Published on

Careers

Data entry adalah: Pengertian, Skills, Peran dan Tanggung jawab

Nur Lella Junaedi

data-entry-adalah-EKRUT.jpg

Data entry adalah jenis pekerjaan klerikal atau bersifat administrasi yang membantu perusahaan memproses informasi dengan mengambil data dari formulir, non dokumen atau rekaman suara untuk dimasukan ke dalam sistem komputer dan memastikan data tersebut tersimpan secara akurat dan efisien.

Agar lebih paham, berikut adalah informasi lengkap mengenai peran data entry dan skills yang dibutuhkan. 

Bidang pekerjaan data entry 

data entry adalah EKRUT
Pekerjaan data entry ini bersifat klerikal atau tergolong pekerjaan yang administratif-EKRUT

Seperti telah disebutkan di atas bahwa, pekerjaan data entry ini biasanya bersifat administratif. 

Mereka bisa ada di berbagai bidang pekerjaan namun, umumnya mereka dibutuhkan untuk layanan keuangan, ritel, transportasi dan kesehatan. 

Tak hanya itu, dalam beberapa kasus terkadang perusahaan ada juga yang membolehkan data entry untuk bekerja di kantor, akan tetapi ada pula yang membolehkan mereka kerja remote atau istilahnya dikenal dengan data entry freelance

Baca juga: Mau kerja online? Ini profesi yang cocok!

Skills yang diperlukan data entry

data entry adalah EKRUT 
Salah satu skills yang diperlukan untuk menjadi data entry yakni mampu mengetik dengan cepat- EKRUT

Peran data entry biasanya didapatkan dari jenjang pendidikan sarjana bahasa Inggris, Matematika, Teknik Komputer Informatika (TIK) dan beberapa dari jenjang pendidikan administrasi.
 
Di perusahaan, fungsi dari data entry ini sangat penting untuk dapat meminimalisir beban administrasi, memangkas biaya, dan memastikan bila sumber data berasal dari sumber-sumber yang penting. 

Oleh sebab itu, perusahaan harus memilih seorang data entry yang detail dan teliti. Selain itu, skills lain yang diperlukan oleh seorang data entry adalah:  

Skills tertulis dan komunikasi yang baik 

Kamu harus tahu bila, petugas data entry nantinya akan terlibat di dalam dan di luar tim karena itu, sebaiknya mereka memiliki skills dalam menulis dan verbal yang baik. 

Kemampuan pengetikan yang cepat 

Tak cukup sampai di sana, seseorang untuk menjadi data entry juga perlu memiliki skills mengetik yang cepat. Pasalnya mereka harus memasukkan entry data dengan jumlah yang besar dalam kurun waktu yang singkat. 

Mereka juga harus merasa nyaman dengan perangkat yang mereka gunakan seperti keyboard, mouse, scanner dan lain-lain. Rata-rata perusahaan menginginkan pegawai data entry dapat mengetik sekitar 30 hingga 40 kata dalam satu menit. 

Pengetahuan dasar perangkat lunak

Skills lainnya yang dibutuhkan oleh data entry adalah memiliki pengalaman atas perangkat lunak dasar seperti Spreadsheet, Microsoft Word, dan database. 

Konsentrasi tinggi 

Jenis pekerjaan data entry adalah pekerjaan yang akan terus menerus serta menghabiskan banyak waktu dengan tugas yang sama. Oleh sebab itu, pekerjaan ini mengharuskan mereka memiliki konsentrasi yang tinggi, ketelitian dan kesabaran yang besar.

Baca juga: 6 Cara meningkatkan daya ingat agar tidak mudah lupa 

Peran dan tugas data entry

data entry adalah EKRUT 
Sementara tugas dari data entry yakni mempersiapkan dan menyortir dokumen untuk entry data-EKRUT

Adapun peran dan tugas dari data enrty meliputi: 

  • Memasukkan data ke perangkat lunak berbasis data dan memeriksanya untuk memastikan keakuratan data yang telah dimasukkan 
  • Menguji  sistem database baru dan pembaruan perangkat lunak 
  • Menanggapi permintaan informasi dari anggota yang berwenang 
  • Mempersiapkan dan menyortir dokumen untuk entry data 
  • Membuat cadangan data sebagai bagian dari rencana kontingensi
  • Menyelesaikan perbedaan dalam informasi dan mendapatkan informasi lebih lanjut untuk dokumen yang tidak lengkap

Contoh pertanyaan interview data entry

data entry adalah EKRUT 
Ada beberapa pertanyaan interview yang umumnya ditanyakan kepada kandidat data entry - EKRUT

Untuk memberi gambaran tentang proses perekrutan profesi ini, berikut beberapa contoh pertanyaan interview data entry adalah:

  • Apakah kamu pernah bekerja sebagai data entry sebelumnya?

Ada beberapa perusahaan yang terkadang menginginkan kandidat dengan pengalaman yang sama sebelumnya. Namun, ini tidak selalu terjadi tapi pastinya akan lebih mudah diterima oleh perusahaan.

Meskipun begitu untuk kamu yang belum pernah bekerja di profesi ini, sebaiknya kamu bisa memberi jawaban tentang pekerjaan yang hampir sama seperti data entry. 

Misalnya kamu adalah seorang customer service mungkin kamu bisa menjawab bahwa kamu pernah mengelola catatan data pelanggan dan data transaksi di Microsoft Excel yang membuatmu harus akurat melakukan itu. 

  • Tools apa yang selalu kamu gunakan untuk bekerja?

Sama halnya seperti pekerjaan lain yang memerlukan tools seorang data entry pun begitu.

Jika kamu memiliki pengalaman di bidang ini tentunya mudah menjawab itu dimana umumnya tools yang selalu di pakai data entry adalah tools Ms Excel, Word, Maestro, Adobe Acrobat Reader DC, Omnipage dan lain-lain. 

  • Keterampilan apa yang kamu miliki menjadi data entry?

Melalui pertanyaan ini, perekrut ingin mengetahui apakah skills yang kamu miliki sama dengan skills yang dibutuhkan perusahaan, dimana biasanya skills yang dimiliki data entry berhubungan dengan kecepatan mengetik, berkonsentrasi, memahami literasi digital dan sebagainya.

Selengkapnya tentang pertanyaan interview user dan tipsnya bisa kamu baca di sini. 

Itulah peran dan tugas penting dari seorang data entry. Bagi kamu berasal dari latar belakang pendidikan di atas, dan memiliki beberapa skills yang direkomendasikan, kamu dapat mencoba memulai karier sebagai data entry. 

Baca juga: Pentingnya skala prioritas untuk meningkatkan produktivitas kerja

Namun selain di bidang korporat, terkadang beberapa pekerjaan ini juga membuka lowongan kerja untuk posisi freelance data entry. Jadi, kamu bisa mencoba dua-duanya. Selamat mencoba dan semangat ya

data entry adalah EKRUT 
Last update 8 March 2021

Sumber: 

  • Roberthalf
  • Indeed.com
  • Flatworldsolutions
  • bigdata-madesimple

Tags

Share