Careers

8 Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Profesional beserta Informasi yang Perlu Dicantumkan

Published on
Min read
8 min read
time-icon
Sylvia Rheny

A full time learner marketing enthusiast.

5_Contoh_daftar_riwayat_hidup_yang_profesional_dan_relevan_untuk_ditulis.jpg

Saat akan melamar pekerjaan di suatu perusahaan, kamu biasanya akan diminta daftar riwayat hidup. Daftar riwayat hidup biasanya dikenal dengan istilah CV atau curriculum vitae. Perusahaan meminta daftar riwayat hidup agar bisa mengenal kamu sebagai calon kandidat lebih mendalam.

Daftar riwayat hidup ini penting karena biasanya akan menjadi pintu gerbang pertama yang akan menentukan apakah kandidat bisa lolos ke tahapan selanjutnya. Untuk itu, kamu perlu tahu apa saja yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup dan bagaimana contoh daftar riwayat hidup yang profesional dan relevan untuk ditulis.

Baca juga: 5 Contoh CV kreatif untuk pekerja profesional

Apa itu daftar riwayat hidup?

Apa itu daftar riwayat hidup?
Daftar riwayat hidup berisi informasi tentang pribadi kandidat. (Sumber: Pexels)

Daftar riwayat hidup adalah dokumen yang menginformasikan tentang kualifikasi dan informasi pribadi seorang kandidat atau pencari kerja. Informasi yang disebutkan dalam riwayat hidup bisa mencakup data pribadi, tingkat pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman kerja, dan lain-lain.

Dari daftar riwayat hidup pula, perusahaan bisa melihat kompetensi dan pencapaian yang dimiliki serta bisa mendapatkan kesan pertama dari calon karyawannya. Selain itu, daftar riwayat hidup juga bisa membantu HRD untuk mengetahui kapan kandidat tersebut lulus dan darimana asalnya.

Baca juga: 12 Website membuat CV yang menarik dan profesional

8 Contoh daftar riwayat hidup yang profesional

contoh daftar riwayat hidup
Beberapa contoh daftar riwayat hidup. (Sumber: Pexels)

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, berikut ini adalah beberapa contoh daftar riwayat hidup yang dapat kamu pertimbangkan.

#1 Contoh daftar riwayat hidup 1

Daftar Riwayat Hidup

Data Diri

Nama Sylvia Plath
Tempat/ Tanggal Lahir Jakarta, 1 Januari 2000
Domisili Jakarta
Nomor HP 081234512345
Jenis Kelamin Perempuan
Kewarganegaraan Indonesia
Email plathsylvia@gmail.com

Pendidikan Formal

Tahun Pendidikan
2015 - 2018 SMA Negeri 70 Jakarta
2018 - 2022 Institut Teknologi Bandung
Fakultas Seni Rupa dan Desain
Seni Rupa Murni
IPK 3,71

Pendidikan Non-Formal

Tahun Pendidikan
2020 English Course EF (English First)
2022 Pelatihan Digital Marketing

Pengalaman Organisasi dan Kepanitiaan

Tahun Pendidikan
2019 - 2020 Ketua ITB Student Orchestra (ISO)
2020 - 2021 Wakil ketua Studi Teater Mahasiswa (STEMA) ITB

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Jakarta, 6 Juni 2022

Sylvia Plath

#2 Contoh daftar riwayat hidup 2

Daftar Riwayat Hidup

Data Diri

Nama Jane Austen
Tempat/ Tanggal Lahir Jakarta, 2 Desember 1996
Domisili Jakarta
Nomor HP 081312345678
Jenis Kelamin Perempuan
Kewarganegaraan Indonesia
Email janeausten@gmail.com

Pendidikan Formal

Tahun Pendidikan
2011 - 2014 SMA Negeri 6 Jakarta
2014 - 2018 Universitas Indonesia
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Matematika
IPK 3,68

Pengalaman Kerja

Tahun Pengalaman Kerja
Januari 2019 - Mei 2022

Java Programmer di PT Teknologi Kreatif Indonesia

  • Mengatasi debug dan menerapkan solusi baru untuk aplikasi Tekraf
  • Meningkatkan efektivitas operasional sehingga menurunkan biaya operasional perusahaan sebesar 25%
  • Berfokus dalam merancang, menguji, dan mengembangkan 4 program baru IT per tahun
Juni 2018 - Desember 2018

Java Developer Intern di PT Tech Corporation Indonesia

  • Memantau proses jalannya aplikasi
  • Mengatasi debug atau error pada aplikasi
  • Menguji jalannya program
  • Mencari solusi untuk peningkatan efektivitas program

Hard Skills

  • Web development
  • App development
  • Data analysis
  • Data structures

Tech Stack

  • Java
  • C++
  • Ruby on Rails
  • Javascript

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Jakarta, 6 Juni 2022

Jane Austen

#3 Contoh daftar riwayat hidup 3


Contoh daftar riwayat hidup. (Sumber: Canva)

#4 Contoh daftar riwayat hidup 4


Contoh daftar riwayat hidup. (Sumber: Canva)

#5 Contoh daftar riwayat hidup 5


Contoh daftar riwayat hidup. (Sumber: Canva)

#6 Contoh daftar riwayat hidup 6


Contoh daftar riwayat hidup. (Sumber: Canva)

#7 Contoh daftar riwayat hidup 7


Contoh daftar riwayat hidup. (Sumber: Canva)

#8 Contoh daftar riwayat hidup 8


Contoh daftar riwayat hidup. (Sumber: Canva)

Baca juga: Tips dan contoh CV Bahasa Inggris yang menarik

Apa saja informasi yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup?

Apa saja yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup?
Daftar riwayat hidup berisi pendidikan dan pengalaman kerja kandidat. (Sumber: Pexels)

Mengingat tujuan dari pembuatan daftar riwayat hidup adalah untuk memperkenalkan diri secara singkat namun menyeluruh, maka kamu perlu mengetahui informasi apa saja yang perlu dicantumkan ke dalam daftar riwayat hidup. Menyusun daftar riwayat hidup yang baik dan profesional tentu akan memberikan kesan positif kepada HRD. Secara umum, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup.

1. Data diri

Data diri merupakan salah satu unsur yang paling penting untuk dicantumkan dalam daftar riwayat hidup. Di dalam data diri, kamu perlu mencantumkan identitas pribadi mulai dari nama lengkap, nomor telepon, alamat email, tempat dan tanggal lahir, serta domisili. Sebagai opsi, kamu juga bisa menambahkan akun media sosial yang kamu miliki, namun kembali lagi ini bukan bersifat wajib. Menyesuaikan kembali pada jenis pekerjaan yang kamu lamar. Melalui media sosial ini, pihak HRD bisa mengetahui rekam jejak digital milikmu.

2. Pendidikan

Riwayat pendidikan adalah unsur berikutnya yang akan diperhatikan oleh HRD dalam daftar riwayat hidup dan termasuk ke dalam unsur yang paling penting. Riwayat pendidikan ini dapat mencakup program pasca-doktoral, sekolah pascasarjana, sekolah sarjana, dan sekolah menengah atas. Kamu disarankan untuk menyertakan dua pengalaman pendidikan terakhir saja. Kemudian, sertakan nama sekolah atau instansi, jurusan, tahun kelulusan, dan juga IPK yang didapatkan setelah lulus.

Meskipun kamu menuliskan keseluruhan riwayat pendidikan, perusahaan biasanya hanya akan berfokus pada pendidikan terakhirmu. Jadi, untuk membuat daftar riwayat hidup menjadi lebih efisien, tuliskan dua pendidikan terakhirmu dan pastikan pembaca berfokus pada informasi itu.

Baca juga: 10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik

3. Pengalaman kerja

Bagian selanjutnya yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup adalah pengalaman kerja. Pengalaman kerja ini tidak kalah penting dengan riwayat pendidikan, apalagi jika memang posisi yang sedang dicari adalah posisi dengan minimal pengalaman kerja. Cantumkan perusahaan atau organisasi, jabatan dan periode bekerja, dimulai dengan pekerjaan terakhir. Di bawahnya, tuliskan daftar tugas pekerjaan, pengalaman, dan prestasi yang diperoleh. Mulailah setiap poin-poin dengan kata kerja aktif untuk menunjukkan tanggung jawab atau tugas dalam pekerjaan kamu.

Untuk setiap pencapaian atau achievement yang kamu dapatkan selama bekerja, sebaiknya kamu menggunakan parameter yang terukur. Kamu dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Jumlah revenue: Berapa banyak revenue yang kamu berikan kepada perusahaan setiap bulan atau tahun? Misalnya, kamu seorang sales dan berhasil membantu perusahaan memperoleh revenue rata-rata sebesar satu milyar rupiah setiap bulannya.
  • Persentase (%): Berapa % kamu meningkatkan efisiensi suatu proses? Berapa % kamu melebihi target penjualan? Misalnya, kamu seorang recruiter dan kamu berhasil membuat proses rekrutmen 50% lebih efisien dari yang biasanya memerlukan waktu dua bulan, kamu berhasil dengan waktu satu bulan.
  • Numbers (#): Berapa banyak karyawan yang kamu kelola? Berapa banyak panggilan per hari yang kamu jawab? Berapa banyak kantor/lokasi yang kamu koordinasikan dalam suatu proyek?

4. Keterangan tambahan

Bagian selanjutnya yang perlu kamu cantumkan jika kamu memang  belum memiliki pengalaman kerja adalah keterangan tambahan. Keterangan tambahan ini mirip dengan pengalaman kerja, bedanya pada section ini kamu akan menuliskan pengalaman dalam berorganisasi, magang, kepanitiaan, dan sebagainya.

Adapun hal lain yang bisa kamu cantumkan dalam bagian ini adalah keterampilan atau skill yang kamu kuasai, daftar kursus yang pernah kamu ikuti, hingga seminar profesional yang pernah kamu hadiri. Jika apa yang kamu cantumkan dalam bagian ini berhubungan atau mendukung pekerjaan yang sedang kamu lamar, maka kemungkinan besar perusahaan akan memberikan nilai tambah untuk kamu.

5. Tanda tangan

Tanda tangan biasanya ditulis saat kamu membuat daftar riwayat hidup menggunakan tulisan tangan. Meskipun dengan adanya dukungan teknologi sekarang, kamu tetap bisa membubuhkan tanda tangan secara digital melalui beberapa aplikasi atau software yang mendukung. Tanda tangan ini merupakan penanda mengenai pemilik dan pembuat dari daftar riwayat hidup tersebut. Pada bagian tanda tangan ini kamu sebaiknya juga menuliskan waktu dan tempat kamu menulis daftar riwayat tersebut, kemudian di bawah tanda tangan kamu bisa menuliskan nama terang.

Baca juga: 10 Skill dalam CV yang perlu dicantumkan saat melamar pekerjaan

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • canva.com
  • indeed.com
  • prospects.ac.uk
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    contoh-deskripsi-diri---EKRUT.jpg

    Careers

    20 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

    Maria Tri Handayani

    06 December 2022
    8 min read
    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    H1.jpg

    Careers

    Contoh Motivation Letter yang Profesional Beserta Panduan Membuatnya

    Felixitas Yolanda

    06 December 2022
    5 min read

    Video