Published on

Careers

12 Cara berpikir positif di tempat kerja yang penting untuk diterapkan

Tsalis Annisa

cara-berpikir-positif-EKRUT.jpg

Mungkin sebagian besar kita pada awalnya benar-benar mencintai pekerjaan kita. Namun, seiring berjalannya waktu, perasaan tersebut memudar dan menyisakan perasaan tertekan akibat tempat kerja yang penuh tekanan. Satu-satunya cara untuk mempertahankan pekerjaan yang kita cintai itu adalah dengan cara berpikir positif.

Meski awalnya kamu sangat mencintai pekerjaanmu, perasaan tertekan bisa mengubahnya menjadi rasa benci yang mengarah pada sikap enggan bekerja dan merasa terpaksa pergi ke kantor. Padahal, hal ini merupakan sikap yang tidak sehat dan harus dihindari.

Kamu dapat mencoba cara berpikir positif di tempat kerja yang penuh tekanan seperti di bawah ini untuk menghindari perilaku tidak sehat tadi. Kamu juga bisa menggunakan cara berpikir positif sebagai cara untuk mempertahankan pekerjaanmu. Jadi, mari simak cara selengkapnya di sini, yuk!

Manfaat selalu berfikir positif

Manfaat selalu berfikir positif
Banyak manfaat yang didapat dengan cara berpikir positif. (Sumber: Pexels)

Berpikir positif memiliki beberapa manfaat besar untuk karier kamu. Hal ini memengaruhi cara kamu berpikir tentang pekerjaan dan cara rekan kerja melihatmu. Beberapa manfaat dari mempertahankan pola pikir positif di tempat kerja antara lain:

1. Mengurangi tingkat stres

Ketika kamu melihat permasalahan baru sebagai tantangan, maka kamu akan merasa jauh lebih bahagia dan lebih mampu mengelola hambatan profesional. Merasa bahagia dan menjaga tingkat stres kamu tetap rendah di tempat kerja akan membantu perkembangan kariermu.

2. Meningkatkan produktivitas

Berpikir positif merangsang otak untuk memastikannya berfungsi dengan baik, meningkatkan tingkat energimu, serta membuat kamu lebih waspada dan lebih siap untuk melakukan pekerjaanmu. Karena mengurangi stres, berpikir positif juga akan membantumu berpikir lebih jernih untuk meningkatkan fokus.

3. Meningkatkan pemecahan masalah

Orang-orang positif lebih siap untuk mempertimbangkan berbagai kemungkinan, yang merupakan sifat yang baik untuk pemecahan masalah. Kemampuan ini berguna untuk semua karyawan, apapun pekerjaan dan tingkatannya dalam sebuah perusahaan.

4. Membantu pengambilan keputusan

Tanpa stres yang memengaruhi penilaian, cara berpikir positif dapat membantu kamu membuat keputusan yang lebih jelas dan lebih baik. Kamu akan merasa lebih percaya diri dalam membuat keputusan yang tepat.

5. Membantu mengelola feedback dan konflik

Cara berpikir positif melihat feedback dan konflik sebagai peluang untuk pertumbuhan dan peningkatan. Feedback membantu kamu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahanmu sehingga dapat menjadi karyawan yang lebih baik. Memahami bahwa tidak semua orang akan setuju dengan kamu akan membantumu untuk mendengarkan dan belajar dari orang tersebut.

12 Cara agar dapat selalu berpikir positif

cara berpikir positif EKRUT 
Dengan kecerdasan emosional kamu bisa mengembangkan pemikiran positif - EKRUT

Mengubah sikap dan cara berpikir positif adalah kebiasaan profesional yang berharga. Karena setiap orang berbeda, teknik yang membantu beberapa orang berpikir positif tidak akan efektif bagi orang lain. Namun, teknik berikut telah terbukti membantu banyak orang meningkatkan pola pikir dan berpikir lebih positif. Yuk, simak 12 cara agar dapat selalu berpikir positif berikut.

1. Kembangkan kecerdasan emosional milikmu 

Kecerdasan emosional merupakan sebuah hal yang dapat kamu kembangkan sendiri dan bukan merupakan hal yang sudah pasti. Kamu selalu dapat berusaha untuk memperbaikinya. Cara mudah untuk memulainya adalah dengan mengetahui jenis-jenis emosi apa saja yang biasanya memotivasi dan mengarahkanmu. Perlu disadari bahwa manusia bukanlah makhluk yang mengandalkan rasionalitas 100 persen, kita juga terbiasa untuk mengandalkan kemampuan emosional dalam melengkapi dan menyeimbanginya.

Orang-orang sukses rata-rata tahu cara mengendalikan emosi mereka. Mereka dapat dengan baik mengatur emosinya untuk selalu terkendali dan bukannya menjadi hal yang mengendalikan mereka. Dengan belajar mengendalikan emosi, kamu jadi akan lebih mudah berpikir jernih dan tidak akan mudah tertekan dengan kondisi tempat bekerja meski seburuk apapun.

2. Jangan pernah berhenti mempelajari skill baru

cara berpikir positif EKRUT 
Mengembangkan skill dan ilmu dapat menanamkan energi positif yang tepat - EKRUT

Jika kamu membenci pekerjaanmu yang sekarang, mengapa tidak mencoba belajar hal lain yang bisa berguna untuk kariermu di masa depan? Mengembangkan skill dan ilmu baru dapat menanamkan energimu pada lahan yang tepat dan tidak membuang-buangnya dengan percuma. Rasa bosan dan ketidakpuasan juga dapat tertangani dengan baik apabila kamu terus belajar hal baru. Mempelajari dan mendalami hal baru akan membantumu tetap update dan menjagamu tetap tajam. Jadi, jangan pernah berhenti mempelajari hal baru, ya!

Baca juga: Hey wanita karier, berikut 5 soft skills yang akan membuatmu bersinar di tempat kerja

3. Selalu buat goals yang perlu dicapai secara terus-menerus

cara berpikir positif EKRUT 
Orang yang selalu belajar berpikir positif selalu membuat pencapaian- pencapaian dalam hidupnya - EKRUT

Orang yang selalu belajar untuk berpikir positif dalam segala tekanan akan terus merasa perlu mencapai sesuatu setiap harinya. Mereka menggunakan goals untuk menandai setiap progres, menjaga motivasi, dan menjaga target. Perencanaan goals adalah sebuah cara untuk menjalani hidup. Ketika kamu berhasil mencapai salah satunya, janganlah mudah puas dan segeralah buat target goals baru untuk dicapai. Hal ini akan memberikanmu motivasi lebih tiap harinya dan membuat hari-harimu lebih berwarna. 

4. Memberikan hadiah pada diri sendiri 

cara berpikir positif EKRUT
 
Mereward diri sendiri bisa menumbuhkan juga cara berpikir positif - EKRUT

Cara berpikir positif lainnya yang bisa kamu praktekkan adalah dengan me-reward diri sendiri atau memberikan hadiah kepada diri sendiri bila sudah bisa mencapai goals yang diinginkan.  Bentuknya bisa bermacam-macam seperti melakukan treatment di salon selama seharian penuh atau mungkin dengan melakukan travelling ke suatu kota. Dengan mempraktekkan ini secara rutin di setiap pencapaian yang berhasil kamu raih, ini bisa mendatangkan pola pemikiran positif dan membuat kamu lebih mencintai diri sendiri. 

Baca juga: Tenang, ini 7 cara menghilangkan pikiran negatif di tempat kerja

5. Hidup dengan seimbang

cara berpikir positif 
Kamu bisa menciptakan kehidupan yang seimbang dengan menghabiskan waktu bersama keluarga - EKRUT

Kehidupanmu sepenuhnya tidak hanya diisi dengan pekerjaan semata. Tetapi kamu juga harus bisa menyempatkan waktu untuk keluarga dan orang-orang yang kamu cintai. Bila kamu bisa menjaga hubungan ini berjalan dengan baik dan teratur, maka kamu bisa menciptakan pola pikir positif. Oleh karena itu, inilah pentingnya hidup seimbang antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. 

6. Selalu ingat untuk bersyukur

cara berpikir positif EKRUT 
Cara terakhir yang bisa kamu lakukan dalam berpikir positif yakni dengan bersyukur - EKRUT

Meski kamu membenci pekerjaanmu saat ini, kamu tetap harus merasa bersyukur memiliki pekerjaan. Rasa bersyukur terhadap hal-hal yang kamu miliki dalam hidupmu akan membantumu mengurangi emosi negatif dan meningkatkan kesehatan mental atau psikologismu. Kamu juga perlu ingat, tidak semua orang bisa seberuntung kamu memiliki pekerjaan. Masih banyak orang yang menganggur dan berharap bisa memiliki posisimu sekarang. 

7. Selalu ingat hal-hal baik

Selalu ingat hal-hal baik
Cara berpikir positif dengan mengingat hal-hal baik. (Sumber: Pexels)

Cara berpikir positif yang selanjutnya adalah dengan cara selalu mengingat hal-hal baik, misalnya hal baik yang pernah kita lakukan ke orang lain dan juga hal baik yang pernah dilakukan oleh orang lain kepada kita. Dengan mengingat hal baik tersebut bisa membuat diri menjadi lebih bersyukur. Menurut penelitian, adanya perubahan kecil dalam cara berpikir bisa memengaruhi kemampuan seseorang dalam mengatur perilaku dan perasaan saat berada di bawah tekanan. 

8. Membiasakan untuk selalu tersenyum

Membiasakan untuk selalu tersenyum
Cara berpikir positif dengan membiasakan diri untuk tersenyum. (Sumber: Pexels)

Cara berpikir positif berikutnya yaitu mencoba untuk membiasakan diri selalu tersenyum. Tersenyum terbukti dapat memberi efek positif untuk menetralisir segala ketegangan ketika berada dalam tekanan. Selain itu, tersenyum juga bisa membuat diri menjadi lebih tenang jika disertai dengan tarikan napas yang dalam, sehingga bisa menurunkan stres, kecemasan, depresi, hingga membuat suasana hati menjadi lebih baik.

9. Meditasi

Meditasi
Cara berpikir positif dengan melakukan meditasi. (Sumber: Pexels)

Meditasi menjadi pilihan beberapa orang sebagai cara berpikir positif. Manfaat meditasi sendiri begitu besar bahkan dapat membuat pikiran kita jauh lebih positif dan mencegah berbagai macam penyakit, baik jasmani maupun rohani. Meditasi memungkinkanmu untuk masuk ke "flow state" yang membantu kamu mengatasi tantangan dan beradaptasi dengan perubahan dengan lebih mudah. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi tidak hanya membantu mengurangi stres, tetapi juga dapat meningkatkan kreativitas, kebahagiaan, fokus, cara berpikir positif. 

10. Berbicara hal positif pada diri sendiri

Berbicara hal positif pada diri sendiri
Cara berpikir positif dengan berbicara positif pada diri sendiri. (Sumber: Pexels)

Sama seperti poin sebelumnya, bahwa kebiasaan baik akan membuahkan hasil yang baik. Memberikan perubahan kecil dalam cara berbicara pada diri sendiri dapat memengaruhi kemampuan untuk mengatur perasaan, pikiran, dan perilaku ketika berada di bawah tekanan. 

Hindari menyalahkan diri sendiri, seperti “Ini semua salah saya.” Akan tetapi, gantilah dengan kalimat “Saya bisa lebih baik dari ini dan akan mencoba memperbaikinya.” Berbicara hal positif pada diri sendiri akan memberikan sugesti positif yang disadari atau tidak, bisa memberikan perubahan positif untuk diri sendiri di masa mendatang.

11. Mengembangkan optimisme

Mengembangkan optimisme
Cara berpikir positif dengan bersikap optimis. (Sumber: Pexels)

Berpikir dan berperilaku optimis merupakan salah satu cara berpikir positif yang cukup efektif. Dengan berpikir dan berperilaku optimis maka secara otomatis akan membuat pikiran diisi oleh hal-hal baik yang menumbuhkan keyakinan diri untuk menuju kesuksesan pada rencana-rencana yang telah dibuat. Optimisme juga membuat seseorang menyadari dan siap atas segala kemungkinan risiko sehingga membuatnya menjadi lebih tenang dan terhindar dari stres. 

12. Mulailah berolahraga

Mulailah berolahraga
Cara berpikir positif dengan mulai berolahraga. (Sumber: Pexels)

Berolahraga adalah kebiasaan baik yang bisa kamu jadwalkan di tengah rutinitas yang padat. Dengan berolahraga bisa meningkatkan aliran darah, selain itu tubuh dan pikiran akan jauh lebih baik dan mudah untuk berpikir positif. Saat melakukan olahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin untuk mengurangi rasa sakit dan memberikan energi positif. Kamu bisa mulai melakukan olahraga seperti lari pagi, yoga, atau bersepeda. 

Baca juga: Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Ketika merasa tertekan bekerja di tempat bekerja yang penuh tekanan, beberapa cara berpikir positif di atas dapat membantumu mengatasinya. Setidaknya, jika kamu belum bisa meninggalkan atau resign dari pekerjaanmu sekarang, kamu bisa bertahan bekerja setiap harinya dengan beberapa cara di atas. Semoga bermanfaat dan membuat rasa tertekanmu terhadap pekerjaan menjadi berkurang, ya!

Tapi, jika kamu berkeinginan untuk pindah kerja ke kantor baru, kamu bisa mendaftarkan diri melalui EKRUT. Di EKRUT terdapat berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu. Dapatkan juga berbagai tips & insight menarik untuk pengembangan karier kamu melalui YouTube EKRUTtv.

cara berpikir positif EKRUT 
Last update: 11 October 2021

Sumber:

  • glassdoor.com
  • fastcompany.com
  • forbes.com
  • bamboohr
 

Tags

Share