Published on

Expert's Corner

Wedding Organizer: Definisi, Peran dan Tanggung Jawab, Serta Perbedaannya dengan Wedding Planner

Sylvia Rheny

Wedding_Organizer_Definisi__Peran_dan_Tanggung_Jawab__Serta_Perbedaannya_dengan_Wedding_Planner.jpg

Mempersiapkan pernikahan bukanlah hal yang mudah. Tidak sedikit orang-orang memilih untuk menggunakan jasa wedding organizer agar persiapan dan proses pernikahan mereka berjalan dengan sukses. Lalu, apa yang membedakan antara wedding organizer dengan wedding planner? Simak penjelasan lengkap pengertian wedding organizer hingga rekomendasi wedding organizer terbaik di Jabodetabek dalam artikel ini!

Baca juga: 4 Tips Persiapan Pernikahan Tetap Lancar Saat Sibuk Bekerja

Apa itu wedding organizer?


Wedding organizer adalah penyedia jasa untuk perencanaan dan supervisi acara pernikahan. (Sumber: Pexels)

Wedding organizer adalah jasa yang dikhususkan untuk membantu calon pengantin dan keluarga dalam perencanaan dan supervisi pelaksanaan rangkaian acara pesta pernikahan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Wedding organizer biasanya terdiri dari beberapa orang yang akan berbagi tugas dalam membantu calon pengantin, mulai dari jauh-jauh hari pada saat perencanaan dan juga saat pernikahan berlangsung.

Wedding organizer atau yang biasa disebut dengan WO ini berfungsi untuk menyukseskan acara pernikahan calon pengantin, membantu meringankan proses persiapan menuju pernikahan mulai dari pemilihan venue dan vendor-vendor, hingga membantu mengatur jalannya pernikahan di hari H acara.

Baca juga: 6 Contoh surat cuti menikah yang perlu diketahui karyawan

Peran dan tanggung jawab wedding organizer


Wedding organizer bertindak sebagai perencana dan koordinator. (Sumber: Pexels)

Nah, agar kamu lebih memahami apa saja peran dan tanggung jawab wedding organizer, maka EKRUT Media telah merangkum informasi tersebut untukmu. Peran dan tanggung jawab wedding organizer adalah sebagai berikut.

1. Wedding organizer membantu meringankan beban dari calon mempelai

Merencanakan pernikahan adalah hal yang membutuhkan waktu dan tenaga, sehingga kamu perlu meluangkan waktu ekstra di luar rutinitas untuk mempersiapkannya. Kamu perlu melakukan riset vendor, venue, dan lainnya. Namun, dengan menggunakan jasa dari wedding organizer tentu akan membantu meringankan beban pekerjaan tersebut.

2. Wedding organizer sebagai perencana

Wedding organizer akan memberikan beberapa usulan dan masukan terkait konsep acara, biaya, venue, dan vendor sesuai dengan keinginan dari calon mempelai. Dalam memberikan usulan, wedding organizer tentu akan mempertimbangkan budget yang kamu miliki. Selain itu, wedding organizer juga telah berpengalaman sehingga lebih mudah untukmu dalam memilih vendor terbaik.

3. Wedding organizer sebagai koordinator

Selain berperan dalam perencanaan, wedding organizer juga memiliki peran sebagai koordinator. Wedding organizer akan melakukan koordinasi terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam acara pernikahan, seperti calon mempelai, vendor, keluarga, pengisi acara. Koordinasi juga dilakukan terkait technical meeting dan juga gladi bersih.

4. Wedding organizer bertanggung jawab terhadap rundown acara

Tanggung jawab wedding organizer terhadap rundown acara bukan hanya sekedar membuat rundown tersebut, namun juga mengatur jalannya acara mulai dari persiapan, gladi bersih, hingga acara selesai.

5. Wedding organizer sebagai penengah dan pemersatu keluarga calon mempelai

Tidak menutup kemungkinan bahwa pada hari H acara, terjadi perbedaan pendapat antara kedua belah pihak keluarga calon mempelai. Peran wedding organizer adalah untuk menengahi perbedaan pendapat yang ada dan mempersatukan kedua keluarga agar satu suara.

6. Wedding organizer membantu menghemat biaya yang tidak diperlukan

Tentu terdapat biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar vendor dan venue. Dalam hal ini, wedding organizer berperan untuk membantu calon mempelai untuk melakukan perhitungan agar sesuai dengan budget yang dimiliki dan bisa memangkas biaya-biaya yang tidak diperlukan.

Baca juga: 5 Cara mengatur keuangan untuk menikah bagi karyawan

Perbedaan wedding organizer dan wedding planner


Wedding organizer memiliki perbedaan dengan wedding planner. (Sumber: Pexels)

Meskipun sama-sama berkaitan dengan jasa persiapan pernikahan, namun terdapat perbedaan antara wedding organizer dengan wedding planner. Wedding planner adalah pihak yang akan merencanakan segalanya untuk calon mempelai, mulai dari kapan harus ada pertemuan keluarga, pertemuan dengan vendor, hingga kapan waktu calon pengantin melakukan perawatan sebelum pernikahan.

Sementara wedding organizer adalah pihak yang membantu kamu dalam merencanakan pesta pernikahan untuk hari H. Mulai dari mengatur vendor, keuangan dan nominal yang harus dikeluarkan para calon pengantin untuk pesta pernikahannya, hingga mengatur jalannya acara pada hari H agar sesuai dengan rundown yang telah dibuat.

Baca juga: 5 Manfaat dari Perjanjian Pra Nikah yang Penting untuk Kamu Ketahui

3 Rekomendasi wedding organizer terbaik di Jabodetabek


Terdapat banyak pilihan wedding organizer di wilayah Jabodetabek. (Sumber: Pexels)

Jika kamu tinggal di wilayah Jabodetabek, ada banyak referensi wedding organizer yang bisa membantu mewujudkan pernikahan impianmu. Beberapa rekomendasi wedding organizer di wilayah Jabodetabek adalah sebagai berikut.

1. Bantu Manten


Bantu Manten sebagai salah satu rekomendasi wedding organizer. (Sumber: bantugroupindonesia.co.id)

Bantu Manten adalah salah satu wedding organizer yang populer di Jabodetabek, khususnya di kalangan artis Indonesia. Dengan tagline yang dimilikinya, yaitu “Your one-stop service to achieve your dream wedding experience”, Bantu Manten akan membantu calon mempelai untuk mengurus sebelum dan selama acara pernikahan berlangsung.

Wedding organizer satu ini siap membantu kamu dalam brainstorming konsep pernikahan, pemilihan dan kunjungan vendor, pengaturan jadwal test food dan pengambilan gambar, serta berbagai macam teknis eksekusi “on the day”.

Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu dapat mengunjungi Instagram wedding organizer Bantu Manten, yaitu @bantumanten atau mengunjungi website-nya di www.bantugroupindonesia.co.id.

2. Big Enterprise


Big Enterprise sebagai salah satu rekomendasi wedding organizer. (Sumber: big-enterprise.com)

Rekomendasi wedding organizer di Jabodetabek yang kedua adalah Big Enterprise. Big Enterprise adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa wedding organizer yang bertujuan untuk membantu para calon pengantin dalam mempersiapkan dan memastikan segala sesuatunya berjalan sesuai dengan rencana dari awal hingga akhir acara.

Big Enterprise telah memiliki pengalaman dalam mengatur pernikahan internasional maupun pernikahan tradisional dan dalam skala besar maupun skala kecil. Salah satu contoh pernikahan artis terkenal yang menggunakan jasa wedding organizer dari Big Enterprise adalah pernikahan antara Raffi Ahmad dengan Nagita Slavina.

Jika kamu tertarik menggunakan jasa dari wedding organizer Big Enterprise ini, kamu dapat mengunjungi Instagram-nya, yaitu @bigenterprisewo atau website-nya di www.big-enterprise.com.

3. Artea Event Organizer


Artea sebagai salah satu rekomendasi wedding organizer. (Sumber: arteaorganizer.com)

Rekomendasi wedding organizer di Jabodetabek yang selanjutnya adalah Artea Event Organizer. Artea Event Organizer memberikan banyak pilihan tema pernikahan, mulai dari adat tradisional hingga konsep pesta pernikahan yang modern. Wedding organizer ini juga akan membantu kamu menyiapkan dekorasi, catering, baju pengantin, foto pengantin, dan lainnya.

Contoh pernikahan artis terkenal yang menggunakan jasa wedding organizer dari Artea Event Organizer adalah pernikahan antara Raisa-Hamish Daud dan Atta-Aurel.

Informasi dan portofolio dari wedding organizer Artea ini dapat kamu lihat di Instagram-nya @arteaorganizer atau website-nya di www.arteaorganizer.com.

Baca juga: Tunjangan yang harus kamu pertimbangkan setelah menikah

Sekian penjelasan tentang peran dan tanggung jawab wedding organizer hingga beberapa rekomendasi wedding organizer yang bisa kamu kamu pilih untuk menyelenggarakan pernikahan impianmu. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT OfficialNah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • Quipper
  • Artea Organizer
  • Big Enterprise
  • Bantu Manten

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-thisisengineering-3862603_(1).jpg

    Careers

    HRBP Adalah: Tugas dan Tanggung Jawab, Bedanya dengan HR Manager, dan Proyeksi Kariernya di Tahun 2022

    Fakhrizal Muttaqien

    05 July 2022
    5 min read
    H1-Branch_Manager__Pengertian__Tanggung_Jawab__Skill_set_Hingga_Gaji_2022.jpg

    Careers

    Branch Manager: Pengertian, Tanggung Jawab, Skill-set, hingga Gaji 2022

    Lita Lia

    30 June 2022
    5 min read
    cover_(3).jpg

    Careers

    Moderator: Pengertian, Manfaat, Tugas, dan Tips Menjadi Moderator yang Baik

    Detty Risetya

    20 June 2022
    5 min read

    Video