Published on

Careers

15 Ide kerja sampingan online tanpa modal yang dapat diwujudkan

Tsalis Annisa

ide-kerja-sampingan-online-EKRUT.jpg

Uang tambahan bisa menjadi hal yang menggiurkan dan dibutuhkan oleh siapa saja. Salah satu cara terkini dalam mendapatkan uang tambahan adalah dengan mengerjakan kerja sampingan online. Cara ini diketahui dapat dikerjakan dari rumah dan tidak terlalu mengekang sehingga tidak akan mengganggu kegiatanmu.

Menjalankan kerja sampingan online dapat menjadi seseram dan semenarik kelihatannya. Kamu dapat mengerjakan hal ini tanpa perlu keluar dari pekerjaan penuh waktu atau berhenti sekolah. Selama ide kerja sampingan online dapat kamu kerjakan dengan baik, tidak ada yang perlu kamu khawatirkan. Berikut ini adalah ide bisnis sampingan yang dapat dikerjakan secara online yang menarik untuk kamu ketahui. 

Pertimbangan menjalankan kerja sampingan online

Pertimbangan menjalankan kerja sampingan online
Kerja sampingan online tidak hanya menambah penghasilan tapi juga pengalaman - EKRUT

Melakukan kerja sampingan online tentu memiliki beberapa keuntungan untuk kamu. Tidak hanya menambah penghasilan, kamu juga bisa menambah pengalaman bahkan relasi lewat kerja sampingan online. Selain menambah pengalaman, kerja sampingan online juga akan menambah softskill diri kamu seperti time management misalnya, karena saat melakukan kerja sampingan online kamu perlu mengatur waktu kamu sebaik mungkin agar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat namun tetap mendapatkan bayaran yang utuh. 

Kamu juga bisa menambah keterampilan seperti skill menulis, memasak, fotografi, penerjemah, bahkan skill berjualan secara online. Namun kamu juga harus memperhatikan hal-hal seperti disiplin dan tepat waktu saat menyelesaikan pekerjaan yang diberikan, jujur dalam bekerja, mudah dihubungi, dll sehingga mereka yang memberikan kamu kerja sampingan online dapat merasa tenang dan memberikan kepercayaan kepada kamu agar perjanjian kerja dapat berlangsung lama. 

Baca juga: Ide kerja online dari rumah dan tips mendapatkannya 

15 Ide kerja sampingan online tanpa modal yang dapat diwujudkan

15 Ide kerja sampingan online tanpa modal yang dapat diwujudkan
Kerja sampingan online sebagai penulis lepas dengan jam kerja fleksibel - EKRUT

Berikut ini adalah ide kerja sampingan online menarik yang bisa kamu kerjakan untuk menambah pengalaman dan penghasilan. 

1. Penulis lepas

ide kerja sampingan online - EKRUT
Bayaran freelance writer biasa dihitung dari jumlah dan jenis tulisan - EKRUT

Menjadi penulis lepas adalah salah satu pekerjaan sampingan yang dapat kamu lakukan secara online dan dikerjakan dari mana saja. Biasanya, bayaran dari penulis lepas dihitung berdasarkan berapa banyak tulisan yang bisa dikerjakan dan jenis tulisannya.

Meski demikian, biasanya tetap ada kontrak jelas yang dapat membantumu sebagai penulis lepas untuk mengetahui berapa kira-kira uang yang akan kamu dapatkan nantinya. Kontrak ini dapat disiapkan olehmu ataupun klien sendiri yang menyiapkannya.

2. Menjadi dropshipper

ide kerja sampingan online - EKRUT
Dropship adalah bisnis yang dapat dilakukan dengan tanpa modal - EKRUT

Menjadi dropshipper merupakan salah satu peluang bisnis online yang sedang sangat digandrungi saat ini. Sebab, hal ini memungkinkan kamu berjualan barang tanpa perlu memiliki modal dan juga tanpa perlu repot mengirimkannya. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah melakukan pemesanan ulang pada toko asli yang menjual barang. Jadi, dapat dikatakan pekerjaan satu ini cukup mudah dan bisa dikerjakan di mana saja, kan

Baca juga: 6 Cara menjadi dropshipper yang bisa kamu coba

3. Freelance desain grafis


ide kerja sampingan online - EKRUT
Freelance desain grafis bisa menjadi salah satu ide kerja sampingan online yang dapat meningkatkan penghasilanmu - EKRUT

Pekerjaan ini membutuhkan jam terbang dan pengalaman di bidang pembuatan desain grafis. Sebab, untuk menjadi seorang freelancer desain grafis kamu perlu portfolio yang dapat meyakinkan calon klien. Jadi, jika kamu memiliki kemampuan desain grafis, mulai kini perbanyaklah portfolio yang kamu miliki untuk meningkatkan citra diri dan mendapat lebih banyak klien.

4. Data entry

ide kerja sampingan online - EKRUT
Kamu butuh ketelitian ekstra untuk menjadi seorang data entry - EKRUT

Menjadi seorang data entry juga dapat dijadikan pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah. Sebab, kini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan orang yang dapat memasukkan data yang mereka miliki ke dalam sistem perusahaan. Pekerjaan ini memang terdengar mudah, namun perlu kehati-hatian dan ketelitian dalam melakukannya. Selain itu, untuk menjadi seorang data entry kamu tidak memerlukan pengalaman apa-apa. Pekerjaan ini sangat mudah dan bahkan dapat dikerjakan oleh siapa saja asalkan mampu menggunakan komputer untuk memasukkan data.

5. Menjadi influencer media sosial

ide kerja sampingan online - EKRUT
Banyak brand bekerja sama dengan micro influencer untuk mempromosikan produk mereka - EKRUT

Kini, menjadi populer semakin mudah berkat kehadiran media sosial. Untuk menjadi salah satu orang populer yang dikenal sebagai influencer kini tidak hanya harus jago bernyanyi atau berakting. Dengan media sosial, kamu dapat menjadi terkenal karena gaya busana, hingga kemampuan masakmu. Hal tersebut menciptakan peluang kerja baru yang dapat dikerjakan dari manapun. Menjadi influencer media sosial merupakan salah satu pekerjaan baru yang cukup menjanjikan sebab kamu dapat melakukan monetisasi pada setiap produk yang ingin mengiklankan diri di laman media sosialmu.

6. Fotografer 

ide kerja sampingan online EKRUT 
Menjual hasil foto di situs online seperti Shutterstock, Adobe Stock bisa menjadi alternatif mendapatkan penghasilan - EKRUT

Ide kerja sampingan online lainnya yang bisa kamu coba yakni dengan menjadi fotografer. Bila kamu suka memotret pemandangan kota ataupun produk misalnya, kamu dapat mencoba memublikasikan foto kamu tersebut di koran atau situs online yang menjual berbagai macam foto. Beberapa contoh situs online tersebut seperti Shutterstock, iStockphoto, Adobe Stock, Foap, Crestock dan sebagainya. Dengan menjual foto mu ini kemungkinan kamu akan dapat menghasilkan uang dari foto-foto yang kamu jual atau taruh di situs tersebut.  

7. Menjadi blogger 

ide kerja sampingan online - EKRUT
Kamu bisa mendapatkan passive income dari blog dengan  memanfaatkan Google Adsense - EKRUT

Ya, kamu bisa menggunakan blog sebagai ide pekerjaan sampingan yang menghasilkan penghasilan tambahan. Dengan membuat blog yang berkualitas kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan, affiliate marketing hingga peluang kerja sama dengan brand-brand yang membutuhkan jasa blogger untuk mempromosikan produk mereka. 

Baca juga: Ini 7 ide bisnis untuk karyawan yang mudah dan bermodal kecil

8. Menjadi penerjemah

Gunakan keahlianmu dalam menguasai bahasa asing untuk menjadi seorang penerjemah, karena banyak sekali yang mencari jasa penerjemah bahasa asing seperti bahasa Inggris, Cina, Korea, Jepang, Jerman, Prancis, dll. Menjadi penerjemah online adalah salah satu kerja sampingan online yang paling diminati, karena beban kerjanya tergolong ringan hingga sedang. Jika kamu bisa mengelola waktu dengan baik dalam mengerjakan terjemahan, kamu bisa mendapatkan banyak pemasukan dalam waktu singkat.  

Data yang diterjemahkan bervariasi mulai dari artikel website, novel online, subtitle film, hingga berkas legal.

9. Melakukan transkrip

Untuk kamu yang jago mengetik dengan cepat, pendengaran yang baik dan memiliki fokus yang tinggi, menjadi seorang transcriber mungkin kerja sampingan online yang cocok untukmu. Jika kamu bisa melakukan transkrip dengan cepat, kamu mungkin bisa meraih penghasilan tinggi dari pekerjaan ini, karena semakin cepat kamu menyelesaikan sebuah transkrip dokumen, semakin banyak dokumen yang bisa kamu kerjakan dan semakin banyak penghasilan yang bisa kamu dapat.

10. Menjadi pengisi suara

Apakah kamu percaya diri dengan intonasi suara kamu? Coba peruntungan kamu dengan menjadi seorang pengisi suara (voice over). Kamu mungkin tidak harus memiliki suara yang bagus, tapi jika kamu berlatih vokal dengan baik dan melatih intonasi kamu, mungkin kamu bisa menjadi seorang voice over yang dicari banyak orang. 

11. Proofreader atau Editor

Menjadi seorang proofreader membutuhkan fokus yang tinggi dan mata yang jeli. Kamu juga butuh kemampuan pengkoreksian yang baik. Seorang editor biasanya bertugas untuk mengedit konten dan melakukan pengecekan dari typo, tanda baca, gaya bahasa, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), serta keakuratan konten. 

12. Mengelola akun media sosial 

Jika kamu merasa pintar dalam mengelola akun media sosial dan punya cukup pengetahuan dasar mengenai digital marketing dan media sosial, kamu bisa menawarkan jasa mengelola akun Instagram atau Facebook dengan harga terjangkau, contohnya kepada produk UMKM. Misalnya untuk Instagram, kamu bisa menawarkan jasa posting di feed atau story, editing dasar untuk aset visual atau gambar yang akan diposting, beserta jasa admin akun Instagram tersebut. Kamu bisa menawarkan jasa kamu ini dari mulut ke mulut atau mencari klien yang membutuhkan lewat website pekerjaan freelance seperti situs sribulancer. 

13. Photo dan video editor

Untuk kamu yang memiliki bakat di bidang editing foto dan video, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan online menjadi seorang photo dan video editor. Tidak perlu modal kamera mahal, hanya butuh laptop dan software untuk bisa memulai bisnis jasa edit foto dan video kamu sendiri. Mengenai harga, kamu bisa menyesuaikan dengan klien dan permintaan yang datang. 

14. Tutor online

Kamu tidak perlu mengenyam pendidikan sebagai guru untuk menjadi tutor online. Dengan pengalaman atau keahlian dalam mata pelajaran tertentu, tutor online mungkin bisa menjadi pilihan untuk kamu. Kamu juga bisa terhubung dengan siswa di seluruh dunia setelah bergabung dengan layanan yang mempekerjakan tutor atau menawarkan layanan mandiri untuk memberikan tutor online.

15. Menjual barang tidak terpakai secara online

Hal termudah yang bisa kamu kerjakan untuk melakukan pekerjaan sampingan online adalah menjual barang milikmu yang sudah tidak terpakai secara online. Tidak hanya decluttering barang-barangmu yang sudah tidak terpakai, kamu juga bisa mendapat penghasilan dari kegiatan ini. Jika nantinya kamu merasa pekerjaan jual-beli barang ini cocok untukmu, kamu mungkin bisa mulai berpikir untuk membuka toko online dan menjual produk kamu sendiri. 

Baca juga: 12 Pekerjaan freelance yang paling banyak dicari

Untuk kamu yang sudah banyak menjalankan kerja sampingan online, mungkin kini saatnya kamu mendaftarkan dirimu menjadi talent di EKRUT, agar kamu bisa direkrut perusahaan-perusahaan besar. Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai.

Demikianlah 15 ide kerja sampingan online yang dapat kamu kerjakan di mana saja untuk mendapatkan uang tambahan. Semoga dengan daftar ide di atas dapat membantumu untuk memulai pekerjaan sampingan yang menguntungkan, ya!

ide kerja sampingan online - EKRUT
Last update: 5 Juli 2021

Sumber: 

  • theworkathomewoman.com
  • hostinger.com
  • oberlo.com

Tags

Share