Published on

Careers

IMC (Integrated Marketing Communication): Pengertian, Manfaat, hingga Contohnya

Sartika Nuralifah

H1_IMC_(Integrated_Marketing_Communication)_Pengertian__Manfaat_Hingga_Contohnya.jpg

Pernah mendengar istilah IMC atau Integrated Marketing Communication? IMC adalah salah satu strategi yang digunakan untuk memastikan brand communication selaras dengan konsumen di berbagai saluran pemasaran. Melalui strategi IMC, perusahaan akan menciptakan sebuah customer experience yang lebih baik. Strategi ini dinilai paling efektif dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya karena dapat menarik minat pasar. Ingin tahu informasi mengenai IMC (Integrated Marketing Communication) lebih dalam lagi? Yuk, simak terus artikel ini.

Apa itu IMC (Integrated Marketing Communication)?


IMC merupakan salah satu strategi marketing. Sumber: Pexels

IMC atau Integrated Marketing Communications adalah sebuah proses untuk menyatukan beberapa elemen dalam komunikasi pemasaran. Misalnya seperti hubungan masyarakat, media sosial, analisis audiens, prinsip pengembangan bisnis, dan periklanan. Elemen tersebut disatukan disatukan menjadi identitas merek di seluruh saluran media yang berbeda. Dengan begitu, IMC  memungkinkan organisasi atau bisnis memberikan pengalaman konsumen yang menarik untuk produk dan layanan yang perusahaan sediakan.

Baca juga: Tugas Marketing Executive, Kualifikasi, Gaji, Jenjang Karier

Manfaat IMC (Integrated Marketing Communication)


IMC dapat membantu meningkatkan penjualan produk. Sumber: Pexels

IMC atau Integrated Marketing Communications memiliki beberapa manfaat. Berikut beberapa manfaat dari IMC.

  • IMC dapat bermanfaat untuk membangun sebuah merek
  • Umumnya IMC menggunakan marketing mix yang tepat, sehingga dapat membantu meningkatkan efektivitas kampanye yang dibuat perusahaan
  • Memperkuat saluran lainnya. Jika IMC dilakukan dengan benar, maka saluran dalam bidang lainnya akan lebih kuat. Hal ini bermanfaat untuk membantu pertumbuhan perusahaan
  • IMC bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness

Baca juga: Kenali experiential marketing untuk tingkatkan brand loyalty

Proses penerapan IMC (Integrated Marketing Communication)


Proses menerapkan IMC. Sumber: Pexels

Proses penerapan IMC terdiri dari beberapa tahap. Berikut beberapa tahap dalam penerapan IMC.

1. Melakukan analisis situasi dan kondisi

Hal yang pertama dapat kamu lakukan untuk memulai proses penerapan IMC adalah dengan melakukan analisis situasi dan kondisi pasar. Kamu harus melakukan analisis terhadap peluang, risiko, kekuatan, kelemahan dari keadaan pasar yang akan menjadi target perusahaan.

2. Mencari tahu tentang target pasar

Tahap kedua adalah mencari tahu tentang target pasar. Dalam proses penerapan IMC, kamu harus mencari tahu perilaku dan kebiasaan yang dilakukan oleh para konsumen. Bahkan saat tahap analisis target pasar kamu juga harus memperhatikan segmentasi.

3. Menentukan tujuan dari IMC

Jika telah melakukan dua tahapan sebelumnya, yang selanjutnya perlu kamu lakukan adalah menentukan tujuan dari IMC yang akan kamu lakukan. Pada tahap ini, kamu harus memikirkan proses dan tujuan komunikasi pada setiap tahapan. Misalnya, tujuan yang ingin kamu capai adalah meningkatkan penjualan. Maka, setelah menentukan tujuan, strategi yang akan kamu terapkan akan lebih terfokus.

4. Susun anggaran untuk penerapan IMC

Tahap selanjutnya adalah menyusun anggaran untuk penerapan IMC. Apakah IMC akan diterapkan dengan modal yang sudah ada sejak awal atau melihat biaya sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Kamu juga perlu untuk mempertimbangkan banyak hal seperti tingkat pertumbuhan perusahaan dan kondisi finansial dari perusahaan kamu.

5. Kombinasikan IMC dengan marketing mix

Walaupun kamu menerapkan IMC, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu dapat menggabungkan dengan metode marketing mix. Kombinasi strategi ini biasanya menghasilkan output yang cenderung lebih baik. Tidak heran jika beberapa perusahaan memilih untuk menggunakan strategi kombinasi.

Baca juga: 7 Strategi Affiliate Marketing yang Efektif untuk Diterapkan di Tahun 2022

Media IMC (Integrated Marketing Communication)


IMC dapat diterapkan dalam berbagai media, salah satunya adalah iklan. Sumber: Pexels

Strategi IMC (Integrated Marketing Communication) dapat dilakukan melalui berbagai media. Berikut beberapa media yang biasanya digunakan untuk menerapkan IMC.

1. Iklan

Media pertama yang umumnya digunakan dalam penerapan IMC adalah iklan. Dalam iklan biasanya akan ditunjukan suatu kelebihan produk dibanding dengan produk lainnya. Iklan pada dasarnya akan memberikan pengetahuan kepada konsumen terkait merek yang sedang dipromosikan. Dengan menggunakan strategi IMC, promosi dengan menggunakan iklan akan memberi kesan pada konsumen serta keingintahuan konsumen terhadap produk-produk yang dipromosikan.

2. Event marketing

IMC dapat diterapkan pada sebuah event marketing. Misalnya, jika merek kamu membuat acara atau bekerjasama melalui sponsorship produk dari merek tersebut akan dipromosikan dalam acara tersebut. Bila terdapat bintang tamu, maka bintang tamu juga dapat membantu untuk mempromosikan produk dari merek kamu sehingga audiens lebih tertarik dengan produk-produk tersebut.

3. Direct selling

Melalui direct selling, kamu akan memasarkan produk secara langsung kepada konsumen dan menunjukkan kelebihan yang dimiliki oleh produk yang kamu promosikan. Cara ini juga termasuk ke dalam penerapan hard selling.

4. Sales promotion

Salah satu contoh media penerapan IMC yang terakhir adalah dengan sales promotion. Kamu dapat memberikan diskon atau bonus kepada konsumen yang membeli produk yang kamu tawarkan. Dengan media ini, minat konsumen untuk membeli biasanya akan meningkat. Konsumen pun tidak segan untuk merekomendasikan produk kamu kepada orang-orang terdekatnya.

Baca juga: 7 Strategi Market Penetration dan Manfaatnya untuk Perkembangan Bisnis

Contoh penerapan IMC (Integrated Marketing Communication)


Contoh penerapan IMC pada Sephora. Sumber: Pexels

IMC (Integrated Marketing Communication) adalah salah satu strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan sebuah pengalaman terbaik bagi para konsumen dan audiensnya. Berikut beberapa contoh perusahaan yang melakukan penerapan strategi IMC.

1. Sephora

Sephora adalah perusahaan yang cermat dalam memilih logo merek perusahaan mereka. Logo Sephora yang berbentuk huruf “S” berwarna hitam, putih, dan merah ternyata sangat efektif dalam brand communication. Hal tersebut menyebabkan saat para audiens melihat sebuah iklan kosmetik dengan warna hitam dan putih, serta dilengkapi elemen warna merah, secara langsung mereka akan mengetahui bahwa iklan tersebut adalah iklan dari Sephora.

Selain pada iklan, Sephora pun konsisten menerapkan strategi tersebut kepada beberapa hal. Seperti, paper bag Sephora yang didesain menggunakan warna hitam dan putih dengan tali merah. Hal tersebut menjadi salah satu hal sederhana yang dapat diintegrasikan dengan strategi komunikasi.

2. Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu perusahaan software suite SEO. Ahrefs melakukan penerapan IMC yang berfokus pada produk. Cara yang mereka lakukan untuk melakukan strategi ini adalah dengan membuat konten yang membahas produk yang mereka pasarkan. Mereka membuat konten di berbagai platform seperti YouTube, blog, dan berbagai media sosial milik Ahrefs. Secara alami, produk Ahrefs akan menjadi bagian dalam obrolan audiens ketika membahas konten yang dibuat dan disalurkan ke berbagai platform milik Ahrefs.

3. Patagonia

Patagonia merupakan salah satu merek yang mencerminkan nilai inti dalam komunikasi serta tindakannya. Secara terus menerus, Patagonia menunjukkan bahwa merek tersebut peduli dengan bumi dan mengusung sustainability. Salah satu contohnya adalah Patagonia menggugat pemerintahan Presiden Donald Trump untuk mendukung tujuan lingkungan dengan cara menuliskan “Vote The Assholes Out” pada label produk yang dijualnya. Konsistensi dari Patagonia membuat merek tersebut dapat dipercaya konsumen khususnya dalam hal-hal yang mereka perjuangkan.

Baca juga: 9 Tren digital marketing 2022 yang perlu kamu siapkan

Demikian informasi mengenai pengertian, manfaat, dan contoh dari IMC (Integrated Marketing Communication). Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mempelajari dunia marketing.

Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain di EKRUT Media, kamu bisa mendapatkan informasi serta tips menarik dari EKRUT di YouTube EKRUT Official. Yuk, kembangkan kariermu bersama EKRUT! Sign up EKRUT sekarang juga, agar kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang sesuai dengan minat kamu.

Sumber:

  • ahrefs.com
  • inmarketing.id
  • online.purdue.edu
  • mastersincommunication.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-kata-kata-motivasi.jpg

    Lainnya

    25+ Kata-kata Motivasi untuk Penyemangat Diri Sendiri!

    Arin Khurota

    01 July 2022
    7 min read
    H1_10__Rekomendasi_Peralatan_Kantor_Beserta_Fungsinya_yang_Wajib_Kamu_Miliki.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Peralatan Kantor beserta Fungsinya yang Wajib Kamu Miliki

    Farah Reginda

    01 July 2022
    6 min read
    H1_user_experience_adalah.jpg

    Technology

    User Experience: Pengertian, Tujuan, dan 7 Aspek yang Penting dalam Membangunnya

    Alvina Vivian

    01 July 2022
    6 min read

    Video