Published on

Careers

Wirausaha adalah: Pengertian, bedanya dengan wiraswasta, dan faktor keberhasilannya

Algonz D.B. Raharja

H1_Wirausaha.jpg

Kamu tentunya akrab dengan istilah wirausaha atau entrepreneur. Namun beberapa orang terkadang sulit membedakan wirausaha dengan wiraswasta. Bahkan, Kamus Besar Bahasa Indonesia pun mendefinisikan dua kata ini dengan definisi yang sama. Nah, agar lebih mengenal dan mengetahui apa yang dimaksud dengan wirausaha, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Visi Misi Perusahaan dan Contohnya

Apa itu wirausaha?


Wirausaha merupakan seseorang yang memulai bisnis mereka sendiri dengan memanfaatkan peluang yang ada ecara inovatif (Sumber: Pexels)

Menurut Cambridge Dictionary, wirausaha atau entrepreneur diartikan sebagai seseorang yang memulai bisnis mereka sendiri, dan terutama ketika individu tersebut melibatkan atau melihat peluang baru. Dalam definisi ini perlu digaris bawahi bahwa seorang wirausaha adalah ia yang jeli dalam melihat peluang baru.

Di sisi lain, Investopedia mendefinisikan wirausahawan sebagai individu yang menciptakan bisnis baru, menanggung sebagian besar risiko, dan menikmati sebagian besar imbalan dari bisnis tersebut. Proses mendirikan bisnis juga dikenal sebagai kewirausahaan atau entrepreneurship. Wirausahawan juga diasosiasikan sebagai inovator, sumber ide bisnis atau prosedur baru dalam urusan bisnis barang/jasa.

Wirausaha juga merupakan kemampuan dan kesiapan untuk mengembangkan, mengatur, dan menjalankan suatu badan usaha dengan segala ketidakpastiannya untuk memperoleh keuntungan. Wirausaha secara umum merupakan aktivitas yang dilakukan oleh seorang (wirausahawan) yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk mendirikan, mengelola, dan berhasil dalam suatu usaha rintisan (startup). Wirausahawan dapat pula diartikan sebagai seseorang yang mengembangkan perusahaan inovasi beserta identifikasi karakteristik peluangnya.

Baca Juga: Ketahui 5 Karakteristik Entrepreneur dan Cara untuk Mencapainya

Alasan seseorang berwirausaha


Seseorang bisa mulai berwirausaha salah satunya karena alasan kreativitas tinggi (Sumber: Pexels)

Menurut situs Ownr, terdapat setidaknya delapan alasan kenapa seseorang menjadi wirausahawan. Adapun kedelapan alasan itu antara lain adalah sebagai berikut.

  • Kreativitas individu yang tidak klop atau pas dengan lingkungan perusahaan
  • Menginginkan waktu kerja dan gaya hidup yang tidak terbatas pada jam kerja seperti nine to five atau sejenisnya
  • Memiliki passion tentang belajar dan mempelajari hal baru
  • Memiliki ide-ide non konvensional yang di luar pemikiran umum
  • Mereka menginginkan sebuah kerja nyata atau aksi
  • Memiliki keinginan untuk mengubah dunia dengan tangannya sendiri
  • Senantiasa ingin mengejar kesempatan yang ada
  • Ingin mencari kebebasan dan lepas dari kontrol pihak lain

Beberapa alasan dan preferensi ini umumnya menjadi dasar kenapa beberapa orang tidak cocok dengan pekerjaan konvensional dan hendak mencari kebebasan untuk mengembangkan ide menjadi seorang wirausahawan.

Baca Juga: 5 Karakter Karyawan Intrapreneurship yang Untungkan Bisnis

Perbedaan wirausaha dengan wiraswasta


Wirausaha dan Wiraswasta memiliki perbedaan dalam aspek pengembangan ide menjadi usaha baru (Sumber: Pexels)

Meski sepintas sama, namun ternyata wirausaha dengan wiraswasta memiliki perbedaan umum. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri, lema wirausaha dan wiraswasta dijadikan satu arti. Menurut KBBI, keduanya berarti orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara wirausaha dengan wiraswasta.

Wirausaha Wiraswasta
Individu yang memiliki keterampilan dalam memanfaatkan peluang dan mengelolanya hingga menjadi usaha Individu yang memiliki keterampilan untuk memberi nilai tambah terhadap suatu hal, baik produk atau jasa demi mendapatkan laba dari pelanggan
Memiliki ide bercabang yang terbagi dalam beberapa fokus bisnis Umumnya memiliki fokus pada satu bidang bisnis secara penuh
Memiliki kreativitas dan pandangan jangka panjang menyoal perkembangan bisnis dan usaha Memiliki kemampuan berpikir untuk menghasilkan dari segi finansial secara mandiri
Memiliki perspektif inovasi terhadap suatu bisnis yang ada atau mengembangkan bisnis seiring zaman dan teknologi Fokus pada mencari laba dari usaha yang ia dirikan

Baca Juga: 7 Cara Mengembangkan Potensi Diri Demi Kesuksesan Karier

Faktor yang memengaruhi keberhasilan dan kegagalan wirausaha


Faktor yang memengaruhi kesuksesan wirausaha adalah karakter dan fokus (Sumber: Pexels)

Untuk dapat terus survive dalam bidang wirausaha, diperlukan banyak faktor dalam diri seseorang. Tidak hanya modal secara finansial, secara umum wirausaha yang sukses ditentukan oleh dirinya sendiri secara mental dan kemauan. Adapun beberapa faktor yan memengaruhi keberhasilan dan kegagalan wirausaha adalah sebagai berikut.

  • Pengembangan karakteristik, seorang wirausahawan dituntut memiliki faktor karakter yang terus berkembang dan tidak stagnan pada satu titik usaha atau ide. Dengan begitu, ia akan terus mengembangkan pemikirannya untuk berhasil. Jika seorang wirausahawan merasa dirinya sudah cukup dan tidak memiliki karakter diri yang kuat, maka bisa jadi ia akan gagal.
  • Fokus, seorang wirausahawan memang acapkali memiliki fokus bisnis beragam yang ia kembangkan untuk berbagai sektor usaha. Namun, tiap perkembangan itu seyogianya diawali dengan fokus di masing-masing cabang. Kegagalan wirausaha dapat terjadi jika terjadi perpecahan fokus yang tidak terkelola.
  • Dedikasi, seorang wirausahawan yang sukses perlu menumbuhkan faktor dedikasi terhadap bisnis atau usahanya. Dengan dedikasi ini dapat terwujud pula fokus dalam pengembangan usaha.
  • Eksekusi, konsistensi seseorang dalam membangun sebuah usaha atau memanfaatkan peluang dapat bermuara pada eksekusi yang baik. Jika seseorang terlalu banyak berpikir soal perencanaan dan strategi tetapi tidak berani mengeksekusi, maka bisa dipastikan ia akan gagal memanfaatkan peluang. Eksekusi yang tepat perlu segera dilakukan, dan nantinya strategi dan perencanaan kembali dapat disempurnakan lewat evaluasi.

Nah, itulah tadi beberapa faktor utama yang harus dimiliki seorang wirausahawan untuk dapat sukses. Beberapa hal atau faktor dalam wirausaha ini amat penting untuk mewujudkan potensi seseorang dalam membangun bisnis.

Baca Juga: 14 Film Tentang Bisnis yang Inspiratif dan Membuatmu Semangat

Bagi kamu yang tertarik terjun di bidang wirausaha, tentu kamu bisa mempelajari berbagai cerita dari tokoh wirausaha yang banyak ditemukan di toko buku. Selain itu, kamu juga perlu mengembangkan ide dan berani mengeksekusi ide tersebut.

Sedangkan, bagi kamu yang masih ingin meniti karier dengan bekerja di korporasi atau perusahaan tertentu, bisa jadi EKRUT adalah peluang bagimu. Kamu bisa mendaftarkan dirimu lewat EKRUT untuk nantinya bisa ditemukan oleh berbagai perusahaan yang tengah mencari kandidat sepertimu.

Siapkan CV terbaikmu dan silakan klik tautan di bawah ini untuk mendaftar lewat EKRUT.

sign up EKRUT

Rekomendasi Bacaan:

Sumber:

  • investopedia.com
  • ownr.co
  • byjus.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_grross_adalah.jpg

    Careers

    Bedanya Gross, Nett, dan Gross Up yang Wajib Karyawan Ketahui

    Alvina Vivian

    04 July 2022
    5 min read
    h1_proaktif.jpg

    Careers

    Proaktif Adalah: Definisi, Manfaat, Ciri, hingga Contohnya

    Tio Derma

    04 July 2022
    6 min read
    0-kata-kata-motivasi.jpg

    Lainnya

    25+ Kata-kata Motivasi untuk Penyemangat Diri Sendiri!

    Arin Khurota

    01 July 2022
    7 min read

    Video