Published on

Careers

6 Tips menjawab pertanyaan "expected salary" ketika wawancara kerja

Anisa Sekarningrum

1._7_Tips_menjawab_pertanyaan__expected_salary__ketika_melamar_kerja.jpg

Menjawab pertanyaan mengenai expected salary dengan tidak bijaksana bisa membuat kamu kehilangan tawaran pekerjaan tersebut. Kamu perlu mempersiapkan jawaban yang meyakinkan dan menentukan nominal tersebut agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Di EKRUT Media kali ini akan menyajikan beberapa tips untuk menjawab pertanyaan mengenai expected salary agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan beserta kisaran gaji yang sesuai untuk didapatkan.

Apa itu expected salary?

Apa itu expected salary?
Expected salary adalah kompensasi dari pekerjaan yang sedang dilamar.

Expected salary adalah kompensasi yang ingin kamu terima di pekerjaan yang sedang kamu lamar. Jangan khawatir, tidak yakin mengenai pertanyaan tentang expected salary adalah hal yang umum, apalagi jika kamu belum memiliki pengalaman.

Perhatikan hal berikut ini, jika kamu memilih angka yang terlalu rendah, atasan kamu mungkin dengan senang hati menerima saran tersebut dan membayar kamu lebih rendah dari nilai yang kamu tawarkan. Namun, jika kamu menjawab expected salary dengan nilai yang terlalu tinggi, ini juga bisa menjadi resiko kamu kehilangan kesempatan kerja. Itulah sebabnya pengetahuan mengenai expected salary penting untuk diketahui.

Untuk menjawab pertanyaan ini kamu perlu memiliki strategi cerdas untuk mendapatkan nilai yang sesuai dengan skill-set, sehingga mendapatkan hasil yang lebih ideal dari pekerjaan yang kamu inginkan tersebut. 

Baca juga: 7 Tips sebelum nego gaji yang harus kamu perhatikan

6 Tips menjawab pertanyaan expected salary

6 Tips menjawab pertanyaan expected salary
Melakukan negosiasi adalah salah satu hal yang harus dilakukan saat menjawab tentang expected salary.

Menjawab pertanyaan mengenai expected salary adalah hal yang penting agar bisa meningkatkan harapan kamu mendapatkan pekerjaan yang sedang kamu lamar tersebut. 
Berikut adalah tujuh tips untuk menjawab pertanyaan mengenai expected salary:

1. Lakukanlah riset terlebih dahulu

Sebelum kamu menghadiri interview kerja, pastikan kamu sudah mencari tahu mengenai pekerjaan yang ingin kamu lamar, termasuk mengenai kisaran gaji yang ditawarkan untuk posisi tersebut. Kamu bisa melakukan riset secara online untuk melihat berapa gaji yang diterima seseorang secara umum untuk posisi tersebut. Hal ini mungkin akan bervariasi tergantung dengan bidang pekerjaan, pengalaman, dan pendidikan terakhir. Jika kamu melakukan riset yang cukup, hal ini mungkin akan membantu kamu untuk memberikan garis besar tentang expected salary untuk posisi yang kamu lamar tersebut. 

2. Mengetahui jumlah gaji yang diinginkan

Setelah melakukan riset tentang kisaran gaji, kamu juga perlu melihat wilayah tempat kamu bekerja untuk menentukan expected salary yang ingin harapkan. Kamu juga perlu mengetahui perkiraan pengeluaran kamu untuk menentukan kisaran gaji tersebut. Jika kamu sudah mengetahui kisaran nilai atau expected salary untuk memenuhi kebutuhanmu, selanjutnya kamu bisa lebih mudah melakukan negosiasi kepada pihak pemberi pekerjaan. 

3. Menentukan kisaran gaji

Sebelum ditanya oleh pihak pemberi kerja, sebaiknya kandidat jangan mencantumkan nilai dari expected salary yang diinginkan, karena hal ini bisa mengirimkan sinyal bahwa kamu lebih tertarik dengan jumlah bayaran dibandingkan pekerjaan yang akan dikerjakan. Kamu tidak perlu menyebutkan nilai expected salary yang kamu inginkan karena pihak pemberi kerja pasti akan menanyakannya padamu. 

Cara menjawabnya adalah dengan memberikan kisaran gaji dengan catatan tetap terbuka untuk negosiasi, dibandingkan langsung memberikan nilai yang bulat, misalnya “Yang saya ketahui untuk posisi tersebut memiliki kisaran gaji sekitar Rp10.000.000,- hingga Rp11.500.000,-.” Kisaran gaji yang kamu berikan ini juga akan membantu kamu mendapatkan nilai expected salary yang sebenarnya kamu inginkan, karena kamu sudah menghitung jumlah kebutuhanmu dan mengetahui range fee dari posisi yang kamu incar.

Baca juga: Catat, ini 5 tips ampuh agar kamu naik gaji! 

4. Sesuaikan dengan skill-set atau kemampuan yang dimiliki

Penting untuk tetap menyesuaikan pengalaman, pendidikan, dan kemampuan yang kamu miliki dalam menjawab pertanyaan mengenai expected salary. Jika kamu mencari gaji dengan nilai di atas rata-rata, maka kamu juga perlu menunjukkan keterampilan dan keahlian yang di atas rata-rata juga. Pelamar dengan pengalaman kerja yang lebih panjang dan keterampilan yang lebih banyak mungkin dapat meminta gaji yang lebih tinggi dibandingkan pelamar pemula dengan pengalaman yang lebih sedikit. 

5. Coba menaikan angka expected salary

Saat memberikan kisaran gaji, cobalah untuk menaikan angka di atas angka expected salary yang kamu butuhkan. Berdasarkan kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki, mungkin kamu bisa menaikkan expected salary dari gaji yang kamu di pekerjaan sebelumnya, mungkin sekitar 15 hingga 20 persen.

6. Pastikan angka bisa dinegosiasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, saat memberikan kisaran gaji kamu juga perlu memastikan kepada pihak pemberi kerja bahwa angka tersebut masih bisa dinegosiasi. Sehingga masih ada kesempatan bagi kamu dan pihak pemberi kerja untuk berdiskusi mengenai angka terbaik untuk kamu dan juga mereka. 

Baca juga: 3 Tantangan terbesar jika kenaikan gaji kamu drastis 

Hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan gaji yang diinginkan

Hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan gaji yang diinginkan
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan expected salary.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menentukan expected salary:

  • Jangan membahas mengenai gaji terlalu cepat, hal ini dapat membuat pemberi kerja merasa kandidat kurang tertarik dengan posisi yang ditawarkan. 
  • Jangan memberikan angka yang terlalu tinggi, karena hal ini dapat membuat pemberi kerja mundur. 
  • Hindari memberikan angka expected salary yang terlalu rendah, karena hal ini dapat melumpuhkan kesempatan kamu untuk bernegosiasi nantinya. 
  • Saat ditanya mengenai expected salary pada aplikasi online, kamu bisa mengosongkan atau menjawab, mengenai gaji bisa dinegosiasikan saat wawancara. 

Baca juga: 10 tips negosiasi gaji yang perlu kamu pertimbangkan

Jika kamu sudah siap menjawab pertanyaan mengenai expected salary, segera daftarkan diri kamu menjadi talent di EKRUT, supaya kamu bisa direkrut oleh perusahaan yang kamu tuju. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis.

Itu tadi informasi mengenai expected salary, tonton juga video berikut ini mengenai cara negosiasi gaji. Semoga berhasil!

sign up EKRUT

Sumber: 

  • roberthalf
  • indeed
  • careersidekick 
  • biginterview

Tags

Share