Published on

Lainnya

Ingin Punya Event Organizer? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menjalankannya!

Gloria Renatha

H1_(1).jpg

Di balik kesuksesan sebuah acara, tentunya ada kerja keras penyelenggara acara yang merangkai susunan acara hingga dekorasinya. Keberadaan penyelenggara acara atau yang biasa disebut event organizer sudah tak awam lagi di kalangan masyarakat saat ini. Mulai dari penyelenggaraan acara pernikahan, ulang tahun, bridal shower, dan masih banyak lagi. Kehadiran ide bisnis ini tentunya sangat memudahkanmu untuk menciptakan sebuah acara yang sukses dan meriah.

Makin banyak yang berminat dengan menggunakan jasa event organizer membuat bisnis ini makin menjanjikan. Jika kamu salah satu yang tertarik dengan ide bisnis event organizer ini, simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih dalam apa itu event organizer dan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuatnya.

Apa itu event organizer?


Event organizer adalah penyedia jasa profesional dalam menyelenggarakan sebuah acara. (Sumber: Pexels)

Dilansir qwords.com, event organizer atau penyelenggara acara adalah penyedia jasa profesional dalam penyelenggara berbagai acara formal maupun nonformal. EO (event organizer) membantu merangkai sebuah acara, mulai dari persiapan hingga waktu pelaksanaannya.

Berikut cara kerja event organizer:

  • Merangkai/menyusun konsep acara
  • Menentukan teknis acara
  • Menentukan bujet acara
  • Pembagian tugas
  • Pendanaan
  • Mempersiapkan acara (dekorasi, timeline, rundown, dan sebagainya)
  • Pelaksanaan acara

Baca juga: 10 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pemula dan Relevan yang Bisa Dicoba di Tahun 2022

Jenis event organizer


Beragam jenis event organizer (Sumber: Pexels)

EO (event organizer) memiliki beragam jenis, sesuai dengan profesionalisme masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis event organizer.

1. MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition)

Sesuai dengan singkatannya, jenis event MICE memiliki arti EO dapat membantu merangkai acara seperti pertemuan formal atau nonformal, perjalanan insentif, konvensi, atau pameran.

2. Pesta pernikahan

Jenis acara ini sangat memerlukan EO atau lebih familiar dengan nama WO (wedding organizer) untuk membantu merangkai acara agar tercipta acara pernikahan yang sesuai dengan harapan klien. Mulai dari menyusun rangkaian acara, kebutuhan pengantin, kartu undangan, dekorasi dan segala kebutuhan lainnya yang diperlukan dalam pesta pernikahan.

3. Pesta ulang tahun

Jenis acara yang dirangkap oleh EO ini sudah tidak asing lagi, bukan? Untuk kamu yang ingin mengadakan acara ulang tahun dalam skala besar maupun private party, jasa EO memberikan kemudahan agar terciptanya acara yang sesuai dengan keinginanmu. Umumnya, acara ulang tahun yang paling sering menggunakan jasa EO adalah acara sweet seventeen.

4. Musik dan hiburan

Dalam menciptakan acara musik atau hiburan, jasa event organizer dapat membantu merangkai susunan acara yang dapat memeriahkan acara. Mulai dari menetapkan tanggal dan tempat acara, kebutuhan dekorasi, sound system, hingga mencari artis yang bersedia untuk menghadiri acara.

5. Acara pertemuan keluarga

Untuk pertemuan keluarga dalam skala besar, adanya jasa EO memudahkan keberlangsungan acara. Mulai dari pemilihan tempat, MC, dekorasi, rundown, dan masih banyak lagi. Event organizer dapat menyediakan segala kebutuhan yang diperlukan selama acara berlangsung.

Baca juga: Wedding Organizer: Definisi, Peran dan Tanggung Jawab, Serta Perbedaannya dengan Wedding Planner

5 Hal penting sebelum menjalankan bisnis event organizer


Perhatikan 5 hal ini sebelum menjalankan bisnis event organizer (Sumber: Pexels)

Jika kamu ingin membuka bisnis di bidang event organizer, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk keberlangsungan bisnismu. Mulai dari menentukan jenis EO, pembentukan tim, pendanaan, dan sebagainya. Berikut adalah 5 hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum menjalankan bisnis event organizer.

1. Memiliki pengalaman yang memadai

Dalam mendirikan bisnis event organizer, kamu perlu memiliki pengalaman di bidang event. Tim EO memerlukan keahlian dalam merangkai suatu acara. Mulai dari manajemen waktu, pendanaan, dekorasi, dan lain sebagainya. Setidaknya kamu harus memiliki pengalaman di kantor event organizer apabila ingin menjalankan bisnis EO.

2. Membangun tim yang solid

Untuk membangun sebuah bisnis, tentunya kamu tidak dapat bekerja seorang diri. Maka dari itu, diperlukan tim yang membangun dan memiliki tujuan yang sama. Pilihlah anggota tim yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang event. Dengan tim yang solid dan ahli dalam bidang event, bisnismu akan berjalan dengan maksimal.

3. Pendanaan

Bisnis event organizer pastinya membutuhkan modal atau dana yang cukup untuk menjalankannya. Pastikan kamu memiliki modal yang cukup agar bisnismu berjalan dengan lancar.

4. Relasi

Relasi merupakan hal yang sangat penting bagi kamu yang ingin memulai bisnis event organizer. Tujuannya tidak lain adalah untuk memudahkanmu untuk mendapatkan klien. Dengan adanya relasi yang baik, maka membuka peluang untuk event organizer-mu direkomendasikan oleh pihak lain.

5. Kreativitas yang tinggi

Bisnis EO mengharuskan kamu untuk terus berkembang seiring berkembangnya zaman yang makin modern. Buatlah inovasi sebanyak mungkin agar menarik calon klien dan membedakan bisnismu dengan yang lainnya.

Baca juga: Kreatif Adalah: Bentuk, 6 ciri, dan Pentingnya dalam Dunia Kerja

Referensi event organizer untuk bisnis kamu


Beberapa referensi event organizer yang dapat kamu contoh (Sumber : Pexels)

Jika kamu ingin menjalankan bisnis event organizer, kamu dapat melihat beberapa referensi event organizer sukses di bawah ini.

1. Akusara Production

Dilansir dari official website-nya, Akusara Production berdiri sejak 2009 dan menyediakan jasa meliputi perencanaan dan produksi acara, desain dan dekorasi, tata cahaya dan tata suara, panggung, rigging, hiburan dan bakat, manajemen di tempat, dan banyak lagi.

Kontak: +628567108691
Lokasi: Jl. Deposito No.12A, Pejaten, Jakarta Selatan
Website: https://akusarapro.com
Instagram: @akusarapro

2. Emvriopro

Emvriopro adalah salah satu event organizer yang sudah cukup dikenal di Jakarta. Event organizer ini sangat dikenal karena acara-acara besar yang telah dibuatnya, seperti Berdendang Bergoyang Festival, Press The Button, Prom Night SMA Jakarta, dan masih banyak lagi. Berdiri sejak tahun 2013, kini Emvriopro telah menggandrungi acara-acara besar di Jakarta.

Kontak: +6282111443652
Lokasi: Kompleks Gudang Peluru Blok A No.31, Tebet, Jakarta Selatan
Website: https://emvrio.com
Instagram: @emvriopro

3. Doutzen Party Planner

Event organizer ini menyediakan jasa produksi acara dari tahap awal hingga akhir acara. Mulai dari dekorasi, souvenir acara, teknis acara, hingga keberlangsungan acara itu sendiri. Acara yang dapat menggunakan event organizer ini meliputi bridal shower, farewell parties, brand launching, dan masih banyak lagi. Jasa Doutzen Party Planner banyak digunakan kaum milenial di Jakarta karena harganya yang cukup affordable dan jasanya yang sangat memuaskan.

Kontak: +62817799505
Kantor: Jl. Balai Rakyat No.40, Jakarta Utara
Website: www.doutzenpartydesigner.com
Instagram: @doutzenpartydesigner

4. Dream Flavours Celebration

Teruntuk kamu yang menyukai konsep acara dengan warna cerah, event organizer satu ini cocok untuk kamu gunakan. Dream Flavours Celebration menyediakan jasa produksi acara dengan konsep yang unik dan trendy. Khususnya jika kamu ingin mengadakan acara seperti bridal shower, sweet seventeen, baby shower, dan community gathering.

Kontak: +62811103888
Lokasi: Jl. Kelapa Nias Raya PA3 No.2, Jakarta Utara
Website: www.dreamflavours.com
Instagram: @dreamflavours

Baca juga: Wirausaha adalah: Pengertian, Bedanya dengan Wiraswasta, dan Faktor Keberhasilannya

Itulah penjelasan mengenai event organizer lengkap dengan hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum menjalankannya. Apabila kamu tertarik membaca artikel lainnya, ikuti terus EKRUT Media. Tak hanya itu, jika kamu ingin mendapatkan informasi lowongan pekerjaan di perusahaan-perusahaan ternama, klik sign up EKRUT sekarang juga. Kamu juga dapat mengunjungi kanal YouTube EKRUT Official untuk mendapatkan informasi serta tips-tips kerja yang informatif dan menarik.

Sumber:

  • daya.id
  • flokq.com
  • qwords.com
  • kumparan.com
  • blog.werkudara.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video