Careers

Cari kerja via talent marketplace lebih mudah, efisien dan modern

Published on
Min read
3 min read
time-icon
Widyanto Gunadi

Content writer

Cari_kerja_via_talent_marketplace_EKRUT.jpg

Proses rekrutmen telah mengalami banyak perkembangan saat ini. Kamu tidak perlu lagi repot-repot menyusun currriculum vitae (CV), mencetaknya, dan mengirimkannya via pos ke perusahaan tujuan.

Bersyukurlah, karena kamu hidup di zaman ini dengan segala kemajuan teknologi, termasuk dalam hal pencarian kerja. Sekarang, tren pencarian kerja sudah berubah. kamu bisa mulai mempelajari talent marketplace. 

Dengan mencari kerja via talent marketplace, perusahaanlah yang akan mencari kamu. Lantas apa saja sih, keunggulan cari kerja via talent marketplace, dibandingkan job posting yang sebelumnya ada? simak di sini.

1. Efisiensi waktu cari kerja

Cari kerja via talent marketplace EKRUT 
Cari kerja via talent marketplace lebih efisien-EKRUT

Bayangkan saja, jika kamu melamar kerja 20 tahun yang lalu, ketika internet belum banyak dimanfaatkan untuk pencarian kerja. 

Biasanya, kamu menemukan info lowongan kerja pada iklan baris di surat kabar. Selanjutnya, kamu harus menyusun surat lamaran, CV, mencetaknya, dan melengkapinya dengan fotokopi ijazah serta transkrip nilai. 

Kemudian, kamu harus pergi ke kantor pos untuk mengirimkannya. Lalu kamu harus berapa lama menunggu sampai akhirnya dihubungi perusahaan yang dilamar? Tidak ada yang tahu dan tidak ada jaminan untuk hal ini.

Dengan talent marketplace, kamu hanya perlu mengisi aplikasi yang tersedia. Ada banyak perusahaan di sana, yang menawarkan posisi-posisi menjanjikan. 

Misalnya untuk software engineer. Begitu kamu mengunggah profil kamu ke suatu talent marketplace, bukan hanya satu perusahaan yang akan melihatnya. Namun puluhan, bahkan ratusan. 

Mereka pun pasti berlomba-lomba mendapatkan kamu. Bagaimana kamu bisa yakin, jika kualifikasi kamu memenuhi kriteria mereka? Talent marketplace ini dilengkapi dengan sistem kurasi. 

Dengan kata lain, jika perusahaan-perusahaan bisa melihat profil kamu, berarti kualifikasi kamu memang layak dipertimbangkan. 

Baca juga: 4 Alasan kenapa mencari kerja dengan kirim CV tidak efektif lagi

2. Data analytics

Cari kerja via talent marketplace EKRUT 
Rekrutmen zaman sekarang memanfaatkan kemajuan digital-EKRUT

Kamu tentu tidak akan menemukan peran data analytics pada metode pencarian kerja di masa dulu. 

Nah, seperti dilansir businessnewsdaily.com, rekrutmen zaman sekarang sudah banyak memanfaatkan kemajuan digital. Salah satunya adalah penggunaan data analytics

Dengan data analytics, perusahaan-perusahaan dapat melihat pekerjaan yang paling banyak dicari kandidat. Bahkan, mereka bisa mengetahui informasi mengenai umur dan latar belakang para kandidat. 

Apa keuntungannya buat kamu? Ternyata, perusahaan-perusahaan itu cenderung menyukai kompetisi. 

Jadi, mereka mencari kandidat yang mengincar lebih dari satu perusahaan. Dengan bergabung di talent marketplace, kamu secara langsung memberitahu perusahaan, bahwa kamu tidak hanya membidik posisi tertentu di satu perusahaan. 

Banyak kandidat yang berhasil mendapatkan pekerjaan melalui tren rekrutmen ini lho! Mungkin kamu berikutnya. 

Baca juga: Ini alasan kamu susah cari kerja sampai sekarang

3. Notifikasi

Cari kerja via talent marketplace EKRUT 
Dengan mendaftar via talent marketplace kamu juga akan mendapatkan notifikasi terkait perkembangan kariermu-EKRUT

Apakah kamu pernah melihat lowongan kerja konvensional yang dipasang di surat kabar?

Sepertinya tidak ada yang mencantumkan informasi bahwa perusahaan akan memberikan notifikasi apabila lamaran kamu ditolak, maupun diproses lebih lanjut. 

Memang, ada job portal maupun perusahaan yang menawarkan fasilitas ini. Namun, belum semuanya melakukan hal serupa.

Berbeda dari lowongan konvensional di surat kabar maupun job portal, sistem talent marketplace akan mengirimkan notifikasi jika ada perusahaan yang tertarik dengan kamu.

Selain itu, kamu pun bisa mengetahui update rekrutmen, termasuk undangan wawancara dan proses selanjutnya, melalui notifikasi yang akan kamu terima.

Informasi semacam ini pasti berguna bagi kamu untuk menentukan langkah selanjutnya, bukan? Lalu setelah membaca tentang keunggulan yang ditawarkan talent marketplace, apakah kamu ingin mencobanya? 

Di EKRUT, kamu bisa mendapatkan pekerjaan terbaik dengan cepat. Prosesnya pun mudah, dan pastinya, kamu tidak perlu membuat surat lamaran baru untuk setiap perusahaan yang dituju.

Baca juga: Cari kerja enggak perlu apply lagi, ini kelebihan EKRUT yang perlu kamu ketahui

Melalui EKRUT pula kamu tidak perlu pusing lagi mencari info lowongan kerja karena dengan mendaftarkan dirimu di EKRUT, perusahaan yang akan berlomba mencarimu. Jadi tunggu apalagi? 

Cari kerja via talent marketplace EKRUT 
Last update: 15 Feb 2020

 

Sumber:

  • Businessnewsdaily.com
  • Careeraddict.com
 
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    Contoh Motivation Letter yang Profesional Beserta Panduan Membuatnya

    Felixitas Yolanda

    06 December 2022
    5 min read
    Assessment_adalah_Pengertian__tujuan__dan_12_jenis_untuk_rekrutmen.jpg

    Careers

    Assessment adalah: Tujuan, Fungsi, dan Persiapan untuk Menghadapinya

    Nur Lella Junaedi

    03 November 2022
    6 min read
    business-2584721__340.jpg

    Careers

    Perlonggar persyaratan kerja perusahaanmu demi dapatkan kandidat yang sesuai

    Maria Yuniar

    12 October 2022
    4 min read

    Video