Published on

Careers

14 Film tentang bisnis yang inspiratif dan membuatmu semangat

Nur Lella Junaedi

film-inspirasi-bisnis-EKRUT.jpg

Butuh semangat di akhir pekan? Menonton film bisa jadi salah satu solusinya, terutama untuk kamu yang sedang merintis bisnis. Pasalnya dengan menonton 5 rekomendasi film inspirasi bisnis di bawah ini, akan memberikan perspektif baru bagi kamu tentang kehidupan bisnis dan semangat menjadi wirausahawan. Yuk, ikuti ulasannya. 

1. The Founder (2016) 

film inspirasi bisnis EKRUT 
The Founder menceritakan tentang perjuangan mendirikan usaha waralaba McD - EKRUT

Film yang satu ini menjadi film inspirasi bisnis yang mengisahkan tentang kesuksesan waralaba McDonald’s yang terkenal di seluruh dunia. The Founder diperankan oleh Michael Keaton sebagai Ray Kroc dan dua tokoh utama lainnya yakni Nick Offerman sebagai Richard "Dick" McDonald, serta John Carroll Lynch sebagai Maurice "Mac" McDonald. 

Film ini berpusat pada kisah Ray Kroc, seorang salesman mixer keliling yang pada akhirnya berhasil mengubah McDonald's menjadi jaringan waralaba fast food paling sukses di dunia. Film The Founder cocok untuk ditonton bagi kamu yang berminat membuka usaha baru. Sebab, film ini mengajarkan tentang kegigihan, pentingnya melihat peluang, memiliki visi di masa depan dan mampu memecahkan masalah pelanggan.

Baca juga: Mengenal apa itu bisnis franchise dan ragamnya

2. The Social Network (2010) 

film inspirasi bisnis EKRUT 
Dalam The Social Network mengisahkan tentang perjalanan Mark Zuckerberg membangun perusahaan Facebook - EKRUT

Siapa yang tidak tahu media sosial Facebook. Perusahaan ini menjadi gurita bisnis teknologi yang menguasai Instagram dan juga WhatsApps. The Social Network mengisahkan tentang perjalanan Mark Zuckerberg saat merintis bisnis perusahaan media sosial Facebook. Cerita dimulai saat ia masih menjadi mahasiswa di Universitas Harvard hingga berhasil membuka perusahaan media sosial itu sendiri. 

Melalui film The Social Network ini, Sutradara David Fincher mampu menggambarkan beragam permasalahan bisnis di ranah teknologi, mulai dari pencurian data, pengambilan ide, hingga saham perusahaan. Walaupun begitu, film ini cukup memberikan gambaran tentang sejarah berdirinya Facebook hingga sukses sampai sekarang.

Beberapa pelajaran yang bisa kamu diambil dari film ini adalah tentang seberapa besar usaha, kerja keras, dan kegigihan yang dibutuhkan untuk dapat mengaktualisasikan ide hingga menjadi bisnis besar seperti perusahaan Facebook tersebut. 

3. The Pursuit of Happiness (2006)

film inspirasi bisnis EKRUT 
Will Smith memerankan Chris Gardner seorang pengusaha Amerika yang sukses di film The Pursuit of Happiness ini - EKRUT

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang pengusaha sukses di Amerika bernama Chris Gardner yang diperankan oleh Will Smith. Dikisahkan bahwa Chris pada awalnya adalah seorang salesman yang nekat membeli franchise alat scanner tulang untuk dijual kembali. Sayangnya produk yang ia yakini bagus itu tidak laku karena harganya terlalu mahal. 

Chris pun harus rela kehilangan uang, rumah, dan ditinggal pergi oleh sang istrinya. Chris dan anaknya Christopher terpaksa menjadi gelandangan yang tinggal di jalanan hingga toilet umum. Meski terpuruk, semangat Chris yang tidak pantang menyerah untuk memulai karier sebagai pialang saham. Dari sinilah perjuangan Chris untuk mencapai kesuksesan dimulai. Beberapa hal yang bisa kamu petik dari film ini adalah tentang pentingnya berusaha dengan tekun meski dalam keadaan sulit sekalipun. 

4. Up In The Air (2009)

film inspirasi bisnis EKRUT 
Up in The Air menceritakan tentang konsultan SDM yang bertugas memecat karyawan - EKRUT

Rekomendasi film inspirasi bisnis yang bisa kamu tonton lainnya datang dari film Up in The air,  diperankan oleh George Clooney sebagai tokoh utama Ryan Bingham. Film yang diproduksi pada tahun 2009 ini, menceritakan tentang kehidupan Ryan seorang konsultan di CTC (Career Transition Corporation) yang bepergian ke negara-negara bagian Amerika Serikat untuk memecat karyawan atas nama pengusaha. 

Ryan menghabiskan seluruh waktunya selama 250 hari untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat, hingga membuatnya memiliki akses concierge key American Airline karena telah mengantongi jam terbang lebih dari 200.000 mil per tahun. Lantaran kesibukannya itu, Ryan juga harus jauh dari keluarganya dan terkadang merasa kesepian. Walaupun begitu ia sangat mencintai pekerjaannya. 

Meski film ini menceritakan tentang pemecatan karyawan yang kontras dengan inspirasi bisnis, tetapi George Clooney sukses menampilkan sosok yang tepat waktu dan pekerja keras. Di setiap pekerjaanya ia selalu melakukan riset terlebih dahulu sebelum memecat karyawan. Ia juga mampu memberi motivasi serta semangat kepada  mereka yang telah ia pecat. Dalam beberapa kesempatan, ia menjadi karakter yang selalu berusaha tenang walau dalam keadaan tertekan. 

Baca juga: 5 Cara berpikir positif di tempat kerja yang penuh tekanan

5. JOY (2015) 

film inspirasi bisnis EKRUT 
Lewat film JOY mengisahkan tentang kesuksesan pengusaha wanita bernama Joy Mangano dari Amerika - EKRUT

Joy menjadi rekomendasi film inspirasi bisnis terakhir yang bisa kamu tonton di akhir pekan ini. Film yang mengisahkan tentang wirausahawan bernama Joy Mangano diperankan oleh Jennifer Lawrence. Ia merupakan penemu dari alat pel Miracle Mop dan Huggable Hangers untuk pakaian. Dalam filmnya itu, dirinya berjuang untuk mendirikan bisnis serta mematenkan lebih dari 100 penemuannya.

Usahanya Joy untuk mematenkan bisnisnya tentu tidak mudah. Banyak masalah yang harus dia hadapi. Meski begitu semua masalah itu berbuah manis, sebab Joy berhasil menjadi salah satu pengusaha hebat di Amerika. Dari film Joy ini para wanita juga bisa belajar tentang kegigihan memperjuangkan mimpi walaupun perjalanannya sulit. 

Baca juga: 6 Rekomendasi buku motivasi yang bikin semangat

6. Jerry Maguire (1996)

Jerry Maguire
Film tentang bisnis olahraga ini dibintangi oleh Tom Cruise (Sumber: primevideo.com)

Bagi kamu penggemar Tom Cruise, film tentang bisnis berjudul “Jerry Maguire” ini dapat menjadi salah satu yang bisa kamu tonton. Film yang cukup lawas ini bercerita tentang agen atlet olahraga bernama Jerry Maguire (Tom Cruise) yang pandai bernegosiasi dan menguasai bisnis olahraga secara profesional.

Dikisahkan bahwa Jerry lantas dipecat dari kantornya karena idealismenya yang ingin menangani jumlah atlet dengan terbatas namun lewat hubungan personal yang baik. Cara ini tidak disetujui oleh perusahaannya dan membuat Jerry kehilangan pekerjaan. Hingga kemudian ia mencoba mencari relasi dengan atlet-atlet yang pernah ia ditanganinya dan membangun bisnis agen atletnya dari nol. Film tentang bisnis yang satu ini cukup dramatis dan patut ditonton di akhir pekan.

7. Wall Street (1987)

Wall Street (1987)
Wall Street merupakan salah satu film tentang bisnis yang cukup klasik (Sumber: gonewiththetwins.com)

Film tentang bisnis yang cukup klasik selanjutnya adalah Wall Street yang rilis tahun 1987. Film tentang bisnis ini bercerita tentang seorang pialang saham muda bernama Bud Fox (Charlie Sheen) yang putus asa dan seorang yang bisa disebut sebagai “penjarah korporat” bernama Gordon Gecko (Michael Douglas). 

Film tentang bisnis berlatar tahun 1980-an ini menggambarkan bagaimana Bud amat rentang terhadap kemewahan dan kegembiraan serta seluruh gaya hidup barunya sebagai pialang saham. Wall Street merupakan film tentang bisnis yang bagus untuk melihat bagaimana dunia investasi dan kaitannya dengan perusahaan dan pasar modal. Film tentang bisnis ini juga menunjukkan bagaimana menggodanya keserakahan dalam praktik bisnis curang dan konsekuensinya. 

8. The Devil Wears Prada (2006)

The Devil Wears Prada (2006)
The Devil Wears Prada merupakan film tentang bisnis yang dibintangi Anne Hathaway (Sumber: thegeorgetownvoice.com)

Bagi penggemar Anne Hathaway tentunya film The Devil Wears Prada tak mungkin luput dari tontonan kalian. Film tentang bisnis yang satu ini bercerita tentang Andrea Sachs (Anne Hathaway) seorang asisten editor majalah fashion ternama, Miranda Priestly (Meryl Streep).

Andrea dalam kisah ini merupakan seorang jurnalis yang bercita-cita tinggi dan memiliki selera fashion unik. Di tengah tekanan yang tanpa ampun di majalah fashion, Andrea atau Andy tetap menjaga profesionalitasnya hingga menjadi asisten utama Miranda. Hal ini yang mengantarkannya pergi ke acara bergengsi dan mempelajari hal-hal baru di dunia fashion. Film tentang bisnis ini cocok ditonton oleh mereka yang sedang meniti karier dari bawah.

9. Erin Brockovich (2000)

Erin Brockovich (2000)
Julia Roberts menjadi pemeran utama dalam film tentang bisnis Erin Brockovich (Sumber: febriyanlukito.com)

Film tentang bisnis yang satu ini sudah berumur lebih dari 20 tahun dan masih relevan untuk ditonton hingga kini. Film yang dibintangi Julia Roberts ini bercerita tentang peneliti hukum bernama Erin Brockovich yang secara tidak terduga memenangi tuntutan perdata melawan petinggi perusahaan energi ternama di AS.

Erin yang seorang penganggur dengan tiga anak secara teliti menemukan masalah kesehatan penduduk akibat polusi pabrik gas dan elektrik dan membuatnya berani mengambil tindakan hukum. Film ini mungkin bukan film tentang bisnis yang secara riil menampilkan bagaimana seseorang membangun bisnis, namun perjuangan Erin dalam film ini membuatnya menjadi inspirasi wirausahawan. Film tentang bisnis ini juga memberi pelajaran tentang etika sosial perusahaan untuk tetap melihat dan mengelola lingkungan di sekitarnya.

10. The Intern (2015)

The Intern
The Intern merupakan film tentang bisnis perusahaan rintisan berbalut drama komedi (Sumber: ristriawan.wordpress.com)

Film tentang bisnis yang satu ini lagi-lagi dibintangi oleh Anne Hathaway, ditambah dengan akting aktor legendaris Robert De Niro. Film The Intern merupakan drama dengan unsur komedi yang bercerita tentang pensiunan bernama Ben Whittaker (Robert De Niro) yang bekerja magang di sebuah perusahaan rintisan milik Jules Ostin (Anne Hathaway).

Meski telah berusia 70 tahun, Ben memiliki kejelian dan kebijaksanaan dalam bekerja yang membuatnya dekat dengan Jules. Dibumbui kisah komedi dan romansa antara Ben dan tukang pijat di kantor tersebut, serta bagaimana hubungan Jules yang super sibuk dengan keluarganya yang ternyata retak membuat film ini cukup tepat dinikmati di akhir pekan.

Baca juga: 7 Cara memotivasi diri sendiri ini bantu kamu kembali semangat

11. Moneyball (2011)

Moneyball
Moneyball merupakan film tentang bisnis yang berlatar belakang olahraga (Sumber: the scoutedhub.com)

Film tentang bisnis yang selanjutnya adalah Moneyball. Film rilisan tahun 2011 ini dibintangi oleh Brad Pitt yang berperan sebagai Billy Beane, seorang manajer klub bisbol Oakland Athletics. Kekalahan klubnya dan perginya beberapa pemain di musim 2001 membuat Billy merana, ditambah adanya batasan gaji yang diberikan klub padanya.

Billy kemudian bertemu dengan Peter Brand, seorang lulusan ekonomi dari Yale University yang memberikan dia ide tentang perkiraan nilai seorang pemain bisbol. Hal ini yang membuat Billy kelak menemukan partner dalam mengelola klub dan menjadikan Peter sebagai asisten manajer. Mereka berdua menemukan beberapa metode yang berbasis pada persentase penampilan untuk mendongkrak kinerja tim.

Film ini menunjukkan bagaimana adaptasi dan cara mengelola sebuah tim dengan memperhitungkan keuangan dengan baik. Meski berlatar olahraga, namun Moneyball layak menjadi film tentang bisnis yang relevan untuk ditonton.

12. Steve Jobs (2015)

Steve Jobs
Film tentang bisnis “Steve Jobs” bercerita tentang pendiri Apple Inc. (Sumber: antaranews.com)

Siapa yang tak kenal Steve Jobs, pendiri Apple Inc. yang identik dengan pakaian khasnya itu? Film biopik tentang Steve Jobs ini dirilis tahun 2015 dan menceritakan bagaimana Steve merangkak dari bawah untuk menapaki jalan kariernya hingga mendirikan Apple Inc.

Dibintangi oleh Michael Fassbender, film tentang bisnis ini mencakup kehidupan Steve saat ia harus dikeluarkan dari kampus karena masalah biaya. Meski begitu, Steve tetap bisa ikut mata kuliah yang ia sukai atas izin dekannya di kampus. Steve juga mengalami masa rentan di mana ia terjerumus pada narkoba dan berkelana ke sana ke mari. Steve pernah bekerja di beberapa perusahaan pembuat game dan mulai mengembangkan komputernya sendiri sebelum lantas menjadi cikal bakal Apple Inc. Film tentang bisnis ini cukup tepat ditonton di akhir pekan sebagai motivasimu untuk berkembang.

13. The Big Short (2015)

The Big Short
Film tentang bisnis ini bercerita tentang krisis kredit macet di AS tahun 2000-an (Sumber: eskpresionline.com)

Film tentang bisnis yang satu ini dibintangi oleh deretan aktor ternama seperti Brad Pitt, Ryan Gosling, Christian Bale, Steve Carrell, dan masih banyak lagi. The Big Short menceritakan tentang krisis ekonomi di AS pada tahun 2000-an yang menyebabkan economic bubble atau gelembung kredit macet dan lantas berdampak pada krisis keuangan global pada tahun 2007 hingga 2010.

Empat sekawan pemeran utama film ini diceritakan terpisah dan memiliki beberapa terobosan untuk menganalisis pasar dengan tujuan dapat mengambil alih beberapa investasi bank-bank besar di pasar saham. Film ini membuat kita mempelajari istilah-istilah dalam investasi seperti CDO (collateralized debt obligations), default swap, dan beberapa istilah lain. Film tentang bisnis ini cocok bagi kamu yang sedang mempelajari ekonomi sekaligus penikmat film dengan deretan pemeran ternama.

14. Chef (2014)

Chef
Berbalut drama komedi, film tentang bisnis berjudul “Chef” ini layak ditonton (Sumber: kompasiana.com)

Film tentang bisnis yang bisa dikatakan terbaik dan ringan adalah Chef. Film drama komedi keluarga ini menceritakan tentang seorang koki yang memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan memulai bisnisnya sendiri menggunakan truk dan berkeliling negara. 

Film yang dibintangi Jon Favreau ini diawali dengan sajian-sajian kuliner yang menggugah selera. Ditambah dengan drama bapak-anak yang lucu dan menarik. Kejenuhan menjadi koki di restoran membuat Carl Casper (Jon Favreau) ingin bebas mengekspresikan dirinya lewat menu makanan yang disajikannya. Hal ini ditambah dengan kenyataan bahwa kehidupan keluarganya sedang renggang. Untuk mengakali keduanya maka Carl membuat terobosan untuk mengajak anaknya berkeliling negara dengan berjualan makanan lewat sebuah truk makanan.

Baca juga: Jenis-jenis motivasi ini mendorong kamu untuk produktif

Itulah tadi beberapa film tentang bisnis yang bisa kamu tonton di akhir pekan ini. Kamu bisa mengambil berbagai motivasi dari film-film tersebut untuk mengembangkan minatmu dalam bisnis.

Bagi kamu yang ingin memulai karier dan hendak melamar pekerjaan, ada baiknya jika kamu mendaftarkan dirimu lewat EKRUT. EKRUT adalah talent marketplace yang akan mempertemukanmu dengan berbagai perusahaan yang sedang mencari kandidat baru yang siapa tahu sesuai dengan keahlianmu. Tunggu apa lagi, klik tautan di bawah ini untuk mulai mendaftar lewat EKRUT.

film inspirasi bisnis EKRUT
Last update: 24 October 2021

Sumber: 

  • https://www.fundera.com/blog/best-entrepreneur-movies
    https://www.99signals.com/movies-entrepreneur-watch-inspiration/
  • hubspot.com
  • probytes.net

Tags

Share