Media

Hati-hati saat jawab 5 pertanyaan interview ini
By Maria Yuniar - 16 November 2018
3 min read 150317 Views

Anda jobseeker yang sedang mempersiapkan tahap seleksi interview kerja? Seleksi masuk ke perusahaan biasanya terdiri dari berbagai proses, dari sekian lapisan tersebut ada satu proses yang cukup menentukan yaitu interview. Pada sesi wawancara atau interview ini, Anda akan bertemu dengan pihak HRD. Ada juga yang langsung bertemu dengan user, dan bahkan  direktur. Tingginya level pewawancara tergantung pada regulasi atau kebutuhan, dan posisi yang Anda minati.

Nah, dalam sesi wawancara ini, ada saja pertanyaan yang gampang-gampang susah untuk dijawab. Pelajari pertanyaan-pertannyaan semacam itu, sehingga Anda dapat menyiapkan jawaban yang mendatangkan nilai tambah di mata perekrut. Apa saja sih pertanyaan-pertanyaan yang dimaksud?

 

Bagaimana Anda mendeskripsikan diri Anda sendiri?

Pertanyaan ini sering diajukan oleh perekrut saat interview kerja. Kunci untuk menjawab pertanyaan ini, berikan informasi-informasi yang tegas dan menarik serta menunjukkan kelebihan Anda, sehingga layak mendapatkan pekerjaan tersebut. Mulailah dengan menceritakan pencapaian atau pengalaman terbaik Anda dan tutup dengan pengalaman terkini yang membuat Anda memiliki status, pekerjaan atau jabatan saat ini. 

 

Apa pekerjaan impian Anda?

Ada unsur keingintahuan yang terkesan dari perekrut. Sebab, perekrut atau user mungkin ingin melihat perencanaan karier Anda. Memiliki pekerjaan impian yang tidak ada hubungannya dengan posisi yang tersedia menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda mungkin tidak bertahan lama, dan bahwa Anda hanya akan menjadikan pekerjaan ini sebagai batu loncatan.

 

Apa kelemahan terbesar Anda?

Saat melontarkan pertanyaan ini, perekrut tidak sekedar ingin menggali kelemahan Anda. Perekrut ingin melihat potensi Anda dalam membawa perubahan bagi perusahaan. Jadi, berikan jawaban jujur. Setiap orang pasti punya kelemahan. Tak masalah jika Anda memang butuh waktu lebih banyak untuk memahami sebuah persoalan atau tugas dalam pekerjaan. Yang terpenting, yakinkan perekrut, dengan kelemahan yang Anda miliki, Anda pun mempunyai kekuatan untuk memberi kontribusi signifikan bagi perusahaan. 

 

Bagaimana Anda melihat karier Anda 5 tahun ke depan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda bukan hanya dituntut jujur, tapi juga spesifik soal tujuan karier Anda. Pewawancara ingin mengetahui ambisi Anda untuk bertumbuh dan berkembang dalam karier profesional. Pikirkan jawaban yang realistis mengenai tujuan karier Anda, dari posisi yang saat ini ditawarkan. Kalau Anda belum yakin, tidak ada salahnya menjawab apa adanya. Katakan saja, Anda memang belum yakin dan masih melihat pengalaman nantinya di pekerjaan ini sebelum bisa membuat keputusan selanjutnya.

 

Mengapa Anda berhenti dari pekerjaan lama Anda?

Jika ini bukan wawancara untuk pekerjaan pertama Anda, maka bisa dipastikan pertanyaan ini pasti akan muncul. Intinya, usahakan semua tetap positif. Tidak ada gunanya menebar aura negatif tentang kantor lama Anda. Sebaliknya, sampaikan bahwa Anda berniat untuk memulai perjalanan baru dengan kesempatan baru.

Nah, apakah Anda sudah siap menjawab pertanyaan kritis dari pewawancara saat interview kerja? Jika Anda belum kunjung mendapatkan panggilan interview, jangan patah semangat. Anda bisa bergabung di talent marketplace EKRUT, untuk mendapatkan peluang dari ratusan perusahaan.

Anda tinggal melengkapi profil pada platform EKRUT dan menunggu kabar selanjutnya dari perusahaan-perusahaan yang mencari kandidat berbakat seperti Anda!

 

Rekomendasi bacaan:
4 kesalahan terberat di kantor
Terjegal kebijakan imigrasi, Microsoft keluar dari AS?
7 persiapan sebelum pindah kerja

 

Sumber:
fastcompany.com
rappler.com
cermati.com
tutplus.com

Tags: wawancara kerja, EKRUT, interview kerja, talent marketplace

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang