. Jika mereka mengubah email pemulihan di akun kamu, mereka dapat menggunakannya untuk mendapatkan kembali akses jika kamu pernah mengubah sandi dan bisa dengan leluasa menggunakan akun kamu .

5. Kotak keluar email ada pesan yang belum dikirim

ini juga bisa diidentifikasi kan sebgai tanda bahwa akun email kamu diretas, dengan ini jelas mengidentifikasi bahwa ada aktifitas lain yang berselancar di akun kamu dengan tanda ini kamu harus segera melakukan cara mengatasi email yang diretas

6. Kotak masuk memiliki Email tentang mengubah kata sandi.

Jika seseorang meretas akun Gmail kamu , mereka mungkin mencoba mengakses akun lain yang terhubung dengannya. Bergantung pada apa yang kamu gunakan untuk akun Gmail kamu, ini mungkin termasuk profil bank dan media sosial kamu.

Ini mudah dilakukan cukup periksa akun apa yang kamu miliki dan kemudian kunjungi setiap platform dan minta perubahan kata sandi.

Jika kamu melihat salah satu email ini di kotak masuk kamu, itu bukan hanya bukti peretasan, tetapi juga bukti bahwa peretas mencoba mengambil kendali tambahan.

7. Layanan lain telah diretas

Jika akun perbankan atau media sosial kamu tampaknya telah diretas, kemungkinan masalahnya berasal dari akun Gmail kamu. Kamu mungkin melihat tagihan tidak sah di rekening bank kamu atau aktivitas mencurigakan di akun media sosial kamu.

Meskipun ada banyak cara akun ini dapat diretas, alamat email terkait harus selalu diperiksa secara menyeluruh.

8. Kontak Kamu Menerima Email Dari Seseorang

Peretas sering menggunakan akun email curian untuk menyamar sebagai korban. Mereka mungkin menghubungi orang-orang di daftar kontak kamu dan meminta untuk meminjam uang.

Bergantung pada siapa yang ada dalam daftar kontak kamu, mereka mungkin juga berusaha mendapatkan informasi tentang mereka yang dapat digunakan untuk tujuan phishing. Meskipun peretas dapat menghapus email yang dikirim, mereka mungkin tidak dapat menghapus tanggapan yang mereka terima. Jika kamu menemukan email di kotak masuk yang merujuk ke percakapan yang tidak kamu miliki, ini adalah indikasi kuat adanya peretasan.

Ulah hacker jahat pada email merupakan ancaman di dunia digital. Pada Agustus 2017, lebih dari 700 juta alamat email dan sejumlah besar kata sandi bocor ke publik spambot yang salah konfigurasi. 

Apa jadinya jika akun email kamu ada dalam daftar ratusan juta alamat itu? Apa yang herus kamu perbuat? Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan saat emailmu diretas.

Baca juga:  YouTube disusupi iklan penambang Cryptocurrency

1. Ganti password email

hacker - EKRUT 
Apabila email kamu diretas maka pastikan apakah kamu masih bisa login atau tidak - EKRUT

Ketika email kamu kena hack, katakanlah kamu menggunakan akun Gmail, maka kamu perlu pastikan dulu apakah kamu masih bisa login menggunakan username dan password kamu? Jika iya, login seperti biasa lalu ganti password kamu secepatnya.

Jika akun kamu telah dibajak orang lain, nanti akan muncul pesan berwarna merah seperti: "Your password has been changed ... days ago". Klik "No Change password".

Google nanti akan mengarahkan kamu ke halaman bantuan untuk password untuk memverifikasinya lewat nomor ponsel.

Tapi jika password Gmail kamu ternyata sudah diganti oleh penyusup, termasuk email pemulihannya (recovery email) dan nomor ponsel kamu juga sudah diubah, masih ada satu cara. Kamu bisa mendapatkan akunmu kembali dengan melakukan verifikasi identitas melalui menu "Verify your identity".

Kamu akan menjumpai pertanyaan tentang waktu terakhir kamu login dan membuat akun Gmai.

Jika jawabanmu akurat dengan informasi yang terekam pada akun Google, barulah kamu bisa membuat password yang baru. Jika tidak, Google akan langsung memberi tahu bahwa informasi yang kamu berikan tidak cocok.

Baca juga: Firefox Monitor bantu user hindari hacker

2. Pilih password yang kuat

hacker - EKRUT
 
Penting bagi kamu untuk membuat password yang kuat - EKRUT

Ini adalah hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memastikan hacker tidak dapat masuk kembali ke akun. Penting bagimu untuk membuat password yang kuat dan rumit dibandingkan sebelumnya.

Bahkan kalau memungkinkan, jangan sampai password baru memiliki keterkaitan dengan yang sebelumnya.

Selalu gunakan setidaknya delapan hingga karakter dengan berbagai huruf besar dan kecil. Kamu juga bisa masukkan beberapa simbol dan angka. Jika peretas telah mengubah kata sandi, kamu perlu mengubahnya kembali dengan mengklik tautan Lupa Kata Sandi.

Hal lain yang perlu diingat adalah jangan pernah mencatat password kamu tersebut di aplikasi-aplikasi yang rentan untuk di hack pula. 

3. Hubungi semua kontak emailmu

hacker - EKRUT 
Kirim pesan ke semua kontak email sesegera mungkin saat email kamu di hack - EKRUT

Bagian terbesar dari strategi hacker adalah masuk ke dalam buku alamat dengan tujuan membangun hubungan dengan orang lain juga.

Kirim pesan ke semua kontak email kamu sesegera mungkin. Sehingga, rekan-rekanmu bisa melakukan antisipasi dengan tidak membuka email apapun darimu. Sebab, ada risiko malware dari email yang sudah diretas.

4. Ubah pertanyaan keamanan

hacker - EKRUT 
Ubah juga pertanyaan keamanan terkait email kamu - EKRUT

Jika memiliki pertanyaan keamanan yang terkait dengan akun emailmu, kamu harus mengubahnya juga.

Ada kemungkinan bahwa ini merupakan cara hacker masuk ke akun emailmu.

Ketika Yahoo memiliki 500 juta akun yang diretas pada tahun 2014, tidak hanya kata sandi yang dicuri tetapi juga pertanyaan keamanan.

Jika kamu memiliki pertanyaan keamanan yang terkait dengan akun, buatlah jawaban yang sulit ditebak.

5. Autentikasi multi-faktor 

hacker - EKRUT 
Autentifikasi multifaktor bagus untuk membuat perlindungan berlapis dalam email - EKRUT

Autentikasi multi-faktor bukan hanya menambahkan tahapan untuk mengakses email, tapi juga lapisan perlindungan.

Dengan mengaktifkan fitus ini, kamu dan orang lain, akan diminta memasukkan kode tertentu untuk bisa mengakses akunmu. Kode tersebut biasanya dikirim ke ponsel. 

6. Periksa pengaturan email

hacker - EKRUT 
Jangan lupa untuk memeriksa juga pengaturan email kamu - EKRUT

Tak sedikit peretas yang mengubah pengaturan email para korban. Sehingga hacker bisa menerima setiap email dari akun yang diretas, secata otomatis, melalui perangkat lain.

Para hacker ini tidak hanya memantau aktivitasmu di situs lain, tapi juga mempelajari preferensimu.

Jadi, periksa pengaturan penerusan email akunmu untuk memastikan tidak ada alamat email yang tidak diinginkan ditambahkan.

Jangan lupa memeriksa signature email untuk memastikan tidak ada spam yang masuk.

Hacker juga bisa saja membuat sebuah alamat email yang mirip dengan milikmu dan memancing rekan-rekanmu untuk membalas ke alamat tersebut.

Baca juga: 890 ribu data nasabah KreditPlus diretas hacker

7. Gunakan VPN saat menggunakan jaringan internet di handphone atau di laptop

Gunakan VPN saat menggunakan jaringan internet di handphone atau di laptop - EKRUT 
Untuk menjamin koneksi internetmu aman pikirkan untuk memakai VPN - EKRUT

Salah satu upaya untuk mengamankan aktivitasmu berselancar jauh dari gangguan hacker, kamu bisa mulai menggunakan VPN untuk mulai mengenkripsi koneksimu di internet. 

Pengalaman menjelajah kamu menjadi anonim, yang itu artinya lebih sedikit iklan, tidak terlacak dan lebih aman. Namun, pastikan kamu menggunakan VPN berbayar untuk menjamin keamananmu ini. Pasalnya bila VPN yang kamu gunakan gratis, justru itu akan berbahaya karena akan menambang data pengguna. 

8. Scan komputer dari malware dan virus

hacker - EKRUT
 
Perangkat antivirus memungkinkan melindungi semua perangkatmu dari virus dan malware - EKRUT

Software keamanan komprehensif akan memberimu perisai digital untuk aktivitas online. Perangkat anti-virus memungkinkan kamu melindungi semua perangkat dari virus dan malware. Ini juga berisi pengelola kata sandi yang membantu mengingat password dari semua akunmu.

Kamu menyukai media sosial? Hacker juga menyukainya. Sebab, media sosial menjadi sasaran empuk para peretas.

Jadi, sebelum kamu mengunggah konten di media sosial, ingatlah untuk melindungi email dan seluruh password ke akun media sosialmu. Gunakan cara-cara di atas untuk melindungimu dari peretas ya!

hacker - EKRUT 
Last update 1 February 2021

Sumber:

  • hackernoon.com
  • google.com
  • detik.com
  • beritateknologi.com
  • mcafee.com
  • nytimes.com
  • avast
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_jadwal_fyp_tiktok.jpg

    Technology

    Jadwal FYP TikTok 2022: Jam Terbaik untuk Upload Video

    Nurina Ulfah

    16 January 2023
    5 min read
    0-cara-cek-nomor-indosat.jpg

    Technology

    5 Cara Cek Nomor Indosat dengan Mudah dan Cepat 2022

    Arin Khurota

    19 December 2022
    5 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok

    Sylvia Rheny

    19 December 2022
    5 min read

    Video