Expert's Corner

Kenali apa saja fungsi FAQ dan tips membuat FAQ yang efektif

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Sylvia Rheny

A full time learner marketing enthusiast.

Kenali_apa_saja_fungsi_FAQ_dan_tips_membuat_FAQ_yang_efektif.jpg

Saat membuat situs web, salah satu halaman terpenting adalah untuk "pertanyaan yang sering diajukan" atau halaman FAQ. Halaman FAQ yang baik dapat meyakinkan pelanggan baru, menutup penjualan, dan menghemat waktu untuk menjawab pertanyaan berulang. Apa saja fungsi halaman FAQ dan bagaimana cara mulai menulis halaman FAQ yang efektif? Baca terus untuk tips tentang cara menulis bagian FAQ dan beberapa alasan mengapa itu akan membantu bisnismu.

Baca juga: Tips sukses menggunakan metode STAR dalam interview

Apa itu FAQ?


FAQ adalah singkatan dari Frequently Asked Questions. (Sumber: iStock)

FAQ adalah singkatan dari Frequently Asked Questions yang berarti pertanyaan yang sering diajukan. FAQ adalah daftar pertanyaan umum dan jawaban tentang topik tertentu. FAQ paling sering dibaca sebagai huruf terpisah, yaitu “eff-ay-cue”. FAQ paling sering ditemukan di situs web dan email campaign. FAQ yang paling efektif adalah FAQ yang mudah dinavigasi, menyajikan informasi yang detail dan ringkas, dan mudah diakses.

Beberapa situs mungkin memiliki topik FAQ yang sangat kompleks dan memerlukan pengaturan berdasarkan sub-topik, seperti halaman FAQ Amazon yang dibagi menjadi beberapa kategori. Halaman FAQ adalah alat yang efektif untuk meminimalkan pertanyaan pelanggan berulang yang mungkin diterima oleh suatu bisnis, sehingga layanan pelanggan dapat memusatkan perhatian mereka pada kasus yang lebih spesifik dan dipersonalisasi.

Saat memutuskan pertanyaan apa yang akan disertakan dalam FAQ, penting untuk melihat data nyata apapun dari penelusuran situs atau interaksi pelanggan dan mempertimbangkan informasi apa yang kemungkinan besar akan tetap konstan dari waktu ke waktu. Idealnya, halaman FAQ tidak perlu diperbarui terlalu sering.

Baca juga: Kreator wajib tahu, kegunaan dari Google Question Hub

Apa saja fungsi FAQ?


Fungsi FAQ adalah menghemat waktu pengguna dan pemilik bisnis. (Sumber: iStock)

Membuat halaman FAQ secara khusus dilakukan bukan tanpa alasan, meskipun terlihat sederhana, namun FAQ ternyata memiliki beberapa fungsi tersendiri. Fungsi utama FAQ adalah sebagai berikut.

1. Efisien waktu 

Salah satu fungsi utama FAQ adalah menghemat waktu untuk menjawab pertanyaan yang sama berulang-ulang baik dari sosial media, chat, ataupun email. Meskipun terdengar sepele, namun FAQ benar-benar bisa menjadi solusi nyata untuk banyaknya waktu yang terbuang dan bisa dialokasikan pada hal lain.

2. Membawa web traffic dan pelanggan baru

Tujuan Google adalah memberikan jawaban atas pertanyaan. Jika kamu menampilkan teks dalam format Tanya Jawab, terlebih jika kamu memiliki jawaban yang bagus untuk pertanyaannya, maka kemungkinan besar akan ditampilkan di salah satu kotak jawaban atau cuplikan fitur Google, dan ini akan memberi peningkatan traffic yang besar.

3. Membangun kepercayaan dan profesionalisme

Halaman FAQ yang ditulis dengan baik akan menunjukkan pengalaman dan profesionalisme karena kamu tahu apa yang dipikirkan oleh pelanggan dan telah mempersiapkan jawabannya. Ini adalah salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan profesionalisme di situs web kamu.

Baca juga: 3 Cara membuat Google Form dengan mudah untuk survey

Tips membuat FAQ yang efektif


Tips membuat FAQ adalah menggunakan format tanya-jawab. (Sumber: iStock)

Berikut ini beberapa tips membuat FAQ yang efektif yang bisa kamu terapkan.

1. Memastikan halaman FAQ mudah untuk ditemukan

FAQ merupakan istilah yang umum digunakan dan orang-orang tahu apa itu FAQ, jadi jadikan itu judul halaman yang mudah ditemukan. Jangan terlalu memperumit penyebutan FAQ dengan menyebutnya "Info Lebih Lanjut" atau yang lainnya. Kamu dapat membuat halaman FAQ tersendiri dan meletakkannya tepat di menu navigasi situs web atau footer situs web sehingga mudah ditemukan.

2. Menulis pertanyaan dari sudut pandang pelanggan

Tulis pertanyaan menggunakan sudut pandang dari pembaca (pelanggan). Berpegang pada format ini lebih masuk akal bagi pembaca, mengurangi kebingungan, dan lebih cocok dengan apa yang sebenarnya diketik orang-orang di mesin penelusuran. Misalnya: “Apakah saya akan memperoleh sertifikat?” akan lebih masuk akal daripada "Apakah Anda akan memperoleh sertifikat?".

3. Menggunakan format tanya-jawab

Ketika pelanggan membuka halaman FAQ, mereka menginginkan informasi spesifik, (jawaban atas pertanyaan spesifik), bukan promosi pemasaran atau cerita yang panjang lebar dan bertele-tele. Untuk itu, menggunakan format tanya-jawab sangat direkomendasikan dalam penulisan FAQ. Selain itu, seperti yang telah di jelaskan pada poin fungsi FAQ, menampilkan teks dalam format tanya-jawab, berkemungkinan besar akan ditampilkan di salah satu kotak jawaban atau cuplikan fitur Google, sehingga akan meningkatkan web traffic.

4. Menyusun jawaban dengan singkat & jelas

Pelanggan akan merasa lebih lega jika mendapatkan jawaban yang to the point untuk pertanyaan spesifik tertentu. Jadi, akan lebih efektif jika kamu bisa membuat jawaban yang singkat, tepat sasaran, dan kurang dari 100 kata.

5. Memberikan jawaban yang sebenarnya

Pelanggan tentu akan merasa kesal jika mereka tidak memperoleh jawaban yang mereka harapkan pada FAQ. Usahakan setiap pertanyaan alam FAQ dijawab dengan jelas dan hindari menautkan jawaban ke halaman lain.

Misalnya:
Q: Apa kebijakan pengembalian Anda?
A: Kami mengizinkan pengembalian semua item dalam waktu 30 hari sejak tanggal pesanan Anda. Cukup kirimkan email kepada kami dengan nomor pesanan Anda dan kami akan mengirimkan label pengembalian kepada Anda.

Contoh di atas lebih bisa memberikan kepuasan bagi pelanggan jika dibandingkan dengan jawaban di bawah ini.
A: Kebijakan pengembalian kami tersedia di sini (tautan).

6. Mulailah jawaban dengan "ya" atau "tidak"

Kata sederhana seperti "ya" atau "tidak" di awal kalimat dapat menghemat waktu pelanggan. Selain itu, jawaban ini terdengar lebih tegas, percaya diri, dan tidak plin-plan.

Misalnya:
Q: Apakah Anda menguji produk pada hewan?
A: Tidak. Kami tidak pernah menguji produk pada hewan. (Menyertakan bukti berupa sertifikat).

Contoh FAQ


Contoh-contoh FAQ dari beberapa perusahaan besar seperti Twitter, YouTube, dan WhatsApp. (Sumber: iStock)

Perusahaan-perusahaan besar seperti Twitter, Facebook, dan YouTube memiliki halaman FAQ yang efisien dan mudah untuk dipahami. Beberapa contoh referensi FAQ adalah sebagai berikut.

1. Twitter

Halaman FAQ Twitter memiliki personalisasi dan fungsionalitas pencarian yang mudah digunakan. Selain itu, tampilan halaman FAQ juga ringkas dan mudah dipahami.


Contoh FAQ website Twitter. (Sumber: Search Engine Journal)

2. YouTube

Halaman FAQ YouTube terlihat clean dan fresh. Selain itu, FAQ YouTube mudah digunakan dan dan menyediakan akses ke topik "bantuan" yang paling sering ditanyakan.


Contoh FAQ YouTube. (Sumber: Search Engine Journal)

3. WhatsApp

Halaman FAQ Whatsapp terlihat cerah dan mudah digunakan. Selain itu, FAQ WhatsApp dikategorikan secara efektif untuk penggunaan desktop atau seluler yang cepat.



Contoh FAQ WhatsApp. (Sumber: Search Engine Journal)

Demikian penjelasan mengenai FAQ mulai dari pengertian hingga contoh-contoh FAQ. Diharapkan penjelasan di atas dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya FAQ dan membantu kamu untuk membangun halaman FAQ yang lebih baik untuk bisnismu.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, kalau kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, yuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari berbagai perusahaan menantimu!

sign up EKRUT

Rekomendasi Bacaan:

Sumber:

  • Webopedia
  • Herothemes
  • Jimdo
  • Search Engine Journal
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read

    Video