Published on

Careers

9 Contoh surat referensi kerja yang profesional untuk kariermu

Tsalis Annisa

surat_referensi_kerja_EKRUT.jpg

CV dan portofolio kerja mungkin sudah banyak dikenal sebagai persyaratan utama dalam melamar pekerjaan. Namun, bagaimana dengan surat referensi kerja? Surat referensi kerja sama penting dengan dokumen lain, sehingga cara membuat surat referensi kerja juga tidak boleh sembarangan. Penasaran apa saja yang perlu dilakukan dalam menulis surat referensi kerja? Simak selengkapnya di artikel berikut.

Apa itu surat referensi kerja dan fungsinya

Apa itu surat referensi kerja dan fungsinya
Surat referensi kerja sama pentingnya dengan CV - EKRUT

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan surat referensi kerja. Surat ini adalah surat rekomendasi yang berisikan periode waktu bekerja dan deskripsi ringkas terkait pengalaman dan pencapaian atau kontribusi seseorang saat menjalankan pekerjaan di perusahaan sebelumnya. Deskripsi ini bisa ditulis dari sudut pandang rekan kerja seperti manajer atau dikeluarkan oleh HRD untuk kebutuhan administrasi.

Fungsi surat referensi kerja dalam proses rekrutmen

Fungsi surat referensi kerja dalam proses rekrutmen
Surat referensi kerja merupakan dokumen penting saat proses rekrutmen. (Sumber: Pexels).

Fungsi surat referensi kerja secara umum adalah memberikan gambaran terhadap kontribusi karyawan terhadap perusahaan sebelumnya. Surat referensi kerja biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan baru, persyaratan penarikan dana BPJS ketenagakerjaan, hingga pendaftaran beasiswa studi jenjang universitas. Saat melamar pekerjaan baru, surat referensi kerja sebaiknya dilampirkan beserta dokumen pendukung lainnya. Surat tersebut dapat membuatmu lebih menonjol dari pelamar lainnya karena dapat memberikan gambaran singkat performa karyawan selama bekerja.

Baca juga: 5 Contoh surat keterangan kerja dan cara membuatnya

9 Contoh surat referensi kerja yang profesional

9 Contoh surat referensi kerja yang profesional
Surat referensi kerja berisikan rekomendasi rekan kerja - EKRUT

Tidak usah khawatir dalam membuat surat referensi kerja untuk karyawan. Berikut ini berbagai contoh surat referensi kerja untuk beberapa profesi yang bisa kamu pelajari. Dalam penulisannya pastikan kamu menyampaikan informasi mengenai karyawan terkait dengan jujur.

1. Contoh surat referensi kerja #1

Berikut ini merupakan contoh surat referensi kerja yang ditulis oleh rekan kerja yang merekomendasikan seorang kandidat. Jenis surat referensi di bawah ini biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan baru.

Kepada
Yth. Bapak/Ibu HRD PT Sejahtera
di tempat

Saya menulis surat referensi kerja ini untuk merekomendasikan Imam Adrian untuk posisi Business Development Manager di perusahaan Anda, PT Sejahtera.

Sebelumnya Imam bekerja sebagai Business Development Specialist untuk PT Abadi selama tiga tahun, dimana saya merupakan direct manager untuk Iman. Selama periode tersebut, iman telah memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan dengan mengaplikasikan soft skill dalam pengembangan bisnis.

Beberapa tugas Imam sebelumnya termasuk melakukan riset pasar, mencari peluang kerjasama dengan klien baru, menyusun laporan bisnis, semua dilakukan dengan baik. Iman secara konsisten bekerja keras untuk mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan alasan tersebut saya merekomendasikan Imam.

Dengan pengalaman kerja dan kelebihan yang dimiliki, saya yakin Imam dapat menjadi aset yang berharga bagi perusahaan Anda. Silahkan hubungi saya jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait pengalaman profesional dari Imam.

Salam Hormat,

Samuel Nasution
+628109876543
samuel.n@gmail.com

2. Contoh surat referensi kerja #2

Dibawah ini juga merupakan contoh surat referensi kerja yang bisa kamu jadikan patokan saat menulisnya.

Kepada
Yth. Bapak/Ibu HRD PT. Abadi
di tempat

Saya bermaksud untuk merekomendasikan Jesslyn sebagai kandidat untuk posisi Administrative Manager pada perusahaan Anda.

Jesslyn bekerja sebagai Asisten Administrasi pada perusahaan kami sejak 2018 hingga 2021. Selama berada di posisi tersebut, Jesslyn menunjukkan kemampuan terbaik yang dapat membuatnya menjadi karyawan handal dalam perusahaan Anda.

Jesslyn melakukan pekerjaan dengan luar biasa pada posisi tersebut dan merupakan aset selama bekerja di perusahaan kami. Sebagai atasan langsung, Jesslyn telah menunjukkan kemampuan dalam komunikasi secara verbal dan tertulis dengan sangat baik.

Selain itu, Jesslyn juga terampil dalam melakukan multi-tasking, untuk memastikan bahwa semua proyek dan tugas dapat selesai tepat waktu. Jesslyn juga memiliki hubungan yang baik dengan sesama karyawan dan klien. Hal tersebut dapat menguntungkan Anda, mengingat Anda mencari kandidat yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.

Jesslyn dapat menjadi aset yang berharga untuk perusahaan dan saya secara penuh mendukungnya untuk mendapatkan karier pilihan. Silahkan hubungi saya apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan.

Salam Hormat,

Jessica
Head of Administration
PT. ABCDE
jessica@email.com

3. Contoh surat referensi kerja dalam Bahasa Inggris

Apabila perusahaan tempat karyawan melamar pekerjaan merupakan perusahaan asing atau mensyaratkannya, berikut ini merupakan contoh surat referensi kerja dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Contoh surat referensi kerja dalam Bahasa Inggris

4. Contoh surat referensi kerja untuk Sales

Berikut ini adalah contoh surat referensi kerja untuk profesi sebagai sales. Jangan lupa untuk menekankan pencapaian yang sudah diraih oleh karyawan sebagai poin plus. Dilansir dari thebalancecareers.com, akan lebih baik jika kamu menyertakan tugas atau pencapaian secara lebih detail. 

Kepada
Yth. Bapak/Ibu HRD PT. XYZ
di tempat

Saya menulis surat referensi kerja ini untuk merekomendasikan Dina Dewina untuk posisi sales supervisor pada perusahaan PT. XYZ. Saya dan Dina sudah bekerja bersama selama 4 tahun, dimana saya sebagai manager juga atasan langsung.

Selama bekerja dengan tim sales, Dina membuktikan bahwa dia adalah seorang pekerja keras, memiliki motivasi tinggi, dan karyawan yang dapat diandalkan. Dina juga  jujur, percaya diri, dan memiliki skill komunikasi yang baik. Sehingga Dina bisa menjadi sales terbaik selama 3 tahun berturut-turut dan mampu melebihi target sebanyak 25%.

Dengan kemampuan yang dimiliki, kami yakin Dina akan memberikan dampak positif pada perusahaan Anda. Anda dapat menghubungi saya jika ada pertanyaan lain terkait kinerja Dina.

Salam Hormat,

Jennie Syarifah
Manager Sales
+62 812 345 678
Jennies@email.com

5. Contoh surat referensi kerja untuk Software Engineer

Contoh surat referensi kerja dibawah ini ditujukkan untuk seorang karyawan yang berfrose sebagai Software Engineer.

Contoh surat referensi kerja untuk Software Engineer

6. Contoh surat referensi kerja untuk Data Scientist

Untuk profesi data scientist, kamu bisa melihat contoh referensi kerja di bawah ini.

Kepada
Yth. Bapak/Ibu HRD PT Abadi
di tempat

Saya menulis surat referensi kerja ini untuk merekomendasikan Arifin untuk posisi Data Scientist Manager di perusahaan Anda, PT Abadi.

Sebelumnya Arifin bekerja sebagai Data Scientist Leader untuk PT Abadi selama lima tahun, dimana saya merupakan direct manager untuk Arifin. Selama periode tersebut, Arifin telah memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan dengan mengaplikasikan skill yang dimiliki dalam pengembangan bisnis.

Beberapa tugas Arifin sebelumnya termasuk melakukan analisis database perusahaan, menggunakan model prediksi untuk penargetan iklan, dan menilai keefektifan data baru perusahaan, semua dilakukan dengan baik. Arifin secara konsisten bekerja keras untuk mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya. 

Dengan pengalaman kerja dan kelebihan yang dimiliki, saya yakin Arifin dapat menjadi aset yang berharga bagi perusahaan Anda. Silahkan hubungi saya jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait pengalaman profesional dari Arifin.

Salam Hormat,

Jojo Hendrawan
+62812345678
jojohen@gmail.com

7. Contoh surat referensi kerja untuk Product Manager

Tidak perlu bingung, berikut ini merupakan contoh surat referensi kerja untuk profesi sebagai Product Manager.

Contoh surat referensi kerja untuk Product Manager

8. Contoh surat referensi kerja untuk Digital Marketer

Kamu bisa melihat contoh referensi kerja berikut ini, jika bergerak dalam bidang digital marketing.

Kepada
Yth. Bapak/Ibu HRD PT AB Clothing
di tempat

Saya menulis surat referensi kerja ini untuk merekomendasikan Jojo Hendrawan untuk posisi Digital Marketer di perusahaan PT AB Clothing.

Sebelumnya Marlena bekerja dalam tim digital marketing untuk PT Chocho, dari tahun 2019 hingga 2021, dimana saya merupakan direct manager untuk Jojo. Selama periode tersebut, Jojo telah memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan dengan soft skill maupun hard skill yang dimiliki dalam pemasaran produk secara digital.

Tugas Jojo sebelumnya termasuk mengevaluasi tren terkini, merencanakan social media campaign, menghubungi influencer, dan membuat laporan kinerja digital marketing tim. Dengan kemampuan yang dimilikinya, Jojo mampu menaikkan jumlah follower di sosial media kami sebanyak 50% dan menaikkan engagement sebanyak 35%.

Jojo juga bekerja keras dan termotivasi untuk terus mengembangkan ide-ide kreatif untuk timnya. Jojo juga memiliki hubungan yang baik dengan klien, karyawan lain, dan pihak-pihak yang terlibat dalam proyek kami.

Dengan kelebihan yang dimiliki, saya yakin Jojo dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan Anda. Silahkan hubungi saya jika Anda membutuhkan informasi terkait performa Jojo selama bekerja di perusahaan kami.

Salam Hormat,

Marina
+62812345678
marina@gmail.com

9. Contoh surat referensi kerja dari perusahaan

Di bawah ini merupakan contoh surat referensi kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan. Surat referensi ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan salah satunya sebagai syarat administrasi pencairan BPJS ketenagakerjaan. Berikut contoh lengkapnya.

PT. Sejahtera
Gedung Persada, LT 6
Jalan Perjuangan No 15, Jakarta Barat
Surat Keterangan
No.15/HRD/2021

PT. Sejahtera yang berkedudukan di Gedung Persada, LT 6, Jalan Perjuangan No 15, Jakarta Barat, dengan ini menyatakan bahwa:

Nama        : Imam Adrian
No Pegawai    : 5576
Jabatan    : Business Development Specialist

Adalah karyawan di perusahaan kami dari tanggal 1 Januari 2020, sampai dengan 31 Desember 2020, dengan posisi terakhir Business Development Specialist.

Selama jangka waktu kerja bersama perusahaan kami, Imam telah menunjukkan kinerjanya dengan hasil yang memuaskan dan berkontribusi positif bagi perusahaan.

Dengan demikian surat keterangan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta 31 Desember 2020
PT Sejahtera


Erik Kurniawan
HR Manager

Baca juga: 6 Tips sukses merancang rencana karir untuk masa depanmu

Cara membuat surat referensi kerja

Cara membuat surat referensi kerja
Surat referensi kerja ditulis rekan kerja atau HRD CV - EKRUT

Dalam pembuatan surat referensi kerja, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Pertama, jelaskan hubungan antara pemberi dan penerima referensi. Hal-hal yang perlu dicantumkan untuk menjelaskan hubungan antara kedua belah pihak antara lain tanggal bergabung dan berakhirnya kerja.

Berikutnya adalah informasi terkait kelebihan yang dimiliki oleh kandidat saat menjalankan pekerjaan. Selain itu, hal terakhir yang perlu dicantumkan adalah alasan dibalik penulis memberikan rekomendasi kepada kandidat.

Sebagai penutup, jangan lupa untuk mencantumkan kontak pihak yang menulis surat rekomendasi berupa alamat email atau nomor telepon. Informasi ini dapat dicantumkan di bagian bawah surat.

Baca juga: Tips interview kerja di berbagai jenis wawancara yang berbeda

Nah, sekarang kamu telah mengetahui bagaimana surat referensi kerja yang baik dan cara membuatnya. Semoga informasi di atas dapat berguna bagi kamu yang sedang akan membuat surat referensi untuk berbagai keperluan.

Rekomendasi video: 

daftar ekrut
Last update: 21 September 2021

Sumber: 

  • indeed.com
  • thebalancecareers.com
  • remotebliss.com

Tags

Share