Register

careers

12 Pertanyaan interview tersulit dan cara menjawabnya

Maria Yuniar

20 April 2021

pertanyaan-interview---EKRUT.jpg

Seleksi masuk ke perusahaan biasanya terdiri dari berbagai proses, dari sekian lapisan tersebut ada satu proses yang cukup menentukan yaitu, interview.

Pada sesi wawancara ini, kamu akan bertemu dengan pihak HRD, user, atau bahkan direktur, tergantung pada regulasi, kebutuhan, dan posisi yang kamu minati.Nah, dalam sesi wawancara ini, ada saja pertanyaan interview yang gampang-gampang susah untuk dijawab.

Pelajari pertanyaan-pertanyaan wawancara tersulit, sehingga kamu dapat menyiapkan jawaban yang mendatangkan nilai tambah di mata perekrut. Apa saja pertanyaan-pertanyaan interview yang dimaksud?

Pentingnya mengantisipasi pertanyaan interview yang sulit

Pentingnya mengantisipasi pertanyaan interview yang sulit
Sebelum interview kamu juga bisa melakukan refleksi diri untuk memudahkan - EKRUT

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa rekruter memberikan pertanyaan yang sulit saat interview? Tenang saja, mereka tidak bermaksud untuk menjebak kamu hingga tidak lulus ke tahap selanjutnya dan akhirnya diterima kerja. Mereka memberikan pertanyaan ini untuk mendapatkan gambaran lebih dalam siapa dirimu dan apakah kamu orang yang tepat untuk pekerjaan yang kamu lamar.

Dalam menjawab pertanyaan ini, berikanlah contoh spesifik dari pekerjaanmu sebelumnya dan fokus pada bagaimana pengalaman ini membentuk pribadimu saat ini.

4 Kategori pertanyaan interview tersulit

4 Kategori pertanyaan interview tersulit
Sebelum interview kamu juga bisa melakukan refleksi diri untuk memudahkan - EKRUT

Inilah 4 kategori pertanyaan interview tersulit yang sering dijumpai. Simak dengan seksama, ya!

  • Pertanyaan interview tentang kepribadian

Ada baiknya, sebelum kamu datang ke lokasi interview, kamu refleksi ulang dirimu sekaligus menyiapkan jawaban dari pertanyaan interview yang akan diajukan. Pada saat interview, interviewer ingin mengetahui seperti apa kepribadianmu dan mereka akan menggalinya secara mendalam. Biasanya, pertanyaan interview ini pun juga akan bersifat cukup personal. Jawaban kamu nantinya akan menentukan apakah kamu kandidat yang mereka cari.
Berikut beberapa pertanyaan interview tentang kepribadian yang dapat ditanyakan:

“Apakah kamu tidak masalah jika gagal?”

Dari pertanyaan ini, interviewer ingin tahu respon kamu terhadap kegagalan. Selain itu, pertanyaan interview ini bertujuan untuk mengetahui apakah kamu belajar dari kesalahan dan mau menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

“Apakah kamu orang yang beruntung?”

Pertanyaan interview ini ditanyakan untuk mengetahui apakah kamu tipe orang yang optimis atau pesimis. Saat menjawabnya, kamu perlu menceritakan kelebihanmu dan bagaimana kamu memanfaatkannya sebagai orang yang beruntung memiliki kelebihan tersebut.

  • Pertanyaan interview tentang kelemahan dan kelebihan

Pasti kamu sudah sering mendapatkan pertanyaan interview seperti ini. Melalui pertanyaan ini, interviewer ingin tahu apakah kamu mengenali dirimu seutuhnya, termasuk kekurangan dan kelebihanmu.

Saat menjawab pertanyaan interview ini, cobalah untuk selalu jujur, bernada positif dan fokus pada solusi. Untuk menjawab kelemahan, sertakan juga solusi yang sudah kamu lakukan untuk mengatasinya. Berikut beberapa contoh pertanyaan interview terkait kelemahan dan kelebihan:

  1. Pernahkah kamu melakukan kesalahan? Apa yang kamu pelajari dari kesalahan tersebut?
  2. Apakah kamu sering menerima kritik? Kritik seperti apa yang orang lain sampaikan untuk kamu?

Baca juga: Kunci menjawab kelemahan dan kekuatan diri

  • Pertanyaan interview tentang pengalaman di kantor sebelumnya

Nah, pada pertanyaan interview ini, interviewer ingin tahu seperti apa kamu mengatasi berbagai situasi di kantor sebelumnya dan apakah kamu bisa beradaptasi dengan lingkungan yang ada. Jadi, sebelum interview dimulai, tidak ada salahnya kamu mengingat-ingat lagi, seperti apa dirimu di perusahaan sebelumnya.

Perlu kamu catat, jangan terlalu menjelek-jelekkan mantan perusahaan dan rekan kerjamu, ya! Hal ini justru akan menjadi catatan bagi interviewer bahwa kamu sulit untuk bergaul dan beradaptasi.

Kamu bisa menyiapkan diri dengan contoh pertanyaan interview sebagai berikut:

  1. "Apa yang kamu suka dan tidak suka dari perusahaan sebelumnya?." Ingat, fokus pada sisi positifnya. Pastikan kamu tidak terlihat sebagai seseorang yang suka mengeluh. Selain itu, jangan sampai kamu salah menyebut dan mengeluhkan tugas yang justru akan kamu jalani di calon perusahaan baru kamu.
  2. "Siapa atasan favorit dan atasan yang tidak kamu sukai?." Sebaiknya, kamu fokus pada hal-hal yang bisa kamu pelajari dari atasan sebelum kamu. Seandainya ada hal-hal yang tidak kamu suka, setidaknya, kamu bisa mengambil sisi positifnya saat menjawab pertanyaan interview seperti ini.
  • Pertanyaan interview tentang alasan resign

Walaupun mungkin kamu memiliki alasan resign tersendiri, cobalah untuk tetap profesional saat menjawab salah satu pertanyaan interview tersulit ini. Pastikan, alasanmu bersifat profesional dan tidak terlalu personal. Jika memang ingin menjelaskan alasan personal, jangan menjawab dengan alasan yang bersifat negatif, ya!

Berikut beberapa contoh jawaban alasan resign yang profesional:

“Saya ingin mencari tempat baru untuk lebih mengembangkan karier.”
“Saya ingin mengubah arah karier.”
“Telah terjadi restrukturisasi pada perusahaan lama saya.”
“Saya ingin mencari tempat kerja yang lebih dekat, supaya bisa lebih dekat dengan keluarga.”
“Saya tertarik dengan visi misi dan business model dari perusahaan Bapak/Ibu.”

Nah, kamu sebaiknya menghindari memberikan jawaban tidak profesional seperti:

“Saya bertengkar dengan rekan kerja sebelumnya.”
“Kantor lama saya memberikan target yang mustahil untuk dicapai.”
“Saya dipecat tanpa alasan.”
“Pekerjaan lama saya membosankan.”
“Beban kerja yang ada terlalu berat dan saya sudah tidak sanggup.”

12 Pertanyaan interview tersulit dan cara menjawabnya

 

12 Pertanyaan interview tersulit dan cara menjawabnya
Persiapkan diri dengan matang untuk mendapatkan pekerjaan impian - EKRUT

Selain 4 kategori pertanyaan di atas, berikut ada beberapa pertanyaan interview tersulit lainnya yang wajib kamu persiapkan.

1. Bagaimana kamu mendeskripsikan dirimu sendiri?

pertanyaan interview - EKRUT
Kenali kelebihan diri agar kamu dapat menjawab pertanyaan tentang deskripsi diri - EKRUT

Beberapa kandidat terkadang mengganggap pertanyaan ini sebagai pertanyaan wawancara tersulit yang sering diajukan oleh perekrut saat interview kerja.

Kunci untuk menjawab pertanyaan inverview ini, berikan informasi-informasi yang tegas dan menarik serta menunjukkan kelebihanmu, sehingga layak mendapatkan pekerjaan tersebut.

Mulailah dengan menceritakan pencapaian atau pengalaman terbaik dan tutup dengan pengalaman terkini yang membuatmu memiliki status, pekerjaan atau jabatan saat ini.

Baca juga: Jawaban terbaik untuk "ceritakan tentang diri Anda” saat interview

2. Kenapa kamu memilih profesi ini? 

pertanyaan interview - EKRUT
Perekrut akan menggunakan wawancara untuk melihat motivasi karier kamu - EKRUT

Pertanyaan interview seperti ini biasanya untuk melihat bagaimana passion dan motivasimu dalam karier. Perekrut biasanya juga senang memberikan pertanyaan ini untuk melihat karakter orang seperti apakah kamu, dan motivasi yang kamu miliki. 

3. Apa pekerjaan impianmu?

pertanyaan interview - EKRUT
Perekrut ingin melihat apakah kamu hanya ingin menjadikan pekerjaan tersebut sebagai batu loncatan - EKRUT

Ada unsur keingintahuan yang terkesan dari perekrut. Sebab, perekrut atau user mungkin ingin melihat bagaimana perencanaan karier kamu.

Memiliki pekerjaan impian yang tidak ada hubungannya dengan posisi yang tersedia menunjukkan kepada pewawancara bahwa kamu mungkin tidak bertahan lama, dan kamu hanya akan menjadikan pekerjaan ini sebagai batu loncatan.

4. Apa kelemahan terbesarmu?

pertanyaan interview - EKRUT
Jangan berikan jawaban yang membuatmu terlihat hanya meratapi kelemahan yang ada - EKRUT

Saat melontarkan pertanyaan interview ini, perekrut tidak sekedar ingin menggali kelemahanmu. Perekrut ingin melihat potensi kamu dalam membawa perubahan bagi perusahaan. Jadi, berikan jawaban jujur. Setiap orang pasti punya kelemahan.

Tak masalah jika kamu memang butuh waktu lebih banyak untuk memahami sebuah persoalan atau tugas dalam pekerjaan. Yang terpenting, yakinkan perekrut, dengan kelemahan yang kamu miliki, kamu pun mempunyai kekuatan untuk memberi kontribusi signifikan bagi perusahaan.

Baca juga: Cara tepat jawab kelemahan dan kekurangan saat interview

5. Bagaimana arti sukses menurutmu? 

pertanyaan interview - EKRUT
Tunjukan bahwa kamu dapat memiliki kemauan untuk berkembang dan sukses - EKRUT

Biasanya  perekrut menanyakan hal ini untuk melihat prioritasmu. Apakah kamu memiliki motivasi kerja karena tertarik gaji yang besar, kesempatan untuk menambah keterampilan, atau apakah kamu mengambil pendekatan yang lebih individualis untuk sukses. 

Pertanyaan ini terbilang sulit karena definisi sukses sangatlah subyektif.  

Kamu bisa menjawab pertanyaan interview ini dengan mendefinisikan contoh kesuksesan yang berhubungan dengan calon perusahaan dan deskripsi pekerjaan yang akan kamu emban.

Misalnya, sukses menurut saya adalah ketika saya bisa menerapkan keahlian marketing saya ke dalam strategi pemasaran yang kamu buat untuk perusahaan itu hingga bisa mencapai target yang diinginkan. 

6. Bagaimana kamu melihat kariermu 5 tahun ke depan?

pertanyaan interview - EKRUT
Hindari berbohong saat menjawab pertanyaan interview dari perekrut - EKRUT

Untuk menjawab pertanyaan interview ini, kamu bukan hanya dituntut jujur, tapi juga spesifik soal tujuan kariermu. Pewawancara ingin mengetahui ambisi kamu untuk bertumbuh dan berkembang dalam karier profesional.

Pikirkan jawaban yang realistis mengenai tujuan kariermu, dari posisi yang saat ini ditawarkan. Kalau kamu belum yakin, tidak ada salahnya menjawab apa adanya.

Katakan saja, kamu memang belum yakin dan masih melihat pengalaman nantinya di pekerjaan ini sebelum bisa membuat keputusan selanjutnya.

7. Mengapa kamu berhenti dari pekerjaan lama?

pertanyaan interview - EKRUT
Hindari memberikan jawaban saat interview yang memberi kesan bahwa kamu menjelek-jelekkan perusahaan lama - EKRUT

Jika ini bukan wawancara untuk pekerjaan pertamamu, maka bisa dipastikan pertanyaan ini pasti akan muncul. Intinya, usahakan semua tetap positif. Tidak ada gunanya menebar aura negatif tentang kantor lama. Sebaliknya, sampaikan bahwa kamu berniat untuk memulai perjalanan baru dengan kesempatan baru.

8. Kenapa ada jeda di riwayat pekerjaanmu? 

pertanyaan interview - EKRUT
Gunakan jeda waktu antar pekerjaan untuk meningkatkan keterampilan - EKRUT

Jika kamu sempat memiliki jeda waktu yang cukup lama antara pekerjaan yang satu dengan yang lainnya, bersiaplah dihadapkan dengan pertanyaan ini. 

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan menekankan bagaimana kamu mengisi masa pengangguran tersebut dengan hal-hal yang produktif seperti meningkatkan keterampilanmu. 

Baca juga: Tips menjawab interview tentang masa menganggur

9. Kenapa kamu ingin bekerja di sini? 

pertanyaan interview - EKRUT
Tunjukan ketertarikanmu untuk berkontribusi pada perusahaan - EKRUT

Biasanya perekrut akan menanyakan hal ini untuk melihat  apakah kamu telah melakukan penelitian terhadap perusahan tersebut, dan apakah kamu benar-benar menginginkan pekerjaan itu dibanding pekerjaan lamamu. 

Selain itu, pertanyaan ini juga biasanya akan diajukan terutama bila di posisi yang kamu lamar sekarang jauh berbeda dengan industri atau peran di pekerjaan sebelumnya. 

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan interview ini adalah dengan memberikan jawaban yang bermakna. Misalnya, bagaimana kamu sejalan dengan misi perusahaan atau pekerjaan yang mereka lakukan.

Hindari untuk memberikan jawaban yang hanya berfokus pada benefit yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. 

10. Bagaimana kamu menyediakan waktu untuk wawancara ini? 

pertanyaan interview - EKRUT
Ajukan cuti agar kamu bisa menghadiri interview kerja dengan leluasa - EKRUT

Terkadang perekrut juga menanyakan hal ini untuk melihat prioritas kamu ada di tempat yang tepat, apakah yang pertama adalah pekerjaan saat itu, atau untuk menghadiri wawancara kerja tersebut. 

Perekrut juga ingin tahu kebiasaan kamu yang berhubungan dengan integritas dan bagaimana kamu akan memperlakukan pekerjaan di perusahaan tersebut ketika kamu melakukan pencarian kerja di masa depan.

Selain itu dari pertanyaan interview ini, perekrut juga bisa melihat bagaimana kamu menangani situasi ketika kamu tidak bisa jujur kepada atasan. 

Umumnya, jawaban yang mereka cari adalah bagaimana kamu selalu mengutamakan pekerjaan dan secara bijaksana telah menjadwalkan wawancara di waktu yang tepat seperti sebelum  dan sesudah bekerja, di saat makan siang, atau di saat kamu mengambil cuti di kantor.

Baca juga: Tips interview kerja tanpa ketahuan bos

11. Kenapa kami harus merekrut kamu?

pertanyaan interview - EKRUT
Yakinkan perekrut bahwa kamu adalah kandidat yang tepat - EKRUT

Sebagian orang menganggap pertanyaan interview ini sebagai pertanyaan wawancara tersulit. Pasalnya, Kamu harus meyakinkan mereka bahwa kamu memenuhi hampir seluruh kriteria yang mereka cari.

Tak hanya itu, agar lebih menunjukkan bahwa  kamu memiliki nilai lebih dibandingkan kandidat yang lain cobalah untuk menyebutkan 2 atau 3 kelebihan lainnya.

 Misalnya saja, pengalamanmu di beberapa perusahaan ternama, bagaimana pengalaman kerjamu yang sudah bertahun-tahun dapat sangat membantu perusahaan tersebut. 

12. Apa prestasi atau pencapaian terbesar kamu?

pertanyaan wawancara tersulit - EKRUT
Ceritakan contoh proyek yang berhasil kamu kerjakan sebelumnya - EKRUT

Perekrut mungkin akan mengajukan pertanyaan interview ini untuk memahami apa yang kamu anggap sebagai prestasi atau pencapaian paling berharga menurut kamu. 

Untuk menjawab contoh pertanyaan interview tersulit ini cobalah pikirkan contoh terbaru yang berkaitan dengan pekerjaan kamu. Jelaskan pencapaian itu secara singkat, peran kamu di dalamnya dan mengapa kamu menganggap itu adalah pencapaian yang berharga bagi kamu. 

Nah, apakah kamu sudah siap menjawab pertanyaan wawancara tersulit dari pewawancara saat interview kerja?

Jika kamu tak kunjung mendapatkan panggilan interview, jangan patah semangat. Kamu bisa bergabung di talent marketplace EKRUT, untuk mendapatkan peluang dari ratusan perusahaan.

Kamu hanya perlu melengkapi profil pada platform EKRUT dan menunggu kabar selanjutnya dari perusahaan-perusahaan yang mencari kandidat berbakat seperti kamu!

Semoga berhasil!

pertanyaan wawancara tersulit - EKRUT
Last update: 22 Maret 2021

Sumber:

Tags

Share