Published on

Careers

7 Cara menjadi hacker profesional dan rekomendasi websitenya

Widyanto Gunadi

cara-menjadi-hacker-EKRUT.jpg

Kamu tertarik menjadi hacker? Tidak ada salahnya. Mungkin masyarakat awam masih memiliki pandangan yang kurang baik terhadap profesi peretas. Namun nyatanya, hanya segelintir hacker yang melakukan tindak kejahatan.

Seorang hacker profesional biasanya bekerja demi kepentingan masyarakat luas. Misalnya Anonymous, sekelompok hacker professional yang memperjuangkan kebebasan. Nah, sebelum menjadi hacker, kamu harus mempelajari dahulu website coding di bawah ini.

Mengenal profesi hacker

Mengenal profesi hacker
Tidak mengekspos informasi di dunia maya menjadi syarat bagi hacker (Sumber: Paxels)

Peretas atau hacker merupakan salah satu profesi yang muncul sebagai dampak dari kemajuan teknologi. Para peretas ini merupakan orang-orang yang menciptakan jejaring internet, peretas ini pula yang meluncurkan world wide web sehingga saat ini kamu bisa mengakses berbagai website seperti sekarang ini. Apabila ditelusuri secara sejarahnya, hacker memiliki dua definisi yang sangat berbeda. Definisi pertama adalah ahli pemrograman yang hadir bahkan sebelum internet dikenal masyarakat luas. 

Pengertian hacker kedua lebih dikenal oleh masyarakat luas, profesi ini hadir setelah internet dan website diluncurkan, merekalah yang pada akhirnya membobol sistem keamanan suatu website untuk kepentingan tertentu, para hacker yang asli mengklasifikasi kalangan ini sebagai cracker yang dapat diterjemahkan sebagai perusak.

7 Cara menjadi hacker profesional

7 Cara menjadi hacker profesional
Seorang hacker memahami segala seluk-beluk suatu produk digital sampai sistem keamanannya (Sumber: Pexels)

Setelah mengetahui perbedaan hacker dan cracker, tentu kamu tidak mau menjadi cracker atau perusak sistem keamanan. Selain melanggar hukum yang berlaku di negara, menjadi cracker tidak membuatmu benar-benar mengerti bagaimana suatu sistem berjalan secara utuh. Hacker memahami segala seluk-beluk suatu produk digital sampai sistem keamanannya, sedangkan cracker hanya mempelajari sistem keamanan agar mereka bisa mendapatkan manfaat untuk kepentingan individu. Berikut cara menjadi hacker yang profesional.

1. Kuasai LINUX/UNIX

Banyak orang yang menggunakan internet namun belum paham bagaimana internet bisa sampai di ponsel atau komputer masing-masing, dengan memahami sistem operasi ini, kamu bisa selangkah lebih dekat untuk menjadi peretas yang profesional. Sistem yang sekarang digunakan menggunakan dasar UNIX yang merupakan singkatan dari Uniplexed Information and Computing System serta LINUX pemendekan dari Linus Torvald’s UNIX yang diturunkan dari nama penemunya. 

2. Pelajari beberapa bahasa pemrograman

Setelah memahami cara menjadi hacker dengan memahami bagaimana sistem operasi berjalan, sekarang saatnya kamu mengerti bagaimana komputer memahami apa yang kamu hendaki. Komputer punya bahasa sendiri yang sedikit-banyak berbeda dengan bahasa Inggris. Pemahaman basic bahasa Inggris yang baik akan diperlukan sebagai sarana penunjang. Python, Javascript, C atau C++. Semuanya punya penggunaan yang bermacam-macam. Semakin banyak yang kamu kuasai akan semakin kompeten juga kemampuanmu sebagai peretas.

Baca juga: 6 aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik

3. Tidak mengekspos informasi di dunia maya

Di era jejaring media sosial dimana orang-orang saling berlomba untuk menunjukan eksistensi. Menjadi seorang peretas akan lebih aman apabila kamu tidak mengekspos informasi-informasi pribadi di jagat maya. Hindari penggunaan nama pribadi maupun keluarga, akronim namamu, penggunaan nomor yang merupakan kombinasi tanggal kelahiran serta informasi-informasi lain yang akan memudahkan sesama peretas untuk mengetahui identitas aslimu. 

4. Jelajahi hidden web

Dark Web merupakan bagian tidak terpisahkan dari internet yang tidak akan kamu temukan di situs pencarian konvensional seperti Google, Bing, atau Yahoo! Bahkan kamu harus menggunakan aplikasi browser yang cukup jarang digunakan banyak orang seperti Tor browser. Browser ini dapat digunakan karena mendukung anonymous communication untuk penggunanya. Ditambah lagi Tor Browser  juga merupakan aplikasi open-source dengan bahasa pemrograman C dan Pyhton. Perlu diketahui juga bahwa tidak semua hal yang ada di dark web merupakan hal yang legal. Pastikan kamu menjelajahi hidden web secara aman dan penuh kesadaran ya.

5. Pelajari website yang sering kamu kunjungi

Setelah memahami sistem dan bahasa yang digunakan. Kamu bisa menjelajahi situs web yang biasa dikunjungi. Perhatikan bagaimana alur situs web tersebut hingga dapat diakses, lalu pelajari bagaimana sistem keamanan website tersebut bisa mengamankan diri dari tangan-tangan cracker tidak bertanggung jawab. 

6. Eksperimen dan praktik adalah kunci

Begitu banyak situs web yang bisa dijelajahi begitu pula eksperimen yang bisa dilakukan. Menjadi Seorang peretas adalah profesi yang menyenangkan, terutama bila kamu suka menyelesaikan suatu masalah. Mempelajari banyak situs web tidak hanya membuatmu makin andal mengasah intelegensi pelbagai situs web hingga aplikasi di ponsel. 

7. Ikuti Komunitas 

Mempelajari dari para ahli merupakan salah satu kunci keberhasilan karena kamu belajar langsung dari sumbernya. Para peretas juga memiliki komunitas untuk mengembangkan sayap serta mengedukasi masyarakat luas. Kamu bisa mulai dengan mengakses Reddit dan mulai mencari komunitas yang ada disekitarmu.

4 Website untuk belajar jadi hacker

4 Website untuk belajar jadi hacker
Kamu bisa belajar meretas dengan mengunjungi beberapa situs web. (Sumber: Pexels)

Setelah mengaplikasikan cara-cara untuk menjadi hacker, berikut website yang bisa kamu kunjungi untuk memperdalam kemampuan untuk menjadi seorang hacker.

1. Cybrary

Cybrary merupakan situs web yang mengakomodasi peretas untuk mempelajari cybersecurity. Dengan lebih dari tiga juta profesional dan pilihan paket produk yang ditawarkan mulai dari gratis sampai dengan 50 dollar Amerika Serikat per bulan. Kamu bisa dapat kursus mengenai Ethical Hacking, Cryptography, bahkan Malware Analysis and Reverse Engineering.

2. SecurityTube 

Situs berbagi video seperti Youtube versi penggemar sistem operasi dan bahasa pemrograman dapat ditemukan disini. Diluncurkan pada tahun 2008, situs web ini fokus pada penyelesaian masalah dan ethical hacking.  

3. EDX 

Mempelajari Python, Blockchain atau ingin memahami Full-Stack Development layaknya murid-murid Harvard atau MIT bisa disini. Situs web yang bekerja sama langsung dengan institusi papan atas dunia yang memberikan kelas-kelas computer science bisa hadir di layar komputermu.

4. Sans Cyber Aces

Situs web yang menyediakan kelas training cyber security dan information security ini memang cukup merogoh kocek cukup dalam. Biaya sampai 5000 US$ akan dipandu langsung oleh profesional di bidangnya akan bermanfaat banyak bagi kemampuanmu dalam meretas. Situs ini juga mempunyai kelas yang berbeda untuk murid dan pengajar.  

5. HTML

html website coding EKRUT 
Dengan menguasai HTML, hacker akan mampu memahami tindakan website, respon dan sebagainya - EKRUT

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website. Bahasa ini menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah website dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII. Tujuannya, untuk menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan menguasai HTML, hacker mampu memahami tindakan website, respons, dan lain sebagainya

Baca juga: Peran penting Ethical Hacking dan skills yang dibutuhkan

6. Javascript

Javascript website coding EKRUT 
Mempelajari Javascript bisa membantu hacker memahami mekanisme client side - EKRUT

Javascript adalah bahasa pemrgoraman HTML dan website yang digunakan secara luas di website untuk antarmuka (interface) yang lebih baik dan respon cepat. Dengan mempelajari Javascript, hacker dapat memahami mekanisme client-side atau sisi pengguna untuk menemukan kelemahannya.

7. PHP

PHP website coding EKRUT 
Bahasa pemrograman ini digunakan secara luas untuk penanganan - EKRUT

PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan, pembuatan dan pengembangan sebuah situs dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. Dengan ini, hacker bisa mengontrol segala sesuatu di situs dan server.

8. SQL

SQL website coding EKRUT
 
Melalui SQL hacker bisa mempelajari informasi sensitif di situs - EKRUT

SQL adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data relasional. Salah satu kegunaanya adalah untuk mengelola informasi sensitif seperti kredensial pengguna, rincian bank, rincian pengguna dan lainnya. Dengan ini, hacker dapat mempelajari informasi yang bersifat sensitif dari sebuah website.

Baca juga: Hacker ambil alih puluhan juta akun Facebook

Nah, bagaimana? Kamu sudah siap mempelajari website coding dan menjadi seorang hacker? Jika kelak kamu sudah mahir, gunakanlah keahlianmu untuk kebaikan, ya!

web coding untuk hacker EKRUT
Last update: 16 Juni 2021

Sumber:

  • freedomhacker
  • programming-hero
  • catb
  • wikihow
 

Tags

Share