Published on

jobs

Mengenal tugas Sales Executive dan skill yang dibutuhkan

Nur Lella Junaedi

sales-executive---EKRUT.jpg

Sales Executive adalah tim penjualan yang membantu perusahaan atau organisasi dalam menjual produk atau layanan perusahaan kepada calon pelanggan atau target pasar. 

Keberadaan mereka menjadi ujung tombak perusahaan karena dapat menghasilkan pemasukan. Tak perlu ragu untuk mencari lowongan pekerjaan Sales Executive ini, sebab hampir semua perusahaan membutuhkannya.

Namun, sebelum kamu menjadi bagian dari tim Sales Executive coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.  

Tugas Sales Executive 

sales executive - EKRUT 
Peran Sales Executive berhubungan dengan segala hal yang berhubungan dengan pelanggan - EKRUT

Peran Sales Executive adalah mencakup segala sesuatu yang berhubungan dengan pelanggan hingga melakukan riset pasar dan bernegosiasi. 

Umumnya Sales berhubungan langsung dengan produk yang akan langsung dijual ke konsumen. Lebih dari itu mereka juga melakukan tugas lain seperti: 

  • Memberi informasi tentang produk dan layanan
  • Memenuhi target penjualan bulanan dan tahunan
  • Menghasilkan prospek penjualan melalui telepon, email atau bertatap muka langsung
  • Memelihara basis data Consumer Relationship Management (CRM)
  • Melakukan pertemuan tatap muka atau presentasi online untuk proses penjualan
  • Menjaga hubungan yang baik dengan klien saat ini dan yang baru
  • Mempersiapkan dokumen invoice, kontrak hingga proposal
  • Menghadiri pameran dagang 
  • Meninjau kinerja penjualan

Baca juga: Ternyata ini perbedaan sales dan marketing yang perlu kamu tahu

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi Sales Executive 

sales executive - EKRUT 
Salah satu skill yang dibutuhkan oleh Sales Executive yakni kepemimpin - EKRUT

Untuk menjadi Sales yang hebat diperlukan kinerja yang kuat, sebab menurunnya kinerja Sales Executive dapat berpengaruh pada penjualan produk atau layanan, proses produksi hingga omset perusahaan.

Agar hal itu tidak terjadi, perhatikan beberapa skill penting yang dibutuhkan oleh Sales Executive:

Interpersonal skill 

Interpersonal skill berupa kemampuan komunikasi dengan orang lain baik secara individu maupun kelompok. 

Hal yang ditekankan dalam interpersonal skill yaitu kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik bagi calon pelanggan, agar dapat memahami kebutuhan mereka melalui produk / layanan yang disediakan serta membangun komunikasi yang efektif. 

Di samping keduanya, kamu juga harus pintar mengolah emosi saat berkomunikasi dengan mereka.

Pengetahuan produk

Penting bagi seorang Sales Executive untuk dapat mengetahui secara mendalam tentang produk atau layanan yang dijual oleh perusahaan. 

Ini dilakukan supaya kamu dapat menyarankan solusi terbaik bagi calon pelanggan melalui produk atau layanan yang ada. 

Bisa dibayangkan bila pelanggan bertanya tentang fungsi produk, tetapi saat itu kamu tidak bisa menjelaskan secara rinci, maka yang terjadi adalah proses pemasaran yang gagal. 

Kepemimpinan

Skill Sales Executive lain yang tak kalah penting yakni kemampuan memimpin. Ini diperlukan manakala kamu harus memimpin beberapa tim penjualan yang ada di bawah koordinasi kamu. 

Tanpa skill kepemimpinan yang baik akan sulit kamu mengemban misi ini. Apalagi sebagaimana kita tahu tim penjualan berjibaku dengan target setiap bulannya. 

Oleh sebab itu diperlukan sosok pemimpin yang bekerja keras, kemampuan interpersonal skill yang baik dan tentunya mampu memotivasi bawahan. 

Kemampuan berhitung 

Lantaran pekerjaan Sales Executive berkaitan erat dengan penjualan dan target, tak heran rasanya bila kemampuan berhitung dan berpikir yang cepat sangat dibutuhkan. 

Ini supaya tidak ada kesalahan hitung dalam jumlah produk atau layanan yang dibeli oleh pelanggan disamping laba yang didapatkan. Apalagi dalam jumlah yang banyak jadi, pastikan matematika kamu bagus ya

Selain empat skill Sales Executive di atas, masih ada juga skill lainnya yang harus terus diasah oleh tenaga penjualan seperti kepercayaan diri, keyakinan, presentasi, dapat menerima penolakan, sabar, dan tekun.

Baca juga: 8 Skills ini kamu butuhkan untuk jadi Sales yang sukses!

Jenis-jenis profesi Sales Executive 

sales executive - EKRUT 
Telemarketing juga termasuk salah jenis dari pekerjaan seperti Sales Executive - EKRUT

Dalam beberapa perusahaan penggunaan jabatan Sales Executive ini kerap digantikan oleh nama dari jabatan lain tetapi maksud dan tujuannya tetaplah sama yakni melakukan proses penjualan kepada klien. 

Sales Executive sendiri umumnya banyak dipakai dalam istilah industri retail, manufaktur, organisasi charity dan sebagainya.

Selain itu hal lain yang perlu kamu garis bawahi yakni terkait fokus kliennya. Beberapa Sales Executive menjual langsung ke konsumen yang dikenal dengan pola business to consumer (B2C), sementara ada pula yang menjual langsung ke perusahaan atau business to business (B2B). 

Berikut beberapa istilah yang biasanya digunakan untuk menggantikan posisi Sales Executive

  • Agen properti, fungsi dari agen properti. sama seperti Sales Executive. Hanya saja mereka bergerak dalam bidang properti. Merekalah yang membantu penjual properti bertemu dengan pembeli. 

Di sinilah kemampuan persuasif dan pemasaran dan negosiasi dari agen properti sangat dibutuhkan agar calon pembeli properti tertarik untuk melakukan transaksi. 

  • Telemarketing adalah orang yang melakukan penjualan secara jarak jauh kepada calon kliennya. Biasanya aktivitas ini dilakukan melalui sambungan telepon, email, fax hingga surat langsung. 

Skill yang dibutuhkan oleh telemarketing hampir sama seperti Sales Executive yakni kemampuan komunikasi yang bagus, pengetahuan seputar produk, hingga kemampuan menghadapi penolakan dari klien.

  • Sales Representative adalah posisi entry level sales yang banyak dicari perusahaan serta tidak perlu memiliki pengalaman sebelumnya. 

Tugas mereka adalah mencari calon pelanggan dan memindahkan prospek calon ke saluran penjualan.

  • Account Executive merupakan seorang tenaga penjualan juga seperti Sales Executive

Biasanya dalam perusahaan SaaS mereka bekerja dengan Sales Representative dimana Sales Representative bertugas mencari calon pelanggan dan mengatur pertemuan penjualan pertama. 

Sedangkan Account Executive yang akan bertugas menemui calon klien tersebut, melakukan presentasi terkait produk atau layanan dan menutup kesepakatan penjualan.

Setelah membaca ulasan di atas, kini kamu tahu bahwa cakupan pekerjaan Sales Executive itu luas dan sangat penting dibutuhkan oleh perusahaan. 

Baca juga: 5 Tips wawancara kerja sales ini bantu kamu sukses diterima!

Bahkan bisa dibilang posisi ini juga cepat mengalami kenaikan jabatan. Apalagi bagi Sales Executive yang selalu dapat meraih target yang diinginkan. 

Masih berminat menjadi Sales Executive? Selamat mencoba. 

sales executive - EKRUT

Sumber: 

  • Skillyouneed.com
  • Reed.co.uk
  • Seek.com.au
  • Subjectquery.com

Tags

Share