Media

Ini alasan kamu susah cari kerja sampai sekarang
By Tsalis Annisa - 19 March 2019
5 min read 177 Views
Jemput sukses dengan cari tahu penyebab kamu susah cari kerja, dan cara mengatasinya - EKRUT
Jemput sukses dengan cari tahu penyebab kamu susah cari kerja, dan cara mengatasinya - EKRUT

Sudah mengirimkan banyak CV namun tetap saja tak mendapatkan pekerjaan yang diinginkan? Jangan sedih, cobalah meluangkan sedikit waktumu untuk mengevaluasi usaha yang telah kamu lakukan selama ini. Selain itu, cari tahu juga beberapa hal yang membuat kamu kesulitan dalam mendapatkan kerja.

5 alasan kamu sulit cari kerja

Berkali-kali menjalani wawancara kerja tanpa menghasilkan pekerjaan tentu tak hanya membebani situasi keuanganmu, rasa percaya dirimu juga dapat terkikis.

Apa sebenarnya penyebab di balik masalah yang kamu hadapi? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Masalah pada CV

Bisa dibilang CV merupakan pintu masuk untuk lamaran pekerjaan. Bayangkan saja bila CV-mu hanya berisi informasi seadanya dan tak memberikan gambaran jelas mengenai pendidikan serta kemampuanmu, kemungkinan besar perusahaan tidak akan tertarik untuk memanggilmu.

Selalu memperbaiki CV-mu dengan informasi pengalaman kerja atau kemampuan terbaru dapat memperbesar peluang kamu untuk lolos ke tahap wawancara . Pikirkan juga tentang kemampuan apa yang sebaiknya kamu tekankan yang sekiranya sesuai dengan kriteria perusahaan yang kamu tuju. Begitu juga dengan prestasi yang telah kamu capai.

Bentuk CV yang sudah ketinggalan zaman juga bisa menjadi salah satu alasannya. Jika kamu ingin dilirik oleh perusahaan, buatlah CV yang menarik. Jika kamu masih bingung, saat ini sudah  terdapat banyak situs yang menyediakan contoh CV, maupun resume. Kamu bisa mempelajarinya dari sana dan menentukan bentuk CV yang tepat untukmu.

2. Tampak kurang meyakinkan saat wawancara

Ingatlah bahwa pewawancara umumnya memiliki insting dalam menilai kandidat yang melamar pekerjaan. Bila kamu tidak yakin dengan jawaban atau informasi yang kamu berikan, mereka bisa merasakan aura tersebut.

Oleh sebab itu, pastikan kamu jujur dalam memberikan informasi. Jawab pertanyaan wawancara dengan lugas dan tunjukkan antusiasmu  pada pekerjaan yang ditawarkan.

Baca juga: 8 pertanyaan yang mesti kamu ajukan sebagai kandidat selama interview

susah cari kerja - EKRUT
Terlalu pasif dalam berusaha dapat meningkatkan risiko kamu susah cari kerja - EKRUT

3. Terlalu pasif

Pekerjaan tidak akan datang begitu saja. Hanya diam, menunggu, atau bahkan mengeluh tidak akan mendatangkan apapun. Kamu perlu lebih aktif dalam mencari pekerjaan impian dan terus belajar agar bisa memiliki karier yang mantap. Bila kamu menginginkan profesi sebagai Editor, kuasailah kemampuan menulis terlebih dulu dan asah ketelitianmu, begitu juga dengan profesi lainnya.

4. Minim informasi

Ketika wawancara, apa kamu pernah ditanya mengenai product knowledge  perusahaan tempatmu melamar? Misalnya, situs atau produk yang mereka miliki. Jika iya, ini berarti kamu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya ketika hendak wawancara.

Sempatkan diri untuk mencari informasi tentang perusahaan tempatmu melamar. Dengan ini, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan perusahaan yang bersangkutan.

5. Pilihan pekerjaan yang kurang sesuai dengan keahlian

Ketidaksesuaian antara keahlian diri dan pekerjaan yang diinginkan kerap terjadi. Perusahaan tidak akan melirik kandidat yang dinilai kurang kompeten atau tidak sesuai dengan posisi yang ditawarkan.

Pihak perusahaan merasa bahwa mereka akan dirugikan. Pasalnya, mereka harus meluangkan waktu untuk mengajarkan keahlian yang dibutuhkan sehingga keefektifan produktivitas kerja akan menurun. Karena itu, kamu perlu mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensimu agar tidak kecewa.

susah cari kerja - EKRUT
Selain menghindari beberapa penyebab kamu kesulitan dalam mencari kerja, cari tahu juga cara tepat mendapatkan kerja - EKRUT

Tak perlu repot cari kerja dengan talent marketplace

Guna menghindari beberapa hal seperti kesalahan dalam mengirim CV, atau pekerjaan yang tak sesuai dengan keahlian, pada dasarnya kamu bisa menggunakan cara yang lebih mudah. Adapun caranya adalah dengan mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace.

Salah satu situs talent marketplace yang sudah tepercaya adalah EKRUT. Tanpa perlu repot mengirimkan CV ke sana-kemari, atau bahkan melakukan kesalahan dalam melamar, EKRUT akan membantumu untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Kamu juga tak perlu cemas karena cara kerja EKRUT termasuk simpel. Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu mendaftarkan diri dengan akun LinkedIn. Lalu, isilah profil dengan data diri yang lengkap.

Setelah itu, EKRUT akan menjalankan proses verifikasi berbasis data science dan menemukan pekerjaan yang pas untukmu. Saat ada salah satu perusahaan melirik profilmu dan menjadwalkan wawancara, kamu akan menerima email.

susah cari kerja - EKRUT
Kamu tidak perlu khawatir tidak menerima email panggilan interview, karena tim EKRUT akan memastikan kamu menerima panggilan tersebut - EKRUT

Bagaimana kalau email tersebut lupa kamu baca atau masuk ke spam? Tak perlu panik, tim EKRUT akan meneleponmu guna memastikan bahwa kamu menerima email panggilan wawancara.

Kamu juga tidak perlu khawatir tentang lowongan kerja palsu. Kenapa? Pasalnya, EKRUT sudah melakukan verifikasi pada semua perusahaan yang terdaftar.

Selain itu, hal yang lebih penting lagi, kamu tidak perlu membayar sepeser pun pada EKRUT. Layanan ini disediakan secara gratis!

Sebagai talent marketplace yang dengan basis data science, EKRUT akan menghubungkanmu dengan perusahaan yang cocok. Tak ada lagi proses mencari kerja yang rumit dan merepotkan.

Sekarang, kamu sudah tahu mengapa kamu kesulitan dalam mencari kerja, dan cara mengatasinya, bukan? Cari kerja sebenarnya tidak perlu stres, asalkan kamu tahu langkah tepatnya. Yuk, sudahi cara lama mencari kerja, dan mulai cara cari kerja yang baru serta praktis! #byebyeapply

susah cari kerja - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: melamar kerja, karier, byebyeapply, susah cari kerja

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang