Technology

15 Aplikasi Translate Inggris-Indonesia Terbaik untuk Android dan iOS

Published on
Min read
8 min read
time-icon
Algonz D.B. Raharja

A passionate ecological researcher and writer who loved to learn about SEO and content writing for marketing purposes

H1_Aplikasi_Translate_Inggris-Indonesia.jpg

Kebutuhan untuk translasi bahasa dari Inggris ke Indonesia menjadi hal yang kini tak bisa kita elakkan lagi. Era teknologi dan informasi ini secara langsung membuka jalan untuk relasi global lewat internet. Keberadaan aplikasi translate Inggris-Indonesia menjadi penting bagi para pelajar, mahasiswa/mahasiswi, pekerja, maupun para freelancer yang memiliki proyek atau klien dari luar negeri.

Sebelum era teknologi informasi yang seluas sekarang, hubungan antara kita dengan dunia global amat terbatas. Namun, sekarang seolah dunia dapat dilipat dalam beberapa inci lewat ponsel maupun laptop. Oleh karena itu, betapa pentingnya aplikasi translate Inggris-Indonesia untuk menunjang komunikasi kita dengan berbagai orang di belahan dunia. Berikut ini adalah 15 aplikasi translate Inggris-Indonesia yang bisa kamu unduh secara gratis maupun berbayar dan dapat digunakan untuk mempermudah proses belajar maupun pekerjaanmu.

Baca juga: 10+ Aplikasi Translate Bahasa Terbaik Selain Google Translate

1. Google Translate


Google Translate merupakan aplikasi translate Inggris-Indonesia paling populer yang digunakan (Sumber: 1000logos.net)

Google Translate merupakan aplikasi translate Inggris-Indonesia yang umum diketahui dan digunakan. Aplikasi translate Inggris-Indonesia yang dirilis Google ini tidak hanya memiliki kemampuan translasi dalam bahasa Inggris-Indonesia dan sebaliknya, tetapi juga memiliki bahasa-bahasa lain dari berbagai belahan dunia. 

Kamu bisa mengunduh Google Translate lewat tautan berikut untuk Android dan iOS.

2. Microsoft Translator

Microsoft Translator merupakan aplikasi translate Inggris-Indonesia yang dirilis oleh Microsoft Corp. Aplikasi translate Inggris-Indonesia ini memiliki cakupan lebih dari 70 bahasa dan bisa menerjemahkan teks, suara, percakapan, foto kamera, dan tangkapan layar.

Kamu bisa mengunduh Microsoft Translator lewat tautan berikut untuk Android dan iOS.

3. Day Translations


Day Translations merupakan aplikasi translate Inggris-Indonesia yang memiliki penerjemah pribadi (Sumber: Google Play)

Day Translations merupakan aplikasi translate Inggris-Indonesia yang bisa membantumu melakukan terjemahan instan atau menghubungi penerjemah fisik lewat aplikasi untuk menghasilkan terjemahan kontekstual. Selain itu, aplikasi translate Inggris-Indonesia ini pun bisa langsung digunakan untuk menerjemahkan kata-kata yang diucapkan seperti juru bahasa pribadi.

Kamu bisa mengunduh Day Translations lewat tautan berikut untuk Android dan iOS.

Baca juga: 10+ Aplikasi Translate Bahasa Terbaik Selain Google Translate

4. SayHi

Salah satu aplikasi translate Inggris-Indonesia yang populer adalah SayHi. Aplikasi translate Inggris-Indonesia ini umum digunakan untuk menerjemahkan suara baik itu dengan bahasa formal maupun informal. Selain itu, SayHi juga mendukung beberapa bahasa dan aksara atau karakter untuk menerjemahkan tangkapan kamera.

Kamu bisa mengunduh SayHi lewat tautan berikut untuk Android dan iOS.

5. Linguee

Linguee merupakan kamus multibahasa yang cukup populer dan kuat yang didukung dengan puluhan bahasa. Selain itu, aplikasi translate Inggris-Indonesia ini juga disertai tampilan antarmuka yang menarik dengan dukungan luring, contoh kalimat, pengucapan audio.

Kamu bisa mengunduh Dictionary Linguee lewat tautan berikut ini untuk Android dan iOS.

Baca juga: 7 Benefit Google Terjemahan yang Penting untuk Kamu Ketahui

6. BK Translate

BK Translate merupakan aplikasi translate Inggris-Indonesia yang menerjemahkan berbagai bahasa dengan ketikan, suara, dan tulisan tangan. Aplikasi translate Inggris-Indonesia ini juga didukung dengan berbagai bahasa populer seperti Arab, Jerman, Prancis, dan Spanyol.

Kamu bisa mengunduh BK Translate lewat tautan berikut ini hanya untuk pengguna Google Play Store.

7. Naver Papago


Naver Papago merupakan aplikasi translate Inggris-Indonesia yang cukup populer di Korea Selatan (Sumber: The Korea Herald)

Naver Papago merupakan aplikasi terjemahan yang dirilis oleh Naver dan amat populer di Korea Selatan. Secara umum, aplikasi translate Inggris-Indonesia yang mendukung translasi  ke dalam 13 bahasa. Aplikasi ini dapat menerjemahkan teks, gambar, dan suara dengan terjemahan real-time. Naver Papago dapat digunakan secara luring dan dapat mengenali tulisan.

Kamu bisa mengunduh Naver Papago lewat tautan berikut ini untuk Android dan iOS.

8. Dict Box

Dict Box adalah kamus multibahasa yang mendukung penerjemahan dengan fitur luring secara lengkap. Beberapa fitur utamanya adalah koreksi kata, pengucapan audio, gambar, dan latihan menghafal, serta sinkronisasi lintas perangkat. Dict Box merupakan aplikasi translate Inggris-Indonesia yang juga bisa menggunakan fitur kamera. Namun, beberapa fitur premium hanya bisa dinikmati secara berbayar.

Kamu bisa mengunduh Dict Box lewat tautan berikut ini untuk Android dan iOS.

9. Dict.cc

Dict.cc merupakan aplikasi dan penerjemah multibahasa yang berfungsi untuk kata-kata tunggal. Meski begitu, aplikasi ini dapat digunakan untuk menerjemahkan dua bahasa secara luring lewat saran otomatis, dan pengucapan audio. Dict.cc dapat diunduh gratis dengan seluisan bahasa maupun premium berbayar dengan seluruh koleksi bahasa dan fitur menghapus iklan.

Kamu bisa mengunduh Dict.cc lewat tautan berikut ini untuk Android dan iOS.

10. iTranslate

iTranslate merupakan aplikasi translate Inggris-Indonesia yang dirilis oleh Sonico Mobile. iTranslate dapat membantu kita untuk menerjemahkan situs jejaring, teks, dan kata-kata dari lebih 100 bahasa. Aplikasi ini juga mendukung penerjemahan voice to voice.

Kamu bisa mengunduh iTranslate lewat tautan berikut ini untuk Android dan iOS.

Baca juga: Translator atau Penerjemah: Lingkup Kerja, Skill-set, dan Jenisnya

11. Babylon


Babylon Translation merupakan aplikasi translate Inggris-Indonesia yang bisa digunakan untuk terjemahan dokumen (Sumber: Google Play)

Babylon merupakan aplikasi translate Inggris-Indonesia yang mencakup lebih dari 1.700-an glosarium dan kamus dari sekitar 77 bahasa. Babylon secara teknis menerjemahkan dokumen seperti Microsoft Office.

Kamu bisa mengunduh Babylon Translator lewat tautan berikut ini untuk Android dan iOS.

12. Innovative Apps

Innovative Apps merupakan aplikasi translate Inggris-Indonesia yang dapat digunakan untuk saran otomatis, pengucapan, pencarian suara, sinonim, antonim, dan permainan kata (hafalan). Innovative Apps bisa dinikmati secara gratis dengan iklan dan secara khusus dirilis oleh Google Play Store.

Kamu bisa mengunduh Innovative Apps lewat tautan berikut ini untuk pengguna Google.

13. Klays-Development

Seperti BK Translate, Klays-Development merupakan aplikasi di Google Play yang memiliki kemampuan terjemahan dwibahasa. Aplikasi translate Inggris-Indonesia dapat digunakan dengan berbagai bahasa dengan tampilan antarmuka sederhana. Aplikasi ini dapat menunjang penggunaan input mengetik dan suara untuk kemudian diterjemahkan.

Kamu bisa mengunduh Klays-Development lewat tautan berikut ini untuk pengguna Android dengan harga Rp26.000.

14. TripLingo


TripLingo adalah aplikasi yang tepat untuk profesional atau wisatawan (Sumber: TriplLingo)

TripLingo merupakan aplikasi translate Inggris-Indonesia secara umum amat mendukung pihak-pihak yang sering melakukan percakapan multilingual. Aplikasi ini bisa digunakan oleh pelajar, profesional, dan juga wisatawan. Aplikasi ini menerjemahkan 19 bahasa dan menyediakan ribuan entri dalam 13 bahasa.

Kamu bisa mengunduh TripLingo lewat tautan berikut ini untuk pengguna Android dan iOS.

15. Yandex Translate


Yandex Translate adalah aplikasi penerjemah umum yang dirilis oleh Yandex Rusia (Sumber: Wikimedia)

Yandex merupakan aplikasi translasi seperti Google Translate yang dirilis oleh Yandex Rusia. Secara teknis, Yandex Translate memiliki kinerja yang serupa dengan Google Translate dan memiliki 100-an bahasa untuk menunjang proses penerjemahan.

Kamu bisa mengunduh Yandex Translate lewat tautan berikut ini untuk pengguna Android dan iOS.

Baca juga: Transcriber: Definisi, Tanggung Jawab, Kualifikasi, dan Gaji 2022

Nah, itulah tadi berbagai aplikasi translate Inggris-Indonesia yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan pekerjaanmu sehari-hari. Bagi kamu yang masih sekolah atau berkuliah, aplikasi-aplikasi di atas dapat membantumu untuk mengerjakan tugas maupun kebutuhan lain. Selain itu, kamu yang bekerja sebagai profesional pun bisa menggunakan aplikasi translate Inggris-Indonesia untuk menunjang pekerjaanmu.

Bagi kamu yang kini tengah menyusun langkah untuk membangun karier, EKRUT hadir sebagai rekan profesional terbaik untukmu. Kamu bisa mendaftar lewat EKRUT untuk mendapatkan berbagai informasi terkait pengembangan karier dan juga kesempatan rekrutmen dari berbagai perusahaan di Indonesia. Kamu hanya perlu menyiapkan CV dan portofolio terbaikmu untuk mendapatkan potensi rekrutmen terbaikmu lewat EKRUT. Klik tautan di bawah ini untuk langsung mendaftar lewat EKRUT.

Sumber:

  • cnnindonesia.com
  • daytranslations.com
  • androidauthority.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read

    Video