Technology

Impression: Definisi, Jenis, dan 8 Tips untuk Meningkatkan Impression

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

H1_1._Impression_Definisi__Jenis_dan_8_Tips_Untuk_Meningkatkan_Impression.jpg

Kamu pasti sudah sering mendengar mengenai impression di media sosial seperti Instagram. Apa itu impression? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu impression?


Impression adalah metrik yang digunakan untuk mengukur kualitas konten dalam jumlah tayangan yang muncul - Pexels

Impression adalah matriks yang digunakan untuk mengukur jumlah tampilan iklan digital atau engagement dari sebuah konten. Secara singkat, definisi impression adalah ketika pengguna melihat sebuah iklan, sehingga impression juga sering disebut sebagai tampilan iklan (ad view).

Impression bukan matriks untuk mengukur berapa kali iklan telah diklik oleh seseorang, melainkan berapa kali iklan tersebut ditampilkan di layar pengguna. Dalam praktiknya, impression muncul setiap kali pengguna membuka aplikasi atau situs website dan melihat iklan tersebut muncul di ponsel mereka.

Impression umumnya digunakan untuk mengukur kualitas konten dalam segi jumlah tayangan yang muncul, nilai pay-per-click impression, juga jumlah tayangan dari call-to-action pada website atau content aggregator. Impression sering digunakan oleh perusahaan yang membayar tayangan iklan untuk mengukur performa iklan yang mereka pasang, sehingga mereka dapat melakukan pengeluaran lebih maksimal pada iklan tersebut.

Baca juga: 3 Cara melihat Insight Instagram

Bedanya impression dengan reach


Jumlah impression mungkin saja dua kali lipat dari angka pengikut di Instagram sebuah akun - Pexels

Kedua matriks berikut ini, impression dan reach, sering menjadi ukuran yang dibutuhkan untuk mengukur kualitas konten di Instagram. Beberapa orang masih kesulitan memahami perbedaan antara impression dan reachReach adalah jumlah total orang yang melihat konten yang ditampilkan. Sementara impression adalah jumlah total tampilan dari sebuah konten dan keterlibatan audiens terhadap konten tersebut, baik konten tersebut di klik atau tidak.

Contohnya, kamu memiliki 100 orang pengikut di akun Instagram kamu, maka kamu mungkin akan mendapatkan reach dari 100 orang pengikutmu tersebut. Sedangkan jumlah impression yang kamu dapatkan mungkin saja dua kali lipat dari angka pengikutmu. Sehingga sebuah konten hanya akan mendapatkan satu kali reach dari satu akun, sementara konten tersebut mungkin saja tayang dua kali untuk akun yang sama sehingga nilai impression dari akun tersebut akan lebih tinggi daripada nilai reach.

Reach biasanya digunakan saat kamu ingin fokus menjangkau lebih banyak pengguna. Sementara impression digunakan untuk melihat kualitas konten yang kamu iklankan. Impression akan membantumu menghitung biaya konten yang diperlukan saat memasang iklan di media sosial atau website.

Baca juga: 12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Jenis-jenis impression


Salah satu jenis impression adalah social media impression - Pexels

Beberapa jenis-jenis impression adalah sebagai berikut.

1. Page impression

Page impression adalah tampilan konten yang dihitung setelah sebuah halaman dimuat secara maksimal. Jika internetmu eror dan halaman tidak selesai dimuat maka impression saat itu tidak akan dihitung.

2. Ads impression

Ads impression adalah tampilan konten yang dihitung saat sebuah iklan dimuat pada halaman sebuah website.

3. General impression

General impression adalah penayangan konten dari atas flip (tayangan yang dapat dilihat secara umum).

4. Social media impression

Social media impression adalah tampilan konten pada sebuah media sosial. Penghitungan impression terjadi saat sebuah posting dimuat oleh seorang pengguna media sosial.

5. Advertising impression

Advertising impression adalah jumlah total tampilan konten iklan online ditampilkan di layar seseorang dalam publisher network (jaringan penerbit).

Baca juga: Cara membuat iklan kreatif yang efektif untuk meningkatkan konversi

8 Tips meningkatkan impression pada media sosial


Salah satu cara meningkatkan impression adalah dengan memasang iklan lewat Meta Ads Manager - Pexels

Impression adalah matriks yang digunakan untuk melacak sebuah konten dari waktu ke waktu. Sehingga saat kontenmu memiliki impression yang kecil, kamu perlu memperbaiki konten tersebut. Simak beberapa tips meningkatkan impression berikut ini.

1. Memperbaiki konten

Impression atau jumlah tayangan dapat digunakan untuk mengetahui apakah iklan yang kamu buat sudah mencapai target berdasarkan konten atau keyword yang kamu buat. Cara mengetahui jika ada yang salah dengan kontenmu adalah dengan melihat jumlah impression dan membandingkannya dengan jumlah conversion yang didapat. Jika konten yang kamu buat telah menjangkau banyak orang tapi tidak ada peningkatan follower, like, atau jenis engagement lain, maka mungkin saja kontenmu tidak sesuai target yang ingin dicapai.

2. Buat konten yang menarik

Kamu dapat memperbaiki kontenmu dengan membuatnya menjadi lebih menarik, contohnya dengan membuat konten yang relate dengan branding akunmu sehingga kamu dapat terhubung dengan audiens. Kamu juga dapat meningkatkan impression dengan membuat konten yang berkualitas tinggi dari segi visual seperti video sinematik, audio yang indah, atau sesuatu yang tidak biasa.

Selain membuat konten berkualitas secara visual, kamu juga dapat membuat konten yang menarik agar audiens tertarik untuk melihat konten tersebut lebih dari satu kali. Contohnya seperti membuat konten resep, panduan cara melakukan sesuatu, atau informasi penting.

3. Gunakan semua fitur dan format

Untuk meningkatkan impression di Instagram, kamu perlu mencoba membuat konten di berbagai fitur yang disediakan. Contohnya, di Instagram Story kamu dapat mencoba fitur opinion poll, quiz, filters, live stream, juga story highlight. Kamu juga perlu mengajak pengikutmu untuk menggunakan fitur-fitur Instagram seperti melakukan follow, memberikan komentar, membagikan, dan menyimpan posting.

4. Gunakan geolokasi

Untuk menjangkau lebih banyak pengguna lokal di wilayahmu, cobalah gunakan fitur geolokasi karena banyak pengguna Instagram yang sering mencari sebuah lokasi tertentu melalui hashtag.

5. Gunakan hashtag yang sedang trending

Hashtag adalah salah satu teknik yang paling fungsional dan relevan untuk meningkatkan impression juga pengikut baru. Kamu dapat berpartisipasi lewat hashtag yang sedang trending karena banyak orang yang sedang melihat konten tersebut, sehingga potensimu menaikkan impression akan lebih besar.

6. Posting konten di waktu yang tepat

Melakukan posting konten di waktu yang tepat akan membantu kamu memaksimalkan potensi jangkauan Instagram dan meningkatkan impression. Cobalah untuk mencocokkan waktu posting di waktu pengikut akunmu yang paling aktif.

7. Cobalah untuk menjangkau lebih banyak pengikut secara organik

Instagram adalah media sosial sehingga kamu harus mencoba meningkatkan jejaring sosial dan berinteraksi dengan pengikut akunmu. Contohnya dengan membalas pertanyaan pengguna atau memberikan komentar di akun pengikutmu. Interaksi sosial yang seimbang dengan pengikutmu akan membuat engagement akunmu lebih baik.

8. Pasang iklan

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengiklankan kontenmu. Kamu dapat melakukan set up iklan di Instagram Boost Post atau Meta Ads Manager. Jangan lupa untuk menyiapkan konten terbaik yang akan kamu iklankan.

Baca juga: Engagement Rate Adalah: Pengertian, Pentingnya, Cara Mengukur, dan 5 Tips Meningkatkannya

Cara menghitung impression media sosial


Dua cara menghitung impression adalah menggunakan Cost Per Mille (CPM) dan Click-Through-Rate (CTR) - Pexels

Menghitung tayangan iklan sangat penting untuk melihat bagaimana iklan website diperhitungkan dan dibayar dalam search engine marketing. Beberapa cara menghitung impression adalah sebagai berikut.

1. Cost Per Mile (CPM)

Metode populer untuk membeli iklan adalah dengan jumlah tayangan yang dihasilkan dari sebuah iklan yang umumnya dikenakan biaya per seribu tayangan. Cost Per Mile (CPM) adalah biaya rata-rata yang dikeluarkan setiap iklan dilihat sebanyak 1000 kali. Makin rendah nilai CPM, maka makin baik performa konten yang ditayangkan.

2. Click Through Rate (CTR)

Click Through Rate (CTR) adalah persentase audiens yang melakukan klik konten dibandingkan yang hanya melihat. Matriks ini digunakan untuk menghitung efektivitas kampanye dan tetap membutuhkan jumlah impression yang akurat agar berhasil diukur. Umumnya jika impression tinggi namun CTR rendah, maka audiens yang melihat konten tersebut tidak tertarik untuk melakukan klik atau mencari tahu lebih lanjut mengenai informasi yang ditayangkan. Sehingga kamu perlu melakukan evaluasi konten atau target audiens.

Baca juga: Mengenal apa itu CTR dan cara meningkatkannya

Sekarang kamu sudah mengetahui apa itu impression dan perbedaannya dengan reach. Semoga tips meningkatkan impression di artikel ini dapat membantu meningkatkan impression untuk konten media sosial kamu, ya!

Kamu ingin menjadi seorang digital marketer? Yuk, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • minter.io
  • adjust.com
  • nx3corp.com
  • investopedia.com
  • bigcommerce.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    jenis-strategi-pemasaran-EKRUT.jpg

    jobs

    12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

    Tsalis Annisa

    02 December 2022
    5 min read
    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read

    Video