Register

Careers

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

16 April 2021

ucapan_perpisahan_kerja_-_EKRUT.jpg

Menyampaikan ucapan perpisahan kepada rekan kerja adalah hal yang penting kamu lakukan di saat meninggalkan perusahaan karena berbagai alasan seperti terpaksa berhenti kerja atau karena mencari peluang karier di tempat lain.

Pasalnya, tidak hanya menjadi cara untuk menunjukkan apresiasi atas waktu dan kerja sama yang telah kalian lewati bersama, mengucapkan perpisahan kerja juga membantu menjaga hubungan profesional kamu di masa yang akan datang. 

Lantas, bagaimana cara mengucapkan perpisahan kerja yang baik dan berkesan? Berikut adalah cara dan contoh ucapan perpisahan kerja yang bisa kamu jadikan referensi. 

Cara menyampaikan kata-kata perpisahan kerja 


Berikan kartu ucapan perpisahan kerja yang menunjukkan rasa terima kasihmu pada para kolega- EKRUT

Ada berbagai metode dan cara yang bisa kamu lakukan saat hendak mengucapkan perpisahan kerja pada atasan atau kolega, seperti: 

1. Kartu ucapan 

Salah satu cara menyampaikan ucapan perpisahan kerja adalah dengan memberi kartu ucapan. Lagipula, kartu ucapan juga bisa menjadi kenang-kenangan bagi rekan kerja yang mengingatkan bahwa kamu pernah menjadi bagian dari mereka di perusahaan itu. 

Berikan kartu ucapan selamat tinggal pada atasan atau rekan kerja untuk menunjukkan rasa terimakasih atas dukungan yang selama ini mereka berikan dalam perjalanan karier kamu.

Tuliskan pula doa dan harapan yang terbaik bagi kesuksesan rekan kerja di masa depan.

Cara mengucapkan perpisahan kerja yang satu ini mungkin akan terasa sulit bila harus kamu lakukan ke setiap karyawan. Karena itu kamu mungkin bisa memberikannya pada rekan kerja yang memiliki kedekatan lebih dengan kamu. 

2. Email perpisahan

Mengirimkan email perpisahan kerja di hari terakhir atau sehari sebelum hari terakhir kamu bekerja di perusahaan tersebut merupakan cara lain untuk menyampaikan ucapan perpisahan kerja pada kolega dan perusahaan. 

Berbeda dengan kartu ucapan, kamu bisa dengan mudah mengirimkan ucapan perpisahan kerja  dengan email ke jumlah penerima yang lebih banyak. 

Selain bisa menjangkau lebih banyak rekan kerja, cara ini  juga menjadi alternatif lain untuk mendapatkan informasi kontak dari rekan kerja di perusahaan lama tersebut jika agar kamu tetap menjaga hubungan dan jejaring di masa depan.

3. Menyampaikan secara langsung

Selain mengirimkan email atau kartu ucapan perpisahan kamu juga bisa meluangkan waktu di hari terakhir bekerja untuk berkeliling menyampaikan secara langsung perpisahan kepada rekan-rekan kerja di perusahaan tersebut. 

Cara ini tepat untuk kamu lakukan terutama kepada rekan-rekan kerja yang memang dekat denganmu

4. Adakan pesta perpisahan kecil-kecilan

Cara lain untuk mengucapkan perpisahan kerja adalah dengan mengadakan pesta perpisahan kecil-kecilan di kantor.

Kamu bisa merencanakan acara kumpul-kumpul sederhana dengan memesan makanan untuk disantap bersama di saat makan siang.  Di saat itulah kamu bisa menyampaikan secara langsung ucapan perpisahan kerja kamu kepada mereka. 

Baca juga: 5 Cara resign yang baik agar citramu tetap positif di kantor lama

Tips membuat email perpisahan kerja 


Dengan mengirimkan email perpisahan kerja kamu dapat meninggalkan kontak pada kolega lamamu - EKRUT

Jika kamu memutuskan untuk mengucapkan perpisahan kerja melalui email, simak tips berikut saat membuat email perpisahan kerja tersebut.

  • Tetap positif. Inti dari email perpisahan kerja kamu adalah menunjukkan rasa terima kasih pada orang-orang yang telah bekerja denganmu. 
  • Tuliskan secara ringkas. Yang kamu butuhkan hanyalah menyampaikan ucapan terima kasih singkat, dan cara untuk tetap menjaga komunikasi dengan kamu.
  • Kirimkan sebelum hari terakhir. Pastikan mengirim email setidaknya satu atau dua hari sebelum meninggalkan perusahaan untuk memberi waktu bagi kolega kamu merespon informasi tersebut. 
  • Bagikan informasi kontak. Ketika meninggalkan perusahaaan, email kantor yang biasa kamu gunakan pun akan di non aktifkan. Karena itu pastikan meninggalkan kontak alternatif kamu di email perpisahan kerja sehingga kolega kamu masih bisa menjaga hubungan di masa depan. 

Jika kamu bekerja di perusahaan kecil di mana kamu sempat bertemu dengan semua karyawan, tidak ada salahnya mengirim email ke semua orang. 

Namun jika perusahaan kamu terbilang besar, kamu bisa memilih untuk mengirim email perpisahan kerja hanya kepada tim atau orang-orang terdekat yang sering berkolaborasi dengan kamu dalam berbagai proyek atau tugas. 

Berikut contoh email perpisahan kerja yang bisa kamu jadikan referensi: 

Subject: Terima kasih 

Kepada rekan-rekan kerja [nama perusahaan],

Seperti yang mungkin sudah kalian dengar, saya akan meninggalkan posisi saya sebagai [jabatan] di [nama perusahaan], per tanggal [hari terakhir]. 

Saya selalu bersyukur atas waktu yang saya habiskan di perusahaan ini. Sungguh pengalaman tak terlupakan bisa bekerja dan mengenal kalian semua. 

Meski saya sudah tidak di kantor ini lagi, namun saya tetap berharap kita semua bisa selalu menjaga silaturahmi di masa yang akan datang. Kalian bisa menghubungi saya di email [email pribadi] atau di nomor [nomor telepon]. 

Sekali lagi terimakasih dan sukses selalu untuk kalian semua ya. 

Regards, 
Nama

Baca juga: 9 Kesalahan umum saat mengirim email

Contoh ucapan perpisahan kerja 


Tidak ada salahnya menyediakan waktu sebelum hari terakhir untuk berpamitan dengan kolega - EKRUT

Selain contoh email perpisahan kerja di atas, kamu juga dapat menggunakan beberapa contoh ucapan perpisahan kerja di bawah ini saat meninggalkan perusahaan lama: 

1. Ucapan perpisahan kerja untuk atasan atau mentor

  • "Sebelum pergi, saya ingin mengucapkan terimakasih karena selama ini anda selalu membantu pekerjaan saya menjadi lebih baik dan efisien. Anda adalah bos yang baik. Terima kasih." 
  • "Terima kasih telah memberi saya kesempatan untuk bekerja dalam tim anda. Ini adalah pengalaman dan perjalanan yang mengesankan. Saya harap kita tetap dapat berhubungan. Terima kasih banyak, bos."
  • "Saya menghargai kesempatan yang anda berikan sehingga saya bisa bekerja di sini dan menjadi bagian dari tim. Saya tidak akan pernah melupakan pengalaman yang saya dapatkan di sini."
  • "Anda adalah mentor yang hebat. Saya harap anda terus mendidik karyawan seperti anda mendidik saya. Anda adalah yang terbaik dan saya pasti akan terus berhubungan dengan anda."
  • "Terima kasih telah menjadi mentor yang luar biasa baik.  Saya pasti akan menghubungai lagi jika ada pertanyaan yang ingin saya tanyakan soal pekerjaan dan karier. Terimakasih untuk semua yang telah anda ajarkan pada saya." 

2. Ucapan perpisahan kerja untuk rekan satu tim 

  • "Waktu yang saya lewati di sini sangat luar biasa. Terimakasih ya atas semua dukungan dan bantuan kalian."
  • "Perasaan saya campur aduk saat menulis ini. Di satu sisi saya sedih meninggalkan perusahaan dan tim yang luar biasa . Tapi di sisi lain keesempatan kerja yang muncul tidak mungkin dilewati begitu saja. Sangat menyenangkan telah bekerja sama dengan kalian semua." 

3. Ucapan perpisahan kerja umum

  • "Terimakasih sudah menjadi rekan kerja yang hebat! Jangan ragu untuk menghubungi saya jika kamu butuh sesuatu ya!"
  • "Meski kita tidak sering ngobrol, tapi terus jaga kontak ya.  Semoga sukses selalu."
  • "Saya bersyukur atas waktu yang saya habiskan selama bekerja di sini. Tapi saya harus pergi untuk mencari kesempatan yang lain. Sampai jumpa."
  • "Saya senang bekerja dengan Anda setiap hari. Saya harap persahabatan kita berlanjut hingga di masa depan."
  • "Bekerja di sini adalah sesuatu yang luar biasa bagi saya. Terima kasih kepada dorongan dan dukungan Anda semua selama ini."
  • "Anda telah membuat pengalaman saya bekerja di sini menjadi lebih menyenangkan. Saya bisa bersenang-senang dan belajar banyak hal baru. Ini saatnya  bagi kita untuk berpisah. Saya mengucapkan terima kasih kepada Anda atas semuanya. Saya harap kita masih bisa bertemu lagi di lain waktu." 

4. Ucapan perpisahan untuk rekan yang berhenti kerja

  • "Selamat atas pekerjaan baru kamu. Semoga sukses." 
  • "Saya telah banyak belajar dari kamu. Selamat untuk kamu dan harapan yang terbaik untuk di masa depan ya!"
  • " Kami pasti akan rindu akan kontribusi kamu ke tim. Terus jaga komunikasi ya."
  • "Saya harap pengalaman kamu di tempat baru akan sama menyenangkannya dengan yang kami rasakan selama bekerja bersama selama ini. Semoga sukses dan terima kasih untuk semuanya ya."

Itulah beberapa tips dan contoh ucapan perpisahan kerja yang bisa kamu perhatikan sebelum meninggalkan perusahaan lama. 

Tinggalkanlah kesan yang baik sebelum meninggalkan perusahaan dengan alasan apa pun itu. Dengan begitu kamu pun bisa menjaga kesan dan profesionalitas yang postiif di mata para kolega. 


Last update: 28 Juni 2020

Sumber: 

Tags

Share