Published on

Careers

Tingkatkan kinerja dengan 7 cara bekerja efektif dan efisien

Nur Rosita Dewi

cara-bekerja-efektif-EKRUT.jpg

Pernah merasa pekerjaan selalu menumpuk dan tak kunjung selesai? Mungkin ada yang salah dengan cara kamu bekerja. Terlebih lagi jika hal ini masih terjadi di saat pekerjaanmu tidak sedang terlalu banyak. 

Agar pekerjaanmu selesai tepat waktu, kamu harus tahu bagaimana cara bekerja yang efektif seperti di bawah ini. Tapi ingat, jangan lupa juga untuk mempraktikkanya, ya!

1. Buat prioritas kerja

cara bekerja efektif - EKRUT
Membuat prioritas akan membantu kamu lebih fokus - EKRUT

Cara bekerja efektif yang pertama adalah dengan menentukan prioritas dalam setiap pekerjaan kamu. Tentukan mana tugas yang paling prioritas dan mana yang tidak terlalu harus diselesaikan segera. 

Dengan begitu, kamu bisa fokus menyelesaikan setiap tugas dan pekerjaan satu per satu tanpa harus memikirkan yang lainnya.

Baca juga: 6 Tips manajemen energi agar kerja lebih produktif

2. Atur waktu dengan baik agar tetap produktif

cara bekerja efektif - EKRUT
Memiliki time management sangat penting untuk produktivitas - EKRUT

Cara bekerja efektif lainnya yang harus kamu ketahui adalah memiliki time management yang baik. Pikirkan berapa waktu yang harus kamu habiskan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. 

Jika kamu bisa mengatur waktu dengan baik, semua pekerjaan pasti akan selesai pada waktunya.

3. Komunikasi adalah hal yang penting

cara bekerja efektif - EKRUT
Komunikasi yang baik akan membantu efektivitas pekerjaan kamu - EKRUT

Berada di dalam dunia kerja, itu artinya kamu tidak akan bekerja sendiri. Entah bekerja dengan tim, dengan klien, atau dengan atasan, kamu pasti akan berhubungan dengan orang lain. 

Salah satu cara bekerja efektif yang harus kamu lakukan adalah menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerjamu.

Karena ketika kamu mampu menjalin komunikasi dengan baik, kamu akan mempersingkat waktu dan menghindari salah paham yang sering terjadi di dalam kerja tim. 

Jadi, kamu tidak perlu mengulang pekerjaan yang sama hanya karena salah komunikasi.

4. Ciptakan dan ikuti rutinitas

cara bekerja efektif - EKRUT
Membuat rutinitas dalam pekerjaan memudahkan kamu bekerja dengan cepat - EKRUT

Manusia memiliki jam tubuh yang terbentuk karena kebiasaan. Entah itu jam makan, jam tidur, atau jam kerja. Nah, supaya pekerjaan berjalan efisien, kamu harus membuat rutinitas kerja kamu sendiri.

Karena ketika memiliki rutinitas, kamu dapat menyelesaikan setiap tugas dengan cepat karena tidak harus banyak berpikir.

5. Ubah cara berpikirmu

cara bekerja efektif - EKRUT
Mindset akan memengaruhi semangat kamu dalam bekerja - EKRUT

Cara bekerja efektif selanjutnya adalah dengan mengubah mindset atau pola pikirmu. Daripada kamu menganggap pekerjaan atau tekanan kerja sebagai hal yang negatif, kamu bisa menjadikan tekanan kerja sebagai hal yang positif bagi kemajuan kariermu. 

Dengan berpikir positif dan mengubah cara berpikir, kamu bisa lebih baik dalam mengerjakan pekerjaan. Tak hanya bisa lebih cepat selesai, pekerjaan kamu pun bisa lebih baik hasilnya.

6. Singkirkan gangguan

cara bekerja efektif - EKRUT
Kurangi gangguan yang akan mengganggu fokus kamu - EKRUT

Agar kamu dapat lebih fokus, kamu harus menyingkirkan gangguan yang bisa menghambat pekerjaanmu. Benda yang biasanya mengganggu kinerja kebanyakan karyawan adalah telepon genggam. 

Jika kamu terus menerus memainkan telepon genggam saat bekerja, kapan pekerjaan kamu selesai?

Jadi, singkirkan benda kecil tersebut, bisa dengan menaruhnya di laci meja atau di dalam tas kamu. Buat perjanjian dengan dirimu sendiri bahwa telepon genggam baru boleh dipegang saat makan siang.

7. Mengelola stres

cara bekerja efektif - EKRUT
Pastikan mengelola stresa agar tidak menghalangi kinerja kamu di kantor - EKRUT

Stres dapat menyebabkan masalah pada fisik dan mental yang pada akhirnya dapat menghalangi kinerja kamu. Itu sebabnya selalu kelola dan redakan stres dengan melakukan aktivitas seperti berolahraga, membaca, mendengarkan musik, yoga atau melakukan hobi di luar jam kerja.

Selain itu kamu bisa mengelola stres dengan meningkatkan kendali pada situasi kamu, misalnya dengan membuat daftar rencana kerja esok hari dari malam sebelumnya. Dengan begitu kamu tahu apa yang diharapkan pada besok harinya.

Baca juga: 6 Tips menata ruangan kerja ini bantu tingkatkan produktivitasmu

Itulah beberapa cara bekerja efektif yang bisa kamu perhatikan. Pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu terkadang bukan karena terlalu banyak, tapi kamu kurang dapat mengatur pekerjaanmu dengan baik. Agar aktivitas kerjamu berjalan dengan lancar, cobalah praktikkan beberapa cara bekerja efektif di atas, ya. 

Semoga berhasil!

cara bekerja efektif - EKRUT
Last update 26 September 2020

Sumber: 

  • mindtools.com
  • wrike.com
  • inc.com

Tags

Share