Careers

10 Jenis Pekerjaan International Sales dan Tips untuk Mendapatkannya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
cover.jpg

Apakah kamu tertarik menjadi seorang international sales? Di dunia pemasaran, sudah pasti international sales adalah sebuah karier yang menjanjikan. Dengan gaji dolar atau mata uang asing lainnya, kamu bisa mendapatkan pengalaman dan memperluas networking di pasar luar negeri. Sepertinya karier international sales sangat cemerlang, kan? Artikel kali ini akan membahas panduan mempersiapkan karier sebagai international sales lengkap dengan jenis dan tipsnya. Mari simak ulasan berikut!

Baca juga: Apa Itu Sales P&L Plan? Simak Pengertian, Manfaat, hingga Contohnya

Apa itu international sales?


International sales mendukung penjualan di pasar asing. (sumber: pexels)

Secara pengertian umum, international sales adalah tim atau individu yang diberikan tugas oleh perusahan multinasional untuk menjalankan operasional penjualan. Terutama, penjualan di pasar domestik dan pasar potensial di seluruh dunia. Keterampilan international sales adalah suatu keahlian dalam memasarkan dan menjual produk atau layanan, menawarkan promo menarik, serta menjalin hubungan dengan mitra dan pelanggan potensial di seluruh dunia sebagai perwakilan perusahaan.

International sales sangat penting sebab perusahaan perlu meningkatkan penjualan sebagai ujung tombak kelangsungan hidup perusahaan. International sales bertanggung jawab untuk menemukan konsumen. Bagi banyak perusahaan yang sedang berkembang, prospek terbaiknya adalah pasar luar negeri. Karena itu, international sales sangat penting untuk menemukan klien maupun pelanggan potensial di pasar asing. International sales sangat diandalkan perusahaan untuk melancarkan penjualan di kancah internasional.

Baca juga: Kenali lebih dalam tentang sales dan 5 jenis pekerjaannya

10 Pekerjaan international sales


International sales memiliki beberapa jenis posisi pekerjaan. (sumber: pexels)

International sales bisa perseorangan maupun tim yang memiliki keahlian di bidang penjualan pasar asing. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan international sales yang bisa membantumu mempersiapkan karier di industri marketing.

1. Spesialis pengembangan bisnis

Seorang spesialis pengembangan bisnis umumnya berperan dalam hal penelitian dan strategi agar bisnis bisa meningkatkan pertumbuhannya. Contohnya seperti membuka cabang baru di lokasi yang tepat, menganalisis data industri, memperluas pasar, membuat produk baru, dan sebagainya.

2. Peneliti pasar

Selanjutnya, jenis international sales adalah peneliti pasar. Ia bertugas untuk menganalisis data pasar dan mempelajari cara menarik pelanggan untuk menghasilkan lebih banyak penjualan. Contohnya membuat kampanye iklan, serta berkolaborasi dengan tim marketing memahami pasar global.

3. Account manager

Peran utama account manager dalam international sales adalah menjalin hubungan yang baik antara pelanggan atau klien agar saling bekerja sama bisnis. Contohnya mencari klien di negara lain, menyampaikan pesan kepada klien sehingga dapat saling memahami dan berkolaborasi.

4. Manajer kemitraan internasional

Dalam international sales, manajer kemitraan internasional mengelola kemitraan bisnis di negara-negara lokasi kantor cabang. Ia bertugas untuk meneliti peluang kemitraan di negara tertentu, berkolaborasi untuk memahami anggaran, serta menegosiasikan kontrak bisnis dalam kemitraan.

5. Spesialis pemasaran

Jenis international sales kelima adalah spesialis pemasaran, yaitu tim marketing yang mendukung penjualan dengan kampanye iklan sesuai audiens target. Umumnya, spesialis pemasaran adalah seorang pakar marketing yang akan mempelajari pasar di berbagai negara untuk meningkatkan penjualan.

6. Spesialis rantai pasokan

Berikutnya, jenis international sales adalah spesialis rantai pasokan yang membantu tim sales untuk menemukan bahan dan produk jadi untuk dijual secara internasional. Contoh tugasnya seperti meneliti pasar, menemukan supplier terbaik, memesan bahan baku, dan sebagainya.

7. Manajer ekspor

Peran utama manajer ekspor dalam international sales adalah memastikan perusahaan bisa mengirimkan produk dari negara asal ke negara tujuan. Manajer ekspor biasanya memahami peraturan bea cukai, perdagangan, serta pengiriman antar negara.

8. Manajer penjualan regional

Manajer penjualan regional dalam international sales bertugas membantu operasional toko atau cabang di lokasi negara tertentu. Biasanya, manajer penjualan regional sangat memahami budaya atau preferensi lokal sehingga membantu kinerja penjualan di wilayah tersebut.

9. Eksekutif penjualan

Seorang eksekutif penjualan adalah jenis international sales yang mewakili perusahaan dalam memutuskan atau membuat kesepakatan dengan perusahaan lain di suatu negara. Eksekutif penjualan bekerja secara internasional untuk menjual produk dalam bisnis global.

10. Manajer urusan regulasi

Manajer urusan regulasi dalam international sales membantu perusahaan memahami peraturan industri di suatu negara. Termasuk regulasi penjualan, aturan pengiriman, serta distribusi produk.

Baca juga: 5 Perbedaan sales dan marketing dalam bisnis perusahaan

Tips untuk dapat bekerja sebagai international sales


Tips sukses berkarier sebagai international sales. (sumber: pexels)

Bagaimana agar bisa mendapatkan international sales? Mari simak tips berikut.

1. Pertimbangkan untuk belajar bahasa asing

Mempelajari bahasa lokal tempat perusahaan beroperasi akan sangat meningkatkan peluang agar kamu bisa direkrut. Perusahaan sangat membutuhkan kandidat yang bisa berkomunikasi dengan mitra bisnis atau pelanggan potensial di belahan dunia lain.

2. Memahami kelebihan diri

Cobalah menentukan apa kekuatan atau kelebihan penjualanmu dan cantumkan dalam surat lamaran atau ketika wawancara agar menciptakan kesan positif. Misalnya, kamu punya keterampilan komunikasi yang baik dan mampu belajar apapun dengan cepat.

3. Mencari networking

Agar bisa memahami lebih mendalam tentang international sales, cari mentor atau tenaga profesional di bidang international sales. Dengan begitu, kamu bisa membuktikan kemampuanmu kepada pemberi kerja selama proses melamar pekerjaan

Baca juga: 9 Skills ini kamu butuhkan untuk jadi Sales yang sukses

Nah, itulah serba-serbi karier international sales yang mungkin belum kamu ketahui. Tentukan apa jenis international sales yang kamu inginkan, sehingga bisa lebih spesifik dan memahami deskripsi pekerjaanmu.

Apakah kamu sudah tertarik berkarier sebagai international sales? Kalau ya, langsung sign up EKRUT sekarang. Tersedia banyak pilihan karier di dunia international sales yang bisa meningkatkan kariermu. Jangan lupa, kunjungi juga laman EKRUT Media dan YouTube Official EKRUT untuk mendapatkan info dunia sales dan marketing yang sudah EKRUT siapkan buat kamu!

Sumber:

  • indeed.com
  • wise-geek.com
  • floridatechonline.com
  • practicaladultinsights.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    tips-memilih-kursus-online-EKRUT.jpg

    Careers

    Tips Memilih Kursus Online yang Tepat Bagi Pekerja Profesional

    Nur Lella Junaedi

    05 December 2022
    5 min read
    kursus-online-bersertifikat-EKRUT.jpg

    Careers

    9 Website Kursus Online Bersertifikat Gratis untuk Anda!

    Widyanto Gunadi

    05 December 2022
    6 min read
    customer-service-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Customer Service: Tugas dan Tanggung Jawab, Kualifikasi, dan Proyeksi Kariernya

    Tsalis Annisa

    05 December 2022
    5 min read

    Video