Published on

Lainnya

10 Film Hacker Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton

Arin Khurota

0-film-hacker-terbaik.jpg

Film hacker semakin populer karena berbagai tren cybersecurity di media sosial. Isu hacking dalam sebuah film juga sering kali diangkat dari kisah nyata sehingga memang filmnya terlihat cukup realistis. Karena itu, peminatnya cukup menanti apakah yang akan dilakukan tokoh utama saat menghadapi suatu masalah peretasan.

Mulai dari film hacker klasik seperti The Matrix, hingga yang mulai menggunakan OG, seperti Sneakers atau WarGames. Film-film tersebut memberikan pandangan yang cukup mendalam dan spesifik mengenai dunia hacking yang misterius. Film-film hacker terbaik memiliki tempat tersendiri, terutama bagaimana ia membawa kita ke dalam ceritanya dan menguak hal yang jarang dibahas dalam dunia nyata. Berikut daftar rekomendasi film hacker terbaik sepanjang masa yang wajib ditonton.

Baca juga: 15 Rekomendasi Film Disney Terbaru yang Wajib untuk Ditonton

1. The Italian Job (2003)


Film hacker terbaik yang mengacaukan sistem kontrol lalu lintas (sumber: EKRUT)

The Italian Job merupakan salah satu film hacker yang memberikan gambaran akurat mengenai cara kerja peretasan. Dalam film, Lyle, sang karakter utama mencoba menerobos sistem kontrol lalu lintas kota. Ia mengendalikan semua lalu lintas untuk membuka jalan selama adegan pencurian yang terkenal dalam film.

Film ini juga menampilkan pelarian dari masing-masing karakter menggunakan mobil selayaknya film Fast and Furious. Sementara itu, Lyle dengan komputernya mengontrol lalu lintas yang kemudian mengubahnya menjadi kekacauan. Film ini termasuk dalam action yang mengangkat sisi gelap seorang hacker. Karakter Lyle digambarkan hacker sebagai kutu buku pecinta komputer.

2. The Matrix (1999)


The Matrix, kisah masa depan dystopian yang menyimpan misteri gelap (sumber: EKRUT)

Film ini menceritakan kisah di mana masa depan dystopian, umat manusia tanpa sadar terperangkap di dalam Matrix, sebuah realitas simulasi yang diciptakan oleh mesin cerdas untuk mengalihkan perhatian manusia. Di dunia Matrix, manusia menggunakan tubuh mereka sebagai sumber energi. Seorang programmer atau hacker komputer yang dikenal sebagai Neo (Keanu Reeves) menemukan kebenaran dan bergabung dengan pemberontak lain untuk membebaskan umat manusia. Film ini menceritakan mengenai misteri di dunia yang sangat maju, tetapi menyimpan misteri gelap. Sang tokoh utama berusaha mengungkapkan kebenaran menggunakan keahliannya dalam peretasan.

3. Pirates of Silicon Valley (1999)


Film hacker terbaik yang menceritakan persaingan raksasa teknologi (sumber: EKRUT)

Pirates of Silicon Valley adalah salah satu drama biografi yang menceritakan tentang perkembangan komputer. Secara spesifik, film ini mengangkat persaingan antara dua perusahaan teknologi besar antara Apple Computer dan Microsoft. Film Pirates of Silicon Valley menceritakan perkembangan teknologi antara dua perusahaan besar tersebut dari tahun 1971 hingga 1997. Noah Wyle terpilih untuk memerankan Steve Jobs, sementara Bill Gates diperankan oleh Anthony Michael Hall.

4. Blackhat (2015)


Film hacker terbaik yang diperankan oleh Chris Hemsworth (sumber: EKRUT)

Sebelum memerankan Dewa Thor yang legendaris, Chris Hemsworth pernah memerankan Nicholas Hathaway, seorang narapidana hacker komputer di Blackhat. Film ini diawali dengan adegan serangan digital di Chicago Mercantile Trade Exchange. Kasus ini kemudian melibatkan FBI yang mengarah ke Mr Hathaway. Ia dibawa ke tim untuk menghentikan peretasan yang dilakukan oleh seseorang.

Sepanjang film, Hathaway berhasil menggambarkan kebangkitan sosok pahlawan yang pernah jatuh. Sadar memiliki kemampuan yang penting, Hathaway menjadi satu-satunya orang yang dapat menghentikan serangan cyber yang memiliki motif berbahaya di belakangnya.

5. Takedown (2000)


Takedown diliputi kontroversi setelah perilisannya (sumber: EKRUT)

Meskipun mungkin judul film ini jarang diketahui, Takedown menjadi salah satu film yang penuh kontroversi, dugaan kebohongan, bahkan gugatan setelah dirilis. Ceritanya mengutip salah satu peretas yang paling terkenal, Kevin Mitnick, hingga akhir penangkapannya.

Detail cerita Takedown lebih berperan sebagai film fantasi Hollywood daripada penangkapan Mitnick. Sayangnya, banyak yang memberikan ulasan mengenai peretasan dalam film ini cukup buruk. Sementara itu, yang lain menilai bahwa adegan-adegan action dalam film Takedown cukup menarik di sepanjang film. Film Takedown menjadi film hacker yang paling kontroversial yang mengangkat kisah menarik salah satu hacker paling terkenal sepanjang masa.

Baca juga: 15 Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli, Tersedia di Netflix!

6. The Fifth Estate (2013)


Film hacker terbaik tentang pengawasan data digital (sumber: EKRUT)

Film thriller semi fiksi ini menceritakan bagaimana Julian Assange dan Daniel Domscheit membangun salah satu organisasi pengawas digital paling kuat di dunia, bernama WikiLeaks. Sebagian besar WikiLeaks berfokus mendapatkan informasi yang dicuri dari sumber anonim dan hacking. Film ini menyoroti sebagian besar proses peretasan dan bagaimana rasanya bekerja sama dengan hacker.

WikiLeaks selalu diliputi dengan kontroversi sepanjang ceritanya. Banyak yang setuju jika ceritanya merepresentasikan dunia yang kontras dengan dokumen rahasia di dunia digital. Kelemahan dari film ini mungkin adalah pengungkapan informasi pribadi tokoh utama yang membuatnya menuai beberapa kritikan.

7. CitizenFour (2014)


Film dokumenter yang mengungkap sisi gelap NASA (Sumber: EKRUT)

CitizenFour adalah film dokumenter yang menceritakan kisah terkenal Edward Snowden mengenai pengungkapan pertamanya mengenai program mata-mata NASA yang kontroversial. Film ini diangkat dari kisah nyata yang mengungkap sisi NASA yang tidak diketahui dunia. CitizenFour memberikan gambaran mendalam bagaimana Snowden yang awalnya hanya dikenal sebagai CitizenFour, menghubungi wartawan untuk mengungkapkan penemuan mengejutkan dari pengawasan massal oleh pemerintah Amerika.

Sebelum pengungkapan, Snowden bekerja sebagai analis infrastruktur untuk National Threat Operations Center. Ia melihat secara langsung jumlah pengumpulan data yang dilakukan oleh Pemerintah AS. Melalui pengungkapan ini, Snowden memutuskan untuk menjadi pelapor dan memperingatkan massa. Meskipun film ini tidak mengangkat mengenai hacking yang spesifik, tetapi CitizenFour mencakup salah satu subjek terpenting yang sangat relevan dengan dunia keamanan siber, yaitu pengawasan massal.

Selain itu, CitizenFour juga mendapatkan rating penerimaan hingga 96% yang luar biasa di Rotten Tomatoes. Indikator ini menjadikan CitizenFour sebagai pilihan film yang bagus, terutama bagi yang tertarik dengan peretasan, keamanan siber, atau kebebasan liberal.

8. Hackers (1995)


Film hacker klasik yang mengangkat ideologi seorang peretas muda (sumber: EKRUT)

Meskipun pada awal perilisannya tidak menjadi hit, tetapi film ini menjadi film klasik yang cukup layak ditonton saat ini. Hackers menceritakan mengenai sekelompok peretas di sekolah menengah yang melakukan navigasi terhadap konspirasi pemerasan oleh perusahaan.

Film ini memancing sentimen publik pada tahun 90-an terhadap komputer dan dunia hacking. Film hacker yang sudah klasik ini menggambarkan peretas dalam film sebagai kutu buku muda yang menjelajahi batas luar teknologi. Selain itu, film Hackers merujuk pada beberapa ideologi peretas dari beberapa periode, alasan serta motivasi yang melatarbelakanginya. Film ini menyajikan manifesto hacker seperti halnya yang dirilis pada akhir tahun 80-an.

9. Sneakers (1992)


Sekelompok hacker yang berperan sebagai pentester (sumber: EKRUT)

Setengah dari film Sneakers berfokus pada sekelompok hacker yang dikenal sebagai sneakers. Namun, sebagian orang lebih mengenal mereka sebagai pentester. Film ini menjadi salah satu film hacker terbaik sepanjang masa. Kisahnya menceritakan mengenai Martin yang memimpin tim spesialis yang melakukan layanan pengujian penetrasi untuk perusahaan.

Melalui bisnisnya, Martin menemui masalah setelah menemukan tools yang sangat berbahaya jika seseorang mendapatkannya. Film ini menyorot dia dan timnya sebagai antagonis yang mencoba mengeksploitasi melalui tipu daya atau bahkan paksaan fisik secara langsung. Film Sneakers menguak mengenai hacking tingkat tinggi yang memberikan gambaran betapa pentingnya keamanan siber. Film ini bertahan sebagai salah satu film hacker terbaik sepanjang masa.

10. Wargames (1983)


Film hacker tertua sekaligus terbaik sepanjang masa (sumber: EKRUT)

Film terakhir dan teratas dalam daftar film hacker terbaik adalah WarGames, yang juga merupakan film tertua dalam daftar. Film ini dirilis selama puncak Perang Dingin. WarGames menceritakan kisah seorang siswa sekolah menengah yang secara tidak sengaja membobol sistem peluncuran rudal Angkatan Udara Amerika Serikat.

Melalui penemuan ini, karakter utama didorong ke dalam dunia yang penuh masalah, mulai dari agen FBI yang menangkapnya hingga dicurigai sebagai agen ganda Rusia yang mencoba menyabotase Amerika Serikat. Film ini menawarkan perpaduan antara spesifik peretasan, terutama di awal film serta narasi yang menarik dan seimbang. Film hacker ini sangat layak untuk ditonton meskipun berusia hampir 40 tahun.

Baca juga: 8 Rekomendasi Drama Korea Terbaru 2022 yang Seru dan Wajib untuk Ditonton

Itulah daftar rekomendasi film hacker terbaik sepanjang masa yang bisa menjadi pilihanmu. Semoga daftar film di atas bisa menjadi pilihan kamu menonton film di hari libur, ya! Nah, jika kamu ingin mengembangkan karier di startup atau perusahaan ternama, yuk, sign up EKRUT sekarang! Jangan khawatir, karena semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT bisa kamu dapatkan secara gratis.

Sumber:

  • cobalt.io
  • cybersecurityventures.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Cara_Menghitung_IPK_dan_IP_dengan_Mudah_dan_Cepat_yang_Wajib_Diketahui_Mahasiswa.jpg

    Lainnya

    Cara Menghitung IPK dan IP dengan Mudah dan Cepat yang Wajib Diketahui Mahasiswa

    Sartika Nuralifah

    22 September 2022
    5 min read
    H1.JPG

    Lainnya

    Ingin Work From Bali? Berikut 5 Rekomendasi Tempat Tinggal Seminggu!

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    6 min read
    Contoh_BUMN.jpg

    Careers

    12 Contoh BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Berdasarkan Kluster Industri

    Mauditalani

    20 September 2022
    7 min read

    Video