Published on

Technology

Firefox Monitor bantu user hindari hacker

Widyanto Gunadi

security-3497068__340.jpg

Semua pengguna Internet pasti familiar dengan Firefox. Selain Google Chrome, mesin pencari yang satu ini memang cukup, hingga detik ini. Nah, kali ini Firefox menghadirkan satu fitur baru yang bernama Firefox Monitor. Bagaimana cara kerja fitur ini dan apa kelebihannya? Berikut ini ulasannya untuk Anda! 

 

Fitur penangkal hacker 

Developer aplikasi pengaturan password, Dashlane, menyebut setiap pengguna Internet memiliki rata-rata 150 jenis akun aktif. Mengingat para hacker semakin aktif meretas situs online untuk mencuri data pengguna, Firefox pun meluncurkan fitur Firefox Monitor. Melalui fitur ini, Firefox secara otomatis melakukan pemindaian sebelum Anda mengakses sebuah situ. Jika hasil pemindaian menemukan adanya ancaman peretasan, Anda akan segera mengetahuinya.

 

Cara kerja Firefox Monitor 

Firefox Monitor ini akan hadir dalam bentuk browser add-on sederhana. Semua pengguna Mozilla dapat memeriksakan email mereka, lewat database HIBP secara langsung, melalui browser. Untuk saat ini, pengguna sudah dapat mengunduh versi Firefox Quantum supaya mendapat akses ke Firefox Monitor, pada waktu peluncurannya nanti. 

 

Kolaborasi dengan HIBP 

Firefox Monitor merupakan hasil kolaborasi Firefox dengan HaveIBeenPwned.com (HIBP), sebuah database untuk situs yang telah diretas. Dengan mengakses situs HIBP, Anda dapat dengan mudah memasukkan alamat sebuah akun. Selanjutnya, Anda akan otomatis mendapat informasi, bila akun tersebut adalah hasil retasan hacker. Pengguna mungkin tak akan menemukan perbedaan mencolok di Firefox mereka. Namun, Anda dapat melihat sebuah halaman khusus di komputer. Pada halaman ini, Anda akan diminta memasukkan alamat email untuk pengecekan HIBP. 

Rencananya pihak Firefox juga akan mengkombinasikan layanan HIBP dengan Firefox Lockbox. Firefox Lockbox adalah sebuah aplikasi pengatur password, mirip Dashlane, yang sedang dalam tahap pengembangan. Aplikasi ini dibuat untuk menyimpan username, dan password pada situs yang Anda kunjungi secara otomatis. Jika semua berjalan sesuai rencana, Firefox Monitor versi baru akan secara teratur memeriksa semua login pada database HIBP.  

 

Undang pengguna untuk tes 

Mozilla berencana mengundang 250 ribu pengguna Internet. Mereka diajak melakukan tes fitur Firefox Monitor. Selanjutnya, Mozilla juga akan untuk memberikan informasi tentang peretasan data baru, secara rutin, bagi pengguna Internet.  

 

Rekomendasi bacaan:
Cara punya rumah dengan gaji di bawah Rp 10 juta
Sudah sebulan lulus tapi belum dapat kerja juga?
Kuasai hal ini untuk jadi product manager

 

Sumber:
fastcompany.com
cnet.com
latesthackingnews.com

Tags

Share