Technology

Apa Itu E-Wallet? Berikut Cara Kerja, Fitur, Kegunaan, dan 8 Contohnya di Indonesia!

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1_ewallet.jpg

Pesatnya perkembangan teknologi telah mengubah cara konsumen untuk melakukan transaksi keuangan. Selain uang kartal, konsumen kini lebih memilih menggunakan dompet digital atau e-wallet untuk keperluan sehari-hari. Untuk mengetahui cara kerja, fitur, kegunaan, dan contoh e-wallet di Indonesia, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu e-wallet dan bagaimana cara kerjanya?


e-wallet atau dompet elektronik digunakan untuk transaksi keuangan. (sumber: pexels)

E-wallet merupakan layanan yang bersifat elektronik dan berfungsi untuk menyimpan data serta instrumen dari pembayaran. Dengan e-wallet, pengguna dapat menyimpan uangnya untuk melakukan transaksi keuangan, baik online maupun offline. Pada dasarnya, e-wallet berfungsi layaknya dompet fisik yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran yang aman. Jika menggunakan e-wallet, seseorang dapat melakukan pembayaran secara cashless ketika hendak bertransaksi.

Cara kerja e-wallet melibatkan akses smartphone pengguna, pengolahan data diri, transaksi di server aplikasi, dan transaksi di merchant tujuan. Berikut penjelasannya:

  • Pengguna mendaftar layanan e-wallet dengan mengisi data lengkap
  • Selanjutnya, pengguna bisa top up saldo di e-wallet dan siap melakukan transaksi
  • Ketika melakukan transaksi online maupun offline dengan scan barcode, saldo pengguna akan terpotong otomatis

Sebagai contoh, ketika kamu membeli makanan atau minuman di sebuah toko, terdapat pilihan untuk membayar dengan QRIS. Setelah kamu melakukan scan barcode, nominal transaksi akan tertera pada e-wallet kamu. Pembayaran pun bisa diselesaikan.

Baca juga: 10 Jenis Transaksi yang Biasa Digunakan dan Contohnya

Fitur e-wallet


e-wallet berguna sebagai alat transaksi online dan offline. (sumber: pexels)

Selain pembayaran menjadi lebih praktis dan efisien, berikut ini adalah fitur e-wallet yang sangat berguna.

  • Dibekali dengan keamanan password
  • Tipe pembayaran prabayar sehingga pengguna bisa menyimpan uangnya kembali untuk transaksi berikutnya
  • Dapat digunakan untuk berbagai transaksi online maupun offline

Baca juga: 18 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Android dan iOS

Kegunaan e-wallet untuk konsumen dan mitra


e-wallet mempermudah kegiatan bertransaksi. (sumber: pexels)

Sebagai dompet digital, berikut ini adalah beberapa kegunaan e-wallet yang bisa kamu manfaatkan.

1. Transaksi online

Kegunaan e-wallet yang pertama adalah melakukan transaksi secara online. Misalnya, membayar belanjaan di ecommerce. Apalagi hal itu menjadi lebih mudah karena makin banyaknya integrasi layanan e-wallet dengan berbagai platform.

2. Transfer

Transfer dana adalah salah satu manfaat yang disediakan e-wallet. Baik transfer dana antar pengguna layanan e-wallet yang sama, maupun dari e-wallet ke rekening bank. Hal ini tentu semakin memudahkan untuk saling berkirim uang, baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis.

3. Membayar tagihan

Kamu juga bisa menggunakan e-wallet untuk membayar tagihan berbagai layanan. Misalnya, tagihan PLN, PDAM, WiFi, dan lainnya. Jadi, kamu tidak perlu repot ke kantor yang bersangkutan lagi untuk melakukannya.

4. Pembelian pulsa atau paket data

E-wallet juga sudah terintegrasi dengan banyak provider telekomunikasi di Indonesia. Kamu pun dapat membeli pulsa atau paket data dengan mudah, murah, dan aman. Cukup dari smartphone-mu, proses bisa dilakukan dengan biaya yang lebih murah.

5. Menabung

Fungsi e-wallet untuk menyimpan dana juga bisa kamu manfaatkan untuk menabung. Tentunya, jumlah uang yang disimpan tidak akan sebesar ketika menabung di bank. Namun, e-wallet bisa menjadi sarana menyimpan uang dengan aman untuk tujuan tertentu.

6. Transaksi lainnya

E-wallet juga bisa digunakan untuk pembayaran offline dengan pilihan merchant yang makin banyak. Misalnya, di restoran, toko buku, toko belanja, rumah sakit, dan lain-lain. Yang perlu dilakukan adalah melakukan scan barcode pada tempat yang menerima pembayaran e-wallet.

Baca juga: Split Payment Adalah: Pengertian, Manfaat, Cara Membuatnya, dan 3 Contohnya

8 Contoh e-wallet di Indonesia


ada berbagai macam e-wallet yang tersedia di Indonesia. (sumber: pexels)

Di era globalisasi seperti saat ini, masyarakat urban dituntut untuk terus beradaptasi dengan teknologi. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur e-wallet. Saat ini, ada beberapa jenis e-wallet yang sudah terdaftar dan populer di masyarakat Indonesia.

1. OVO

OVO menjadi salah satu e-wallet yang banyak digunakan di Indonesia. OVO tak hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi online. Pengguna e-wallet OVO juga bisa melakukan transaksi secara offline atau langsung ke toko. Apabila sudah di-upgrade ke versi premium, pengguna OVO bisa melakukan transfer uang antar bank. OVO juga bisa digunakan untuk membeli paket dan pulsa, membayar tagihan, hingga membeli reksa dana.

2. DANA

DANA juga menjadi salah satu e-wallet yang banyak digunakan di Indonesia. Dompet digital DANA dirilis pada 2018 dan mampu memikat banyak pengguna. DANA merupakan e-wallet yang hadir karena adanya kerjasama oleh EMTEK group dan ANT Financial. Selain itu, DANA dapat digunakan untuk transaksi di aplikasi ecommerce Bukalapak.

3. ShopeePay

ShopeePay juga menjadi salah satu e-wallet yang banyak digunakan di Indonesia belakangan ini. E-wallet ShopeePay diluncurkan SeaMoney, induk perusahaan Shopee, dan sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia per Agustus 2018. Pengguna ShopeePay dapat melakukan transaksi secara online, termasuk pembayaran di aplikasi Shopee ketika berbelanja. Saat ini, ShopeePay juga telah bekerja sama dengan toko atau merchant offline sehingga pengguna dapat menggunakan secara langsung melalui metode scan Quick Response Indonesia Standard (QRIS).

4. GoPay

GoPay menjadi e-wallet yang populer di kalangan masyarakat. GoPay bisa ditemukan dalam aplikasi Gojek dan kini masuk dalam ekosistem Gojek-Tokopedia atau GoTo. GoPay biasa digunakan untuk melakukan pembayaran layanan Gojek, antara lain GoRide, GoCar, GoFood, GoSend, GoPlay, dan lain-lain. GoPay juga bisa digunakan untuk transfer antar bank sehingga tidak perlu lagi ke ATM ataupun bank terdekat untuk bisa melakukan transfer sejumlah dana kepada seseorang yang ingin dituju.

5. LinkAja

LinkAja adalah layanan e-wallet dari Telkomsel dan anggota Badan Usaha Milik Negara berupa uang elektronik. Pada tahun 2019, LinkAja berhasil menduduki posisi keempat sebagai penyedia dompet digital dengan pengguna tertinggi. LinkAja terus membangun ekosistem untuk memudahkan para pengguna, terutama untuk pembayaran kebutuhan esensial harian seperti pulsa data, token listrik, pembayaran di SPBU, transportasi umum, dan banyak lagi, termasuk melalui kolaborasi dengan beberapa perusahaan BUMN.

6. DOKU

Alternatif e-wallet berikutnya adalah DOKU. Sama seperti produk lainnya, kamu bisa bertransaksi digital dengan mudah. Mulai dari bayar tagihan bulanan, beli pulsa, hingga belanja online. Tak perlu khawatir soal keamanan dan privasi data, sebab DOKU menggunakan sistem keamanan ganda. Kamu bisa mengunci e-wallet ini dengan menambahkan password dan PIN.

7. Jenius

Jenius juga menjadi salah satu e-wallet besutan BTPN yang banyak digunakan di Indonesia dan bisa digunakan untuk melakukan transaksi ke berbagai merchant. Menabung, bertransaksi, hingga memulai kehidupan yang lebih baik bisa dilakukan dengan Jenius.

8. iSaku

E-wallet iSaku merupakan salah satu uang elektronik yang sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia. iSaku memudahkan kamu untuk transaksi apa saja, mulai dari bayar belanja di merchant, kirim uang, tarik tunai, dan bayar semua tagihan. Tak jauh berbeda dengan e-wallet lainnya, iSaku mempermudah berbagai transaksi  di mana pun dan kapan pun.

Baca juga: QRIS: Pengertian, Manfaat, 3 Jenis Pembayaran, dan Cara Menjadi Merchant-nya

Itulah kegunaan dan contoh e-wallet terbaik yang ada di Indonesia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya! Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • tipalti.com
  • vikaspedia.com
  • finansial.bisnis.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read
    H1_Wifi_Portable.jpg

    Technology

    8 Rekomendasi WiFi Portable Terbaik dan Lengkap dengan Daftar Harganya

    Algonz D.B. Raharja

    05 December 2022
    6 min read

    Video