Published on

Careers

Apa Itu In-Depth Interview? Berikut 3 Karakteristik, Tujuan, Kelemahan-Kelebihan, dan Metodenya!

Gloria Renatha

H1_-_Apa_Itu_In-Depth_Interview__Berikut_Karakteristik__Tujuan__Kelemahan-Kelebihan__dan_Metodenya_(1)_(1).jpg

Untuk mendapatkan informasi, salah satu langkah atau metode yang umum digunakan adalah wawancara. Tidak hanya mendapatkan informasi, dalam proses wawancara kita juga dapat bertukar ide atau pemikiran antara pewawancara dengan responden. Umumnya wawancara dilakukan dengan tujuan sebagai sarana dalam melakukan sebuah penelitian.

Untuk memperoleh hasil informasi yang maksimal, tentunya kita butuh menerapkan teknik serta jenis wawancara yang efektif. Terdapat beragam jenis wawancara, salah satunya adalah in-depth interview. Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui apa itu in-depth interview beserta penjelasannya.

Apa itu in-depth interview?


Pengertian in-depth interview (Sumber : Pexels)

Wawancara mendalam atau in-depth Interview adalah proses memperoleh keterangan dengan cara wawancara tatap muka antara pewawancara dengan responden dengan atau tanpa adanya pedoman wawancara. Teknik wawancara ini dilakukan dengan cara tatap muka antara pewawancara dengan responden.

Umumnya, jenis pertanyaan yang digunakan dalam wawancara in-depth interview adalah pertanyaan terbuka. Jenis pertanyaan ini membuka peluang untuk narasumber mengembangkan informasi yang diberikan. Namun harus diperhatikan juga proses berjalannya wawancara tetap sesuai dengan tujuan wawancara.

Pedoman yang digunakan ini sangat fleksibel, dapat menggunakan pedoman wawancara terstruktur ataupun tidak. Hal ini memudahkan pewawancara untuk mengemas proses wawancara sedemikian mungkin hingga menghasilkan proses wawancara yang efektif.

Baca juga: 7 Hal yang terlarang kamu katakan saat interview

Tujuan melakukan in-depth interview


Tujuan melakukan in-depth interview (Sumber: Pexels)

Umumnya, pewawancara memilih teknik wawancara ini untuk mendapatkan keterangan secara spesifik dalam topik-topik tertentu dari sudut pandang narasumber dengan pertanyaan terbuka. Selain itu, dalam in-depth interview juga dapat menjadi peluang pewawancara untuk mendapatkan informasi-informasi yang bersifat pribadi atau sensitif. Keterkaitan emosi antara pewawancara dengan narasumber juga menjadi tujuan utama dari teknik wawancara ini.

Baca juga: Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

3 Karakteristik in-depth interview


Karakteristik teknik wawancara in-depth interview (Sumber: Pexels)

Teknik wawancara mendalam atau in-depth interview memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan teknik wawancara lainnya. Adapun karakteristik in-depth interview sebagai berikut.

1. Topik wawancara dapat bersifat pribadi/sensitif

Dalam teknik wawancara ini, topik yang ditentukan dapat menyinggung kehidupan pribadi narasumber. Dengan kata lain, topik yang diangkat dalam wawancara ini dapat menyangkut hal-hal sensitif.

2. Menggunakan pertanyaan terbuka

Pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang cenderung dimulai dengan apa, mengapa, bagaimana, atau jelaskan. Pertanyaan terbuka mengajak penjawabnya untuk berpikir dan merenung. Pertanyaan seperti ini umumnya memerlukan jawaban yang lebih panjang. Biasanya tidak ada satu jawaban yang paling benar untuk pertanyaan terbuka.

3. Adanya keterkaitan emosi antara pewawancara dengan narasumber

Seiring berjalannya teknik wawancara ini, keterkaitan emosi antara pewawancara dengan narasumber akan terbangun.

Baca juga: 7 Pertanyaan Interview Backend Developer yang Sering Ditemui

Kelemahan dan kelebihan in-depth interview


Kelemahan dan kelebihan in-depth interview (Sumbe : Pexels)

Dalam masing-masing teknik wawancara, tentunya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Berikut adalah kelemahan serta kelebihan teknik wawancara in-depth interview.

1. Kelemahan

Adanya keterikatan emosi antara pewawancara dengan narasumber. Teknik wawancara mendalam ini memicu adanya keterkaitan emosi antara pihak yang terlibat dalam proses wawancara. Hal ini dapat terjadi karena dipicu oleh topik atau pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara mengandung hal-hal sensitif terkait dengan topik wawancara.

2. Kelebihan

  • Topik wawancara dapat bersifat personal/sensitif. Dalam teknik wawancara ini, pewawancara dapat menentukan topik yang bersifat personal/sensitif. Berbeda dengan teknik wawancara lainnya yang mengharuskan topik wawancara bersifat general.
  • Dapat menggali informasi lebih spesifik. Informasi yang akan didapatkan melalui teknik wawancara ini dapat lebih detail dan mendalam. Pewawancara dapat mengembangkan pertanyaan secara spontan sesuai dengan pembicaraan/respon dari narasumber.
  • Pewawancara dapat memperoleh jawaban yang variatif. Narasumber dapat memberikan jawaban dari tiap pertanyaan secara kompleks dan dapat berekspresi sebebas mungkin.

Baca juga: 10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Metode dalam melakukan in-depth interview


Metode dalam melakukan in-depth interview (Sumber: Pexels)

Metode yang digunakan dalam teknik ini adalah metode kualitatif. Dilansir dari raharja.ac.id, metode penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya, berusaha memahami, dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu menurut perspektif peneliti sendiri.

Metode kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Kemudian, proses dan makna lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Metode ini tidak menggunakan pertanyaan yang rinci, tetapi dimulai dari yang paling umum hingga khusus atau mendetail. Metode kualitatif memperlakukan partisipan sebagai subjek bukan objek sehingga partisipan menganggap dirinya berharga karena informasi dari mereka sangat bermanfaat.

Baca juga: 8 Pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita tahun 2022

Itulah pengertian in-depth interview beserta penjelasannya. Apabila kamu tertarik membaca artikel lainnya, silahkan kunjungi EKRUT Media. Jika kamu ingin mendapatkan informasi lowongan pekerjaan di perusahaan - perusahaan ternama, klik sign up EKRUT sekarang juga. Selain itu kamu juga dapat mengunjungi kanal YouTube EKRUT Official untuk mendapatkan informasi serta tips-tips kerja yang informatif dan menarik.

Sumber:

  • raharja.ac.id
  • qmc.binus.ac.id
  • questionpro.com
  • betterevaluation.org
  • wallacefoundation.org

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Merchandise_Pengertian__Benefit__Jenis__Hingga_Strategi_Merchandise_Marketing.jpg

    Careers

    Merchandise: Pengertian, Benefit, Jenis, dan Strategi Merchandise Marketing

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Lebih_Jauh_Mengenai_Officer_Development_Program_(ODP).jpg

    Careers

    Mengenal Lebih Jauh Mengenai Officer Development Program (ODP) Beserta 5 Tips Suksesnya

    Anisa Sekarningrum

    06 October 2022
    5 min read
    Workshop_adalah_Pengertian__manfaat__3_jenis__dan_perbedaanya_dengan_training.jpg

    Careers

    Definisi Workshop, Manfaat, Jenis, Bedaanya dengan Training

    Sylvia Rheny

    06 October 2022
    7 min read

    Video