Published on

Technology

10+ Aplikasi translate bahasa terbaik selain Google Translate

Sherentina Rhany K

aplikasi_translate.jpg

Jaman sekarang banyak orang yang gemar berkunjung sekedar untuk berlibur atau untuk keperluan pekerjaan ke luar negeri. Namun, tidak semua orang fasih berbahasa asing dengan baik, maka dari itu adanya aplikasi translate bahasa dapat membantu orang-orang agar lebih mudah untuk berinteraksi atau berkomunikasi. 

Simak ulasan berikut untuk mengetahui apa saja rekomendasi aplikasi translate bahasa terbaik yang dapat kamu gunakan.

Penggunaan aplikasi translate untuk kebutuhan pekerjaan

Aplikasi translate alternatif dari Google Translate
Google translate bukanlah satu-satunya aplikasi translate yang dapat kamu temui. (Sumber; Pexels)

Aplikasi Google Translate termasuk ke dalam aplikasi translate yang dipercaya orang-orang dapat membantu aktivitas belajar maupun pekerjaannya. Namun, Google Translate juga memiliki kelemahan yang dapat membuat penggunanya kebingungan, yaitu bahasa yang diterjemahkan terkadang kurang pas hingga tidak masuk akal, sehingga kamu perlu mengetahui aplikasi translate lainnya yang dapat menjadi alternatif pilihan dengan keunggulan fitur masing-masing.

Baca juga: 7 Aplikasi to do list ini bantu kamu jadi lebih produktif

10+ Aplikasi translate bahasa terbaik selain Google Translate

10+ Aplikasi translate bahasa terbaik selain Google Translate
Kini telah tersedia lebih dari 10 aplikasi translate selain Google Translate. (Sumber: Pexels)

Berikut ini merupakan rekomendasi aplikasi translate bahasa terbaik yang dapat membantu aktivitas kamu.

1. Microsoft Translator

Rekomendasi aplikasi translate pertama yaitu Microsoft Translator. Aplikasi ini didirikan oleh Microsoft pada tahun 2009. Seiring dengan perkembangannya, mulai pertengahan tahun 2020 aplikasi ini mampu menerjemahkan 90 macam bahasa berbeda. Keunggulan yang dimiliki adalah aplikasi ini mampu diakses tanpa terhubung dengan internet (offline), namun belum semua bahasa dapat diakses secara offline. Selain itu terdapat fitur conversation dimana kamu dapat melakukan percakapan langsung dengan orang lain menggunakan aplikasi ini.

2. iTranslate

iTranslate
Aplikasi translate iTranslate mampu menerjemahkan lebih dari 100 bahasa. (Sumber: macsources.com)

Selanjutnya terdapat aplikasi translate bernama iTranslate. Aplikasi ini memiliki fitur yang tidak kalah dengan Google Translate. Aplikasi ini mampu menerjemahkan kurang lebih 100 macam bahasa, serta terdapat fitur share yang dapat kamu gunakan untuk berbagi hasil translate kepada teman atau kerabat. Dengan aplikasi ini kamu mampu merekam audio secara langsung atau menggunakan voice mode untuk diterjemahkan, lalu juga terdapat verb conjugation. Namun, untuk dapat menikmati fitur ini kamu perlu berlangganan terlebih dahulu.

3. Linguee

Linguee tercatat sebagai aplikasi translate bahasa yang cukup ngetren di kalangan pengguna Android, hal tersebut diukur dari banyaknya jumlah pengguna yang mengunduh Linguee di Google Play Store. Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis tanpa ada iklan. Selain itu fitur yang dimiliki diantaranya terdapat fitur audio, dapat diakses secara offline, hingga terdapat fitur ‘contoh kalimat’ yang dapat memudahkan kamu untuk memilih kata yang paling sesuai.

Baca juga: Kenali super app dan beberapa contohnya

4. Babylon Translator

Dilansir dari CNN, Babylon merupakan aplikasi translate yang telah berdiri sejak 2002 dan kini telah memiliki lebih dari 1.500 glosarium dan kamus berbagai bahasa. Selain itu aplikasi translate ini dapat menerjemahkan kurang lebih 77 bahasa berbeda. Keunggulan yang dimiliki aplikasi ini yaitu mampu menerjemahkan dokumen Ms. Office tanpa merubah format aslinya.

5. Reverso Translation

Reverso Translation
Aplikasi translate Reverso memiliki keunggulan yang tidak dimiliki Google Translate. (Sumber: apple.com)

Menurut thegorbalsla, jika dibandingkan dengan Google Translate, Reverso tidak memiliki jumlah bahasa sebanyak Google Translate, namun Reverso lebih diuntungkan dalam aspek ketepatan menerjemahkan kata per kata sehingga akan sesuai dengan konteks kalimat yang diterjemahkan.

Baca juga: Content writer, ini 7 aplikasi menulis terbaik di tahun 2021

6. TripLingo Translator

TripLingo Translator
Kamu dapat mengetahui nilai kurs mata uang dengan aplikasi translate TripLingo. (Sumber: play.google.com)

Aplikasi translate TripLingo tersedia dalam versi berbayar dengan banyak fitur menarik yang dapat kamu gunakan. Diantaranya fitur flashcards serta kuis yang berguna untuk memudahkan kamu mengerti bahasa tersebut. Lalu fitur currency converter, di sini kamu bisa mengetahui nilai kurs mata uang asing. Selanjutnya, di TripLingo tidak hanya terdapat bahasa umum biasa, di sini kamu juga bisa menerjemahkan dan belajar bahasa slang yang kerap digunakan orang-orang asing. Fitur tersebut dapat kamu gunakan dengan harga Rp45.000,-.

7. Memsource

Selanjutnya, terdapat aplikasi translate Memsource yang dapat kamu unduh dengan harga mulai dari Rp300.000,-. Memsource hadir dalam dua versi, yaitu desktop-based dan cloud-based. Selain itu, aplikasi translate ini lebih cocok digunakan dalam pengerjaan proyek standar biasa.

8. Yandex Translate

Aplikasi translate keluaran Rusia ini dapat dikatakan lebih unggul dari Google Translate dilihat dari aspek jumlah karakter. Yandex mampu mencakup hingga 10.000 karakter, di mana jumlah ini dua kali lipat lebih besar dari cakupan milik Google Translate. Fitur unggulan milik Yandex yaitu kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk menerjemahkan suatu dokumen atau gambar dengan cara mengunggahnya seperti biasa.

Di samping keunggulan tersebut, aplikasi ini memiliki kekurangan dimana Yandex kurang mampu menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia dengan benar, sehingga terdapat bahasa tertentu yang hanya akan ditulis ulang pada kolom hasil terjemahan.

Baca juga: 6 aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik

9. Bing Translator

Bing Translator
Bing Translator memiliki kesamaan batas karakter dengan Google Translate. (Sumber: news.softpedia.com)

Bing Translator merupakan aplikasi translate yang memiliki fitur lebih sederhana jika dibandingkan dengan aplikasi translate lainnya. Meski begitu, aplikasi translate ini mampu menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dengan hasil yang cukup akurat. Batas karakter yang dimiliki Bing sama dengan batas karakter Google Translate, yaitu sejumlah 5.000 karakter.

10. Waygo

Waygo termasuk aplikasi translate yang dapat kamu gunakan dalam mode offline, dimana hal ini sangat memudahkan aktivitas kamu ketika sedang berada di luar jangkauan internet. Fitur unggulan yang terdapat dalam aplikasi ini yaitu fitur kamera, dimana kamu cukup mengarahkan kamera ke arah kata atau kalimat yang ingin kamu terjemahkan. Lalu hasil terjemahan akan langsung muncul.

11. SayHi

SayHi
SayHi merupakan aplikasi translate yang cocok digunakan ketika sedang mengobrol dengan orang asing secara langsung. (Sumber: amazon.com)

Aplikasi translate SayHi merupakan aplikasi translate yang dapat kamu gunakan cukup dengan merekam suara, dengan cara menekan tombol mikrofon yang ada pada tampilan. Sehingga aplikasi ini akan sangat memudahkan kamu ketika sedang berbicara langsung dengan orang asing. SayHi mampu membantu kamu dengan pilihan berbagai bahasa hingga 90 macam bahasa atau dan dialek. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini pada smartphone iOS maupun Android.

12. Easy Language Translator

Aplikasi translate ini cocok untuk kamu yang masih belum mengerti penggunaan suatu kata dalam kalimat, karena aplikasi ini akan membantu kamu dengan memunculkan contoh kalimat yang ada. Meskipun memiliki bentuk tampilan yang sederhana, aplikasi ini mampu menerjemahkan bahasa melalui suara yang kamu katakan.

Baca juga: 8 Rekomendasi aplikasi data mining terbaik

Sekian beberapa pilihan alternatif yang dapat kamu gunakan, semoga dengan ulasan di atas dapat membantu jalannya aktivitas yang sedang kamu lakukan. Nah, jika kamu sedang berfokus untuk mengembangkan karier dan berminat untuk bekerja di perusahaan yang dapat mewujudkan impianmu, kamu bisa mendaftarkan diri melalui EKRUT dan segera temukan karier impianmu.

Dapatkan juga berbagai tips and insight menarik untuk pengembangan karier kamu melalui YouTube EKRUTtv, salah satunya “Tren pertumbuhan Artificial Intelligence chatbot di Indonesia” di bawah ini.

sign up EKRUT

Sumber:

  • cnnindonesia
  • thegorbalsla
  • ubixlo
  • urbandigital
  • xamux
  • timelope
  • seon
  • kelasteknologi

Tags

Share