Published on

Careers

10 Skill dalam CV yang perlu dicantumkan saat melamar pekerjaan

Sylvia Rheny

10_Skill_dalam_CV_yang_perlu_dicantumkan_saat_melamar_pekerjaan.jpg

Penulisan skill dalam CV tentunya esensial sebagai bahan pertimbangan HRD dalam menilai apakah seorang kandidat layak untuk posisi yang sedang dicari oleh perusahaan. Selain itu, penulisan skill dalam CV juga bisa menentukan apakah kandidat tersebut akan dipanggil untuk proses interview dalam proses rekrutmen selanjutnya.

Yuk, ketahui skill apa saja yang penting untuk dicantumkan saat melamar pekerjaan.

Baca juga: 5 Contoh CV kreatif untuk pekerja profesional

Skill-set yang dicari perusahaan saat ini

Skill-set yang dicari perusahaan saat ini
Skill dalam CV menjadi fokus penilaian HRD. (Gambar: pexels.com)

Perkembangan teknologi membuat perubahan tren industri dari waktu ke waktu. Tren industri yang berubah ini juga ikut mempengaruhi skill-set yang dicari oleh perusahaan dalam diri seorang kandidat. Dilansir dari Ruangguru, berikut ini adalah skill-set yang sedang banyak dicari oleh perusahaan di masa sekarang:

1. Pengolahan data (Data Analytics)

Data ini sangat penting fungsinya dalam sebuah perusahaan, misalnya untuk menyajikan insights bagi perusahaan sebelum pengambilan keputusan atau pembuatan strategi bisnis. Terlebih lagi untuk perusahaan dengan bisnis Big Data, oleh karena itu tidak diragukan lagi jika skill data analytics banyak dibutuhkan di luar sana.

2. Pengembangan software (Software Development)

Banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang SaaS atau Software as a Service, yang mulai menggunakan software atau perangkat lunak untuk menghadirkan layanan mereka. Sehingga skill ini juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan permintaan untuk kandidat dengan skill ini semakin meningkat setiap tahunnya.

3. Perancangan pengalaman pengguna (User Experience Design)

UX design adalah suatu bidang yang fokus terhadap interaksi antara manusia sebagai pengguna (user) dengan produk atau layanan berbentuk website atau juga aplikasi. Tujuan utama dari skill ini adalah untuk membuat pengalaman yang nyaman ketika pengguna berhadapan dengan software

4. Pemasaran digital (Digital Marketing)

Berkembangnya penggunaan dan fungsi pada smartphone, laptop, dan gadget lainnya membuat digital marketing juga ikut berkembang cukup pesat. Perusahaan banyak yang memanfaatkan digital marketing untuk memasarkan produk atau layanannya, sehingga skill digital marketing ini juga banyak dicari oleh perusahaan.

Baca juga: Perkembangan teknologi terbaru dunia startup

10 Skill dalam CV yang perlu dicantumkan

10 Skill dalam CV yang perlu dicantumkan
Skill dalam CV sebaiknya berhubungan dengan pekerjaan. (Gambar: pexels.com)

Agar CV yang kamu miliki bisa membawa kamu ke tahap selanjutnya dalam proses rekrutmen, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk mencantumkan beberapa skill berikut ini:

1. Skill kepemimpinan yang baik

Skill kepemimpinan yang baik
Skill dalam CV bisa terkait kemampuan leadership. (Gambar: pexels.com)

Skill pertama yang perlu kamu cantumkan yaitu skill leadership atau kepemimpinan yang baik. Kepemimpinan merupakan hal yang penting dalam suatu perusahaan karena kepemimpinan merupakan kunci keberhasilan tim. Dengan kepemimpinan yang baik, maka kerja sama tim dapat dibentuk dengan baik pula. Apabila kamu merasa belum menguasai skill ini, kamu bisa mulai melatihnya dari sekarang mulai dari diri sendiri dan mencoba melakukan koordinasi tugas dengan rekan kerja lainnya di kantor.

2. Kemampuan kerja dibawah tekanan

Kemampuan kerja dibawah tekanan
Mampu bekerja di bawah tekanan sebagai salah satu skill dalam CV. (Gambar: pexels.com)

Skill ini penting untuk dicantumkan karena biasanya perusahaan menjadikan ini sebagai syarat dari suatu pekerjaan. Dalam dunia profesional, kamu harus mampu bekerja di bawah kondisi apapun, dan seringkali kamu akan bertemu dengan situasi yang tidak menyenangkan namun kamu harus bertindak profesional demi pekerjaan kamu. Bekerja di bawah tekanan juga memungkinkanmu untuk mengambil waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Beberapa perusahaan memberikan uang lembur untuk ini, tapi juga ada perusahaan yang tidak memberikan uang lembur. Ini semua tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan.

3. Kemampuan bahasa asing

Kemampuan bahasa asing
Skill dalam CV terkait kemampuan berbahasa. (Gambar: pexels.com)

Kemampuan berbahasa asing akan memberikan poin plus tersendiri, terlebih jika pekerjaan yang kamu lamar mengharuskan kamu berkomunikasi dengan pihak eksternal perusahaan atau perusahaan yang kamu lamar merupakan perusahaan internasional atau perusahaan asing. Tidak ada salahnya mempelajari bahasa asing karena akan memberikan banyak manfaat positif, terutama untuk perkembangan karier kamu.

Baca juga: Public speaking: Kenali manfaatnya di dunia kerja dan 6 tips meningkatkannya

4. Orientasi pada layanan

Orientasi pada layanan
Skill dalam CV terkait orientasi pada layanan. (Gambar: pexels.com)

Orientasi pada layanan adalah keinginan untuk membantu atau melayani orang lain untuk memenuhi kebutuhan mereka, atau berusaha untuk mengetahui dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Skill ini akan bermanfaat untuk dicantumkan di CV bagi kamu yang akan melamar pekerjaan yang dekat atau berhubungan dengan konsumen, misalnya customer service, marketing, dan sales.

5. Kreatif dan inovatif

Kreatif dan inovatif
Skill dalam CV untuk bekerja di startup. (Gambar: pexels.com)

Skill ini bermanfaat untuk dicantumkan di CV bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan di perusahaan rintisan atau startup yang memerlukan kreativitas dan inovasi yang tinggi. Menjadi kreatif dan inovatif akan menjadi pintu utama kamu bertumbuh di lingkungan kerja tersebut. Di startup, kamu akan diberikan kesempatan sebesar-besarnya untuk mengembangkan ide dan kreativitas yang kamu miliki.

6. Kemampuan kerja sama tim

Kemampuan kerja sama tim
Skill dalam CV terkait teamwork. (Gambar: pexels.com)

Skill selanjutnya yang bisa kamu cantumkan dalam CV yaitu kemampuan untuk bekerja secara tim. Kerjasama tim memiliki peranan penting bagi perusahaan dan setiap individu di dalamnya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kerjasama tim yang baik dapat meningkatkan semangat, produktivitas, hubungan sosial, komunikasi, dan efisiensi dalam pekerjaan. 

Kerjasama tim yang baik terbukti dapat memberikan keuntungan bagi kesuksesan organisasi. Itulah mengapa kemampuan seseorang untuk bisa kerja sama tim dibutuhkan, terlebih lagi untuk pekerjaan-pekerjaan yang memang membutuhkan teamwork yang solid. 

7. Matematika atau hitung-hitungan

Matematika atau hitung-hitungan
Skill dalam CV terkait kemampuan logika. (Gambar: pexels.com)

Kemampuan berhitung bisa dikategorikan sebagai hard skill. Kemampuan ini bisa kamu cantumkan jika kamu ingin mendaftar pekerjaan yang membutuhkan keahlian menghitung. Meskipun terdengar biasa dan umum, kemampuan ini tetap bisa kamu tulis di CV untuk meyakinkan perusahaan bahwa kamu memang berkompeten di bidang tersebut.

Baca juga: Resume adalah: Ketahui pengertian, 4 jenis, bedanya dengan CV, dan panduan membuatnya

8. Kemampuan menganalisis data

Kemampuan menganalisis data
Skill dalam CV terkait analisis data. (Gambar: pexels.com)

Kemampuan menganalisis data termasuk ke dalam kemampuan yang banyak dicari oleh perusahaan. Kemampuan ini dapat dimanfaatkan untuk memetakan strategi yang akan digunakan perusahaan untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas lagi. Posisi yang memerlukan keahlian mengolah data diantaranya yaitu Digital Marketing, Customer Relationship Management (CRM), dan Data Analyst.  

9. Kemampuan menggunakan komputer

Kemampuan menggunakan komputer
Skill dalam CV terkait teknologi. (Gambar: pexels.com)

Kemampuan menggunakan komputer sudah menjadi kemampuan dasar yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Semakin maju perkembangan teknologi, seorang profesional dalam dunia kerja bukan hanya dituntut mampu mengoperasikan komputer, namun juga mahir menggunakannya untuk pekerjaan sehari-hari. Misalnya yang paling umum digunakan yaitu Microsoft Excel dan Word.

Meskipun sudah umum mendengar Microsoft Excel, namun kamu masih bisa banyak mempelajari kegunaan Microsoft Excel beserta rumus-rumusnya untuk meringankan pekerjaan sehari-hari. Selain itu, kamu juga masih bisa mempelajari banyak software lainnya yang berkaitan dengan desain, pdf, dll.

10. Manajemen SDM

Manajemen SDM
Skill dalam CV terkait sumber daya manusia. (Gambar: pexels.com)

Manajemen sumber daya manusia merupakan serangkaian proses dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian atas segala kegiatan yang berhubungan dengan analisis dan evaluasi pekerjaan. 

Di dalam dunia kerja, apalagi jika kamu telah memasuki level manajerial, keterampilan dalam manajemen SDM ini perlu dimiliki karena dalam melaksanakan pekerjaan, tidak lagi hanya perkara personal saja yang harus kamu perhatikan, namun juga interpersonal. 

Baca juga: CEO adalah: Skill-set, perbedaan dengan direktur, dan 5 peran pentingnya

Nah, itulah 10 skill yang bisa kamu pertimbangkan untuk ditulis di CV ketika kamu akan melamar pekerjaan. Jangan lupa untuk menyesuaikan skill dengan pekerjaan yang kamu lamar, ya!

Selanjutnya, jika kamu tertarik pindah kerja, kamu bisa sign up lewat EKRUT untuk menemukan perusahaan yang sesuai dengan minatmu. Selain itu, kamu juga bisa menonton berbagai video untuk membantu persiapan kamu menghadapi interview melalui YouTube EKRUTtv. Semoga bermanfaat, ya!

sign up EKRUT

Sumber:

  • thebalancecareer
  • indeed
  • zety
  • ruangguru

Tags

Share