Published on

Lainnya

15 Rekomendasi Hadiah Farewell (Perpisahan) untuk Rekan Kerja

Tio Derma

h1_.jpg

Kamu pasti pernah mendengar pertanyaan HRD, apa rencanamu 5 tahun ke depan di perusahaan ini? Namun sesungguhnya tidak ada yang tahu berapa lama kamu akan bekerja di suatu perusahaan. Sebagian besar karyawan pasti pernah melewati resign, mutasi ke daerah lain, pensiun, dan mengalami perpisahan dengan rekan kerja.

Memberikan hadiah perpisahan merupakan tradisi yang terbentuk dengan sendirinya di lingkungan pekerjaan. Kamu pasti ingin memberikan hadiah perpisahan dan kenang-kenangan yang bermanfaat dan berguna untuk temanmu yang akan menjelajah karirnya yang baru di tempat lain atau untuk atasan yang menikmati masa pensiunnya.

Hadiah perpisahan merupakan simbol apresiasi kinerja dan hubungan baik yang kamu miliki dengan rekan kerja atau atasanmu selama bekerja dalam satu kantor. Kalau kamu sedang bingung memberikan hadiah perpisahan apa untuk teman kerja yang akan pergi, artikel ini akan mengulas rekomendasi hadiah farewell (perpisahan) untuk rekan kerja. Untuk itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Tips Menyampaikan Kata-kata Perpisahan Kerja yang Berkesan beserta Contohnya

Apa itu farewell?


Farewell adalah acara perpisahan bagi rekan kerja atau atasan yang akan resign, pindah tugas atau pensiun (sumber: pexels)

Farewell identik dengan tradisi yang biasa dilakukan ketika rekan kerja akan berpisah. Diadakan untuk merayakan keberhasilan dari suatu acara atau melepas kepergian rekan kerja yang melakukan resign, pemindah tugasan, atau atasan yang akan pensiun. Selain diadakan acara pesta kecil-kecilan atau sekadar makan-makan bersama, salah satu hal lain yang menjadi kebiasaan adalah memberikan hadiah ketika farewell. Hal ini sebagai tanda apresiasi dan kenang-kenangan sebelum akhirnya berpisah dan menjalani kehidupan masing-masing.

Baca juga: 6 Cara Resign yang Baik dan Profesional Beserta Persiapan Hingga Pengajuannya

Pentingnya memberikan hadiah farewell


Hadiah farewell cukup penting untuk kesempatan yang akan datang dan kenangan yang tersimpan (sumber: pexels)

Memberikan hadiah farewell adalah memberikan kenang-kenangan. Hadiah farewell berguna sebagai pengingat memori kebersamaan dan perjuangan di kantor sebelumnya. Sehingga dengan kamu memberikan hadiah farewell kepada rekanmu, mereka dapat mengingatmu dan mengingat segala kesetiakawanan dan solidaritas yang dilalui di kantor.

Hadiah farewell juga dapat dijadikan sebagai media agar silaturahmi kamu dengan rekan yang akan berpisah selalu terjaga. Hal tersebut cukup penting, kalau saja akan ada kesempatan dan peluang yang bisa terjalin di masa yang akan datang. Jadi, memberikan hadiah farewell tidak hanya sekadar basa-basi, tetapi lebih dari itu, memberikan hadiah farewell cukup penting untuk kesempatan yang akan datang dan kenangan yang tersimpan.

Baca juga: 12 Cara Membangun Networking untuk Menunjang Karier

15 Rekomendasi hadiah farewell berkesan untuk rekan kerja


Seperangkat alat kerja/ATK sangat populer dijadikan hadiah farewell karena kegunaannya (sumber: pexels)

Berikut ini adalah rekomendasi hadiah farewell berkesan untuk rekan kerja.

1. Buku bacaan

Hadiah ini sebenarnya lebih cocok diberikan untuk atasanmu yang pensiun. Atasanmu dapat menikmati masa pensiunnya salah satunya dengan membaca buku. Namun, tidak ada salahnya juga diberikan untuk teman kerja yang hobi membaca. Perlu diingat, kamu perlu sedikit riset bacaan apa yang rekan kerja atau atasanmu sukai. Novel kah? Buku resep makanan kah? Atau jenis-jenis tanaman untuk berkebun?

2. Peralatan makan dan minum

Kalau temanmu lebih sering membawa bekal makan sendiri, mungkin hadiah ini cocok untuk temanmu. Peralatan makan dan minum baru di tempat kerja baru. Sangat tepat, kan?

3. Diffuser

Hadiah ini sangat cocok agar temanmu lebih tenang dan rileks di tempat kerja barunya. Mungkin memberikan pengharum yang identik dengan kantor lama juga menarik agar temanmu dapat mengingat kebersamaan kalian.

4. Powerbank

Jika temanmu berada di divisi lapangan atau lebih sering berada di luar kantor, hadiah ini sangat cocok dan sangat berguna untuknya. Mobilitas yang tinggi memerlukan daya yang tahan lama agar pekerjaan tidak tiba-tiba terganggu karena baterai habis.

5. Earphone

Hadiah ini sangat cocok bagi temanmu yang lebih suka bekerja sambil mendengarkan lagu atau podcast agar tidak mudah terdistraksi oleh bising kesibukan kantor atau bahkan suasana kantor yang sunyi.

6. Tea set

Hadiah ini tepat bagi temanmu yang sangat suka dengan teh. Sebelum bekerja, temanmu dapat menikmati teh agar bisa menjalani pekerjaan lebih santai.

5. Coffee maker

Hadiah ini tepat bagi temanmu yang sangat menyukai dengan kopi. Apa-apa kopi, pagi kopi, ketika istirahat kopi, sebelum pulang kopi, sewaktu kerja kopi. Nah, coffee maker sangat cocok agar temanmu dapat membuat kopinya sendiri sesuai dengan seleranya.

6. Seperangkat alat kerja/ATK

Seperangkat alat kerja sangat dibutuhkan bagi temanmu yang akan berada di kantor baru agar tidak dibuat kebingungan oleh alat kerja yang belum sempat dipersiapkan. Meminjam alat kantor di hari pertama kerja akan memberikan kesan negatif bahwa temanmu bukan orang yang terorganisasi.

9. Scrapbook

Salah satu hadiah yang akan membuat teman kerjamu terkesan adalah serangkaian scrapbook yang berisi banyak kenangan. Scrapbook sendiri adalah seni menempel foto dan hiasan lainnya hingga menjadi sebuah karya yang menarik.

10. Voucher belanja, makan, atau liburan

Selama kamu berteman dengan rekan kantormu yang akan berpisah, kamu bisa menilai apakah dia adalah orang yang hobi makan, belanja, atau liburan. Memberikan hadiah voucher bagi temanmu adalah ide yang cemerlang apalagi jika ia pindah tugas ke kota yang baru pertama kali ia datangi.

11. Bantal punggung atau alas duduk

Bantal punggung atau alas duduk cukup berguna bagi temanmu yang menghabiskan waktu kerjanya duduk seharian. Setidaknya, bantal punggung atau alas duduk akan mengurangi kelelahannya.

12. Pakaian kemeja atau batik

Pakaian baru seperti kemeja atau batik sangat berguna untuk temanmu yang ingin menunjukkan first impression terbaiknya di hari pertamanya kerja. Dengan hadiah kemeja atau batik, temanmu akan terlihat rapi dan memberikan penampilan terbaiknya di hari pertama kerja.

13. Jam meja

Jam meja baru di meja baru sepertinya adalah ide yang bagus untuk temanmu yang akan memulai hari-harinya di tempat kerja baru. Jam meja digital maupun jam meja jarum adalah hadiah yang cukup awet. Minimal, jam meja awet untuk 5 tahun ke depan bahkan sampai belasan tahun. Kamu jarang kan melihat orang yang gonta-ganti jam dinding atau jam meja setahun sekali?

14. Tas ransel

Tas ransel terkadang jarang dijadikan hadiah farewell karena bukan pilihan dan ide utama. Nah, justru karena jarang ada yang memberikan tas ransel sebagai hadiah farewell, kamu bisa menjadikan ini sebagai salah satu pilihan buatmu karena terkadang temanmu membutuhkan tas ransel baru, tetapi kebanyakan membelikan hadiah yang lain.

15. Sepatu formal

Sepatu menjadi salah satu pakaian yang dilihat ketika first impression apalagi di kantor baru. Kemeja baru, celana baru, tetapi sepatu terlihat lusuh akan menjadi fail impression untuk temanmu. Nah, sepatu formal mungkin salah satu pilihan yang cocok untuk hadiah farewell.

Baca juga: Apa yang Mesti Kamu Lakukan Sebelum Resign?

Itulah rekomendasi hadiah farewell (perpisahan) untuk rekan kerja yang bisa menjadi pilihanmu. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya! Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • mamikos.com
  • snacknation.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video