Published on

Careers

Apa itu Fiverr? Cara Kerja, Cara Bergabung, hingga 3 Tips Mendapatkan Uang

Ningtyas Dewanasari Kinasih

Apa_itu_Fiverr-Cara_Kerja__Cara_Bergabung_hingga_Tips_Mendapatkan_Uang.jpg

Teknologi yang kian berkembang, terutama dalam bidang digital memberikan banyak kemudahan untuk mendapatkan atau mencari pekerjaan. Saat ini, proses bekerja pun tidak melulu harus di kantor, kamu bisa melakukannya secara mobile.

Apalagi jika kamu pekerja lepas atau freelancer yang memungkinkan kamu untuk bekerja dimana saja tanpa terikat jam kerja. Salah satu platform bagi freelancer untuk mendapatkan penghasilan adalah melalui Fiverr.

Fiverr adalah tempat yang tepat untuk freelancer dapat bertemu dengan klien potensial. Untuk mengetahui cara kerja, cara bergabung, dan tips mendapatkan uang di Fiverr, perhatikan ulasannya berikut ini.

Apa itu Fiverr?


Fiverr adalah online marketplace global untuk layanan freelance berbiaya rendah. (sumber: pexels)

Melansir dari ddiy.co, Fiverr adalah online marketplace untuk layanan freelance dengan provider berbiaya rendah dari seluruh dunia. Gagasan dibalik Fiverr adalah untuk mempermudah proses perekrutan dan direkrut sebagai pekerja lepas.

Online marketplace ini tidak menggunakan perantara dalam proses perekrutan, pemutusan kontrak, hingga hal yang berhubungan dengan bagian personalia. Bisnis yang relatif kecil akan dapat menyelesaikan banyak hal dengan lebih cepat.

Sementara freelancer memiliki kebebasan untuk menjual layanannya kapan saja dan ke perusahaan manapun. Umumnya, platform ini digunakan oleh freelancer untuk menawarkan layanan digitalnya kepada klien secara global.

Apa saja yang dijual di Fiverr?


Salah satu kategori Fiverr adalah layanan digital marketing. (sumber: pexels)

Nah, mungkin kamu penasaran mengenai apa saja layanan yang dijual di Fiverr. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya Fiverr adalah platform yang umumnya digunakan untuk menjual layanan digital. Fiverr sendiri memiliki sembilan kategori utama, yaitu:

  • Graphics & Design
  • Digital Marketing
  • Writing & Translation
  • Video & Animation
  • Music & Audio
  • Programming & Tech
  • Business
  • Lifestyle
  • Data

Dalam kategori di atas terdapat beberapa layanan populer pada Fiverr, antara lain:

  • Website Creation
  • Short Video Ads
  • 3D Modeling & Rendering
  • Illustration
  • Website Content
  • Presentation Design
  • Video Editing
  • Web Application
  • 2D Animated Explainer
  • Graphic

Baca juga: 7 tips menjadi freelance writer dengan banyak proyek

Bagaimana cara kerja Fiverr?


Cara kerja Fiverr adalah dengan membiarkan freelancer untuk menjual gig pada klien. (sumber: pexels)

Cara kerja Fiverr adalah dengan membiarkan pembeli atau klien untuk membayar terlebih dahulu untuk "gig" atau layanan freelance yang diinginkan. Saat awal kemunculannya, semua gig dihargai sebesar lima dolar, sekarang freelancer dapat mengenakan biaya lebih dan menawarkan paket-paket layanan.

Biasanya, pesanan akan diselesaikan dalam rentang waktu satu atau dua hari, tetapi waktu pengiriman ditentukan oleh penjual dan dapat memakan waktu lebih lama apabila penjual memiliki antrian pesanan.

Ketika telah menyelesaikan pesanan, kamu sebagai seller akan menerima 80% dari total nilai pesanan. Misalnya, kamu akan menerima delapan dolar dari nilai gig seharga sepuluh dolar.

Bagaimana cara bergabung dengan Fiverr?


Cara utama bergabung dalam Fiverr adalah dengan membuat akun. (sumber: pexels)

Ingin bergabung dengan Fiverr? Seperti yang sudah kamu ketahui Fiverr adalah media yang dapat memberikanmu tambahan penghasilan. Untuk bergabung dalam online marketplace ini pun terbilang cukup mudah. Langkah-langkah untuk membuat Fiverr adalah:

1. Membuat akun

Tentunya untuk dapat menawarkan gig pada klien atau pembeli kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Sehingga langkah pertama untuk bergabung dalam Fiverr adalah membuat akun. Kamu bisa memiliki beberapa akun yang kamu miliki, seperti Facebook, akun Google, atau memasukkan alamat email.

Selanjutnya, kamu diharuskan untuk mengisi nama pengguna dan membuat kata sandi, atau memasukkan alamat email. Setelah akunmu jadi, bukalah kotak masuk untuk mengaktifkan akun dan langsung mengisi profil kamu.

2. Mempersiapkan profil

Nah, bagian ini perlu kamu perhatikan karena sebagian besar calon pembeli atau klien akan melihat profil kamu. Salah satu persyaratan yang harus ada dalam profil Fiverr kamu adalah foto dan berbagai informasi penting lainnya, seperti keahlian, pendidikan, kursus, bahasa, dan lainnya. Informasi tersebut memungkinkan klien untuk mengetahui tentang latar belakangmu.

3. Buatlah gig baru

Selesai membuat profil, langkah berikutnya untuk bergabung dalam Fiverr adalah kamu bisa membuat gig pertamamu. Kamu bisa langsung menuju pilih menu "Selling" pada sisi atas layar, lalu pilih opsi "Gig" dalam menu. Kamu hanya butuh untuk klik tombol "Create New Gig" untuk memulai proses penjualan.

4. Membuat overview gig

Langkah yang perlu kamu isi dalam Fiverr adalah menulis overview atau ringkasan gig yang akan kamu jual. Adapun kotak yang harus kamu isi, antara lain:

  • Gig title (Judul)
  • Memilih kategori gig
  • Label (tag) pencarian yang relevan

5. Menentukan harga gig

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penentuan harga gig saat ini telah berubah. Freelancer kini bisa menawarkan harga gig-nya sendiri, dengan menawarkan tiga macam paket, yaitu:

  • Dasar
  • Standar
  • Premium

Baca juga: Ide kerja online dari rumah dan tips mendapatkannya

6. Memberikan deskripsi dan FAQ pada gig

Salah satu aspek yang paling penting dalam penjual gig pada Fiverr adalah memberikan deskripsi pada layanan. Kamu bisa memberikan informasi lengkap mengenai tawaran yang kamu sediakan, dengan minimal 120 huruf dan maksimum 1200 huruf.

Memberikan detail yang akurat akan membantu calon pembeli untuk mengetahui secara rinci gig yang kamu tawarkan. Jangan lupa untuk mengisi FAQ atau pertanyaan umum yang sekiranya berhubungan dengan gig-mu.

7. Menentukan persyaratan

Cara selanjutnya untuk bergabung dalam Fiverr adalah memberikan persyaratan untuk calon klien yang nantinya akan membeli layananmu. Kamu bisa menambahkan persyaratan sebanyak mungkin dengan menekan tombol "+ Add Another Requirement" yang akan muncul setelah persyaratan pertama.

8. Menambahkan galeri pada gig

Menambahkan berbagai dokumentasi dalam galeri gig-mu dalam bentuk foto, PDF, hingga video akan membuat layananmu lebih menarik. Tentunya dokumentasi yang kamu taruh pada galeri sebaiknya berkaitan dengan penawaran gig-mu.

9. Mempublikasikan layananmu

Langkah terakhir untuk membuat gig-mu tersedia di Fiverr adalah dengan mempublikasikannya. Kamu hanya cukup meng-klik tombol "Publish Gig", secara otomatis gig-mu akan muncul. Setelah aktif, kamu bisa mempromosikan gig-mu melalui sosial media, seperti Twitter atau Facebook.

3 Tips mendapatkan uang dari Fiverr


Tips menghasilkan uang di Fiverr adalah dengan mengatur Gig semenarik mungkin. (sumber: pexels)

Untuk mendapatkan uang di Fiverr kamu bisa melakukan hal-hal yang dapat mengoptimalisasi gig yang kamu miliki. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantumu mendapatkan uang dari Fiverr.

1. Memaksimalkan dan mengatur gig Fiverr

Tips pertama untuk menghasilkan uang di Fiverr adalah dengan membangun gig. Gig merupakan penentu penting dalam menghasilkan uang melalui Fiverr. Nah, itulah sebabnya kamu harus mengatur dan memaksimalkan gig sedemikian rupa untuk menarik calon klien. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan, antara lain:

  • Mendeskripsikan gig dengan jelas dan akurat
  • Memasukkan dokumentasi berupa foto, video, dan lainnya dalam galeri
  • Menentukan harga gig yang bersaing

2. Membuat profil yang menarik

Fiverr adalah platform yang langsung mempertemukan freelancer dengan kliennya secara langsung tanpa perantara. Sehingga membuat profil sebaik mungkin menjadi penting sebagai salah satu bentuk komunikasi dengan calon klien.

Tidak hanya itu, Fiverr juga memungkinkan kamu untuk menambahkan daftar klien yang sudah bekerja sama denganmu. Hal ini tentunya menguntungkan freelancer karena dapat memberikan referensi pada klien.

3. Meningkatkan level penjual di Fiverr

Kambu bisa menaikkan level penjual di Fiverr, lho. Cara untuk dapat meningkatkan penjualan dengan upgrade level penjual di Fiverr adalah:

  • Ulasan pelanggan rata-rata 4,7 bintang
  • Merespon klien 90% selama 60 hari
  • Dapat menyelesaikan pesanan 90% selama 60 hari
  • Pengiriman 90% tepat waktu lebih dari 60 hari
  • Tidak mendapatkan peringatan selama 30 hari

Baca juga: 5 Tips untuk Memastikan Karyawan Freelance Tetap Produktif

Fiverr adalah platform yang dapat membantu freelancer untuk menghasilkan uang.dengan cara yang terbilang cukup mudah dan tanpa melalui perantara. Kamu pun bisa mengatur harga dan paket gig yang akan dijual. Jika kamu tertarik, ikutilah langkah bergabung dalam Fiverr di atas.

Ingin mendapatkan informasi penting seputar dunia kerja dan lainnya? Kamu bisa mengakses talent marketplace EKRUT. Jangan lupa sign up di EKRUT, untuk mendapatkan kemudahan dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu.

Sumber:

  • ddiy.co
  • fiverr.com
  • webplanet.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cara-interview-kerja-yang-baik-EKRUT.jpg

    Careers

    12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    cover.jpg

    Careers

    12 Contoh Etos Kerja yang Penting Bagi Perkembangan Karier

    Detty Risetya

    06 July 2022
    5 min read
    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    06 July 2022
    6 min read

    Video