Published on

Careers

Penyebab Dunning Kruger Effect dan cara mengatasinya

Nur Lella Junaedi

Dunning-Kruger-Effect--adalah-EKRUT.jpg

“Tong kosong nyaring bunyinya”

Mungkin istilah ini tepat disandarkan pada tipikal orang dengan Dunning Kruger Effect, karakteristik seseorang yang sering kali merasa paling tahu padahal tidak. 

Yuk, kenalan dengan fenomena psikologi yang satu ini agar kamu bisa menghindari Dunning Kruger Effect di tempat kerja atau tempat kita bersosialisasi sebagai manusia.  

Apa itu Dunning Kruger Effect? 

Dunning Kruger Effect  adalah EKRUT 
Dunning Kruger Effect adalah jenis bias kognitif dimana kamu merasa paling pintar dibanding orang lain - EKRUT

Dunning Kruger Effect adalah jenis bias kognitif dimana seseorang percaya bahwa dirinya lebih pintar dan lebih mampu daripada yang sebenarnya terjadi. 

Umumnya orang yang memiliki karakter Dunning Kruger Effect ini tidak menyadari kekurangannya dan lupa bahwa sebenarnya ia tidak kompeten di semua bidang. 

Karakter seperti ini bisa kamu temukan  di tempat kerja, tempat tinggal bahkan banyak di media sosial. Ciri orang yang mengalami Dunning Kruger Effect biasanya hampir sama dengan orang yang incompetent yaitu: 

  • Gagal mengenali skill asli orang lain dan bersikap tidak adil.
  • Gagal mengenali kesalahannya sendiri dan kurangnya keterampilan. 
  • Menaksir terlalu tinggi dari tingkat keahlian mereka.

Peribahasa yang cocok disematkan kepada tipikal orang dengan Dunning Kruger Effect adalah tong kosong nyaring bunyinya yang memiliki makna orang yang banyak berbicara namun tidak memahami apapun dari pembicaraannya. 

Istilah Dunning Kruger Effect sendiri sebelumnya dicetuskan oleh para peneliti psikologi yakni David Dunning dan Justin Kruger.

Dalam makalah yang diterbitkan oleh Journal of Personality and Sociology pada tahun 1999, keduanya sempat melakukan suatu penelitian kepada beberapa peserta tentang kemampuan tata bahasa, penalaran logis dan humor. 

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar keyakinan peserta bisa mengalahkan peserta lainnya. 

Hasilnya memperlihatkan bahwa banyak peserta yang sebenarnya memiliki kapabilitas rendah, namun melebih-lebihkan tingkat kompetensi mereka sendiri. Fenomena ini yang kemudian dinamakan sebagai Dunning Kruger Effect. 

Baca juga: Ini pentingnya kesehatan mental karyawan bagi perusahaan

Penyebab Dunning Kruger Effect    

Dunning Kruger Effect  adalah EKRUT 
Penyebab terjadinya efek Dunning Kruger yakni adanya beban ganda antar seseorang - EKRUT

Pada dasarnya Dunning Kruger Effect bukanlah penyakit mental atau sindrom, melainkan memang kerap hadir pada setiap orang dengan batas tertentu. 

Menurut David Dunning dan Justin Kruger, fenomena ini ada karena dorongan akibat beban ganda yang dimiliki oleh orang tersebut. 

Pada satu sisi seseorang itu memang tidak ahli dalam kompetensi tertentu, dan di sisi lain dia tidak bisa mengelola mentalnya untuk mengakui bahwa ia tidak mampu. 

Lebih dari itu, penyebab lain munculnya Dunning Kruger Effect adalah 

Kurangnya metakognisi 

Metakognisi merupakan sebuah proses mengamati dan mengendalikan aktivitas kognitif yang terjadi di kepala manusia. 

Dengan kurangnya metakognisi ini biasanya orang yang suka mengalami Dunning Kruger Effect hanya akan menilai secara subjektif dan terbatas tentang diri mereka sendiri. 

Sehingga perspektif yang terbatas dan subjektif itu membuat mereka merasa lebih unggul, terampil dan berpengetahuan luas padahal nyatanya tidak. 

Faktor heuristik 

Heuristik adalah sebuah jalan pintas mental yang memungkinkan seseorang memecahkan masalah dan membuat penilaian dengan cepat dan efisien.

Meskipun cara ini bagus karena mampu menciptakan solusi yang cepat, tapi umumnya mereka yang melakukan ini terkadang memiliki pemahaman akan masalah dan solusi yang tidak akurat karena terlalu cepat menyimpulkan. 

Lantas bila orang biasa selalu menganggap diri mereka serba bisa, lalu bagaimana orang-orang yang kompeten memandang diri mereka sendiri? 

Dunning dan Kruger menemukan bahwa orang-orang yang ahli, mereka memiliki pandangan yang lebih realistis tentang pengetahuan dan diri mereka sendiri. 

Berbanding terbalik dengan orang-orang yang memiliki efek Dunning Kruger yang selalu merasa superior, orang-orang yang ahli ini cenderung meremehkan kemampuan mereka sendiri bila dibandingkan dengan orang lain. 

Para ahli ini biasanya tidak menyombongkan diri karena menyadari bahwa masih ada orang lain yang lebih kompeten dari mereka. Karakter ini persis dengan peribahasa ‘padi semakin berisi, maka semakin merunduk’.

Baca juga: Mengenal sabotase diri dan cara mengatasinya

Cara mengatasi Dunning Kruger Effect 

Dunning Kruger Effect  adalah EKRUT 
Dengan terus belajar tentang suatu topik kamu bisa mengendalikan fenomena Dunning Kruger Effect ini - EKRUT

Agar kamu tidak dinilai sebagai orang yang selalu merasa diri paling baik dan serba tahu, cobalah beberapa cara ini untuk mengatasi fenomena efek dunning kruger tersebut.

1. Terus belajar dan berlatih

Daripada terus berasumsi jika kamu mengetahui semuanya, ada baiknya untuk terus belajar lebih dalam. 

Pasalnya ketika pengetahuanmu semakin dalam terhadap suatu topik, maka biasanya kamu akan semakin penasaran untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang topik tersebut. Hal ini akan membantumu melawan kecenderungan untuk merasa serba tahu. 

2. Tanyakan kepada diri sendiri apa yang kamu tahu

Cara lain mengatasi Dunning Kruger Effect adalah dengan terus menanyakan kepada diri sendiri perihal topik  yang kamu anggap kuasai tersebut.

Kenali apakah kamu memang benar-benar sudah menguasai pengetahuan tentang hal tersebut atau hanya sebatas dasarnya saja. 

Dengan membuat banyak pertanyaan tentang topik itu, kamu juga bisa menekan keyakinan dan harapan bahwa kamu adalah seorang pakar. 

3. Minta pendapat dari orang lain

Telah disebutkan di atas, bahwa ciri-ciri Dunning Kruger Effect yakni gagal mengenali kekurangannya sendiri. 

Tentunya saat kamu meminta saran atau pendapat orang lain menjadi hal yang berat untuk dilakukan. Meski begitu, orang lain terkadang tetap menjadi pilihan yang paling objektif untuk menilai diri kita apa adanya. 

Sekarang  kamu sudah mendapat gambaran yang jelas tentang Dunning Kruger Effect, bukan? 

Baca juga: Ketahui 8 cara menghilangkan pikiran negatif di tempat kerja

Dengan mengetahui fenomena ini, kita bisa belajar untuk tidak mudah berpuas diri dan menganggap paling tahu tentang topik yang sekiranya belum diketahui secara mendalam. 

Ada baiknya kita terus bersikap seperti para pakar yang kerap rendah hati meski memiliki pengetahuan yang tinggi. 

Dunning Kruger Effect  adalah EKRUT

Sumber: 

Tags

Share