Media

Ini 7 ide bisnis untuk karyawan yang mudah dan bermodal kecil
By Tsalis Annisa - 15 March 2019
5 min read 166 Views
Ide bisnis ini bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan - EKRUT
Ide bisnis ini bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan - EKRUT

Kerja kantoran dengan pola teratur seperti kerja dari jam 8 sampai 5 mungkin menyenangkan. Namun, memiliki penghasilan sampingan bahkan sampai memiliki bisnis yang dapat menggaji diri sendiri tentu sangat memuaskan, bukan?

Banyak karyawan ingin memulai bisnisnya sendiri namun takut meninggalkan pekerjaan kantorannya. Hal tersebut memang tidak perlu kamu lakukan. Ada banyak jenis ide bisnis yang bisa kamu lakukan sambil tetap bekerja seperti biasa. Berikut beberapa contohnya:

1. Graphic Designer

Suka mendesain, bisa menjadi fotografer, hingga dapat menggunakan software-software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Stencil atau Visme? Tentu tidak ada salahnya kamu menggunakan keahlian ini untuk menghasilkan uang tambahan.

Di dunia visual digital serta aplikasi yang terus berkembang, kemampuan seorang Graphic Designer sangat dibutuhkan. Banyak situs yang membuka lowongan freelance untuk posisi ini.

Bila ingin lebih menantang, kamu bisa membuka bisnismu sendiri. Misalnya dengan membuat desain kata-kata motivasi dan menjualnya secara online.

2. Mengadakan kelas kursus online

Ahli dalam suatu bidang tertentu, mengapa tidak coba membuat kelas kursus secara online? Saat kamu memasang video atau tutorial tentang keterampilan di bidang tertentu, pasti akan ada orang yang bersedia membayar untuk hal tersebut.

Keahlian ini sangat beragam, beberapa contohnya adalah mengajar bahasa-bahasa tertentu, Inggris, Korea, Jepang, Rusia, dan sebagainya. Tak hanya bahasa, kemampuan-kemampuan digital sebagai bagaimana cara membuat website yang baik dan seterusnya juga bisa dilakukan.

Bila kamu bingung bagaimana cara memaparkan kemampuanmu secara terstruktur dan online, sekarang banyak kelas-kelas online juga yang mengajarkan hal tersebut. Tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

ide bisnis - EKRUT
Menyewakan kendaraan bisa menjadi salah satu ide bisnis untu karyawan - EKRUT
 

3. Penyewaan kendaraan

Kamu memiliki kendaraan sendiri? Bisnis penyewaan kendaraan mungkin bisa menjadi pilihanmu. Terlebih lagi jika kendaraan milikmu jarang digunakan. Misalnya saja dengan menyewakan motormu dengan sistem peminjaman harian. Selain itu, ada beberapa jasa travel serta transportasi yang akan memfasilitasi keinginanmu ini. Mereka bersedia menyewa kendaraan dan membayar supir untuk bisnisnya. Suatu cara menghasilkan uang yang menarik, bukan?

4. Menjual barang online

Ide bisnis selanjutnya adalah menjual barang online. Sekarang banyak sekali e-commerce, mengapa tidak membuka toko di salah satu atau bahkan semuanya? Dari sini, kamu bisa menjual barang-barang yang kamu punya atau mungkin buat, bila memiliki ketrampilan tertentu seperti melukis, merajut dan lainnya.

Bila tidak memiliki barang ataupun ketrampilan, menjadi reseller juga tidak masalah. Dan, yang terpenting, segalanya bisa dilakukan secara online dan tidak menguras terlalu banyak energi dan waktumu.

5. Freelance di bisnis media

Jago menulis, mengedit, bahkan mampu menerjemahkan? Ada banyak sekali media online yang menyediakan lowongan untuk para pekerja lepas. Jenis pekerjaanya pun sangat beragam, mulai dari menulis konten, mengedit artikel, serta menerjemahkannya.

Untuk penerjemah, bila kamu tidak suka membaca teks-teks panjang, menjadi subber mungkin bisa menjadi pilihan. Subber adalah mereka yang membuat subtitle di setiap drama ataupun film yang kamu sering download. Sangat menyenangkan.

ide bisnis - EKRUT
Membuka katering bisa menjadi ide bisnis bagi kamu yang memiliki hobi memasak - EKRUT

6. Katering

Suka memasak dan rasanya enak? Sudah saatnya untuk mengembangkan ketrampilan di bidang tersebut. Bisnis makanan adalah salah satu yang mudah untuk dilakukan dan tidak berisiko besar.

Cobalah untuk menjual kue atau makananmu ke teman-teman terdekat. Selanjutnya, bila sukses, tantang dirimu untuk membuka toko online hingga restoran. Suatu saat nanti, penghasilanmu ini mungkin akan jauh melebihi gaji kerja kantoranmu.

7. Event Organizer

Banyak sekali orang yang ingin mengadakan acara mulai dari seminar, ulang tahun, konferensi, outbound, pernikahan, dan lainnya. Namun, mereka mungkin terlalu sibuk untuk mencari tempat, membuat jadwal acara, dan sebagainya.

Disinilah, Event Organizer dibutuhkan. Bisnis ini punya peluang sangat besar dan dengan grafik meningkat, apalagi untuk Wedding Organizer. Meski begitu, bisnis ini memang cukup memakan waktu.

Baca juga: Mau kerja online? Coba salah satu profesi berikut ini!

Memiliki penghasilan bahkan bisnis sampingan memang tidak mudah. Kamu harus pintar mengatur waktu dan keuangan. Belum lagi, kamu pun harus cerdas dalam memasarkan bisnismu, baik secara online maupun offline bila ingin sukses.

Maka dari itu, pilihlah bidang bisnis di mana kamu mampu dan menyukainya. Dengan kesabaran dan ketekunan, bukan suatu mustahil kamu bisa memiliki penghasilan, bahkan mungkin secara pasif. Sangat menyenangkan, bukan?

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • penghasilan tambahan
  • finansial
  • karyawan
  • karier
  • ide bisnis
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang