Technology

7 Benefit Google Terjemahan yang Penting untuk Kamu Ketahui

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1_google_terjemahan.jpg

Google Translate atau Google Terjemahan adalah sebuah tool atau aplikasi penerjemah yang diberikan oleh Google untuk memudahkan penggunanya. Google Terjemahan merupakan tool penerjemah yang sangat populer dan banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia.

Google Terjemahan dapat menerjemahkan bahasa hanya dengan hitungan beberapa menit saja. Selain itu, dapat menerjemahkan cukup banyak kata dalam satu kolom sekaligus. Penggunaannya pun tidak dipungut biaya alias gratis. Selain itu, dapat diakses menggunakan browser atau aplikasi di smartphone. Nah, berikut ini adalah benefit Google Terjemahan yang penting untuk kamu ketahui.

Baca juga: Google Assistant luncurkan fitur penerjemah real time

Sejarah Google Terjemahan hingga kini


sejarah google terjemahan hingga kini. (sumber: pexels)

Pembuatan Google Terjemahan ini berawal dari Sergey Brin yang merupakan salah satu pendiri Google yang pada saat itu menerima surat dari seorang fans dengan bahasa Korea, dimana ia dan orang-orang terdekatnya tidak mengerti bahasa tersebut.

Kemudian Brin menerjemahkan surat itu melalui mesin penerjemah yang ia punya, lalu menghasilkan terjemahan berikut: “The sliced raw fish shoes it wishes. Google green onion thing!”, berangkat dari situ, ia terinspirasi untuk membuat mesin penerjemah yang andal, sehingga lahirlah Google Terjemahan.

Walaupun masih terdapat banyak kekurangan dalam penerjemahan kalimat, namun Google Terjemahan sudah cukup sukses dalam memberikan layanan penerjemah secara online. Google terus mengembangkan Google Terjemahan hingga saat ini sudah mampu terintegrasi secara langsung dengan produk Google lainnya, salah satunya Google Pixel Buds.

Baca juga: 10+ Aplikasi translate bahasa terbaik selain Google Translate

7 Benefit Google Terjemahan


benefit google terjemahan. (sumber: pexels)

Berikut ini benefit Google Terjemahan yang penting untuk kamu ketahui.

1. Tersedia banyak bahasa

Google Terjemahan memiliki banyak pilihan bahasa yang bisa digunakan penggunanya. Bahkan, Google Terjemahan juga menyediakan beberapa bahasa daerah seperti Jawa dan Sunda di Indonesia. Selain itu, ada fitur otomatis yang dapat memprediksi bahasa dari kalimat yang tidak kita ketahui.

2. Menerjemahkan lewat link

Sebuah dokumen atau artikel online yang ada di internet dapat diterjemahkan dengan mudah dengan cara menggunakan link pada blog atau artikel yang ingin diterjemahkan. Penggunaannya pun tidak perlu repot mengetik setiap kata, cukup copy-paste link dari artikel atau dokumen yang ingin diterjemahkan atau langsung mengubah pengaturan dari Google Chrome.

3. Menerjemahkan lewat gambar

Kamu juga dapat menerjemahkan sebuah gambar yang di dalamnya terdapat teks yang tidak dimengerti. Cukup dengan memotretnya, maka Google Terjemahan akan menampilkan terjemahan sesuai dengan bahasa yang kamu pilih.

Baca juga: 15 Aplikasi Translate Inggris-Indonesia Terbaik untuk Android dan iOS

4. Support suara atau audio

Saat ini, Google Terjemahan sudah dilengkapi fitur perekam suara. Sehingga kamu hanya perlu mengucapkan kata yang ingin diterjemahkan, kemudian Google Terjemahan akan menganalisis dan kemudian menerjemahkannya ke dalam bahasa yang kamu pilih.

Caranya, kamu bisa mengaktifkan mode pengeja dengan mengklik gambar speaker suara yang ada di kolom bawah Google Terjemahan. Maka, otomatis teks yang ditulis akan terdengar ejaan dari speaker Google Terjemahan. Fitur ini juga memudahkan pengguna yang ingin belajar cara pengucapan bahasa asing yang benar.

5. Punya banyak fitur

Manfaat lain yang dimiliki Google Terjemahan, yaitu punya banyak fitur seperti penggunaan mode offline, penerjemah suara, camera translator, transcribe, dan fitur lainnya yang sangat berguna dan berbeda dari penerjemah lainnya.

6. Translate kalimat cukup dengan sekali tap

Pilih teks yang kamu inginkan, maka Google Terjemahan akan menampilkan pop-upTap to Translate”.

7. Memperkaya kosakata

Kata atau kalimat yang telah selesai diterjemahkan di Google Terjemahan, akan menampilkan beberapa informasi seperti contoh-contoh kalimat dan sinonim. Pengguna dapat mengklik rekomendasi kata atau kalimat di Google Terjemahan tersebut, sehingga pengguna akan memperoleh kosakata baru.

Baca juga: Cara mengaktifkan dan menggunakan Google Voice

Itulah informasi mengenai benefit Google Terjemahan yang penting untuk kamu ketahui. Sekarang, menerjemahkan kata atau kalimat sudah semakin mudah, bukan? Semoga dapat bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • makeuseof.com
  • pcworld.com
  • kompas.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video