Media

Gaji lebih tinggi tapi jadi makin stres, kamu rela?
By Maria Yuniar - 9 August 2018
3 min read 168 Views

Banyak orang yang masih sulit menentukan pilihan ini dalam pekerjaan: gaji lebih tinggi dengan tingkat stres yang meningkat, atau sebaliknya? Karyawan yang sudah berpengalaman sekalipun, kadang sulit meninggalkan tempat kerja saat ini, karena sudah terlanjur nyaman. Namun kadang muncul keinginan untuk mencari penghasilan yang lebih tinggi. Apakah kamu pernah merasakan hal yang sama?

Mungkin kamu pernah mendapatkan tawaran kerja dengan iming-iming gaji lebih tinggi, bahkan dua kali lipat dari yang kamu terima sekarang. Nah, kamu harus ingat. Jangan sampai gaji yang lebih tinggi itu pada akhirnya membuatmu tak bisa menikmati kehidupan. Jadi, saat kamu ditawari posisi baru dengan gaji lebih tinggi tapi tingkat stresnya pun juga lebih tinggi, apakah kamu mau? Pertimbangkan hal-hal ini supaya kamu tidak menyesal.

 

Posisi pekerjaan

Pertimbangkan kenyamanan yang kamu dapatkan dari pekerjaan yang saat ini dijalani. Jika kamu masih menikmati yang kamu lakukan saat ini dan belum ingin pindah manajemen, ada baiknya tetap berada di posisimu sekarang. Namun, jika kamu memang sedang mencari tantangan yang lebih kompleks, tawaran posisi baru, baik di perusahaan saat ini atau perusahaan lainnya, bisa kamu pertimbangkan. 

 

Kebutuhan hidup

Selain mencari tahu minatmu akan posisi baru yang ditawarkan, kamu juga perlu memikirkan kembali kebutuhanmu terhadap pemasukan ekstra. Apakah kamu benar-benar memerlukannya untuk mencukupi kebutuhan pokok dan mendesak? Atau hanya untuk memenuhi gaya hidup yang sebenarnya tidak terlalu penting? Jika sudah berkeluarga, kamu mungkin memang perlu penghasilan lebih besar sejalan dengan pengeluaran yang meningkat. Yang penting, kamu mengambil keputusan yang sesuai kebutuhanmu.

Jika kamu sadar posisi baru yang ditawarkan ternyata memiliki tingkat stres yang tinggi, maka kamu perlu mencari alternatifnya. Apalagi, bila kamu memang membutuhkan penghasilan lebih. Kamu bisa coba menemukan pekerjaan dengan tingkat stres lebih rendah, dengan pengeluaran yang minim. Misalnya, dengan menemukan peluang kerja yang lokasinya relatif dekat dengan tempat tinggalmu. 

 

Pekerjaan sampingan

Bagaimana jika kamu akhirnya memutuskan untuk menolak tawaran baru yang datang, karena tuntutan pekerjaan yang lebih berat juga? Kamu bisa mencari peluang freelance maupun bisnis kecil-kecilan. Bila perusahaan dan posisimu saat ini memberikan kenyamanan sekaligus waktu luang yang cukup banyak di rumah, kamu pun bisa mengerjakan pekerjaan sampingan. Misalnya, dengan menjadi blogger atau menjalankan bisnis online.

 

Target kerja

Setiap orang pasti memiliki target dalam kehidupan dan pekerjaan. Bagaimana denganmu? Apa sih, yang sebenarnya ingin kamu raih dalam pekerjaan? Apakah setiap tahunnya ada target ingin kamu capai? Apakah tawaran posisi lebih tinggi dengan gaji besar serta tingkat stres yang tinggi, ternyata bisa menjadi batu loncatanmu? 

Jika setelah memikirkannya, ternyata jawabanmu ‘iya’, maka tak ada salahnya mengambil tawaran posisi baru itu. Memang sih, sebagai risikonya, kamu harus meninggalkan pekerjaanmu yang nyaman saat ini. Namun cobalah, terkadang diperlukan keputusan untuk meninggalkan zona nyaman demi mengembangkan diri. Jadi, apakah kamu sudah menjatuhkan pilihan?

 

Rekomendasi bacaan:
6 hal yang harus diingat sebelum mulai bekerja
6 tips gagal interview
Cegah pengguna kecanduan, Facebook dan Instagram keluarkan fitur ini

 

Sumber:
thebalancecareers.com
finansialku.com
idntimes.com
okezone.com
fastcompany.com

Tags: perusahaan, karyawan, pekerjaan, gaji

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang