Published on

startup

Berada di ambang kehancuran, WeWork diselamatkan SoftBank

Tsalis Annisa

softbank-memiliki-80-persen-wework-EKRUT.jpg

Setelah dikabarkan CEO WeWork dipaksa mundur oleh para calon investor di pasar saham, kali ini SoftBank dikabarkan mengambil alih WeWork dan memiliki 80% saham WeWork. 

Seiringan dengan hal ini, Adam Neumman tidak lagi menjadi CEO dan digantikan oleh Marcelo Claure sebagai Executive Chairman. Meski begitu, Artie Minson dan Sebastian Gunningham akan tetap menjabat sebagai co-CEO WeWork.

Selain mengambil alih WeWork, SoftBank juga dikabarkan memberikan uang sejumlah $1.7 miliar kepada Adam Neumman selaku pendiri WeWork. Melalui langkah SoftBank ini diharapkan ke depannya WeWork dapat menghasilkan untung lebih cepat dan memiliki aliran keuangan yang lebih baik.

Kondisi WeWork semakin memburuk setelah perusahaan ini mendaftarkan diri untuk ikut masuk ke dalam IPO. Di mana para calon investor melihat bagaimana Adam Neumman dinilai tidak kompeten dalam menjalankan perusahaan sehingga menimbulkan kerugian besar. 

Tak hanya itu, kerugian yang terjadi di WeWork juga mengakibatkan ribuan karyawan berada diambang PHK. Bahkan diduga rendahnya jumlah uang tunai membuat perusahaan ini tidak mampu menutupi pembayaran pesangon hingga akhirnya membuat kesepakatan baru dengan SoftBank menjadi sangat penting.

Selama ini SoftBank telah menjadi investor terbesar WeWork dengan nilai lebih dari $10 miliar. Kesepakatan baru termasuk $5 miliar dalam pendanaan lebih lanjut, $ 1,5 miliar yang telah dijanjikan untuk masa depan, dan penawaran tender  $3 miliar untuk pemegang saham yang ada di luar SoftBank.

Meski begitu, WeWork mengklaim bahwa bagaimanapun, SoftBank tidak akan memiliki mayoritas hak suara pada setiap pertemuan perusahaan.  

Rekomendasi bacaan:  

Sumber: 

Tags

Share