Lainnya

10 Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis Bikin Betah

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1.jpg

Menurutmu, rumah idaman itu yang seperti apa, sih? Pastinya kamu ingin rumah yang nyaman dan bikin betah, sesuai kebutuhan dan gaya hidup kamu. Bagi kamu yang suka warna netral, desain yang modern, simpel dan fungsional, sepertinya desain interior rumah minimalis cocok untukmu.

Konsep minimalis tidak hanya menyangkut arsitektur rumah saja, tapi juga desain interior, pemilihan perabot, cat dinding, dekor, dan sebagainya. Desain interior rumah minimalis memiliki kesan yang simpel, tapi sebenarnya ada banyak sekali gaya, material, dan tekstur yang bisa dipilih. Yang jelas desain ini mengutamakan kualitas dan fungsi ketimbang tampilan semata. Yuk, simak contoh-contoh desain interior rumah minimalis berikut ini.

10 Inspirasi desain interior rumah minimalis


Ada banyak cara mendesain ruangan dengan konsep minimalis. (Sumber: Pexels)

Desain interior rumah minimalis bisa diterapkan di bagian rumah mana saja. Mulai dari eksterior rumah, ruangan di dalamnya, hingga perabot-perabot kecil untuk menghias rumah. Berikut ini adalah beberapa inspirasi desain interior rumah minimalis yang bisa kamu contoh.

Baca Juga: 5 Cara mengatur keuangan agar bisa beli rumah

1. Lemari minimalis


Contoh lemari minimalis dengan multi fungsi. (Sumber: Medium)

Lemari kini bukan hanya sekedar tempat menyimpan pakaian, tapi bisa jadi multifungsi. Seperti contoh lemari minimalis di atas dengan area santai di bagian atas yang bisa diakses lewat tangga dan pintu kecil di samping yang menghubungkan kamarmu dengan ruang lainnya, seperti kamar mandi atau ruang kerja. Semua fungsi dikemas dengan desain ala steampunk yang simpel tapi tetap keren.

2. Gantungan baju minimalis


Desain gantungan baju yang unik mempercantik ruang. (Sumber: Medium)

Desain gantungan baju adalah hal yang sepele yang gampang terlewatkan. Padahal dengan desain yang apik bisa mempercantik ruangan, lho. Desain yang unik dan tidak biasa dipadukan dengan warna netral seperti contoh di atas bisa jadi inspirasi.

3. Dapur minimalis


Dapur minimalis dengan skema warna hitam putih. (Sumber: Medium)

Dapur adalah salah satu area di rumah yang harus benar-benar dipikirkan desainnya. Desain interior yang minimalis membuat ruangan terkesan bersih, luas dan rapi. Coba gunakan warna netral seperti hitam atau putih, pastikan kamu punya cukup banyak storage agar peralatan dapur tidak berserakan di atas counter. Pilih perlengkapan dapur dengan warna senada agar makin terlihat harmonis.

4. Kamar tidur minimalis


Tempat tidur dengan alas dipan berikan kesan minimalis. (Sumber: Medium)

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendesain kamar tidur minimalis. Alih-alih ranjang yang makan tempat, ganti dengan alas papan atau dipan. Tempat tidur dengan ruang penyimpanan di bawahnya juga sedang marak karena terlihat praktis dan multi-fungsi. Pastikan kamu menjaga kamar tetap rapi karena ini bisa membantu kualitas tidurmu juga, lho.

Baca Juga: Tren frugal living, gaya hidup masa kini yang cocok diterapkan anak muda

5. Kamar mandi minimalis


Manfaatkan bagian bawah wastafel sebagai storage. (Sumber: Pexels)

Berikan kesan lapang dan terbuka di kamar mandi tanpa menggunakan pintu atau dinding shower. Kamu bisa coba gunakan ubin warna netral untuk dinding dan lantai kamar mandi. Tambahkan kabinet di bawah wastafel atau fungsikan ruang di balik cermin sebagai storage agar perlengkapan mandimu tidak berserakan di counter.

6. Ruang laundry minimalis


Ruang laundry minimalis lengkap dengan gantungan dan bak cuci. (Sumber: Turbosquid)

Untuk menghemat ruang, kamu bisa gunakan washer dan dryer yang bisa ditumpuk (stackable). Tempatkan mesin cuci di dalam unit penyimpanan berpintu sehingga saat tidak digunakan bisa kamu tutup dan tidak akan terlihat dari luar. Pasangkan rak gantungan baju atau kabinet overhead sebagai tempat penyimpanan agar ruangan tetap terlihat rapi.

7. Halaman minimalis


Inspirasi halaman minimalis ala Zen garden. (Sumber: Medium)

Halaman rumah ternyata bisa didesain minimalis juga. Gaya Zen garden ala Jepang bisa jadi salah satu contoh desain halaman minimalis. Untuk meminimalkan perawatan, ganti rumput dengan batu alam dan hiasi dengan beberapa pohon saja. Agar tetap rapi, gunakan planter ketimbang pot. Buat bangku dari beton atau kayu yang menyatu dengan sisi rumah sehingga kamu tak perlu beli perabotan lagi.

8. Barang modular minimalis


Desain modular yang bisa diubah menjadi banyak fungsi. (Sumber: Medium)

Desain modular adalah prinsip desain yang membagi objek menjadi beberapa bagian yang lebih kecil yang kemudian dapat disusun atau dimodifikasi menjadi banyak hal yang berbeda. Alhasil, dengan satu objek, kamu bisa dapat banyak fungsi. Sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa mengubahnya menjadi sofa, tempat tidur, tempat bermain anak, alas untuk olahraga, dll.

9. Ruang kerja minimalis


Ruang kerja dengan dekorasi minimal dan tetap rapi. (Sumber: Medium)

Menjaga area kerja tetap bersih dan rapi sangatlah penting, bukan? Kamu bisa terapkan desain interior rumah minimalis di ruang kerja. Agar terjaga kerapiannya, maksimalkan ruang penyimpanan seperti rak buku, rak gantung di dinding atau pinboard. Gunakan palet warna yang netral dan cerah, maksimalkan pencahayaan alami, dan dekorasi ruangan dengan tanaman agar tetap betah.

Baca Juga: 5 Contoh ruang kerja di rumah agar lebih nyaman dan produktif

10. Minimalis semuanya


Bedroom in a box yang menyatukan berbagai fungsi dalam satu kotak. (Sumber: Medium)

Mau jadi perabot atau ruangan apa pun, kini bahkan kamu bisa menemukan satu unit yang bisa diubah-ubah fungsinya sesuai keinginan seperti produk Boxetti di atas. Bisa jadi ruang duduk, ruang kerja, atau ruang tidur sekaligus, ini namanya desain interior rumah minimalis yang ekstrem, ya.

Konsep minimalis memang sangat menarik, ya? Selain simpel, perawatannya pun cenderung lebih mudah. Bagi kamu para milenial yang super sibuk dan tidak mau pusing-pusing memikirkan desain interior rumah, semoga inspirasi desain interior rumah minimalis ini bisa membantumu.

Baca juga: 9 Tips Desain Interior Layaknya Profesional yang Bisa Kamu Praktikkan Di Rumah

Penasaran dengan tips dan trik pencarian kerja dan serba-serbi gaya hidup lainnya? Kamu bisa cari informasi selengkapnya di EKRUT! Daftarkan dirimu di EKRUT untuk mendapatkan info menarik dan lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu.

Bagi para milenial yang berencana KPR rumah, simak yuk video berikut sebelum menentukan pilihan.

Sumber:

  • My Domaine
  • Medium
  • Jigsaw Academy
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_-_10_Studio_Foto_Jakarta_untuk_Berbagai_Keperluan_Beserta_Daftar_Harganya.jpg

    Lainnya

    10 Studio Foto Jakarta untuk Berbagai Keperluan beserta Daftar Harganya

    Sylvia Rheny

    14 October 2022
    5 min read
    H1-_9_Tips_Desain_Interior_Layaknya_Profesional_yang_Bisa_Kamu_Praktikkan_Di_Rumahmu.jpg

    Lainnya

    9 Tips Desain Interior Layaknya Profesional yang Bisa Kamu Praktikkan Di Rumah

    Lita Lia

    05 October 2022
    5 min read
    H1_10_Ide_Desain_Rumah_yang_Bisa_Dijadikan_Referensi_serta_Hal-hal_Penting_yang_Perlu_Diperhatikan_(1).jpg

    Lainnya

    10 Ide Desain Rumah yang Bisa Dijadikan Referensi serta Hal-hal Penting yang Perlu Diperhatikan

    Farah Reginda

    28 September 2022
    5 min read

    Video