Published on

Technology

9 Cara Daftar Shopee Food untuk Merchant di Tahun 2022

Sylvia Rheny

9_Cara_Daftar_Shopee_Food_untuk_Merchant_di_Tahun_2022.png

Jika sebelumnya kamu mengenal Shopee sebagai e-commerce untuk jual beli barang, kini Shopee telah melebarkan bisnisnya ke bidang kuliner dan memiliki fitur baru bernama Shopee Food. Apa itu Shopee Food dan bagaimana cara daftar Shopee Food untuk merchant? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Shopee Food?


Cara daftar Shopee Food terkini dapat dilihat di Pusat Bantuan Shopee. (Sumber: Shutterstock)

Bersumber dari laman resminya, Shopee Food adalah layanan pesan antar makanan yang dapat kamu gunakan melalui aplikasi Shopee. Meskipun belum lama dirilis, namun Shopee Food telah memiliki ratusan ribu pilihan merchant. Jika kamu sebelumnya pernah menggunakan layanan sejenis seperti Grab Food atau GoFood, maka kamu tidak akan asing dengan layanan baru yang diusung oleh Shopee ini. Selama wilayah kamu berada sudah masuk ke dalam jangkauan Shopee Food, maka kamu bisa memesan makanan dari merchant-merchant yang kamu inginkan selama masih dalam area jangkauan.

Baca juga: Shopee diguyur investasi Rp 8 triliun

Syarat dan ketentuan daftar Shopee Food


Persyaratan cara daftar Shopee Food dibedakan antara perorangan dan badan hukum. (Sumber: Shutterstock)

Untuk menjadi merchant Shopee Food, kamu perlu tahu syarat dan ketentuan dari bagian cara daftar Shopee Food. Persyaratan ini dibedakan antara bisnis perorangan atau individual dan bisnis yang telah terdaftar di badan hukum. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Persyaratan daftar Shopee Food bagi individual/bisnis perorangan

Beberapa persyaratan cara daftar Shopee Food bagi bisnis perorangan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  • Kartu identitas berupa KTP atau KITAS
  • NPWPD
  • SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak)
  • Foto buku tabungan pribadi

2. Persyaratan daftar Shopee Food bagi bisnis yang telah terdaftar di badan hukum

Beberapa persyaratan cara daftar Shopee Food bagi bisnis yang telah terdaftar di badan hukum yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  • Kartu identitas berupa KTP atau KITAS
  • NPWP
  • SIUP atau TDUP
  • TDP atau NB
  • Akta pendirian usaha
  • Surat keterangan domisili
  • Foto buku tabungan aktif

Baca juga: Grab dan Shopee akhirnya kantongi lisensi digital banking

9 Cara daftar Shopee Food untuk merchant F&B


Cara daftar Shopee Food untuk merchant F&B. (Sumber: Shutterstock)

Nah, setelah mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan di atas, selanjutnya kamu dapat mengikuti 9 cara daftar Shopee Food di bawah ini!

1. Isi formulir pendaftaran Shopee Food

Cara daftar Shopee Food yang pertama adalah mengisi formulir pendaftaran melalui link ini. Ini adalah cara awal untuk memulai pendaftaran merchant. Jangan lupa untuk memastikan bahwa lokasi merchant yang akan didaftarkan telah masuk area layanan Shopee Food di sini. Apabila lokasi merchant sudah masuk area layanan Shopee Food, maka kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.

2. Isi nama merchant, pemilik, alamat email, dan nomor telepon

Cara daftar Shopee Food selanjutnya adalah mengisikan nama merchant, nama pemilik, alamat email, dan nomor telepon. Untuk nama pemilik, tuliskan nama sesuai yang tercantum di KTP. Sedangkan untuk alamat email dan nomor ponsel, pastikan data yang kamu isikan masih aktif atau bisa dihubungi.

3. Isi detail informasi alamat merchant

Proses cara daftar Shopee Food selanjutnya adalah mengisikan informasi tentang lokasi merchant. Namun, sebelum mengisi form alamat tersebut, kamu harus memilih sumber dari mana kamu tahu informasi halaman pendaftaran merchant Shopee Food ini. Selanjutnya, kamu bisa mulai mengisi detail informasi terkait lokasi alamat merchant. Pastikan informasi terkait alamat ini ditulis secara lengkap mulai dari nomor rumah, RT, RW, kelurahan, kecamatan, hingga provinsi.

4. Isi informasi bentuk badan usaha dan formulir registrasi merchant

Setelah mengisikan alamat merchant, cara daftar Shopee Food selanjutnya adalah memilih jenis bentuk badan usaha dan mengisi formulir registrasi merchant yang bisa di download melalui link https://bit.ly/3il78Qw. Setelah mengisi formulir tersebut, kamu bisa pilih “Klik untuk meng-upload” dan mengunggah formulir registrasi merchant yang telah kamu isi.

5. Isi dan upload surat perjanjian kerja sama dan lembar informasi merchant

Berikutnya, cara daftar Shopee Food adalah dengan mengisi dan mengunggah surat perjanjian kerja sama dan lembar informasi merchant. Surat perjanjian kerja sama dapat kamu download dari link https://bit.ly/3Jgcttm sedangkan untuk lembar informasi merchant bisa kamu download melalui https://bit.ly/3uDHVwb.

Setelah download keduanya, kamu bisa mengisinya. Untuk surat perjanjian kerja sama, kamu perlu membubuhkan tanda tangan. Setelah lengkap, simpan file tersebut dalam format PDF dan ukuran maksimal 25 MB. Sedangkan untuk lembar informasi merchant, setelah selesai mengisinya, kamu dapat menyimpannya dalam format XLS atau XLSX dengan ukuran maksimal 25 MB.

6. Unggah foto KTP

Langkah cara daftar Shopee Food berikutnya adalah dengan mengunggah foto KTP milik pihak yang tercantum di formulir registrasi merchant. Pastikan foto KTP asli tersebut diambil dengan kamera, berformat JPEG/JPG/PNG/PDF dengan ukuran maksimal 25 MB, foto jernih, tidak terpotong, dan informasi dalam KTP dapat dibaca.

7. Unggah foto halaman depan buku tabungan

Selain foto KTP, cara daftar Shopee Food selanjutnya adalah dengan mengunggah foto halaman depan buku tabungan. Pastikan foto halaman depan buku tabungan diambil dengan kamera, memiliki format JPEG/JPG/PNG/PDF dan berukuran maksimal 25 MB, selain itu pastikan juga nama pemilik buku tabungan sama dengan nama pemilik KTP yang diunggah. Jangan lupa foto halaman depan buku rekening tabungan harus memuat nama, nomor rekening, dan nama/logo bank.

8. Unggah foto-foto menu dan merchant tampak depan

Cara daftar Shopee Food bisa dilanjutkan dengan mengunggah foto-foto menu dan merchant tampak depan. Format foto menu sama seperti foto-foto sebelumnya, yaitu dalam format JPEG/JPG/PNG dan maksimal berukuran 25 MB. Nama foto juga diganti sesuai dengan nama menu. Jangan lupa untuk cek ketentuan kebijakan menu dan konten Shopee Food melalui link https://bit.ly/3HDe1xp.

Sedangkan untuk foto merchant, pastikan diambil dengan kamera dan bukan olahan desain atau sebagainya, berformat JPEG/JPG/PNG/PDF, ukuran maksimal 25 MB, foto jernih, tidak terpotong, dan menampilkan keseluruhan kondisi merchant.

9. Centang deklarasi persetujuan merchant

Langkah pada cara daftar Shopee Food yang terakhir adalah dengan mencentang deklarasi persetujuan merchant yang menyatakan persetujuan terhadap segala syarat dan ketentuan yang telah diatur dan juga pernyataan pertanggung jawaban sepenuhnya terhadap kebenaran data yang diserahkan oleh pihak merchant kepada Shopee. Setelah mencentang bagian ini, selanjutnya kamu dapat memilih tombol kirim yang terletak pada akhir halaman.

Baca juga: Dukung pelaku UMKM, Grab luncurkan Grab Merchant

Apakah daftar merchant Shopee Food memerlukan biaya?


Biaya pendaftaran merchant Shopee Food. (Sumber: Shutterstock)

Untuk mendaftar merchant Shopee Food sampai saat ini tidak dikenakan biaya apapun. Namun, untuk kedepannya setelah diterima sebagai merchant, Shopee Food akan menerapkan komisi sebesar 20% per menu kepada merchant. Perlu diingat bahwa biaya atau komisi yang diterapkan ini mungkin berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan terbaru dari pihak Shopee.

Baca juga: Jangan salah, ini perbedaan marketplace dan ecommerce

Berapa lama proses pendaftaran merchant Shopee Food?


Waktu yang diperlukan dalam pendaftaran merchant Shopee Food. (Sumber: Shutterstock)

Tim Shopee Food akan melakukan pengecekan dokumen yang kamu kirimkan. Jika dokumen telah lengkap dan sesuai, tim Shopee Food akan melanjutkan proses pendaftaran. Estimasi waktu pengerjaan hingga merchant aktif di Shopee Food paling lama 20 hari kerja dari hari dokumen kelengkapan diterima oleh Tim Shopee Food.

Baca juga: Ini 5 daftar marketplace paling unggul 2021 di Indonesia

Sekian penjelasan tentang cara daftar merchant Shopee Food, semoga bermanfaat! Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • Shopee
  • Kompas
  • Kumparan

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video