Published on

Technology

Apa itu Google Slides? Kenali Pengertian, 5 Kegunaan, hingga Cara Menggunakannya

Lita Lia

H1-Apa_itu_Google_Slide_Kenali_Pengertian__Kegunaan__hingga_Cara_Menggunakannya.jpg

Google Slides adalah salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat presentasi. Meski aplikasi ini tidak sepopuler Microsoft PowerPoint, tetapi ada banyak hal seru dan berguna ketika membuat presentasi dengan Google Slides. Untuk lebih jelas seperti apa aplikasi ini, berikut ulasan selengkapnya.

Baca juga: 5 Cara Membuat PowerPoint di HP dengan Praktis Beserta Panduan Lengkapnya

Apa itu Google Slides?


Google Slides adalah aplikasi serupa PowerPoint (Sumber: Pexels)

Google Slides adalah aplikasi buatan Google yang dibuat mirip seperti PowerPoint. Seperti Google Docs yang mirip dengan Microsoft Word. Fungsi utama aplikasi ini mirip seperti PowerPoint dimana kamu bisa membuat bahan presentasi dengan sangat mudah. Kamu bisa menambahkan video, audio, dan juga gambar. Menambahkan GIF juga bisa kamu lakukan.

Berbeda dengan PowerPoint yang berbayar, maka Google Slides tersedia secara gratis. Yang kamu butuhkan hanyalah akun Google dan koneksi internet. Selain itu, kelebihan lain Google Slides ada pada kompatibilitasnya. Aplikasi ini bisa kamu gunakan baik di PC maupun Mac. Bahkan bisa pula di HP dengan platform Android dan iOS.

Baca juga: 10 Background PPT keren dan gratis 2022 agar lebih profesional

5 Kegunaan Google Slides


Google Slides bisa membantu kamu membuat presentasi dengan mudah dan keren (Sumber: Pexels)

Secara umum kegunaan Google Slides adalah untuk membuat bahan presentasi, sama seperti yang bisa dilakukan oleh PowerPoint. Selain itu, masih ada beberapa kegunaan lainnya, yaitu:

1. Membagikan bahan presentasi secara online

Tak hanya membuat bahan presentasi, tetapi kamu juga bisa membagikan presentasi yang kamu buat secara online. Bisa kamu bagikan melalui media sosial ataupun ke situs web kamu.

2. Membuat timeline di Google Slides

Agar presentasi kamu berjalan dengan lancar dan sesuai dengan waktu yang ditentukan, kamu bisa pula membuat timeline menggunakan Google Slides. Bisa dikatakan, Google Slides adalah aplikasi yang lengkap untuk hal yang satu ini.

3. Bekerja sebagai tim

Google Slides adalah aplikasi yang sangat membantu kamu untuk bekerja sebagai kesatuan tim, sebab aplikasi ini bisa menentukan tingkat akses untuk setiap pengguna. Ada yang hanya bisa sebatas melihat, tetapi ada pula yang sampai mengedit.

4. Membuat bahan presentasi

Tentu saja kegunaan utama Google Slides adalah membuat bahan presentasi. Karenanya, kamu bisa menggunakan aplikasi ini baik untuk membuat template, menambahkan gambar, video, teks, dan lain sebagainya.

5. Menambahkan video ke Google Slides

Google Slides adalah aplikasi yang menyenangkan untuk membuat bahan presentasi. Kamu bisa menambahkan video ke dalam bahan presentasi kamu, sehingga bahan presentasi yang kamu buat jadi lebih menyenangkan untuk audiens.

Baca juga: 8 Aplikasi presentasi terbaik selain PowerPoint di tahun 2022

Fitur-fitur Google Slides


Fitur dalam Google Slides membantu kamu membuat presentasi (Sumber: Pexels)

Ada banyak fitur yang bisa kamu temukan di Google Slides. Beberapa fitur Google Slides adalah:

1. Mengkonversi PowerPoint ke Google Slides

Jika kamu sudah terbiasa menggunakan PowerPoint dan ingin pindah ke Google Slides, maka kamu bisa mengkonversikannya. Kamu juga bisa langsung mengunggahnya ke Google Drive.

Google Slides juga menyediakan fitur penyimpanan file dalam berbagai format. Termasuk menyimpan file Google Drive ke file PowerPoint, PDF, atau format file lainnya. Cukup Buka File > Download, dan pilih salah satu format penyimpanan.

2. Menggunakan Google Slides secara offline

Pada dasarnya, Google Slides adalah aplikasi online, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa menggunakannya secara offline. Kamu bisa mengakses dan mengedit file secara offline, dan ketika terhubung ke internet, file akan disinkronisasikan. Caranya klik File > Make available offline.

3. Berkolaborasi di Google Slides

Salah satu keunggulan utama Google Slides dibandingkan Microsoft PowerPoint adalah kolaborasi tim secara langsung. Kamu dapat membagikan Google Slides dari Google Drive dan mengundang rekan kerja melalui akun Google. Kamu dapat mengontrol tingkat akses yang dimiliki setiap orang, apakah hanya dapat melihat atau mengedit presentasi.

4. Tersedia riwayat (history)

Karena Google Slides berbasis cloud, secara otomatis menyimpan apa yang telah kamu kerjakan. Melalui fitur Version History kamu bisa melacak setiap perubahan, waktu pembuatannya, dan siapa yang membuatnya. Caranya buka File > Version History.

5. Tema bawaan

Sama seperti PowerPoint, Google Slides juga menyediakan berbagai pilihan tema, latar belakang, warna, dan font. Kamu bisa menggunakannya tanpa perlu download terlebih dahulu. Selain itu, Google Slides juga memungkinkan kamu untuk membuat animasi dan transisi untuk mempercantik presentasi, menambahkan daftar nomor dan simbol, hingga memeriksa ejaan dalam teks presentasi.

Baca juga: Elevator pitch: begini penjelasan dan cara menguasainya

Cara menggunakan Google Slides


Google Slides bisa kamu gunakan dengan sangat mudah (Sumber: Pexels)

Google Slides adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Slides dengan klik di sini.
  • Pilih Blank jika ingin membuat file baru.
  • Setelah itu, gunakan seperti kamu memakai PowerPoint. Kamu bisa menambahkan berbagai media di dalamnya, termasuk teks, gambar, garis, hingga video.
  • Atur susunan slide dan tambahkan animasi maupun transisi.
  • File akan tersimpan secara otomatis. Jika kamu ingin berbagi dengan pengguna lain, cukup klik Bagikan. Jangan lupa atur apakah pengguna lain hanya dapat melihat, berkomentar, atau juga sebagai editor.

Baca juga: 5 Tips membuat konten yang viral

Itulah informasi mengenai Google Slides. Sekarang membuat presentasi akan semakin mudah dan menyenangkan, bukan?

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • lifewire.com
  • fauxsaics.com
  • tutsplus.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Bedanya_Port_HTTPS_dengan_HTTP_yang_Perlu_Diketahui.jpg

    Technology

    Bedanya Port HTTPS dengan HTTP yang Perlu Diketahui!

    Anisa Sekarningrum

    04 July 2022
    5 min read
    H1_Gamification.jpg

    Technology

    Gamification: Definisi, Elemen, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

    Algonz D.B. Raharja

    04 July 2022
    5 min read
    h1.jpg

    Technology

    Cache Adalah: Definisi, Manfaat, Kekurangan, dan Jenisnya

    Tio Derma

    04 July 2022
    6 min read

    Video