Published on

Careers

Ketahui Perbedaan Efektif dan Efisien Serta Contohnya

Lita Lia

H1-Ketahui_Perbedaan_Efektif_dan_Efisien_Serta_Contohnya.jpg

Kata efektif dan efisien adalah dua kata yang sering terdengar, mudah diucapkan, kerap disandingkan, terkesan sama dan mirip. Maka jangan heran kalau sebagian besar dari kita akan bingung jika harus membedakan makna keduanya. Padahal antara efektif dan efisien adalah dua kata yang berbeda secara makna. Keduanya memang berkaitan, tetapi sama sekali tidak sama. Untuk itu, ketahui perbedaan efektif dan efisien serta contohnya di artikel ini!

Baca juga: Efisiensi Adalah: Pengertian, Sejarah, Konsep, Tujuan, dan Jenisnya

Apa sebenarnya efektif dan efisien itu?


Efektif dan efisien sama-sama ada di KBBI (Sumber: Pexels)

Jika kita lihat dari KBBI, efektif dan efisien adalah dua hal yang berbeda. Efektif menurut KBBI merupakan kata hasil dari sesuatu yang memiliki efek. Arti secara keseluruhan dari efektif berarti sesuatu yang bisa membawa hasil, mujarab, atau manjur. Bisa disimpulkan bahwa efektif menurut kamus berarti sesuatu hal yang bisa membuahkan hasil. Hasil yang dimaksud dalam konteks ini adalah positif. Efektif dalam hal lain juga bisa dikatakan sebagai usaha untuk mendapatkan suatu target. Berarti jika sebuah usaha membawa sebuah hasil, maka bisa dikatakan sebagai hal yang efektif.

Berbeda dengan efektif, efisien berarti sebuah kegiatan yang dilakukan secara tepat. Bisa juga diartikan sebagai sesuatu yang dikerjakan, secara tepat, cermat, berdaya guna. Efisien sangat berkaitan dengan waktu, tenaga, dan biaya. Berarti suatu hal yang dikerjakan secara efisien berarti tidak membuang-buang waktu, biaya, dan tenaga.

Baca juga: Tingkatkan kinerja dengan 7 cara bekerja efektif dan efisien

Efektif dan efisien menurut para ahli


Banyak ahli mendefinisikan kata efektif dan efisien (Sumber: Pexels)

Sama seperti menurut KBBI, menurut para ahli efektif dan efisien adalah hal yang berbeda.

  • Efektivitas berarti menekankan pada hasil yang dicapai, oleh suatu perusahaan maupun perorangan
  • Efektivitas berarti pencapaian organisasi baik jangka pendek maupun jangka panjang
  • Efektif sebagai sebuah kemahiran dalam menentukan tujuan spesifik sebuah organisasi, yang harus objektif

Sementara untuk pengertian efisien menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • H.Emerson mendefinisikan Efisiensi sebagai hal yang dilakukan guna menghasilkan output secara optimal, tanpa memakai banyak waktu ketik
  • SP. Hasibuan. Efisiensi menurut SP. Hasibuan berarti perbandingan terbalik dari input serta output
  • Mulyamah. Efisiensi berarti ukuran untuk membandingkan rencana pemakaian input dengan penggunaan yang diwujudkan

Baca juga: 6 Tips Bekerja Cerdas Agar Pekerjaan Lebih Efisien

Bedanya efektif dan efisien


Efektif dan efisien itu berbeda (Sumber: Pexels)

Seringnya rancu membedakan arti dari efektif dan efisien, membuat kita sulit menemukan perbedaan mendasarnya. Padahal, antara kedua istilah tersebut bisa dilihat bedanya dari variabel yang membedakannya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan efektif dan efisien.

1. Dibedakan dari tujuannya

Salah satu perbedaan utama efektif dan efisien adalah dari tujuan aktivitas dilakukan. Aktivitas dikatakan efektif jika sesuai dengan tujuan atau target yang ditetapkan. Umumnya, sebuah tujuan dari kegiatan yang dinilai efektif ini jika menciptakan hasil memuaskan.

Efisien berbeda lagi. Jika efektif lebih mengarah ke hasil, efisien adalah di prosesnya. Usaha yang efisien bisa dilihat dari prosesnya yang bisa menghemat biaya, tenaga, hingga waktu. Hal yang efisien juga bertujuan untuk mencapai hasil lebih maksimal.

2. Berkaitan dengan sumber daya serta biaya

Berikutnya perbedaan efektif dan efisien adalah dari sumber daya dan biaya. Kinerja yang efektif memang sangat fokus kepada tujuan-tujuannya. Tindakan untuk mendapatkan tujuan ini, tidak perlu memikirkan sumber daya serta biaya. Sedangkan untuk pekerjaan yang dikatakan efisien berbeda lagi.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, sesuatu yang efisien berkaitan dengan tenaga, waktu, hingga biaya. Sesuatu yang dikatakan efisien berarti mampu memanfaatkan segala sumber daya yang ada, tanpa ada perubahan dari yang sudah direncanakan sebelumnya.

3. Berkaitan dengan upaya

Terakhir, perbedaan efektif dan efisien adalah soal upaya. Saat pekerjaan dilakukan secara efektif, upaya yang dilakukan tidak mengenal penghematan tenaga, waktu, maupun biaya. Semua sumber daya harus dimaksimalkan karena orientasinya memang pencapaian target.  Sedangkan untuk kinerja yang efisien, waktu, tenaga, dan biaya harus diperhitungkan. Sumber daya perlu dikelola secara baik. Sebuah kinerja yang efisien berarti berupaya mengontrol tindakan boros.

Baca juga: 12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Cara agar dapat bekerja secara efektif dan efisien


Semua pekerjaan pasti ingin berjalan efektif dan efisien (Sumber: Pexels)

Efektif dan efisien adalah hal yang berbeda, tetapi keduanya bisa menjadi saling berkaitan jika dihubungkan dengan pekerjaan. Siapapun yang bekerja pasti ingin berjalan secara efektif dan efisien.

1. Bekerja sesuai prioritas

Dalam bekerja yang perlu kamu pahami soal efektif dan efisien adalah sifat pekerjaan itu sendiri. Pahami bahwa kamu tidak mungkin menyelesaikan semua pekerjaan atau aktivitas di satu waktu. Selain karena keterbatasan tenaga, waktu juga menjadi sebab lain. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menciptakan skala prioritas.

Kerjakan hal yang urgent terlebih dahulu. Cara ini akan membuat kinerjamu dinilai lebih prima. Jika setelah hal yang urgent diselesaikan, baru kerjakan pekerjaan lain. Kamu harus mengenal skala prioritas sebuah pekerjaan, agar tindakan yang dilakukan tepat.

2. Atur waktu secara baik

Waktu semua orang sebenarnya sama, yaitu 24 jam. Akan tetapi, ada yang tidak menghasilkan apapun, dan ada yang sebaliknya. Kuncinya adalah mengatur waktu sebaik mungkin. Tetapkan jam kerja, istirahat, hingga aktivitas lain secara fleksibel.

3. Singkirkan gangguan

Kinerja yang kurang efektif dan efisien bisa disebabkan karena berbagai gangguan. Baik dari dalam maupun luar diri. Misalnya kebisingan, kurang maksimal peralatan, sumber daya tidak memadai, dan sebagainya. Hal ini jika dibiarkan akan membuat kinerja terus menurun. Tracking hal yang dicurigai mengganggu kinerja. Setelah itu, pikirkan cara yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan. Lakukan kontrol gangguan secara pelan tetapi pasti agar tidak menimbulkan berbagai efek samping.

4. Kelola stres dengan baik

Stres ternyata bisa menjadi sebab tidak fokus dalam bekerja. Kondisi ini bisa membuat seseorang menjadi tidak produktif sehingga mengurangi efisiensi dan efektivitas kerja. Sebaiknya kelola kadar stress secara baik untuk menghindari hal-hal tersebut, sehingga kinerja kembali normal seperti semula.

Baca juga: Langkah cerdas untuk rekrutmen yang efisien

Contoh sederhana efektif dan efisien


Banyak hal sederhana yang biasa melibatkan kata efektif dan efisien (Sumber: Pexels)

Melakukan pekerjaan yang efektif dan efisien keinginan semua orang. kamu bisa melihat contoh efektif dan efisien dari ilustrasi berikut.

Misalnya, Nizam ingin bepergian dari Bandung ke Cilacap memakai transportasi kereta api. Harga tiket sekali jalan adalah Rp450.000, yang memiliki waktu tempuh 6 jam. Jika dilihat dari efisiensi, perjalanan tersebut kurang efisien karena biayanya mahal.

Setelah dipikirkan, Nizam kemudian mengganti mode transportasi dengan bus antar kota-antar provinsi. Harga tiketnya lebih murah, yakni Rp120.000. Akan tetapi, waktu tempuhnya 12 jam. Jika melihat kasus tersebut, perjalanan Nizam memang efisien karena menghemat biaya, tetapi tidak efektif karena waktunya lebih lama.

Nizam sebenarnya bisa mencari solusi lain jika ingin memperhitungkan aktivitas yang lebih efektif dan efisien. Nizam bisa mencari bus antar kota-antar-provinsi dengan kelas eksekutif. Biaya jenis bus ini sekitar Rp300.000, dimana masa tempuhnya sampai ke Cilacap lebih singkat, yakni 6 jam. Dengan begitu, uang yang dikeluarkan oleh Nizam tidak terlalu mahal dan waktu perjalanannya juga cepat. Jadi, efektif dan efisien.

Baca juga: 8 Strategi Rekrutmen yang Efektif untuk Mendapatkan Talent

Memang efektif dan efisien adalah dua hal yang sering kali bertentangan. Tetapi, selalu ada cara untuk membuatnya berjalan beriringan. Kamu juga bisa temukan berbagai artikel menarik lainnya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber: 

  • kbbi.web.id
  • gramedia.com
  • kwikkiangie.ac.id
  • sarjanaekonomi.co.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read

    Video