Published on

Careers

8 Pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita tahun 2022

Sylvia Rheny

8_Pekerjaan_dengan_gaji_tinggi_untuk_wanita_tahun_2022.jpg

Kesetaraan gender di tempat kerja telah disuarakan sejak lama dan meskipun masih ada kesenjangan upah berdasarkan gender di tempat kerja hingga saat ini, namun persentase kesenjangan itu sudah semakin menyempit dari waktu ke waktu. Wanita memiliki lebih banyak potensi penghasilan daripada sebelumnya dilihat dari peningkatan gaji tahunan rata-rata.

Sangat penting untuk mendukung dan mengadvokasi wanita yang ingin menjadi manajer, memperoleh gelar master, menjadi insinyur, dan mencapai pekerjaan dengan gaji setinggi mungkin. Industri tertentu memiliki posisi yang menawarkan gaji lebih tinggi, yang menempatkan wanita di tempat yang lebih baik untuk karier jangka panjang mereka. Nah, untuk itu, simak peluang pekerjaan dan 8 contoh pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita di bawah ini.

Baca juga: Take home pay: Komponen, cara menghitung, dan 3 contohnya

Peluang pekerjaan saat ini untuk wanita


Banyak peluang pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita. (Sumber: Pexels)

Sekarang ini, tidak sulit bagi wanita untuk mencari pekerjaan yang cocok dan memberikan gaji yang tinggi. Berdasarkan penelitian juga disebutkan bahwa terdapat pekerjaan-pekerjaan yang memang cocok untuk dikerjakan oleh wanita sebab wanita dinilai lebih bisa bertanggung jawab jika menempati posisi tersebut. Peluang pekerjaan untuk wanita saat ini juga tersebar di berbagai bidang seperti teknik, manajemen, kesehatan, hukum, hingga pemerintahan.

Pekerjaan dengan posisi tinggi pun tidak sedikit diisi oleh wanita. Berdasarkan survei oleh McKinsey pada tahun 2021, karyawan dengan manajer wanita mengaku lebih merasa terbantu dalam pekerjaannya dan mendapatkan motivasi. Hal tersebut membuktikan bahwa wanita memiliki kemampuan dan peluang yang tinggi untuk mengisi jabatan tinggi dalam perusahaan.

Baca juga: 7 cara berani untuk meminta kenaikan gaji

8 Pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita tahun 2022


Beberapa pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita tahun 2022. (Sumber: Pexels)

Cara yang bagus untuk memulai karier dengan potensi gaji tinggi adalah dengan mencari tahu apa saja pekerjaan atau profesi berpenghasilan tinggi yang cocok untuk wanita. Pekerjaan terbaik untuk wanita tidak hanya menawarkan potensi penghasilan yang lebih baik daripada kebanyakan, tetapi juga menawarkan prospek karier yang kuat. Nah, berikut ini adalah deretan pekerjaan dengan gaji tinggi dan prospek karier yang baik untuk wanita tahun 2022.

1. Manajer keuangan


Manajer keuangan adalah contoh pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita. (Sumber: Pexels)

Manajer keuangan adalah pekerjaan yang bertanggung jawab atas keuangan perusahaan, bagaimana meningkatkan profit perusahaan dan mempersiapkan laporan keuangan untuk membantu mencapainya. Selain itu, manajer keuangan juga bertugas untuk mengawasi anggaran berbagai departemen dan melakukan manajemen risiko.

Pekerjaan sebagai manajer keuangan ini membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Itulah sebabnya banyak wanita yang mengisi posisi ini karena rata-rata wanita memiliki tingkat ketelitian yang relatif lebih baik dibandingkan laki-laki. Manajer keuangan menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita dengan gaji rata-rata per tahun berkisar dari Rp400 juta hingga Rp650 juta tergantung dari skala perusahaan.

2. Manajer marketing dan sales


Manajer marketing dan sales adalah contoh pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita. (Sumber: Pexels)

Manajer marketing dan sales bertanggung jawab untuk meneliti dan mengembangkan peluang pemasaran serta merencanakan dan menerapkan rencana penjualan baru. Manajer marketing dan sales juga akan mengelola pemasaran dan staf penjualan serta akan melakukan tugas manajerial untuk memenuhi tujuan operasi perusahaan.

Bergantung pada perusahaannya, manajer marketing dan sales juga mengawasi tim penjualan, mengevaluasi rencana pemasaran, atau mengembangkan tujuan penjualan. Manajer marketing dan sales menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita dengan gaji rata-rata per tahun berkisar dari Rp500 juta hingga Rp660 juta tergantung dari skala perusahaan.

3. Pengacara


Pengacara adalah contoh pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita. (Sumber: Pexels)

Pengacara adalah suatu profesi yang bertanggung jawab untuk menasihati dan mewakili klien individu, bisnis, nirlaba, atau organisasi pemerintah tentang masalah hukum atau perselisihan hukum. Syarat untuk menjadi pengacara di Indonesia telah diatur dalam UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat yaitu sarjana yang berlatar belakang pendidikan tinggi hukum dan setelah mengikuti pendidikan khusus profesi Advokat yang dilaksanakan oleh Organisasi Advokat.

Pengacara menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita dengan gaji rata-rata per tahun berkisar dari Rp400 juta hingga Rp600 juta untuk level associate dan apabila mencapai level partner maka kamu bisa memperoleh gaji hingga miliaran rupiah tergantung dari keterampilan, pelatihan, lokasi firma hukum, reputasi dan jenis kasus.

Baca juga: 7 Pekerjaan dengan gaji tinggi di bidang teknologi

4. Manajer HRD


Manajer HRD adalah contoh pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita. (Sumber: Pexels)

Manajer HRD bertanggung jawab untuk merekrut, mewawancarai, dan mempekerjakan anggota baru tim karyawan perusahaan. Selain itu, mereka mungkin terlibat dalam aspek lain dari hubungan karyawan, termasuk penggajian, tunjangan, dan pelatihan. HRD juga harus diperlengkapi untuk menangani konflik di tempat kerja dan siap untuk menyelesaikan perselisihan. Manajer HRD menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita dengan gaji rata-rata per tahun berkisar dari Rp180 juta hingga Rp540 juta tergantung dari skala perusahaan.

5. Software Developer

Software Developer bertanggung jawab membuat dan membantu merancang program komputer. Software Developer melakukan segalanya mulai dari menganalisis kebutuhan pengguna hingga merancang aplikasi dan membantu menulis kode untuk meningkatkan perangkat lunak yang ada. Software Developer ini banyak dibutuhkan oleh setiap perusahaan, lembaga, maupun institusi, terlebih lagi pada tahun 2022 nanti, diperkirakan permintaan kerja untuk posisi ini akan terus meningkat. Meskipun masih didominasi oleh laki-laki, namun tidak sedikit juga wanita yang sukses berkarier di posisi ini.

Salah satu tantangan untuk bekerja sebagai Software Developer adalah diperlukan ketelitian yang tinggi atau detail oriented. Software Developer menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita dengan gaji rata-rata per tahun berkisar dari Rp240 juta hingga Rp500 juta untuk posisi senior.

6. Chemical Engineer

Chemical Engineer adalah sebuah profesi yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan merancang proses manufaktur bahan kimia. Pekerjaan sebagai Chemical Engineer ini banyak dibutuhkan terutama di industri pangan. Chemical Engineer menerapkan prinsip-prinsip kimia, biologi, fisika, dan matematika untuk memecahkan masalah yang melibatkan produksi atau penggunaan bahan kimia, bahan bakar, obat-obatan, makanan, dan banyak produk lainnya. Chemical Engineer menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita dengan gaji rata-rata per tahun berkisar dari Rp280 juta hingga Rp500 juta.

Baca juga: Catat, ini 5 tips ampuh agar kamu naik gaji!

7. Apoteker

Tugas seorang apoteker adalah mengelola dan memberikan obat kepada pasien yang telah menerima resep dari dokternya. Apoteker juga menawarkan saran tentang penggunaan obat. Berbagai tempat kerja yang membutuhkan apoteker antara lain apotek kelontong, drugstore, rumah sakit, laboratorium klinik, hingga research and development pada industri farmasi. 

Untuk meraih gelar profesi Apoteker (Apt) harus melalui dua tahap yakni Sarjana (S.Farm) yang ditempuh selama 4 tahun dan Profesi Apoteker (Apt.) selama 1 tahun. Jadi nantinya gelar anda jika lulus sebagai apoteker menjadi S.Farm, Apt. Apoteker menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita dengan gaji rata-rata per tahun berkisar dari Rp280 juta hingga Rp500 juta.

8. CEO

CEO adalah jabatan tertinggi dalam struktur pejabat korporat (eksekutif) dan posisi ini biasanya ditunjuk oleh dewan direksi sebuah perusahaan. CEO bertanggung jawab untuk merencanakan, mengoordinasikan, dan mengawasi operasi perusahaan. CEO bekerja untuk memastikan bahwa perusahaan mereka memenuhi tujuan mereka. CEO bekerja di berbagai industri sektor publik dan swasta.

Meskipun CEO biasanya mendapatkan gaji tertinggi dari semua posisi manajemen, seorang CEO juga bekerja dengan jam kerja yang sangat panjang dan pada dasarnya bertanggung jawab atas keberhasilan perusahaan mereka. CEO menjadi salah satu pekerjaan dengan tertinggi untuk wanita dengan gaji rata-rata per tahun berkisar dari Rp600 juta hingga milyaran rupiah tergantung dari skala perusahaan.

Baca juga: 10 tips negosiasi gaji yang perlu kamu pertimbangkan

Itulah deretan pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita yang bisa menjadi referensi untuk menentukan fokus kariermu kedepannya. Jika sudah menentukan career plan dan siap untuk mengejar pekerjaan impianmu, sign up sekarang juga melalui EKRUT karena ada banyak peluang kerja yang bisa disesuaikan dengan minatmu. 

Selain melalui artikel-artikel dari EKRUT Media, dapatkan juga berbagai tips & insight menarik untuk pengembangan karier kamu melalui YouTube EKRUT Official.

sign up EKRUT

Sumber:

  • Thebalancescareer
  • Fairygodboss
  • Salaryexpert
  • Collegeconsensus
  • McKinsey

Tags

Share