Published on

5 Ide usaha makanan irit modal untuk karyawan

Tsalis Annisa

usaha-makanan-EKRUT.jpg

Menjadi karyawan purna-waktu bukanlah batasan bagi kamu untuk memperoleh penghasilan tambahan. Bila ditilik dengan lebih cermat, peluang usaha yang menguntungkan sebenarnya terbuka begitu lebar di depan mata asalkan kamu mau mengambil langkah untuk mengawalinya.

Mengingat kebutuhan akan pangan yang tidak pernah ada habisnya, usaha makanan bisa menjadi salah satu pilihan yang menjanjikan. Pertanyaan selanjutnya tentu adalah jenis usaha makanan seperti apa yang sebaiknya kamu tekuni, serta bagaimana membuatnya menjadi unik dan berbeda dari kompetitor yang akan terus bermunculan.

Guna menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah 5 pilihan usaha makanan yang bisa kamu tekuni.

1. Roti dan kue

Usaha roti dan kue merupakan salah satu jenis usaha yang tidak pernah sepi peminat. Selain fleksibel karena dapat diolah menjadi berbagai jenis dan bentuk, roti juga sudah sering dikonsumsi sebagai sarapan, camilan, bahkan pengganti makanan pokok bagi mereka yang sibuk di pagi hari.

Sama halnya dengan kue, kedai-kedai dan coffee shop juga masih mengunggulkan makanan manis ini sebagai hidangan utama teman ngopi. Dengan sumber daya dan kemampuan yang memadai, kamu bahkan bisa mengembangkan usaha ini dengan menjual kue ulang tahun yang dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan.

2. Cilok

Beberapa tahun yang lalu, cilok adalah jajanan masa kecil yang hanya dijual di depan bangunan sekolah dengan peminat yang tidak sebanyak sekarang. Saat ini, kamu bisa melihat banyaknya usaha cilok yang kian menjamur. Tidak lagi menjadi jajanan sekolah, cilok kini sudah bertransformasi menjadi jajanan favorit semua kalangan usia.

Usaha ini cocok bila kamu mencari jenis usaha makanan yang bahan bakunya lebih sederhana tanpa proses pengolahan yang lama. Sesuai namanya, cilok terdiri dari adonan sagu yang dibumbui, dibentuk bulat dan dikukus, lalu ditusuk dengan tusukan sate saat disajikan. Agar cilok yang kamu jual menjadi unik, kamu juga bisa mengisinya dengan bahan-bahan berkualitas premium seperti daging sapi cincang atau bahan lainnya.

usaha makanan - EKRUT
Sebagai salah satu camilan favorit, gorengan bisa menjadi pilihan usaha makanan untukmu - EKRUT

3. Gorengan

Gorengan adalah salah satu camilan favorit yang akan selalu diburu orang. Pasalnya, gorengan yang dijual umumnya terdiri dari bahan-bahan yang bervariasi sehingga tidak membuat orang cepat bosan. Rasa yang gurih dan lezat, ditambah sensasi cepat kenyang yang dihasilkannya membuat makanan yang satu ini selalu menjadi juara di antara para pesaingnya.

Modal di awal mungkin akan cukup menguras kocek karena kamu perlu membeli bahan-bahan dan peralatan untuk memasak. Tapi, biaya operasional menjual gorengan biasanya akan menjadi lebih stabil begitu bisnis berjalan. Agar bisnis gorengan kamu laris-manis, cobalah menjual jenis gorengan yang paling diminati orang.

4. Aneka keripik

Mengingat besarnya minat masyarakat terhadap makanan ringan, usaha makanan yang satu ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Kamu bisa membuat keripik dari bahan-bahan yang sudah umum seperti pisang, singkong, dan talas. Atau, kamu juga bisa membuat varian keripik yang lebih unik, misalnya dari buah-buahan yang umumnya dikonsumsi dalam kondisi segar.

Usaha keripik memiliki keunggulan dibandingkan jenis usaha makanan langsung-jadi. Salah satunya adalah umur simpan keripik yang cukup awet sehingga memungkinkan kamu untuk menjualnya secara online. Kamu juga tidak perlu khawatir produk cepat basi atau busuk karena keripik biasanya dapat bertahan hingga berbulan-bulan.

usaha makanan - EKRUT
Tren pola makan sehat yang sedang meningkat bisa menjadi celah bagimu untuk membuka usaha makanan atau minuman sehat - EKRUT

5. Jus Buah

Meningkatnya minat terhadap pola makan sehat membuat banyak pelaku usaha memanfaatkan kesempatan ini dengan menjual produk makanan yang diklaim menyehatkan. Sayangnya, kebanyakan produk-produk ini biasanya dijual dalam rentang harga yang mahal karena bahan bakunya juga tidak banyak ditemukan.

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan menjual produk yang menyehatkan tapi juga murah seperti jus buah. Usaha ini relatif tidak membutuhkan modal besar dan bahan bakunya pun tidak sulit diperoleh jika dibandingkan dengan produk makanan sehat lainnya.

Dengan mesin yang tepat, kualitas jus buah yang kamu jual bahkan bisa melebihi produk jus kemasan di supermarket yang hanya mengandung 30% buah asli.

Merintis usaha makanan membutuhkan kesabaran, konsistensi, dan kreativitas. Keunggulannya, modal yang diperlukan relatif fleksibel sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan kemampuan keuangan. Kamu juga dapat mencoba berbagai jenis produk hingga menemukan apa yang benar-benar diminati masyarakat.

Bila jenis usaha dan minat pembeli sudah sesuai, usaha yang kamu jalani dapat berkembang semakin pesat. Bahkan, tidak mustahil rasanya untuk membuka cabang dan semakin melebarkan sayap sebagai seorang wirausahawan. Jadi, usaha makanan apa yang menjadi pilihanmu?

Jika kamu masih ingin mengumpulkan modal untuk membuka usaha makanan yang kamu impikan, namun penghasilanmu saat ini masih belum mumpuni, mungkin inilah saatnya kamu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Selamat mencoba!

usaha makanan - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Tags

Share