Media

Harus bagaimana kalau kena PHK?
By Maria Yuniar - 27 July 2018
3 min read 216 Views

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) menjadi salah satu momok yang ditakuti karyawan. Terlebih, untuk mereka yang bekerja pada perusahaan yang sedang menghadapi persoalan finansial. Bagaimana jika perusahaan memang terpaksa merumahkan karyawannya?

Tak hanya kecewa, pasti karyawan merasa kebingungan untuk memncari pekerjaan baru. Untuk mengantisipasi kekecewaan tersebut, ada beberapa tips yang dapat kamu pelajari. Apa saja tipsnya?

 

Berpikir positif

Perasaan kecewa dan putus asa mungkin menghantui karyawan yang mengalami PHK oleh perusahaan tempat bekerja. Namun, cobalah untuk selalu melihat sisi positifnya. Jika harus membandingkan, para karyawan yang dipertahankan belum tentu memiliki kondisi yang lebih baik darimu. Sebab, mereka akan menghadapi tekanan kerja dan tumpukan tugas yang harus dijalankan lebih berat lantaran jumlah pekerja yang berkurang. Kamu bisa terbebas dari tugas ini dan lebih leluasa mencari peluang lain untuk meningkatkan pendapatan dan karier.

 

Manfaatkan uang pesangon

Selanjutnya, manfaatkan uang pesangon dari perusahaan. Kamu bisa memakainya untuk mengembangkan diri, sekaligus dana cadangan di masa transisi sebelum kembali bekerja. Sebagai opsi lain, kamu bisa merintis bisnis dengan pesangon sebagai modalnya. Jadi, pastikan uang pesangon ini kamu manfaatkan dengan terencana.

 

Cari peluang baru

Jangan lupa, kamu pernah menjadi aset berharga perusahaan. Dengan kemampuan dan talentamu, tentu saja kamu bisa mendapatkan peluang lain yang lebih menyejahterakan. Bagaimana caranya? Kamu bisa bergabung dengan talent marketplace EKRUT. Di sana, profilmu bisa dilihat ratusan perusahaan dan startup. Yang penting, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk bergabung dengan talent marketplace ini. Pasti ini akan membantumu mendapatkan pekerjaan, terutama setelah pemasukan berkurang akibat perampingan struktur perusahaan.

 

Tingkatkan kualitas hidup

Ketika berada dalam kondisi terpuruk, kamu mungkin akan meluangkan waktu untuk merenung dan memperbaiki kondisi. Kamu bisa memanfaatkan saat-saat ini untuk meningkatkan kualitas kehidupanmu secara personal, membangun hubungan yang lebih baik dengan keluarga, serta mempersiapkan diri menjalani karier di masa depan. Kamu mesti bersyukur, dengan adanya perumahan karyawan, kamu berarti bisa menata ulang kehidupanmu kembali.

 

Rencanakan karier di masa depan

Kamu bisa memanfaatkan waktu luang sementara ini untuk merencanakan karier di masa depan. Apa sih yang sebenarnya ingin kamu capai? Prioritaskan cita-cita dan minatmu dalam karier. Dengan begitu, kamu nantinya bisa lebih bahagia dalam menjalani pekerjaan. Ini waktumu untuk meraih keseimbangan hidup.

Jadi, kamu tidak perlu merasa putus asa ketika mengalami PHK atau dipecat dari perusahaan. Di masa inilah kamu bisa menikmati waktu untuk diri sendiri, mencari peluang baru dalam karier, dan membangun lagi hubungan dengan keluarga. Cobalah untuk berpikir positif sembari merencanakan karier masa depan.

 

Rekomendasi bacaan:
Benci pekerjaanmu saat ini?
7 tips agar pengajuan cuti kamu disetujui atasan
Google kembangkan software pengganti Android?

 

Referensi:
thebalancecareers.com
moneysmart.id
detik.com
kompas.com
jobsdb.com

Tags:

  • perusahaan
  • karyawan
  • pemecatan
  • pemutusan hubungan kerja
  • PHK
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang