Published on

Lainnya

8 Manfaat diversity di perusahaan dan beberapa contoh yang dapat diterapkan

Felixitas Yolanda

H1.jpg

Keberagaman atau diversity adalah salah satu hal yang lekat dengan negara kita, Indonesia. Sejak kecil kita sudah diajari untuk menghargai perbedaan dan hidup harmonis dalam keberagaman, Bhinneka Tunggal Ika. Namun ternyata masih ada beberapa perusahaan yang belum menerapkan hal ini, padahal ada banyak manfaat diversity di tempat kerja.

Diversity bukan hanya tentang keberagaman budaya, namun juga keberagaman gender, ras, seksualitas, bahasa, latar belakang pendidikan, dan masih banyak lagi. Penerapan diversity di tempat kerja beberapa tahun belakangan semakin digalakkan, jadi ini adalah saat yang tepat untuk mempelajarinya lebih jauh.

Baca juga: Apa itu Venture Capitalist (VC)? Berikut jenis pendanaan dan posisinya dalam perusahaan!

Apa itu diversity dalam dunia kerja? 


Diversity berarti perusahaan mempekerjakan tenaga dari berbagai latar belakang. (Sumber: Pexels)

Diversity dalam dunia kerja berarti perusahaan mempekerjakan tenaga dari berbagai latar belakang, mulai dari gender, ras, suku, usia, seksualitas, dan sebagainya. Tidak berhenti di situ, perusahaan juga harus memastikan kesetaraan bagi pegawai yang beragam ini dengan memberi mereka kesempatan yang sama.

Penelitian dari Universitas Michigan menemukan, bahwa pegawai dari kelompok minoritas kadang kala dianggap tidak memiliki kualifikasi yang memadai, namun hanya direkrut sebagai “simbol”. Ini tentunya melahirkan stigma yang merugikan yang turut menjadi faktor beberapa pegawai ini justru tidak bertahan lama.

Karena itu, bagian dari usaha penerapan diversity adalah dengan meningkatkan partisipasi, kinerja, dan benefit bagi kelompok minoritas. Selain itu, diversity telah diakui memiliki manfaat yang besar bukan hanya untuk pegawainya tapi juga untuk bisnis perusahaan itu sendiri.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Kesetaraan Gender Dalam Dunia Kerja

8 Manfaat diversity di perusahaan


Perusahaan dengan keberagaman tinggi menunjukkan performa yang lebih tinggi pula. (Sumber: Pexels)

Sudah banyak data statistik yang menunjukkan kaitan diversity dengan peningkatan performa perusahaan. Penelitian dari McKinsey di 2019 menyebutkan bahwa perusahaan yang berada di deretan atas dalam penerapan diversity gender dalam tim eksekutifnya,  25% lebih mungkin meraup profitabilitas di atas rata-rata. Lebih lengkapnya, berikut ini beberapa manfaat diversity di lingkungan kerja.

1. Keberagaman sudut pandang

Memiliki pegawai dengan beragam karakter dan latar belakang juga berarti semakin banyaknya keterampilan dan pengalaman yang berbeda-beda. Maka perusahaan dengan keberagaman dapat mengaplikasikan banyak sudut pandang dalam perencanaan dan strategi bisnis mereka.

2. Meningkatkan kreativitas dan inovasi

Menyatukan berbagai sudut pandang biasanya meningkatkan kemungkinan terciptanya ide-ide baru dan inovatif, sehingga secara tidak langsung akan mendorong kreativitas seseorang terutama dalam memecahkan masalah.

3. Proses problem solving dan decision making yang lebih cepat

Masih berhubungan dengan manfaat di atas, diversity ternyata terbukti dapat mempercepat proses problem solving dan decision making. Menyatukan banyak kepala dan perspektif akan menghasilkan ide yang lebih banyak dan lebih beragam sehingga solusi yang tepat bisa ditemukan dengan lebih mudah dan cepat.

4. Meningkatkan employee engagement

Pegawai yang merasa included akan lebih bersemangat untuk terlibat dalam urusan perusahaan. Kemudian, jika pegawai merasa partisipasinya dihargai dan diakui juga akan mendorong performa kerja yang lebih baik.

5. Mengurangi turnover

Mirip seperti yang disebutkan di atas, karyawan yang merasa dihargai akan merasa betah bekerja di perusahaan. Dengan demikian, ini juga akan mengurangi turnover karyawan yang tentu akan berdampak positif pada perusahaan.

6. Memahami konsumen dengan lebih baik

Dengan adanya diversity, perusahaan akan memperoleh pengetahuan yang lebih luas terkait budaya atau kebiasaan suatu kelompok masyarakat. Ini tentu akan sangat berguna dalam memahami kebutuhan konsumen. Siapa tahu, perusahaan juga bisa menemukan pasar baru dari kelompok masyarakat yang sebelumnya belum tereksplor.

7. Meningkatkan profit

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat diversity adalah pengambilan keputusan yang lebih baik dan lebih cepat. Ini ternyata memberi keuntungan yang signifikan. Perusahaan dengan keragaman di tempat kerja bisa mencapai hasil bisnis yang lebih baik dan meraup lebih banyak keuntungan dibanding kompetitor mereka.

8. Meningkatkan reputasi perusahaan

Perusahaan yang berdedikasi dalam mempromosikan diversity di lingkungan kerja akan menciptakan citra yang humanis dan inklusif di mata konsumen. Bukan hanya itu, jika diterapkan dalam promosi brand, bisa menarik lebih banyak konsumen karena dianggap relatable. Ini tentunya juga akan membawa keuntungan bagi bisnis.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Sense Of Belonging Di Tempat Kerja

Beberapa contoh penerapan diversity


Diversity termasuk mempekerjakan penyandang disabilitas dan menyediakan akses yang memadai. (Sumber: Pexels)

Perusahaan terkemuka di dunia berlomba-lomba menerapkan diversity di lingkungan kerja dengan berbagai strategi. Beberapa lembaga survey seperti Thomson Reuters atau DiversityInc setiap tahunnya membagikan daftar perusahaan dengan diversity terbaik di dunia. Berikut ini beberapa yang menjuarainya.

1. Unilever Indonesia

Berdasarkan Thomas Reuters Global Diversity & Inclusion Index 2018, Unilever Indonesia menduduki peringkat 22 dunia dan kedua di Asia sebagai salah satu perusahaan paling inklusif. Tercatat, pada akhir 2019, 44.1% jajaran direktur di perusahaan ini terdiri dari perempuan dan 40,7% jajaran manager juga diisi oleh karyawan perempuan. Mereka juga memiliki banyak program pemberdayaan perempuan, salah satunya Women in Engineering Leadership Fellowship (WULF) yang mendukung perempuan Indonesia untuk berkarier di bidang teknik.

2. Marriott International

Tahun lalu, Marriott menjuarai daftar 50 perusahaan teratas DiversityInc setelah menginvestasikan 5 juta USD untuk pelatihan keterampilan hospitality bagi kelompok masyarakat minoritas, termasuk perempuan, penyandang disabilitas, veteran, pengungsi, dll. Belum lama ini Marriott juga meluncurkan seminar virtual global TakeCare Community Talks yang berfokus pada topik melawan rasisme dan usaha memajukan kesetaraan dan keadilan sosial di masyarakat.

3. AT&T

Perusahaan telekomunikasi ini menuai banyak pujian salah satunya karena proses rekrutmen yang tidak mendiskriminasi antara fresh graduate atau senior. Strategi diversity perusahaan terbukti dari total tenaga kerja di Amerika Serikat, 33% adalah perempuan dan 46% dari people of color (bukan kulit putih). Perusahaan ini juga telah menyumbang ratusan juta USD untuk pendidikan bagi masyarakat minoritas dan organisasi non-profit.

4. Accenture PLC

Perusahaan asal Irlandia ini menerapkan banyak strategi untuk menjamin keberagaman dan inklusivitas terutama menyangkut gender. Tercatat saat ini 50% anggota board of director adalah perempuan. Selain itu, perusahaan ini juga aktif mendorong representasi ras dan etnik minoritas, meningkatkan aksesibilitas di tempat kerja bagi penyandang disabilitas, serta mendorong kampanye, dan pelatihan seputar diversity dan equality bagi karyawannya.

Baca Juga: 8 Hak Pekerja Wanita Yang Wajib Kamu Ketahui

Sudah cukup banyak perusahaan di dunia yang bekerja keras demi keberagaman di lingkungan kerja. Upaya ini tentunya juga harus diterapkan di level individu agar kita bisa menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan nyaman bagi semua orang. Jika kamu tertarik dengan topik kesetaraan gender di tempat kerja, coba simak video berikut ini.

Penasaran dengan tips dan trik pencarian kerja lainnya? Kamu bisa cari informasi selengkapnya di EKRUT! Daftarkan diri untuk mendapatkan info menarik dan lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu. Yuk, sign up di EKRUT sekarang!

sign up EKRUT

Rekomendasi Bacaan:

 

Sumber:

  • Fortune
  • McKinsey & Company
  • DiversityInc
  • TalentLyft
  • Give a Grad a Go

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.JPG

    Lainnya

    Ingin Work From Bali? Berikut 5 Rekomendasi Tempat Tinggal Seminggu!

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    6 min read
    Contoh_BUMN.jpg

    Careers

    12 Contoh BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Berdasarkan Kluster Industri

    Mauditalani

    20 September 2022
    7 min read
    H1_(3).JPG

    Careers

    10+ Motivasi Kerja Keras yang Relevan dan Menginspirasi

    Mentari Nurmalia

    12 September 2022
    5 min read

    Video