Published on

Technology

15 Rekomendasi Tools Email Blast Gratis beserta Cara Membuatnya agar Efektif

Lita Lia

H1-15_Rekomendasi_Tools_Email_Blast_Gratis_beserta_Cara_Membuatnya_agar_Efektif.jpg

Ada banyak metode dan cara yang bisa dipilih untuk menunjang pemasaran berbasis teknologi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan email. Meski bukan ide baru, email terbukti sangat efektif hingga sekarang. Terlebih ketika pengguna email terus bertambah dan diprediksi ada lebih dari setengah populasi dunia yang menggunakan sarana tersebut. Untuk memaksimalkan strategi pemasaran menggunakan email, perangkat atau tools email blast adalah jawabannya. Email blast adalah tools yang memungkinkanmu mengelola email dengan lebih mudah untuk kemudian kamu kirimkan ke banyak pengguna.

Baca juga: Email Marketing Adalah: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Strategi Agar Email Marketing Efektif

Apa itu email blast?


Email blast bisa untuk kirim pesan langsung ke banyak pengguna. (sumber: pexels) 

Email blast adalah istilah pemasaran menggunakan email yang dilakukan dengan mengirim satu pesan email ke banyak email secara bersamaan. Penerima email blast atau e-blast biasanya tidak ditargetkan secara strategis. Karenanya, email blast sering disebut sebagai email berisi spam. Meski diperlakukan seperti sebuah spam, kenyataanya email blast terbukti efektif. Terutama jika dilakukan dengan cara yang tepat.

Baca juga: Campaign Adalah: Manfaat, Jenis, Cara Membuat, dan 4 Contoh Marketing Campaign

Cara membuat email blast yang efektif


Gunakan teknik copywriting dalam membuat email blast. (sumber: pexels)

Agar konten yang kamu buat menarik perhatian dan mendatangkan pelanggan, email blast tidak bisa asal dibuat. Email blast harus dibuat seefektif mungkin dengan tips berikut ini.

1. Tonjolkan copywriting

Pastikan pesan dalam email blast yang kamu buat mampu mempersuasi calon pelanggan. Gunakan kata-kata menarik dengan teknik copywriting. Tidak ada salahnya pula jika kamu menerapkan prinsip clickbait.

2. Gunakan kata sapaan

Akan lebih baik jika kamu mempertimbangkan penggunaan kata sapaan yang yang sifatnya personal, seperti dengan menyebut nama lengkap atau nama depan saja. Kepada pelanggan setia, kamu bisa gunakan kata sapaan khusus pengguna produkmu.

3. Pastikan layout user friendly

Efektivitas email blast juga dipengaruhi oleh tata letak penulisan. Pastikan isi email blast mudah dibaca dan enak dilihat. Pertimbangkan untuk menggunakan desain yang sederhana, namun memuat semua unsur informasi dan estetika dalam sekali lihat.

4. Gunakan email profesional

Cara membuat email blast berikutnya adalah dengan menggunakan alamat email professional. Secara psikologis, ini akan sangat berpengaruh pada pelanggan. Pelanggan akan lebih percaya pada akun email professional, seperti admin@namabrand.id, support@namabrand.co.id, dan lain-lain.

Baca juga: Customer Engagement: Pengertian, Fungsi, dan Cara untuk Mengukurnya

15 Rekomendasi tools email blast gratis


Tools email blast bisa membantumu kirim pesan dan mengelola pesan email lebih mudah. (sumber: pexels)

Sudah siapkan konten email blast? Saatnya mengirimkannya ke calon pelanggan setiamu! Agar lebih mudah, kamu bisa memanfaatkan tools email blast yang tersedia secara gratis.

1. HubSpot

Jika kamu membutuhkan tools untuk mengirim email kickback, email terima kasih setelah pembelian, atau hanya mempromosikan produk tertentu, HubSpot bisa menjadi pilihan yang bagus. HubSpot bisa menjadi tools email blast yang sangat mudah berkat drag-and-drop praktis yang dilengkapi dengan template siap pakai.

2. Sender

Pilihan terbaik berikutnya adalah Sender. Perangkat ini tidak hanya memungkinkanmu untuk mengirim pesan email gratis ke banyak pengguna, tetapi juga membuat email menjadi seperti bulletin dengan memanfaatkan template yang tersedia. Kamu juga bisa memasukkan gambar, video, serta teks, lho!

3. Sendinblue

Sendinblue adalah platform komunikasi pemasaran yang menampilkan fungsi tambahan, seperti manajemen pelanggan. Dengan lebih dari 70 template desain, Sendinblue memudahkanmu dalam membuat email blast yang lebih menarik.

4. AWeber

AWeber adalah tools email blast yang sangat populer di kalangan pengusaha kecil. Aplikasi ini telah beroperasi sejak tahun 1998 dan terus meningkatkan produk untuk memberikan nilai bagi penggunanya. Yang paling mengesankan, ada sekitar 700 template email responsif dalam tools tersebut.

5. Omnisend

Omnisend adalah tools email blast canggih yang mengintegrasikan semua platform dalam satu tempat. Paket gratisnya mungkin hanya email, tetapi itu lebih dari cukup untuk mendukung berbagai bisnis.

6. SendPulse

Tools email blast berikutnya adalah SendPulse yang bisa kamu gunakan untuk berbagai model pemasaran. SendPulse menyediakan banyak template email yang dirancang secara profesional yang dapat kamu sesuaikan dengan mudah menggunakan editor drag-and-drop.

7. Benchmark Email

Benchmark Email bisa kamu gunakan untuk membuat email responsif yang bagus untuk berbagai perangkat. Jika kamu perlu menambahkan gambar ke email, kamu bisa mengedit gambar langsung di platform ini. Editor email memungkinkanmu menambahkan efek, stiker, dan teks sekaligus.

Baca juga: 10 Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

8. ActiveCampaign 

ActiveCampaign tidak hanya aplikasi email blast saja, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat mengesankan. Tools ini juga bisa membuat segmentasi pelanggan yang membuat email blast jadi lebih efektif.

9. Mailchimp

Mailchimp mungkin adalah tools email blast yang familiar atau pertama kali kamu ketahui. Dengan tools ini, kamu bisa membuat dan menjadwalkan email. Apa yang menjadikan Mailchimp hebat adalah adalah fitur rekomendasi cerdasnya.

10. Mailer Lite

Melalui Mailer Lite, kamu tidak hanya bisa membuat dan mengelola email dengan lebih mudah, tetapi juga memberikanmu laporan terkait email blast yang berisi statistik penting, seperti rasio klik, rasio berhenti berlangganan, rasio buka, dan lain-lain.

11. Mailjet

Mailjet hadir dengan tools intuitif dan kolaboratif untuk membantumu membangun campaign yang efektif. Dengan tools ini, kamu bisa menambahkan konten di dalam email sehingga menjadi lebih personal dan relevan untuk setiap penerima.

12. GetResponse

GetResponse memungkinkanmu membuat campaign email, menyiapkan halaman arahan, menyelenggarakan webinar, dan masih banyak lagi. Tak sampai di situ, tools ini juga memungkinkanmu membuat otomatisasi pemasaran.

13. Moosend

Jika kamu mencari tools email blast yang bisa mengotomatisasi tugas secara berulang, rekomendasi terbaik adalah Moosend. Kamu bahkan bisa membuat email sesuai dengan perilaku atau aktivitas pelanggan sehingga menjadi lebih menarik.

14. EmailOctopus

EmailOctopus adalah email blast yang bisa kamu gunakan secara gratis dengan lebih banyak email per bulan daripada tools lain. Selain itu, EmailOctopus juga terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga, seperti MailOptin, WordPress, dan Zapier.

15. Drip

Drip menawarkan sesuatu yang berbeda sebab dirancang secara khusus untuk e-commerce sehingga sangat cocok untuk kamu yang akan berjualan.

Baca juga: 5 Alasan mengapa email marketing penting untuk bisnismu

Itulah beberapa rekomendasi tools email blast. Temukan juga berbagai artikel teknologi lainnya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • sendgrid.com
  • fitsbusiness.com
  • sproutsocial.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video