Technology

Rekomendasi Copywriting Tools untuk Copywriter Pemula

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Cover_(1).jpg

Sesuai namanya, copywriter adalah pekerjaan yang berkaitan erat dengan penulisan. Hal yang paling membedakan copywriter dengan profesi writer lainnya adalah tulisan yang dibuat. Jika script writer bertugas untuk menulis skrip atau naskah lalu article writer bertugas untuk menulis artikel panjang yang biasanya dipublikasi di situs web, copywriter bertugas untuk menulis kata-kata persuasif yang berfungsi sebagai iklan. Biasanya, copywriter menulis untuk melengkapi konten visual yang sudah tersedia.

Baca juga: Perbedaan Copywriter dan Content Writer

Skill apa saja yang dibutuhkan seorang copywriter?

copywriting tools
Skill riset dan membuat kalimat yang menarik adalah skill yang wajib dimiliki oleh copywriter (sumber: Pexels)

Supaya copy yang kamu hasilkan bisa memenuhi permintaan klien, ada beberapa skill yang sebaiknya kamu kuasai sebagai seorang copywriter.

1. Kemampuan riset

Ketika kamu diminta untuk membuat copy demi kepentingan promosi suatu produk atau acara, kamu wajib melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya kamu tahu betul keunggulan apa yang akan ditonjolkan sehingga audiens merasa tertarik untuk membeli produk atau menghadiri acara tersebut. Kamu bisa melakukan riset dengan cara berkonsultasi langsung dengan klien atau atasan yang memberikan tugas atau melakukan pencarian di internet. Kamu juga bisa bertanya kepada beberapa orang yang menurutmu dapat memberikan opini menarik untuk mempromosikan produk atau acara yang akan kamu buat copy-nya.

2. Selalu update dengan tren terkini

Seorang copywriter hendaknya selalu update supaya gaya kepenulisannya dapat disesuaikan dengan tren yang tengah ramai dibicarakan masyarakat. Dengan mengikuti tren, kamu bisa mengetahui penggunaan slang, fenomena terkini, meme yang banyak diunggah, atau challenge yang diikuti banyak orang. Audiens bisa merasa lebih relate dengan copy-mu apabila copy yang kamu buat sesuai dengan tren terkini.

3. Mudah beradaptasi dengan berbagai jenis situasi

Situasi yang dimaksud di sini adalah permintaan dan kebutuhan klien atau atasan yang memberi tugas. Jika kamu mudah beradaptasi, kamu tidak akan terkejut apabila sewaktu-waktu diminta menulis copy untuk promosi brand padahal biasanya kamu menulis untuk kepentingan campaign. Supaya bisa mudah beradaptasi, kamu bisa memulainya dengan rajin berlatih karena biar bagaimanapun, peribahasa “practice makes perfect” sudah terbukti benar. Kamu juga bisa membaca modul, menonton penjelasan di YouTube, atau membaca artikel yang membahas tentang kiat-kiat copywriting.

4. Memahami target pasar yang dituju

Hal ini penting karena kamu bisa lebih memahami writing tone yang akan kamu gunakan. Apabila target audiensmu adalah remaja dan orang dewasa muda, kamu bisa menulis copy dalam ragam informal yang banyak menggunakan istilah-istilah kekinian. Lain halnya jika target pasarmu adalah orang dewasa akhir. Kamu bisa menulis dengan tone semiformal supaya lebih mudah dipahami.

5. Menguasai susunan kalimat, tata bahasa, dan kosakata

Karena copywriter tidak bisa dipisahkan dari kata dan tulisan, sudah seharusnya seorang copywriter menguasai susunan kalimat, tata bahasa, dan kosakata. Dengan menguasai ketiga hal tersebut, seorang copywriter dapat mengerjakan tugasnya dengan lebih mudah dan cepat dalam menemukan hook yang mampu menarik perhatian audiens. 

Baca juga: Tips Belajar Copywriting Bagi Pemula untuk Meningkatkan Skill

Rekomendasi copywriting tools untuk memudahkanmu dalam membuat copy

rekomendasi copywriting tools
Manfaatkan copywriting tools untuk membantumu menulis copy (sumber: Pexels)

Meskipun banyak orang yang mengatakan bahwa jobdesc copywriter hanya “nulis-nulis doang”, nyatanya menulis untuk kepentingan iklan tidak selamanya mudah. Apalagi jika copywriter tersebut mengalami writer’s block. Oleh sebab itu, untuk memudahkanmu dalam membuat copy, lihat rekomendasi tools berikut ini.

1. Lektur.id

Copywriting tools berbasis situs web ini dapat diakses secara gratis oleh penggunanya. Lektur.id menyediakan layanan berbahasa Indonesia yang bisa membantumu mencari antonim, sinonim, mengecek kesalahan penulisan, bahkan memeriksa makna dalam KBBI. Selain KBBI, situs satu ini juga menyediakan Kamus Bahasa Inggris-Indonesia yang bisa kamu manfaatkan untuk translasi kata. Cara menggunakannya pun cukup mudah karena kamu tidak perlu membuat akun terlebih dahulu. Kamu tinggal memilih fitur apa yang ingin digunakan dan segera melakukan pencarian.

2. Ejaan.id

Melansir dari situs resminya, Ejaan.id adalah situs perbaikan kata tidak baku berbasis teknologi. Situs web berbahasa Indonesia ini menyediakan beragam fitur, seperti periksa ejaan, usul kata, lacak kata, alih kata, kata kita, dan video kata. Fitur-fitur tersebut tentunya mempunyai fungsi masing-masing.

Dengan fitur periksa ejaan, kamu bisa memeriksa dokumen atau teks copy yang kamu buat untuk memastikan tidak ada kesalahan. Fitur usul kata bisa kamu pakai apabila kamu ingin mengusulkan entri yang belum dimuat dalam situs tersebut. Kamu bisa menggunakan fitur lacak kata apabila ingin mencari variasi baku dan tidak baku sebuah kata. Apabila kamu ingin mendapatkan informasi tambahan tentang kebahasaan dan linguistik, kamu bisa mengakses fitur kata kita untuk informasi berbentuk artikel atau fitur video kata untuk informasi berbentuk audio visual.

3. Rima Kata

Rima yang sama sudah menjadi ciri khas kepenulisan copy. Audiens biasanya akan lebih mudah mengingat slogan atau copy yang dibuat jika mengandung rima yang sama. Akan tetapi, kadang kala mencari kata dengan akhiran sama menjadi tantangan tersendiri bagi copywriter. Untuk itulah tools Rima Kata dibuat. Dengan tools satu ini, kamu bisa mencari kata yang kamu butuhkan yang dibagi ke dalam beberapa jenis rima, seperti rima akhir sempurna, rima akhir tak sempurna, rima awal, rima konsonan, dan sebagainya.

4. Swipe File

Berbeda dari tools copywriting sebelumnya, tools satu ini tidak terbatas untuk copy dalam bahasa Indonesia saja tetapi juga copy dalam berbagai bahasa. Swipe File dibuat dengan tujuan mengumpulkan berbagai jenis copywriting–bahkan dari tahun 70-an–untuk membantu para copywriter menemukan inspirasi menulis. Untuk dapat menggunakannya, kamu hanya perlu melakukan sign up.

5. 750 Words

Untuk melatih kemampuan copywriting-mu, kamu bisa memanfaatkan 750 Words. Situs satu ini membantumu membiasakan diri dalam menulis. Kamu bisa mulai menulis apa pun yang ada di kepalamu dan nantinya situs tersebut akan memberimu poin berdasarkan jumlah kata yang kamu tulis. Situs tersebut juga akan memberikan hasil analisis tulisanmu, seperti tone yang biasanya kamu gunakan, topik tulisanmu dari hari ke hari, dan hal apa yang menjadi concern utama yang paling sering kamu tuliskan. Tools copywriting ini dapat benar-benar membantumu punya kebiasaan menulis.

6. KBBI Daring

KBBI Daring bisa kamu manfaatkan untuk mencari makna kata dalam bahasa Indonesia. Akan tetapi, perlu diingat bahwa entri yang tersedia pada situs ini hanya kosakata baku. Untuk dapat menggunakan KBBI Daring, kamu tidak perlu repot membuat akun terlebih dahulu karena dengan mengakses situsnya saja, kamu langsung bisa menggunakannya.

7. PUEBI Daring

Jika kamu perlu menulis copy dengan tone yang formal, PUEBI Daring adalah tools copywriting yang tepat. Kamu bisa memeriksa panduan penggunaan tanda baca, huruf kapital, dan kaidah-kaidah kebahasaan lainnya dalam situs satu ini.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi untuk Latihan Menulis

Itu dia rekomendasi tools copywriting yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaanmu dalam membuat copy. Meskipun ada tools yang memudahkan, jangan lupa untuk selalu latihan. Dengan berlatih, kemampuan menulismu akan meningkat sedikit demi sedikit.

Jika kamu tertarik untuk menjadi copywriter atau tengah mencari pekerjaan serupa, kamu bisa sign up EKRUT sekarang! Jangan khawatir karena semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT bisa kamu dapatkan secara gratis.

Sumber:

  • akurat.co
  • brafton.com
  • dewabiz.com
  • redcomm.co.id
  • christopherfielden.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read
    H1_Wifi_Portable.jpg

    Technology

    8 Rekomendasi WiFi Portable Terbaik dan Lengkap dengan Daftar Harganya

    Algonz D.B. Raharja

    05 December 2022
    6 min read

    Video