Published on

Careers

Mengenal Good Corporate Governance (GCG) Mulai dari Tujuan, 4 Prinsip, dan Contohnya

Ningtyas Dewanasari Kinasih

Mengenal_Good_Corporate_Governance_(GCG)_Mulai_dari_Tujuan__4_Prinsip__dan_Contohnya.jpg

Dalam dunia bisnis, menjaga hubungan yang baik dan sehat antara perusahaan dengan stakeholder merupakan suatu bentuk tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh pebisnis. Hal tersebut tentunya menyangkut dengan keberlangsungan dari bisnis itu sendiri.

Nah, konsep bisnis good corporate governance akan membantu kamu untuk mengontrol kebutuhan dari berbagai stakeholder yang beragam. Mempelajari konsep ini secara efektif akan membantu kamu menerapkan prinsip-prinsip penting dalam strategi tata kelola perusahaan. Agar kamu dapat menerapkan konsep bisnis good corporate governance dengan tepat, ketahui pengertian, tujuan, prinsip, dan contohnya berikut ini.

Apa itu good corporate governance (GCG)?


Good corporate governance adalah berbagai peraturan yang menyangkut pengelolaan perusahaan. (Sumber: Pexels)

Corporate governance atau tata kelola perusahaan adalah kerangka peraturan dan prosedur yang menentukan bagaimana dewan direksi atau BOD mengelola perusahaan. Hal itu mencakup mengarahkan dan mengendalikan perusahaan, serta menyeimbangkan kebutuhan berbagai stakeholder.

Dilansir dari managementstudyguide.com, good corporate governance berarti proses pemberian informasi dilakukan secara terbuka, akurat, serta transparan kepada regulator dan pemegang saham, juga masyarakat umum mengenai keuangan, operasional, dan aspek penting lainnya dalam perusahaan.

Tata kelola perusahaan yang baik juga melibatkan penyelesaian konflik yang terjadi antara stakeholder dan memastikan perusahaan dikelola dengan baik, yang mana proses, prosedur, dan kebijakan dilakukan sesuai dengan prinsip. Dapat dikatakan, corporate governance mencakup prinsip hak dan perlakuan yang adil terhadap pemegang saham dan mempraktikan perilaku bisnis yang menjunjung integritas.

Baca juga: Shareholder: Pengertian, 5 Peran, Jenis, dan Berbagai Hak

Tujuan good corporate governance (GCG)


Salah satu tujuan GCG adalah mendapatkan kepercayaan stakeholder. (Sumber: Pexels)

Good corporate governance akan membantu perusahaan membangun kepercayaan dengan investor dan masyarakat. Tentunya tata kelola perusahaan yang baik akan mempromosikan kelayakan finansial dan menciptakan peluang investasi jangka panjang bagi para pelaku pasar. Kunci utamanya adalah mengkomunikasikannya dengan transparan dan akurat.

Tata kelola pada perusahaan sangatlah penting sebagai tempat diciptakannya sistem aturan dan praktik yang menentukan operasional perusahaan dan menyelaraskan kepentingan seluruh stakeholder. Konsep tersebut juga penting untuk membantu perusahaan beroperasi di bawah sistem tanggung jawab dan transparan.

Sistem tersebut akan berguna untuk menghindari masalah hukum yang mungkin terjadi karena penipuan, korupsi, dan mismanagement. Tata kelola yang efektif dapat pula membantu perusahaan mempertahankan reputasi positif. Menggunakan good corporate governance untuk membangun hubungan yang transparan dengan para pemangku kepentingan, perusahaan kamu dapat menempatkan diri pada posisi yang positif untuk pertumbuhan finansial.

Baca juga: Bisnis plan: Tujuan dan 6 Panduan Lengkap Membuat Proposal

4 Prinsip good corporate governance (GCG)


Transparan adalah salah satu prinsip penting good corporate governance. (Sumber: Pexels)

Sebelum menerapkan good corporate governance yang tepat, penting untuk kamu mengetahui prinsipnya terlebih dahulu. Adapun empat prinsip tata kelola perusahaan yang baik, antara lain sebagai berikut.

1. Akuntabilitas

Perusahaan dengan tata kelola yang baik bertanggung jawab kepada stakeholder internal dan eksternal. Nah, untuk dapat memasukkan prinsip ini dalam tata kelola perusahaan, ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Dewan perusahaan dapat melakukan komunikasi secara teratur dengan stakeholder
  • BOD dapat memberikan penilaian risiko reguler sebagai inisiatif perusahaan
  • Direksi membuat aturan untuk pelaporan sistem kontrol internal, seperti pergerakan ketersediaan produk

2. Transparansi

Salah satu elemen penting dalam good corporate governance adalah transparansi. Prinsip ini membantu meningkatkan kepercayaan di antara pemangku kepentingan dalam perusahaan. BOD dapat memasukkan transparansi dalam kebijakan tata kelola dengan melakukan audit, merilis laporan pendapatan dan keuntungan, juga memberikan informasi terkait aktivitas yang dilakukan.

3. Keadilan

Good corporate governance harus meliputi unsur-unsur keadilan dalam seluruh kebijakannya. Hal tersebut dapat diartikan perusahaan harus memperlakukan semua stakeholder dengan sama rata. Prinsip ini juga harus diperluas ke dalam komunitas perusahaan, pemerintah, dan karyawan.

4. Tanggung jawab

Good corporate governance dapat menjelaskan tingkat tanggung jawab kepada dewan direksinya. Sebagai contoh, apabila BOD memiliki wewenang untuk menunjuk kepala eksekutif, tata kelola dapat menentukan wewenang, dan tanggung jawabnya dalam perusahaan.

Baca juga: Apa itu model bisnis? Berikut pengertian, manfaat, dan 10 jenisnya

Contoh good corporate governance (GCG) 


Bank Mandiri menerapkan GCG dengan memberikan keterbukaan informasi. (Sumber: Pexels)

Salah satu contoh perusahaan yang menerapkan good corporate governance adalah Bank Mandiri. Penerapan GCG di Bank Mandiri sesuai dengan pedoman tata kelola perusahaan yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Struktur dan infrastruktur tata kelola dari Bank Mandiri diharapkan menghasilkan hasil yang sesuai dengan harapan stakeholder.

Proses pelaksanaan good corporate governance Bank Mandiri dalam pertanggung jawaban kepada pemegang saham dan stakeholder, juga termasuk Penilaian efektivitas pelaksanaan GCG. Mandiri memberikan keterbukaan informasi, mulai dari berbagai kebijakan hingga laporan tahunan. Outcome atau hasil dari penerapan prinsip GCG pada Bank Mandiri dalam aktivitas operasional perusahaan juga dapat diakses dengan mudah, mencakup laporan tata kelola perusahaan, dan penilaian tata kelola.

Good corporate governance yang tepat dan transparan akan mengarahkan perusahaan untuk membuat berbagai keputusan yang menguntungkan semua stakeholder. Selain itu, dapat menempatkan perusahaan menjadi pilihan yang menarik bagi investor. GCG yang buruk dapat menyebabkan kegagalan dalam perusahaan dan seringkali mengakibatkan bangkrut.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • indeed.com
  • bankmandiri.co.id
  • managementstudyguide.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video