Published on

Expert's Corner

Kenali lebih dalam tentang sales dan 5 jenis pekerjaannya saat ini

Anisa Sekarningrum

H1_1._Kenali_lebih_dalam_tentang_Sales_dan_berbagai_jenis_pekerjaanya_saat_ini.jpg

Dalam istilah bisnis, sales adalah kegiatan yang terfokus pada penjualan produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon pembeli hingga terjadi pembelian dan status calon pembeli berubah menjadi pelanggan. Simak penjelasan mengenai sales selengkapnya berikut ini.

Apa itu sales?


Sales adalah transaksi antara penjual yang menawarkan barang dan pembeli yang memberikan imbalan uang - Pexels

Sales adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan aktivitas yang mengarah pada penjualan barang atau jasa. Pengertian lainnya menjelaskan bahwa sales adalah transaksi antara dua pihak yaitu pembeli yang menerima barang, jasa atau aset berwujud atau tak berwujud dengan imbalan uang.

Dalam sebuah bisnis ada organisasi penjualan yang dibagi menjadi beberapa tim berbeda. Tim sales adalah tim yang sering kali ditentukan berdasarkan wilayah tempat mereka menjual produk atau layanannya kepada target pelanggan. Menurut polling Gartner 2021 Chief Sales Officer, ada dua prioritas teratas dari organisasi penjualan di Amerika yaitu membangun jalur penjualan baru (new sales pipeline) dan mencoba penjualan virtual (virtual selling).

Baca juga: 8 Tren Digital Marketing 2022 Yang Patut Pemilik Brand Ketahui

5 Istilah umum dalam dunia sales


Sales adalah aktivitas yang bertujuan untuk menjual barang atau jasa kepada prospek hingga tercapai deal - Pexels 

5 istilah umum dalam dunia sales adalah sebagai berikut.

1. Sales person

Seorang tenaga sales adalah individu yang melakukan aktivitas terkait penjualan produk atau jasa. Sales person juga dikenal dengan sebutan sales associate, penjual (seller), sales agent, atau sales representative.

2. Prospek

Prospek dalam sales adalah calon pelanggan yang dinilai memiliki potensi untuk melakukan pembelian produk atau jasa. Sales person akan menggunakan teknik pencarian calon pelanggan seperti melakukan warm calls, menjangkau lewat email, dan penjualan lewat sosial media. Saat pelanggan tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan, sales person akan menerapkan strategi sales closing yang berbeda untuk mengubah prospek menjadi pelanggan.

3. Deal

Deal atau kesepakatan dalam sales adalah istilah yang digunakan untuk mewakili produk atau jasa yang ingin dijual dan harga yang ditawarkan. Deal memiliki beberapa tahapan yang bervariasi tergantung pada bisnis, proses, produk, dan industrinya. Kinerja deal atau transaksi dapat dilacak menggunakan CRM, sehingga sales person dapat menyusun rencana kesepakatan untuk mempermudah proses penjualan untuk prospek dan juga sales representative.

4. Sales pipeline

Saluran penjualan menjelaskan semua langkah dalam proses penjualan. Proses ini memberikan representasi visual tentang keberadaan prospek dalam siklus penjualan.

5. Sales plan

Rencana penjualan menguraikan tujuan, sasaran, dan strategi untuk organisasi sales. Sales plan ini mencakup rincian tentang target pelanggan, kondisi pasar, target pendapatan, harga, struktur tim, hingga menjabarkan taktik yang akan digunakan tim sales untuk mencapai tujuan mereka.

Baca juga: 9 Skills Ini Kamu Butuhkan Untuk Jadi Sales Yang Sukses

5 Jenis pekerjaan sales


Salah satu jenis pekerjaan sales adalah sales representative yang langsung menjual produk kepada pelanggan - Pexels

Berbagai jenis pekerjaan dalam sales adalah sebagai berikut.

1. Sales representative

Jenis pekerjaan di tingkat ini adalah posisi entry-level, yang salah satu pekerjaannya adalah menghadapi pelanggan atau menjual antara bisnis ke bisnis lain. Pada tahapan ini tugas utama sales representative adalah untuk menjual produk perusahaan, bekerja di etalase, atau bepergian untuk menjual produk di wilayah tertentu. Jika berhasil menjadi perwakilan dari penjualan, karyawan dapat lebih cepat dipromosikan menjadi pemimpin.

Beberapa jenis pekerjaan sales representative seperti Account Representative, Advertising Sales Representative, B2B Corporate Sales, Brand Ambassador, Customer Care Representative, Inside dan Outside Salesperson, Insurance Sales Representative, Salesperson, Sales Assistant, Sales Associate, juga Sales Trainee.

2. Sales management

Posisi manajemen bertugas mengawasi karyawan sales, akun pelanggan, atau mengembangkan strategi untuk departemen sales. Umumnya posisi manajemen penjualan juga bekerja dengan asisten manajer. Beberapa posisi pekerjaan di tingkat sales management seperti Account Manager, Area Sales Manager, Business Development Manager, Direct Sales Manager, Inside Sales Manager, Market Development Manager, Marketing Manager, National Sales Manager, Regional Sales Manager, Retail Store Manager, Sales and Community Marketing Manager, dan Sales Manager.

Baca juga: 5 Tips Wawancara Kerja Sales Ini Bantu Kamu Sukses Diterima

3. Administrative positions related to sales

Tim administrasi adalah pendukung tim penjualan yang mengkoordinasikan jadwal serta melakukan berbagai fungsi administrasi. Kegiatan mereka lainnya adalah menganalisis data untuk mengidentifikasi trend, dan penghubung antara sales dan marketing. Beberapa jenis pekerjaan administrasi yang berhubungan dengan sales adalah Business Development Representative, Enterprise Resources Planning Representative, Financial Sales Assistant, Fixed Income Specialist, Industry Representative, Investments Representative, National Accounts Sales Analyst, Regional Dealer Recruiter, Sales Coordinator, dan Sales Representative Territory Lead.

4. Account executive and advisors

Posisi account management menawarkan tanggung jawab yang kompleks seperti membangun hubungan dengan klien baru dan mengelola kebutuhan klien yang sudah ada. Beberapa jenis pekerjaan account executive and advisors seperti Account Executive, Channel Partner Sales Executive, Corporate Sales Account Executive, Financial Advisor, Financial Planner, Group and Events Sales Coordinator, Key Account Manager, National, Accounts Sales General Manager, Regional Sales Account Manager, Regional Sales Executive, Sales Account Executive untuk Small and Medium Business, Strategic Account Manager, dan Territory Business Manager.

5. Executive-Level management

Setelah mencapai level direktur atau wakil direktur, kamu resmi menjabat sebagai seorang eksekutif. Direktur bertugas untuk mengawasi kelompok manajer. Pada tingkat ini, eksekutif menetapkan dan mengelola sasaran penjualan untuk seluruh perusahaan dan divisi perusahaan, serta mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang.  Untuk naik ke posisi yang lebih tinggi, biasanya eksekutif berpindah ke posisi eksekutif lain di perusahaan yang sama atau perusahaan lain di industri yang sama atau berbeda. Posisi pekerjaan eksekutif seperti Director of Inside Sales, Director of National Sales, Director of Sales, dan Executive Vice President of Sales.

Baca juga: 7 Pertanyaan Interview Kerja Untuk Sales Dan Jawabannya

Bedanya sales dengan marketing


Salah satu perbedaan marketing dan sales adalah tim penjualan berhubungan langsung dengan konsumen - Pexels

Perbedaan antara marketing dan sales adalah sebagai berikut.

Perbedaan Sales Marketing
Pengertian Sales adalah aktivitas yang mengarah kepada penjualan barang atau jasa. Marketing adalah aktivitas yang membantu memicu minat prospek dan menarik prospek kepada produk dan jasa yang ditawarkan.
Tanggung jawab Bertanggung jawab untuk mengelola hubungan dengan prospek dan memberikan solusi untuk prospek agar mengarah kepada penjualan produk atau jasa. Bertanggung jawab menjalankan kampanye untuk menarik prospek dan membuat perhatian prospek mengarah kepada penjualan produk dan jasa.
Target pasar Menargetkan kelompok orang yang lebih kecil atau bagian dari masyarakat umum. Memfokuskan upaya kepada masyarakat umum atau kelompok yang lebih besar.
Perencanaan Rencana penjualan mencakup rincian proses penjualan, struktur tim, target pasar, dan tujuan penjualan. Ada juga rencana tindakan, alat bantuan, dan sumber daya yang akan bergerak untuk mencapai tujuan penjualan. Rencana pemasaran menjabarkan tentang produk atau jasa yang dijual, harganya, target pembeli, tempat berjualan, saluran pemasaran, dan anggaran untuk kampanye. Rencana ini dikenal juga sebagai 4P dalam pemasaran yaitu produk, harga, tempat, dan promosi.
Tujuan utama Mencapai target kuota dan volume penjualan. Umumnya target sales adalah jangka pendek. Melihat gambaran besar dan mempromosikan perusahaan, produk atau jasa dan brand yang ingin dijual. Umumnya target marketing adalah jangka panjang.
Tools - Meetings app
- Documents tool
- Invoicing software
- Email management tool
- Inventory and order management software
- Conversion Rate Optimization (CRO)
- Search engine optimization (SEO) tool
- Project management tool
- Data reporting software
- Content creation tool
Strategi Beberapa strategi penjualan populer seperti:
- SPIN Selling
- Solution Selling
- N.E.A.T. Selling
- Conceptual Selling
- SNAP Selling
- Customer Centric Selling
- Inbound Selling
- MEDDIC
- The Challenger Sale
- The Sandler System

Umumnya strategi pemasaran meliputi:
- Internet marketing
- Print marketing
- Blog marketing
- Search engine optimization (SEO)
- Social media marketing
- Video marketing

Baca juga: 5 Perbedaan Sales Dan Marketing Dalam Bisnis Perusahaan

Kamu punya bakat untuk menjual sesuatu? Kamu mungkin bisa menemukan pekerjaan di sales melalui EKRUT. Coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai sales yang dapat membantu kamu membedakan antara sales dan marketing supaya kamu dapat mencapai tujuan yang kamu inginkan dengan lebih maksimal. Untuk membantu kamu menjawab pertanyaan interview kerja, tonton video berikut tentang cara menjawab pertanyaan interview tersulit sebagai Business Development Manager.

sign up EKRUT

 

Rekomendasi Bacaan:

Sumber:

  • hubspot
  • thebalancescareer

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_HTML.jpg

    Technology

    HTML: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Komponen, Kelebihan dan Kekurangannya

    Algonz D.B. Raharja

    30 May 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Rectangle_Tools__beserta_Fungsi_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    23 Jenis Rectangle Tools beserta Fungsi dan Cara Menggunakannya

    Anisa Sekarningrum

    27 May 2022
    5 min read
    0-cover-spc-adalah.jpg

    Technology

    Apa Itu Statistical Process Control (SPC)? Berikut Manfaat dan 7 Langkah Penerapannya!

    Arin Khurota

    29 April 2022
    5 min read

    Video